Makanan Khas Ponorogo 1
Makanan Khas

Makanan Khas Ponorogo

Ponorogo merupakan salah satu daerah yang ada di provinsi Jawa Timur dan berbatasan dengan Jawa Tengah.

Daerah ini memiliki ragam makanan khas yang jadi ciri tersendiri. Berikut ini 10 makanan khas Ponorogo yang wajib Anda coba.

Ponorogo menyimpan banyak sekali makanan lezat.

Anda yang hobi wisata kuliner tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan khas Ponorogo di bawah ini. Dijamin bikin ketagihan!

Makanan Khas Ponorogo

Rujak Petis

Makanan Khas Ponorogo

Salah satu makanan khas Ponorogo yang terkenal adalah rujak petis. Sekilas makanan ini hampir sama dengan gado-gado yang kita kenal, tapi seperti rujak cingur.

Rujak ini berisi bermacam-macam sayuran hijau seperti kangkung, kacang panjang, toge dan sebagainya yang disiram sambal dan petis di atasnya. Adanya tambahan petislah yang membedakannya dengan gado-gado.

Lihat juga makanan khas daerah

Paduan sambal dan petis dengan rasa yang sangat pedas membuat makanan ini memiliki cita rasa khas tersendiri. Hanya dengan harga Rp5.000 hingga Rp10.000 per porsi saja Anda sudah bisa menikmati kelezatan rujak petis khas Ponorogo.

Nasi Tahu

Makanan Khas Ponorogo 11

Makanan khas Ponorogo selanjutnya adalah nasi tahu atau masyarakat setempat menyebutnya sego tahu. Makanan ini berisi nasi atau ketupat atau bisa juga menggunakan lontong dengan lauk tahu putih.

Cara penyajiannya adalah tahu putih yang dicampur telur setengah matang dipotong-potong dan disajikan di atas nasi atau ketupat. Lalu taburi bawang goreng, irisan daun seledri, kacang tanah goreng dan kecap.

Rasanya manis dan gurih, sekali mencoba dijamin bikin Anda ketagihan. Anda hanya cukup merogoh kantong Rp5.000 sampai Rp10.000 untuk dapat menikmati kelezatan seporsi nasi tahu ini.

Getuk Golan

Makanan Khas Ponorogo 12

Salah satu makanan khas Ponorogo ini bakal bikin lidah Anda bergoyang. Yah, getuk golan memiliki citarasa yang manis dan gurih.

Makanan ini dibuat dari singkong yang direbus, lalu disajikan bersama dengan ketan hitam dan parutan kelapa yang disiram gula merah cair diatasnya. 

Paduan singkong, ketan, kelapa dan gula menjadikan getuk golan memiliki citarasa manis dan gurih nikmat. Anda cukup membelinya dengan harga Rp2.000 hingga Rp5.000 saja per porsi.

Dawet Jabung

Makanan Khas Ponorogo 13

Kuliner khas Ponorogo yang wajib kamu cicipi adalah dawet jabung. Minuman khas Ponorogo ini berisi dawet putih yang dibuat dari tepung beras, dan  disajikan bersama nangka, bubur ketan serta tambahan es batu.

Untuk kuahnya sendiri dibuat dari santan yang dicampur gula merah cair. Paduan dari semua bahan tadi menghasilkan citarasa yang manis dan menyegarkan. 

Untuk menikmati kesegaran semangkuk es dawet jabung, Anda cukup mengeluarkan uang Rp3.000 – Rp5.000 saja.

Tiwul Goreng

Makanan Khas Ponorogo 14

Salah satu makanan khas Ponorogo yang tak kalah lezatnya dengan makanan lainnya adalah tiwul goreng. Tiwul terbuat dari gaplek yang merupakan olahan singkong yang dikupas dan direndam air, hingga warnanya menjadi coklat dan dimasak.

Perbedaan tiwul khas Ponorogo dengan tiwul dari daerah lainnya adalah dari penyajiannya yang digoreng dengan ikan ngongok yang merupakan ikan endemis daerah Ponorogo.

Lihat juga makanan khas lamongan

Atau bila tidak ada bisa diganti dengan ikan nila. Rasanya tak diragukan lagi, pasti nikmat dan bikin Anda ingin mencobanya lagi.

Sate Gulai Kambing Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo 15

Sate kambing memang makanan yang populer dan tersebar di hampir seluruh Indonesia. Namun sate kambing  yang ada di Ponorogo ini berbeda dan memiliki khas tersendiri.

Salah satu keunikan sate kambing Ponorogo adalah dalam penempatannya. Para penjual sate menaruh sate-satenya pada suatu wadah yang dibuat dari rotan dan bambu yang dinamakan rombong.

Lalu dalam proses memasaknya pun berbeda dengan sate kambing pada umumnya yang langsung dibakar mentah-mentah. Tapi sate kambing khas Ponorogo ini sebelum dibakar terlebih dahulu direndam beberapa saat dengan air panas. Sehingga nantinya akan menghasilkan daging sate yang empuk.

Setelah sate dibakar, disajikan bersama nasi hangat dan bumbu kecap dengan campuran cabe dan bawang merah. Keempukan daging kambing dan kenikmatan rasanya dijamin menggugah selera makan Anda.

Satu porsi sate gulai khas Ponorogo ini berkisar antara Rp25.000 sampai Rp30.000.

Sate Kopok

Makanan Khas Ponorogo 16

Selain sate gulai kambing, ada pula sate khas Ponorogo lainnya yaitu sate kopok. Dalam bahasa Jawa sendiri kata kopok memiliki arti lendir telinga.

Karena tampilannya yang berlendir dengan warna mirip lendir telinga itulah yang menjadikan makanan ini diberi nama sate kopok. Tampilan dan warna tersebut dihasilkan dari campuran bumbu kacang dan santan kelapa.

Biasanya sate kopok ini juga disajikan bersama dengan sayur loto, tahu dan tempe. Rasanya dijamin nikmat dan lezat, Anda bisa mencicipinya hanya dengan harga Rp7.000 hingga Rp10.000 per porsi.

Sate Ayam Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo 17

Masih ada lagi sate khas Ponorogo lainnya yaitu sate ayam. Kuliner ini bisa dikatakan saingan dari sate Madura. Hanya saja dari tampilannya yang membedakannya.

Bila sate Madura menggunakan daging ayam yang dipotong dengan bentuk dadu, lain halnya dengan sate ayam Ponorogo yang dagingnya dipotong atau disayat memanjang.

Setelah disayat lalu direndam dengan kecap dan minyak sayur. Kemudian dibakar diatas tungku yang dibuat dari tanah liat, selanjutnya dicampur dengan bumbu kacang.

Untuk rasanya dijamin enak dengan bumbunya yang meresap dalam daging. Sate ayam khas Ponorogo ini biasanya disajikan bersama lontong dan ketupat.

Dan ada satu tempat makan yang populer menyediakan sate ini yaitu sate ayam Ponorogo milik H. Tukri Sobikon yang beralamat di Jalan Lau, Gang Sate no. 43K, Nologaten, Ponorogo.

Tempat makan sate ini juga merupakan langganan presiden kita Joko Widodo lho. Hanya dengan Rp20.000 hingga Rp25.000 Anda sudah bisa menikmati kelezatan sate ayam Ponorogo lengkap dengan lontong.

Serabi Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo 18

Sajian kuliner khas Ponorogo lainnya adalah Serabi Ponorogo. Serabi memang banyak terdapat di beberapa daerah, namun serabi Ponorogo tentu memiliki khas tersendiri.

Biasanya serabi ditampilkan dengan bermacam-macam topping, tapi untuk serabi khas Ponorogo disajikan bersama kuah santan. Rasanya pun gurih dan manis.

Di daerah Ponorogo sendiri serabi ini sangat mudah ditemukan, karena banyaknya pedagang-pedagang serabi yang tersebar di daerah tersebut.

Lihat juga makanan khas indonesia

ada cara tersendiri yang unik dalam menyantap serabi ini, yaitu menyantapnya di dekat tungku pedagang serabi, supaya suasana  lebih hangat. Karena pedagang serabi biasanya buka setelah subuh, disaat suasana pagi masih dingin.

Lentho

Makanan Khas Ponorogo 19

Makanan khas Ponorogo yang dijamin enak dan bikin ketagihan, salah satunya adalah lentho. Jenis makanan cemilan ini memiliki rasa yang lezat dan unik.

Makanan lentho terbuat dari olahan kacang tholo/kacang beras lalu dicampur adonan tepung yang sudah diberi bumbu, kemudian digoreng. Rasanya gurih dan ada sensasi pedasnya, sehingga inilah yang membedakannya dengan makanan gorengan lainnya.

Anda bisa mencicipi rasanya yang mantap hanya dengan harga Rp1.000 sampai Rp2.000 untuk satu lentho.

Nah, itulah 10 makanan khas Ponorogo yang wajib dicoba yang dijamin bikin Anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi, hmm yummy.

Title : Makanan Khas Ponorogo

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *