10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan

Anda yang berkunjung ke kota Palu selain menikmati keindahan alamnya jangan lupa juga untuk menikmati makanan khas Palu. Palu ini merupakan salah satu kota yang menyajikan beragam kuliner menggoda yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Lihat juga Makanan khas maluku

Kuliner khas Palu banyak sekali macamnya. Makanan khas Palu ini sangat lezat sehingga anda akan ketagihan. Penasaran dengan apa saja jenis sajian khas Palu? Yuk simak beberapa daftar kuliner khas palu berikut ini.

10 Daftar Makanan Khas Palu 

1. Kacang Goyang Khas Palu

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Loading...

Kacang goyang ini merupakan kacang dengan bentuk mirip dengan kacang telur. Yang membedakan dari keduanya kalau kacang goyang ini memiliki beragam warna. anda bisa menjadikan makanan satu ini sebagai cemilan dalam menemani perjalanan. Makanan ringan satu ini sangat nikmat serta enak sehingga pas digunakan sebagai buah tangan khas Palu.

2. Bawang Goreng Khas Palu

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Bawang goreng? Jangan salah dulu, bawang goreng khas Palu ini merupakan bawang goreng yang berbeda dengan jenis bawang goreng pada umumnya. Nah yang membedakan yaitu bawang goreng khas Palu ini memiliki kerenyahan, wangi yang begitu tajam serta rasa yang dihasilkan mampu membuat ketagihan.

Nah jika anda sedang berkunjung ke kota Palu maka jangan lupa untuk menjadikan bawang goreng ini sebagai oleh-oleh khas Palu. Bawang goreng ini mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa pemilik usaha yang terdapat di kota Palu memaparkan bahwa bawang yang dibuat menjadi bawang goreng berbahan baku dari bawang batu. Salah satu jenis bawang ini dikembangkan dengan baik pada Kabupaten Sigi dan Lembah kota Palu, sehingga tidaklah mengherankan jika kualitasnya merupakan kualitas nomor satu karena mempunyai kandungan air yang minim.

3. Nasi Jagung Khas Palu

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Nasi jagung ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar jagung. Jagung yang digunakan yaitu jagung yang sebelumnya sudah dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian ditumbuk dalam takstur kasar berbentuk beras jagung.

Kemudian beras jagung yang sudah ditumbuk itu kemudian dicampurkan dengan beras kemudian dimasak menggunakan kukusan dari bamboo. Terkait dengan rasanya? Duh jangan ditanya sudah pasti membuat nagih.

4. Sambal Ikan Roa

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Apa yang membedakan sambal ikan roa dengan sambal lainnya? Nah sambal ikan roa ini merupakan sambal yang terbuat dari bahan dasar ikan roa yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Ikan roa merupakan ikan yang banyak dijumpai di perairan Sulawesi.

Sambal roa ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Sambal roa sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat palu. Terkait dengan harganya, tenang sambal roa ini harganya juga terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong kering.

Lalu bagaimana terkait dengan rasanya? Nah untuk rasanya juga begitu unik dimana rasanya siap menggoyangkan lidah siapa saja.

5. Kue Perangi

Kue satu ini juga termasuk dalam salah satu makanan khas Palu yang cukup terkenal. Kue perangi ini juga cukup sederhana dalam pembuatannya serta resep yang digunakan juga cukup sederhana. Namun meskipun menggunakan resep dan bahan sederhana kue perangi ini tetap lezat dan nikmat.

Dengan demikian maka tidak mengherankan manakala kue perangi ini cukup terkenal bahkan hingga masyarakat asing. Kue perangi juga terkenal dengan nama bolu gula merah.

Terkait dengan bentuknya, kue perangi ini memiliki bentuk yang mirip dengan apem yang merupakan kue khas jawa namun setengah lingkaran. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kue perangi yaitu tepung terigu, gula merah, soda kue serta minyak. Kue perangi ini lebih didominasi dengan rasa manis serta pas untuk digunakan sebagai oleh-oleh.

6. Tabaro Dange

Tabaro dange ini juga dikenal dengan nama depan. Tabaro dange merupakan makanan dengan bahan dasar campuran kelapa parut serta sagu yang sudah diisi dalam adonannya. Teknik pembuatnya dengan menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan belanga dan tungku.

Nah belangganya sendiri juga unik yaitu terbuat dari tanah liat. Tabaro dange ini biasanya diisi dengan ikan atau gula merah. Rasanya juga sangat nikmat sehingga sajian khas dari Palu ini wajib anda masukkan dalam daftar makanan yang harus cicipi ketika berkunjung ke kota Palu.

7. Kerak Sagu

Secara sekilas kerak sagu ini cara pengolahannya juga mirip dengan kerak telor yang merupakan sajian khas Betawi. Akan tetapi sesuai dengan namanya kerak sagu ini menggunakan bahan utama sagu yang sudah dicampurkan dengan kelapa parut.

Setelah itu seperti dalam pengolah kerak telur, kerak sagu ini kemudian dituangkan dalam Loyang panic yang sudah diberi minyak terlebih dahulu. Untuk menambahkan rasanya supaya lebih nikmat maka bisa ditambahkan dengan telur ayam atau telur bebek yang sudah dicampurkan dengan kerak sagu.

8. Kapurung

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Kapurung merupakan makanan yang berasal dari Sulawesi Selatan akan tetapi letaknya yang berdekatan dengan Palu maka makanan satu ini juga bisa anda jumpai manakala berkunjung ke kota Palu.

Kapurung merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu yang kemudian diaduk menggunakan air panas sehingga menghasilkan tekstur kental mirip dengan lem kertas.

Cara makan makanan satu ini juga cukup unik dimana anda harus meletakkan bola bola sagu ke dalam mangkuk yang kemudian tambahkan dengan sayur yang sudah direbus, siram dengan menggunakan kaldu ikan tambahkan mangga serta udang rebus.

Kapurung ini memiliki cita rasa lezat sehingga akan sayang sekali manakala anda melewatkannya. Anda yang berkunjung ke Palu jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya kapurung.

9. Palumara Khas Palu

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Ternyata kota Palu juga menghadirkan makanan yang berbahan dasar seafoof. Jika anda lebih tertarik untuk menikmati Seafood di kota Palu maka bisa mencicipi nikmatnya Palumara yang merupakan makanan dengan dasar ikan. Sup dengan kuah kuning serta bumbu kunyit mirip seperti ikan manis.

Kepala kakap merah digunakan sebagai bahan dasar bisa juga diganti dengan tongkol atau bandeng.

Cara terbaik menikmati Palumara adalah dengan nasi hangat, ditemani dengan minuman dingin.

10. Burasa

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Burasa merupakan sajian makanan buras atau lontong berbentuk gepeng yang kerap diartikan sebagai bubur beras dengan beragam rasa. Makanan satu ini dibuat dari adonan dasar dari beras yang kemudian diberi bumbu setelah itu dibungkus menggunakan daun pisang. Jika sudah dibungkus menggunakan daun pisang kemudian rebus selama kurang lebih 4 jam.

Dulu, burasa hanya disajikan saat ada hajatan adat Palu, namun sekarang burasa sudah banyak ditemui di pasar pasar tradisional yang ada di Palu. Burasa bisanya dijual dengan lalampa dalam satu paket dengan harga 6 ribu rupiah per ikatnya.

Lihat juga makanan khas australia

Bagaimana sudah siap mencicipi nikmatnya makanan khas Palu? Yuk segera bersiap diri untuk menikmati nikmati sajian khas kota Palu. Sebenarnya masih ada banyak makanan khas palu lainnya, kemungkinan akan dibahas di lain kesempatan.

10 Makanan Khas Palu yang Sayang Dilewatkan Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5