Makanan Khas Majalengka 1
Makanan Khas

Makanan Khas Majalengka

Majalengka memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

Tapi tak hanya itu. Majalengka juga memiliki beragam makanan khas yang lezat dan nikmat. Bagi Anda pecinta kuliner khas daerah, layak mencoba 10+ makanan khas Majalengka di bawah ini.

Majalengka tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang masih asri dan kulinernya pun cukup populer.

Anda yang menyukai makanan pedas bisa mencoba seblak khas Majalengka. Tidak cuma itu beberapa makanan khas berikut juga layak untuk Anda coba:

Makanan Khas Majalengka

Lotek

Makanan Khas Majalengka

Makanan khas Majalengka yang layak Anda cicipi yang pertama adalah lotek. Makanan ini sekilas mirip gado-gado yang berisi aneka sayuran yang disajikan dengan  lontong  atau nasi lalu dicampur sambal kacang.

Lihat juga makanan khas daerah

Yang khas dari sajian makanan ini adalah bumbu kacangnya yang lezat dan berbeda, dipadu dengan aneka sayuran yang pasti rasanya menggugah selera lapar Anda.

Lotek cenderung memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan gado-gado atau pecel. Sajian kuliner khas Majalengka ini dapat Anda temui di sepanjang jalan Majalengka.

Oncom Goreng

Makanan Khas Majalengka 9

Makanan khas Majalengka lainnya yang layak Anda cicipi adalah oncom goreng. Bila di daerah Bandung kita mengenal oncom yang digoreng dengan ukuran besar dan dibalut tepung terigu, namun lain halnya dengan oncom goreng khas Majalengka.

Oncom goreng Majalengka memiliki bentuk yang kecil dan digoreng menggunakan bumbu dan bawang goreng.  Rasanya gurih dan nikmat, makanan bisa disantap sebagai cemilan atau bisa juga dinikmati bersama bakso atau mie ayam.

Oncom goreng khas Majalengka biasa ditemukan dipasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Majalengka.

Kalua Jeruk

Makanan Khas Majalengka 10

Makanan khas Majalengka yang satu ini adalah makanan yang dibuat dari kulit jeruk Bali yang dicampur dengan gula merah. Walaupun memiliki tekstur yang keras diluar namun kalua lembut di dalam.

Rasanya sangat manis dan unik membuat para wisatawan tertarik ingin mencicipinya. Kalua jeruk cocok sebagai cemilan dan bisa Anda dapatkan di toko oleh-oleh khas Majalengka.

Nasi Lengko

Makanan Khas Majalengka 11

Sajian kuliner khas Majalengka yang layak Anda coba selanjutnya adalah nasi lengko, yang juga merupakan sajian khas daerah Jawa Barat.

Nasi lengko adalah nasi yang disajikan bersama potongan tahu, tempe,tauge, taburan daun seledri, bawang goreng lalu sambal kacang dan kecap. Rasanya dijamin nikmat dan lezat bikin ketagihan.

Pepes Jeroan

Makanan khas Majalengka yang bakal bikin lidah Anda bergoyang selanjutya adalah pepes jeroan.

Jeroan yang dimaksud adalah bagian dalam ayam seperti hati dan ampela yang dicampur parutan kelapa ditambah bumbu-bumbu pilihan, ssehingga menghasilkan makanan yang  bercitarasa empuk dan nikmat.

Lihat juga makanan khas indonesia

Untuk cara pembuatannya sendiri tidak jauh beda dengan pepes lainnya yaitu menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Hanya saja setelah dikukus lalu kemudian dilanjutkan dibakar dengan api kecil.

Karena proses pembakaran itulah yang menjadikan pepes jeroan ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasanya pun dijamin nikmat dan lezat.

Jalakotek

Makanan Khas Majalengka 12

Makanan khas Majalengka yang patut Anda coba lainnya adalah jalakotek. Makanan ini merupakan jenis cemilan dengan bahan utama aci dan tahu yang sudah diberi bumbu. Rasanya pun gurih dan kenyal.

Tampilannya mirip dengan pastel dan sangat nikmat dimakan dalam keadaan masih hangat bersama teh manis. Biasanya jalakotek disantap dengan cabe hijau atau dengan bumbu cocol.

Di Majalengka sendiri, kecamatan Maja merupakan daerah terkenal penghasil jalakotek yang nikmat. Pemasarannya pun hingga ke seluruh penjuru wilayah Majalengka.

Tutut

Mungkin sebagian masyarakat tak asing lagi dengan tutut, yang merupakan jenis keong kecil. Tutut khas majalengka memiliki rasa yang khas, karena diolah sedemikian rupa lalu dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan. Sehingga menghasilkan tutut dengan citarasa yang lezat dan khas.

Walaupun tutut identik dengan makanan jadul namun nyatanya hingga kini tutut masih banyak diminati. Tutut juga dipercaya sebagian orang dapat mengatasi berbagai penyakit seperti hipertensi, liver, diabetes, maag dan wasir.

Tutut juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh. Kuliner yang satu ini dapat dikonsumsi sebagai lauk bersama nasi atau juga bisa dimakan tanpa nasi. Tutut juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh.

Lumpia Basah

Makanan Khas Majalengka 13

Sajian kuliner khas Majalengka yang harus Anda cicipi selanjutnya adalah lumpia basah. Makanan ini banyak dicari para wisatawan pemburu kuliner lezat.

Lumpia basah terbuat dari berbagai bahan makanan seperti tauge, irisan bengkoang, daun bawang, irisan bakso, dan sosis yang ditumis lalu diisikan dalam kulit lumpia, selanjutnya digoreng hingga renyah. Makanan yang satu ini cukup mengenyangkan dan lezat pastinya. sehingga Anda wajib mencobanya.

Seblak Basah

Makanan Khas Majalengka 14

Makanan khas majalengka lainnya  yang wajib Anda coba adalah seblak basah. Makanan ini cukup terkenal di Jawa Barat, khusus di Majalengka.

Seblak merupakan kerupuk yang dimasak dengan bumbu dan dihidangkan selagi hangat. Seblak ini bisa dimakan bersama nasi sebagai lauk, rasanya sangat lezat bila dinikmati saat baru matang dan dalam keadaan panas.

Seblak ini memiliki rasa yang khas. Itulah yang menjadikan makanan khas Majalengka ini banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke Majalengka.

Surabi Oncom

Makanan Khas Majalengka 15

Sajian kuliner khas Majalengka yang bikin lidah bergoyang salah satunya adalah surabi oncom. Surabi memang banyak ditemukan di beberapa daerah, namun surabi khas Majalengka memiliki khas sendiri, yaitu dengan menggunakan oncom sebagai toppingnya.

Paduan surabi yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ditambah oncom menjadikan makanan ini menyenangkan saat disantap.

Jalabria

Makanan khas Majalengka lainnya yang wajib Anda cicipi adalah Jalabria. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan hitam yang di goreng lalu di taburi gula.

Bentuknya bulat dengan lubang ditengahnya, serta memiliki rasa yang manis dan gurih. Jalabria cocok dijadikan sebagai cemilan, rasanya yang pasti enak dan lezat.

Kecap Khas Majalengka

Kuliner Majalengka selanjutnya adalah kecap khas Majalengka. Kecap ini sudah sangat populer dan melegenda sejak tahun 1980.

Kecap yang terbuat dari kedelai hitam ini tanpa bahan pengawet, hanya menggunakan garam yang banyak dalam proses fermentasinya, tapi dapat menghasilkan citarasa yang  kental manis.

Walaupun tanpa bahan pengawet namun kecap Majalengka dapat bertahan hingga dua tahun. Anda bisa mendapatkan kecap khas Majalengka ini di pusat oleh-oleh khas Majalengka.

Opak Beureum Khas Majalengka

makanan khas majalengka

Kuliner khas lainnya dari Majalengka yang wajib Anda coba adalah opak beureum. Makanan ini mirip kerupuk namun terbuat dari ketan yang diolah dengan cara direbus dan ditumbuk hingga jadi adonan. Sesudah itu dibentuk lalu kemudian dibakar.

Lihat juga makanan khas tuban

Di Daerah Majalengka sendiri daerah yang terkenal menghasilkan opak beureum yang enak adalah Kecamatan Lemahsugih. Anda bisa mengunjunginya bila ingin berburu kuliner enak khas Majalengka.

Nah, itulah 10+ makanan khas majalengka yang dijamin bakal bikin lidah Anda bergoyang. Bila Anda berkunjung ke kota Majalengka jangan lupa untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang nikmat dan lezat ini.

Title : Makanan Khas Majalengka

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *