Written by 23:14 Makanan Khas Indonesia A-Z

5 Makanan Khas Pati Yang Banyak Dicari Wisatawan

Coba makanan khas Pati yang tidak dapat Anda temukan di banyak wilayah di Indonesia. Pati merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Rembang dan Jepara. Kota ini terkenal akan sektor pertanian dan perikanannya yang tinggi.

Pati yang disebut sebagai Kota Bumi Mina Tani ini memiliki daya tarik yang cukup memikat bagi wisatawan yang datang ke sana. Di samping kekayaan alam, Pati juga kaya akan makanan khas nya. Berikut adalah daftar makanan khas Pati yang tidak semua orang tahu:

Makanan Khas Pati

1. Nasi Gandul

5 Makanan Khas Pati Yang Banyak Dicari Wisatawan Makanan Khas Indonesia A-Z

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar tentang makanan ini. Ya, makanan ini sangat populer di kalangan warga Pati. Rasanya gurih campur manis dan yang lebih membuatnya fresh lagi, pedagang biasa menggunakan daun pisang untuk wadahnya.

Pada hidangan ini, terdapat potongan daging, telur bacem, ataupun babat yang dilumuri dengan kuah santan yang kental. Umumnya, orang akan menyantap hidangan ini dengan ditemani oleh Tempe garit yang renyah. Makanan seperti ini dapat Anda temui di banyak wilayah di Pati.

2. Jangan Tewel atau Sayur Nangka Muda

5 Makanan Khas Pati Yang Banyak Dicari Wisatawan Makanan Khas Indonesia A-Z

Sayur nangka memang cukup memikat hati sebagian besar orang Jawa. Di Pati ini, Jangan Tewel disajikan di atas daun jati yang masih segar. Rasanya pedas dan membuat Anda ingin nambah lagi dan lagi.

Lihat juga makanan khas trenggalek

Beberapa pendamping yang biasa dikombinasikan dengan Jangan Tewel ini di antaranya ampela ati, telur dadar, keripik udang, dan lainnya. Nah, jika Anda tertarik untuk mencicipinya, Anda bisa datang langsung ke desa Tambakromo, Pati Selatan.

3. Mangut Kelapa Manyung

5 Makanan Khas Pati Yang Banyak Dicari Wisatawan Makanan Khas Indonesia A-Z

Sesuai dengan namanya, kuliner ini menggunakan ikan manyung dalam pembuatannya. Salah hal yang menjadi daya tarik makanan ini ada pada kuah kuningnya. Kuah kuning itu adalah perpaduan antara kunyit dan bumbu rempah yang menghasilkan rasa yang lezat.

Ketika disuguhkan di piring saja sudah sangat terasa aroma khasnya. Itu mengapa, makanan ini tidak pernah hilang ditelan masa. Untuk bisa menyantap makanan ini, Anda mungkin bisa datang ke daerah Juana dan Batangan yang dikenal banyak ditemukan Makanan ini.

4. Petis Kambing Runting

5 Makanan Khas Pati Yang Banyak Dicari Wisatawan Makanan Khas Indonesia A-Z

Setelah mendengar kata Petis, poin Anda pasti merujuk pada Petis ikan yang berwarna hitam, bukan? Padahal anggapan itu salah besar. Petis di sini bukan petis ikan yang berwarna hitam, melainkan kuliner yang terbuat dari sumsum tulang kambing.  Biasanya, orang Pati menyebut sumsum ini sebagai iga daging kambing yang bercampur jeroan atau balungan.

Apa yang membuat makanan khas Pati ini dikatakan unik oleh masyarakat setempat? Hal ini  dikarenakan pada proses memasaknya, pemasak akan menambahkan tepung beras. Makanan ini sendiri juga biasa disantap dengan sate kambing walaupun di dalamnya sudah ada daging kambing.

5. Soto Kemiri

5 Makanan Khas Pati Yang Banyak Dicari Wisatawan Makanan Khas Indonesia A-Z

Apa sebenarnya Soto Kemiri itu? Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan soto biasa yang menggunakan kuah santan kuning dalam penyajiannya. Perbedaannya di sini adalah potongan daging besar yang menemani potongan daging tipis yang lazim pada soto yang umumnya ada.

Lalu kenapa soto ini dinamakan Soto Kemiri? Karena makanan khas yang satu ini berasal dari sebuah desa di Pati yang bernama desa Kemiri. Anda pasti akan menyesal jika tidak ikut mencicipi kelezatan Soto ini.

Lihat juga makanan khas vietnam

Itu tadi adalah daftar makanan khas Pati yang dapat Anda ketahui. Sebenarnya, masih ada beberapa makanan khas yang dapat Anda temukan di sana. Makanan khas itu seperti Jangan mrico dan Jangan Tempe Pedas yang memiliki cita rasa yang enak.



Tags: makanan khas pati, makanan khas pati jawa tengah, sayuran orang pati, jajanan khas pati, jangan tewel, Makanan daerah pati jawa tengah, makanan khas pati jateng, Makanan khas Pati Jawa tenga
(Visited 359 times, 1 visits today)