Written by 00:06 Makanan Khas

Makanan Khas Lumajang

Selain menikmati keindahan Gunung Semeru ada kuliner khas Lumajang yang patut dicoba.

Lalu, apa saja makanan khas di Kabupaten Lumajang? Ada rekomendasi 10 makanan khas Lumajang yang tidak boleh terlewatkan.

Lihat juga makanan khas jawa

Berwisata rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan khas dari kota yang dikunjungi termasuk ketika berkunjung ke kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sembari menikmati keindahan alam Lumajang jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sana.

Lumajang memiliki beragam makanan khas mulai dari yang manis, gurih sampai yang pedas. Lalu, apa saja makanan khas dari Kabupaten Lumajang? Simak ulasan berikut ini.

Makanan Khas Lumajang

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Lontong Petis

Makanan Khas Lumajang

Makanan khas Lumajang yang pertama yaitu ada lontong petis. Makanan ini merupakan kuliner Lumajang yang sangat populer.

Lontong petis merupakan potongan lontong yang disajikan dengan sayuran, suwiran ayam, telur, tahu, daun kucai, kecambah, seledri dan disiram dengan bumbu di atasnya. Makanan ini sangat nikmat disantap ketika perut kosong.

Makanan ini hampir mirip dengan tahu lek, makan khas Jawa Timur. Makanan ini mudah dijumpai di tempat makan di Lumajang.

Banyak wisatawan yang mencari kuliner ini baik untuk mengisi perut kosong atau sekedar mencicipi makanan populer ini. Rasanya yang lezat nan gurih serta harganya yang terjangkau membuat makanan ini wajib untuk dicoba.

Bledus

Makanan khas Lumajang yang patut untuk dicoba selanjutnya yaitu bledus. Namanya mungkin terdengar aneh namun tidak dengan cita rasanya.

Bledus merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar berupa jagung. Bledus dibuat dengan menggunakan jagung yang dipipil kemudian direndam selama satu malam dan setelah itu dikukus sampai empuk.

Jagung yang sudah selesai dikukus akan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

Rasa jagung yang manis dengan taburan kelapa dan garam membuat bledus ini memiliki rasa yang lezat. Makanan ini banyak dijual di pasar tradisional di Lumajang.

Untuk harga makanan ini memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 1 ribu per bungkusnya.

Lupis

Selanjutnya ada makanan khas Lumajang bercita rasa manis yaitu lupis. Para pecinta kuliner manis wajib untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Lupis merupakan kue tradisional khas Lumajang yang dibuat dari beras ketan yang dikukus dengan gula merah di dalamnya.

Kue berbentuk segitiga ini patut baget untuk dicoba dan rasakan sendiri sensasi lumeran gula merah di dalamnya.

Kue dengan parutan kelapa diatasnya ini memang termasuk kuliner populer di Lumajang, tidak hanya di kalangan masyarakat melainkan juga di kalangan wisatawan.

Kue ini juga bisa ditemukan dengan mudah di tempat kuliner di Lumajang. Rasanya yang manis sangat cocok disantap sebagai cemilan bersama teh di sore hari.

Kue Latok

Berbicara soal kuliner manis di Lumajang memang tidak ada habisnya. Kuliner dengan rasa manis yang wajib dicoba selanjutnya yaitu ada kue lathok.

Meskipun tidak hanya ada di Lumajang, namun kue ini sangat populer disana. Kue lathok merupakan kue yang memiliki warna hijau dan merah dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

Kue ini memiliki cita rasa manis dan sangat cocok dijadikan sebagai cemilan. Untuk harga dari kue lathok ini juga sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 3 ribu per porsi.

Pisang Agung

Selanjutnya ada buah pisang yang menjadi ciri khas Lumajang yaitu pisang agung. Tidak seperti pisang biasanya pisang agung ini memiliki ukuran yang sangat besar yaitu bisa mencapai dua kali lipat dari pisang biasanya.

Pisang ini bisa dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah karena pisang ini mungkin belum tentu bisa ditemui di kota lain.

Lihat juga makana khas indonesia

Untuk menemukan pisang ini di Lumajang tidaklah sulit, karena disana banyak penjual yang berjejer jejer menjual pisang agung ini.

Untuk harganya bervariasi yaitu berkisar antara Rp 70 ribu sampai Rp 100 ribu satu tanda nya.

Tape Pisang

Selain terkenal akan pisang agungnya, Lumajang juga memiliki banyak sekali kuliner dari olahan pisang salah satunya ialah tape pisang.

Terdengar aneh karena biasanya tape terbuat dari singkong, namun jangan salah tape ini memiliki rasa yang tak kalah enak dari tape biasanya. Tape pisang ini memiliki tekstur yang sangat lembut.

Tape pisang ini dikemas dengan tape singkong dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 12 ribu per porsinya sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh. Tape ini mudah ditemukan di daerah Pasirian.

Keripik Pisang

Masih dengan kuliner olahan pisang selanjutnya ada makanan kering khas Lumajang yaitu keripik pisang.

Sebagai kabupaten dengan penghasil pisang yang melimpah, maka rasa keripik pisang ini pun tidak perlu diragukan lagi.

Keripik ini dijual dengan berbagai varian rasa yang bisa dijadikan oleh oleh ketika berkunjung ke Lumajang.

Keripik ini sangat mudah ditemukan di berbagai pusat oleh oleh Lumajang. Untuk harganya sendiri juga cukup murah yaitu berkisar Rp 10 ribu per bungkusnya.

Pecel Telo

Beralih dari kuliner pisang selanjutnya ada kuliner khas lumajang lain yang patut untuk dicoba yaitu pecel telo.

Pecel telo adalah kuliner khas Lumajang berupa aneka sayuran seperti genjer, kecambah, semanggi dan kacang. Pecel telo ini termasuk kuliner khas Lumajang yang populer dan disukai banyak orang.

Pecel ini hampir sama dengan pecel pada umumnya yaitu menggunakan bumbu kacang namun pada pecel telo ini bumbunya menggunakan campuran kacang dan telo.

Pecel ini memiliki rasa yang pedas dan manis yang akan membuat ketagihan. Untuk harga dari pecel ini yaitu Rp 5 ribu per porsinya.

Keripik Nangka

Tidak hanya memiliki keripik pisang sebagai kuliner khas, Lumajang juga punya keripik khas lain yaitu keripik nangka. Sesuai dengan namanya, keripik ini dibuat dengan bahan dasar buah nangka.

Mungkin terkesan aneh namun keripik ini tidak kalah enak dari keripik pisang khas Lumajang. Keripik ini memiliki rasa yang sedap dan renyah yang bisa dijadikan buah tangan.

Keripik ini banyak dijual di pusat oleh oleh Lumajang dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar Rp 10 ribu per ons.

Martabak Lumajang

Martabak mungkin menjadi makanan yang sudah kerap kali disantap namun martabak ini adalah martabak khas dari Lumajang.

Hampir sama dengan martabak pada umumnya, martabak ini dibuat dengan telur dan tepung terigu namun pada martabak ini diberi bumbu petis di atasnya sehingga rasanya pun berbeda dari martabak biasanya.

Lihat juga makanan khas daerah

Martabak ini bisa ditemukan di daerah Pulosari dan dijual dengan harga sekitar Rp 5 ribu per porsi.

Itulah rekomendasi 10 makanan khas Lumajang yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Lumajang.

Selain memiliki Gunung Semeru sebagai ikon daerahnya, Lumajang juga memiliki aneka kuliner khas yang patut untuk dicoba. Jangan lupa juga untuk membeli kuliner khas Lumajang sebagai oleh oleh keluarga di rumah.

Last modified: 31 October 2020