Makanan Khas

5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended

Ada banyak sekali keunikan yang ada di ibu kota Kabupaten Kepulauan Riau ini termasuk pada makanan khas Tanjung Pinang. Seperti yang sudah dijelaskan, Tanjung Pinang merupakan ibu kota kabupaten kepulauan Riau yang sekarang dikenal dengan nama Bintan. Ibu kota ini lebih banyak dihuni oleh orang atau suku melayu yang menjadi penduduk asli di sana.

Kota yang terkenal dengan banyaknya produksi elektronik ini mempunyai pesona yang begitu memikat. Jika Anda ke sana, Anda bisa datang ke beberapa natural resource yang sering didatangi wisatawan. Beberapa tempat wisata yang populer di sana adalah Pulau Penyengat, Pantai Impian, Tepi Laut, dan lain sebagainya.

Nah, jika kebetulan Anda berada di Tanjung Pinang, jangan hanya berwisata alam. Anda juga dapat melakukan aktivitas kuliner di beberapa wilayah yang ada di sana. Coba beberapa kuliner khas Tanjung Pinang yang sudah sangat populer di sana.

Makanan Khas Tanjung

1. Mie Lendir

5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended 1

Beberapa orang mungkin akan merasa geli setelah mendengar tentang Mie Lendir, tetapi mie ini memang ada di sana. Disebut sebagai Mie Lendir ini dikarenakan kuah mie ini sangat kental hingga menyerupai lendir. Rasanya enak dan gurih, sebagian orang bahkan menjadikan makanan ini sebagai makanan favoritnya.

Lihat juga makanan khas riau

Nah, Mie Lendir sendiri sebenarnya terbuat dari ubi jalar dan kacang tanah yang dicampur hingga menghasilkan warna cokelat. Dalam penyajian mie ini sebenarnya tidak ada perbedaan dengan mie kuning. Umumnya, orang akan menambahkan telur rebus dan cabe rawit untuk menambah kenikmatan makanan ini.

2. Mie Tarempa

5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended 2

Makanan unik adan khas selanjutnya adalah Mie Tarempa yang memiliki rasa yang lezat Nama dari makanan ini diambil dari tempat ia berasal yakni Pulau Tarempa. Banyak yang menganggap bahwa rasa mie ini berbeda dengan mie yang lainnya.

Mie ini dibuat dengan mencampurkan telur dan tepung dan dalam pemasakan nya dicampur dengan rempah-rempah. Jika Anda membeli mie ini, maka Anda akan menemukan berbagai jenis mie yang dijual di warung atau rumah makan. Beberapa jenis itu di antaranya Mie Tarempa lembab, Mie Tarempa Kering, Mie tanpa kuah, Mie dengan sedikit kuah, dan lainnya.

3. Bingke Pandan

5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended 3

Apakah Anda suka sekali dengan olahan kue yang manis dan gurih? Anda wajib mencoba makanan khas Tanjung Pinang yang satu ini. Makanan ini merupakan kue yang memiliki bahan dasar santan dengan tambahan beberapa bahan.

Rasa dari roti manis, gurih, dan harum. Produksi makanan ini terbatas setiap harinya jadi Anda harus cepat-cepat ambil start sebelum keduluan orang lain. Menurut informasi, penjual roti ini hanya akan membuat sekitar 30 biji saja per harinya.

4. Otak-Otak

5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended 4

Nah, makanan ini pasti sudah kental sekali di telinga Anda. Namun, jangan salah, Otak-otak di sini berbeda dengan Otak-otak yang ada di Jakarta.  Perbedaannya dapat dilihat jelas dari warnanya yang kuning, sedangkan di Jakarta berwarna putih keabuan.

Otak-otak di Tanjung Pinang dibuat dengan rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan makanan yang lezat dan khas. Selain itu, tidak seperti Otak-otak umumnya, Otak-otak di sini memiliki tekstur yang sangat lembut. Untuk bisa menyantap makanan ini, Anda bisa datang ke pasar atau warung-warung tertentu.

5. Luti Gendang

5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended 5

Luti Gendang adalah semacam roti yang dibuat dengan ukuran yang kecil-kecil. Masing-masing roti memiliki isian yang berbeda-beda agar tampak bervariasi. Setiap rasa memiliki ciri khas dan daya pikat sendiri sehingga banyak sekali orang yang suka dengannya.

Rasa dari Luti Gendang itu gurih dan selalu membuat penikmatnya ketagihan. Harganya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp2500 saja. Nah, jika Anda ingin menikmati roti ini untuk beberapa hari, Anda bisa menyimpannya di kulkas.

Lihat juga makanan khas pekanbaru

Nah, itu tadi adalah pembahasan tentang rekomendasi makanan khas Tanjung Pinang. Setiap makanan memiliki ciri khas dan rasa sendiri yang membuat penggemarnya tertarik untuk menikmatinya. Semoga liburan Anda di sana menyenangkan dan lancar!



Tags: makanan khas tanjung pinang, ciri khas makanan tabalong tanjung, tempat makan legendaris tanjung pinang, makanan khas tanjujung pinang, Makanan khas tanjun, makanan khas tanjungpinang kepulauanriau, makanan tanjung pandan, masakan tradisional pinang

Title : 5 Makanan Khas Tanjung Pinang Yang Paling Recommended

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *