Written by 23:27 Makanan

5 Makanan Khas Pasuruan Lezat dan Bikin Nagih

Makanan Khas Pasuruan menjadi pilihan lidah Anda ketika sedang berkunjung di Pasuruan dan sekitarnya. Meskipun daerah ini tidak begitu terkenal seperti daerah lain yang ada di Indonesia. Namun ternyata Pasuruan mempunyai berbagai tempat wisata dan kuliner lezat yang bisa Anda kunjungi.

Makanan khas yang ada di Jawa Timur ini memiliki rasa yang unik dan lezat dimana siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Nah, berikut ini beberapa makanan khas di Pasuruan yang bisa Anda santap bersama keluarga maupun kerabat.

Makanan Khas Pasuruan

1. Rawon Sate Komoh pasuruan

5 Makanan Khas Pasuruan Lezat dan Bikin Nagih Makanan

Rawon menjadi salah satu Makanan Khas Pasuruan yang terbuat dari daging dengan kuah hitam. Tidak lupa bumbu campuran seperti bawang putih, bawang hitam, jinten, daun jeruk purut, tumbar, sere, laos, kuning, dan kluwek yang membuat kuah menjadi hitam.

Rawon yang satu ini tentu akan berbeda dengan rawon di daerah lain yaitu dengan bahan utama menggunakan daging sandung lamur atau lutut sapi. Rawon sate kemo akan semakin nikmat ketika Anda menyantapnya dalam keadaan hangat dengan tambahan tauge, sambal dan kerupuk udang di dalamnya.

2. Nasi Punel Bangil pasuruan

5 Makanan Khas Pasuruan Lezat dan Bikin Nagih Makanan

Pada dasarnya Nasi Punel Bangil mirip dengan nasi yang dicampur dengan beragam lauk pauk di dalamnya. Perbedaannya yaitu pada tekstur nasi yang setengah lembek dengan lauk pauk yang beraneka ragam. Lauk tersebut meliputi sayur nangka muda, kacang panjang, pepes kelapa, aneka gorengan daging sapi, babat, usus, dan paru.

Lihat juga makanan khas karawang

Khas lain dari nasi punel yaitu nasi yang memiliki rasa pedas dan bumbu rempah kuat. Tidak ketinggalan yaitu taburan serundeng diatasnya. Anda bisa dengan mudah menemukan nasi pulen bangil di warung-warung makan pasuruan.

3. Lontong Kupang

5 Makanan Khas Pasuruan Lezat dan Bikin Nagih Makanan

Makanan khas Pasuruan selanjutnya yaitu lontong kupang yang tentunya tidak asing lagi di telinga Anda. Lontong yang menjadi pengganti nasi ini lebih lezat dibandingkan dengan lontong dari daerah lain. Nad bisa dengan mudah menemukan lontong kupang di pasuruan.

Lontong kupang yaitu lontong yang ditemani dengan kupang yang diolah dengan begitu lezatnya. Kupang merupakan salah satu jenis kerang laut yang berwarna coklat pusat dan sering Anda jumpai di pantai utara Jawa Timur.

4. Botok Tempe

5 Makanan Khas Pasuruan Lezat dan Bikin Nagih Makanan

Batok Tempe akan mudah anda temukan di Pasuruan, karena makanan yang satu ini menjadi makanan khas Pasuruan. Paduan tempe dengan kelapa parut serta bumbu-bumbu lain yang begitu sesuai menjadikan masakan ini begitu lezat. Paduan komposisi tersebut dikukus dalam bungkus daun pisang sehingga aroma dan rasanya pun begitu unik.

Ada banyak versi botok tempe yang berada di Pasuruan. Botok tempe pada umumnya dicampuri dengan kerang, udang, pete, petai cina, daun singkong ataupun yang lainnya. Cara membumbui pun dilakukan dengan berbeda-beda yaitu ada yang kunyit, agak kecoklatan maupun putih bersih.

5. Klepon Pasuruan

5 Makanan Khas Pasuruan Lezat dan Bikin Nagih Makanan

Banyak orang yang tidak asing dengan nama yang satu ini yaitu klepon pasuruan. Klepon pasuruan bisa jadi pilihan oleh-oleh Anda saat berkunjung di Jawa Timur. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan tradisional dini di sepanjang jalan Raya Gempol.

Klepon pada umumnya berwarna hijau dengan gula jawa di dalamnya. Namun akan berbeda dengan klepon pasuruan yang berwarna hijau dengan berbagai pilihan rasa seperti melon, durian, strawberry, dan masih banyak lagi.

Lihat juga makanan khas pati

Makanan Khas Pasuruan jadi pilihan tepat untuk kuliner Anda di Jawa Timur. Aneka ragam makanan khas di Pasuruan menjadikan daerah ini sebagai salah satu kota kuliner di Indonesia. Menikmati makanan kuliner akan semakin nikmat ketika Anda tidak sendirian.



Tags: makanan khas pasuruan, bisnis bulan puasa dan lebaran, kuliner khas Pasuruan, makanan khas bangil, jajanan khas pasuruan, Masakan khas pas, rawon pasuruan
(Visited 59 times, 4 visits today)