10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba

Mengisi waktu liburan dengan berwisata memang menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan oleh penduduk Indonesia guna mendapatkan hiburan. Ketika melakukan perjalanan wisata, maka hati akan menjadi senang. Semua itu bisa terjadi karena mendapati sebuah keadaan atau kondisi yang baru. Oleh sebab itulah, maka banyak warga tanah air yang menghabiskan waktu liburan di lokasi wisata.

Salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata di tanah air adalah daerah Mojokerto. Daerah Mojokerto terletak di Provinsi Jawa Timur. Di kawasan Mojokerto terdapat berbagai macam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keadaan inilah yang membuat kota ternama di ujung timur Pulau Jawa tersebut selalu ramai oleh para pelancong. Selain memiliki pesona wisata, ternyata daerah ini memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik itu terletak pada masakan khas Mojokerto. Masakan asli daerah Mojokerto ini terkenal lezat dan berbeda dengan kawasan lainnya.

Lihat juga makanan khas surabaya

Masakan khas atau biasa dikenal dengan istilah kuliner merupakan sebuah hidangan yang menjadi ciri khusus suatu daerah. Suatu masakan kuliner biasanya hanya ada di daerah tersebut. Dengan kata lain, masakan kuliner tidak akan sama antara daerah satu dengan daerah lainnya. Oleh sebab itulah, maka ketika mengunjungi suatu daerah kurang lengkap jika belum mencicipi masakan kuliner.

Makanan Khas Mojokerto Yang Terkenal

Jika anda sedang bingung mencari tempat tujuan wisata, mungkin Mojokerto bisa menjadi pilihannya. Kota yang terletak di Provinsi Jawa timur ini sedang mengalami perkembangan cukup pesat. Akhir – akhir ini mulai bermunculan berbagai destinasi wisata di Mojokerto. Baik itu wisata alam, sejarah dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, maka Mojokerto dapat menjadi tujuan wisata anda dan keluarga untuk mengisi waktu liburan.

Selain terkenal akan obyek wisata yang menarik, ternyata terdapat alasan lain yang membuat Mojokerto bisa menjadi tempat tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Alasan lain itu adalah terdapatnya berbagai macam masakan kuliner asli Mojokerto. Berbagai macam masakan khas kota ternama ini memiliki rasa lezat. Oleh karena itulah, maka perlu mencicipi kuliner asli Mojokerto saat berlibur di kota tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dijabarkan mengenai berbagai macam kuliner asli dari Kota Mojokerto. Pembahasan masakan khas ini akan sangat membantu anda yang ingin berkunjung ke daerah ternama di Jawa Timur tersebut. Berikut ini daftar makanan khas Mojokerto yang perlu anda ketahui.

1. Sambel Wader Khas Mojokerto

10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba Makanan

Bagi penggemar olahan daging ikan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba masakan sambel wader. Sesuai dengan namanya, sambel wader merupakan hidangan dengan bahan utama ikan wader. Untuk membuat kuliner asli mojokerto ini pun tidak begitu sulit. Pada awalnya daging dari ikan wader dibersihkan. Setelah itu, daging dari ikan air tawar itu dicampurkan dengan bumbu sambel. Kemudian, bahan yang telah tercampur tadi digoreng sampai matang dan dihaluskan.

2. Sate Keong

10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba Makanan

Nama masakan sate keong termasuk dalam jajaran kuliner asli Mojokerto yang memiliki rasa lezat. Olahan daging keong ini begitu populer di daerah Mojokerto. Bahan baku untuk membuat masakan ini berasal dari keong yang ada di persawahan. Proses pembuatan hidangan lezat bernama sate keong diperlukan ketelatenan yang tinggi. Tahapan pertama keong dipisahkan dari cangkangnya. Setelah itu, daging keong dicampurkan dengan bumbu tertentu dan diolah menjadi hidangan sate yang lezat.

3. Onde – Onde Khas Mojokerto

10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba Makanan

Onde – onde juga menjadi kuliner yang berasal dari Mojokerto. Makanan jenis ini begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat makanan tersebut. Walaupun telah tersebar luas, anda perlu mencicipi makanan onde – onde asli Mojokerto. Ketika menikmati hidangan berbentuk bulat ini, maka dapat dipastikan anda akan merasa ketagihan untuk mencoba kembali.

4. Krupuk Memble

Makanan khas Mojokerto berikutnya adalah krupuk memble. Nama hidangan khas ini tergolong unik. Selain namanya yang unik, ternyata proses pembuatan krupuk memble juga lain dari umumnya. Pada waktu penggorengan akan disediakan dua macam wajan yang berisi minyak. Wajan pertama berisi minyak yang panas dan kedua bersuhu sedang. Makanan asli dari Mojokerto ini sering dijadikan oleh – oleh atau buah tangan.

5. Gulai Menthok

10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba Makanan

Jika anda menyukai olahan daging unggas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba masakan gulai menthok. Sesuai dengan namanya, masakan ini dibuat dari bahan dasar berupa daging menthok. Di daerah mojokerto sendiri, hewan menthok dibudidayakan oleh hampir setiap warga. Masakan ini sering dicari para wisatawan yang berkunjung ke mojokerto. Selain karena rasanya yang enak. gulai menthok juga dijual dengan harga terjangkau.

6. Es Cendol Asli Mojokerto

10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba Makanan

Es cendol termasuk dalam minuman yang berasal dari daerah Mojokerto. Hidangan ini dapat anda coba sebagai penghilang dahaga manakala berkunjung ke Mojokerto. Walaupun minuman es cendol ini hampir ada di seluruh wilayah tanah jawa, akan tetapi es cendol dari Mojokerto memiliki keunikan rasa tersendiri. Alhasil para wisatawan akan merasa rugi jika tidak menikmati minuman es cendol asli dari Mojokerto.

7. Es Gronjongan Majapahit

Pada saat mengunjungi Mojokerto terasa kurang lengkap jika belum mencicipi minuman es gronjongan majapahit. Minuman jenis ini sudah sangat populer di Daerah Mojokerto Jawa Timur. Bahan untuk membuat minuman segar dan lezat ini berasal dari es batu, agar – agar, sirup, daun pandan dan santan. Hidangan bernama es gronjongan ini sering dijadikan sebagai sebuah menu makanan penutup.

8. Botok Tempe

10 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Yang Wajib di Coba Makanan

Botok tempe termasuk dalam golongan makanan asli Mojokerto yang terkenal. Makanan jenis ini berupa campuran parutan daging kelapa dan tempe. Parutan daging kelapa dipadukan dengan bumbu khusus. Perpaduan parutan kelapa dan bumbu khusus ini membuat batok tempe memiliki rasa yang enak. Agar rasa lebih enak lagi, tidak jarang parutan kelapa ditambahkan bahan lain seperti udang, tahu dan teri. Biasanya, kuliner botok tempe akan disajikan dengan nasi jagung.

9. Rambak

Rambak memang menjadi makanan yang familiar bagi masyarakat masa kini. Jenis makanan berupa kerupuk ini banyak disukai masyarakat. Ternyata kerupuk rambak yang populer itu berasal dari daerah mojokerto. Kerupuk rambak khas mojokerto memiliki rasa yang gurih. Kuliner model ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan yang nikmat dari mojokerto.

10. Kerupuk Upil

Makanan khas Mojokerto yang terakhir adalah kerupuk upil. Walaupun memiliki nama kerupuk upil, makanan ini tidak terbuat dari bahan dasar upil. Masakan ni diberi nama kerupuk upil lantaran proses penggorengannya tidak memakai minyak goreng. Uniknya lagi, makanan tersebut digoreng hanya dengan memakai pasir. Agar terasa lebih nikmat, biasanya kuliner ini akan dinikmati dengan petis. Masakan kerupuk upil juga bisa dijadikan buah tangan yang dibawa pulang untuk oleh – oleh teman atau keluarga di rumah.

Lihat juga makanan khas temanggung

Makanan khas Mojokerto merupakan daftar nama masakan atau kuliner dari daerah Mojokerto Provinsi Jawa Timur yang memiliki rasa lezat dan unik.

tempatwisataindonesia.id
Review
5