10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa salah satu fakta yang menarik dari negara kita, ialah Indonesia punya banyak sekali tempat wisata menarik yang perlu dieksplor lebih jauh lagi oleh para wisatawan. Tak akan cukup waktu sehari atau dua hari untuk traveling ke seluruh tempat wisata menarik di Indonesia.

Pasalnya, di luar dari itu Anda pun pasti punya berbagai urusan dan juga pekerjaan lain, kecuali jika traveling adalah satu-satunya pekerjaan utama Anda. Coba lakukan perjalanan wisata Anda dimulai dari Ambon, Maluku. Di Ambon bukan hanya terdapat berbagai tempat wisata alam yang begitu mempesona, karena di Ambon Anda bisa melakukan kuliner dari makanan khasnya sekaligus berburu oleh-oleh khas Ambon.

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Bukan hanya ketika berkunjung di Ambon saja, Anda harus menanti segala peraturan yang telah dibuat. Hal yang sama pun harus Anda lakukan dimana saja, guna menjaga norma kesopanan dan tata krama ketika berkunjung ke kota orang. Siapa sih yang tak senang jika kota tercintanya kedatangan wisatawan, semua orang pasti menyukainya karena hal tersebut pasti akan berpengaruh dengan pendapatan nilai ekonomi untuk penduduk di sekitarnya.

Namun, jika Anda dan rombongan melakukan hal sewenang-wenang dan menyalahi tata aturan yang berlaku, tentu mereka tak akan segan untuk bertindak tegas. Oleh karena itu, jadilah wisatawan yang baik dengan berkunjung, berjalan-jalan dan hingga kembali pulang dengan perasaan riang gembira serta aman.

Loading...

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru Rekomended

Sebenarnya, masyarakat Ambon tidaklah menyeramkan seperti yang Anda bayangkan. Mereka adalah orang-orang yang selalu bersikap ramah kepada orang lain, termasuk kepada para wisatawan. Jadi, apabila terdapat kesulitan, seperti kebingungan hendak memilih oleh-oleh khas Ambon, mereka pun akan merekomendasikan beberapa oleh-oleh untuk Anda bawa pulang.

1. Kerajinan Kerang Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Jenis oleh-oleh sekaligus yang dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan ketika berada di Ambon, yakni kerajinan kerang khas kota Ambon. Di sana terdapat berbagai souvenir yang terbuat dari kerajinan kerang yang begitu unik, indah dan mempunyai nilai seni tinggi. Beberapa souvenir kerajinan kerang tersebut, berupa kalung, cincin, gelang, bros, gantungan kunci, hiasan dinding dan masih banyak lagi yang lain. Souvenir kerajinan kerang ini begitu khas, sehingga pas dijadikan sebagai cinderamata.

2. Kopi Sibu-sibu Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Dimana pun rasa kopi sebenarnya sama saja, hanya berbeda variannya saja. Itu memang benar, karena pada dasarnya kopi sibu-sibu khas Ambon ini merupakan kopi berjenis robusta yang telah dihaluskan. Namun, tetap saja ada perbedaan antara kopi sibu-sibu dengan kopi pada umumnya. Sebab, proses penghalusan kopi ini dilakukan dengan cara yang terbilang masih tradisional. Selain itu, kopi ini pun dicampur dengan bubuk kenari halus dan bubuk cengkeh halus, sehingga cita rasa sekaligus aromanya sangat khas sekali.

3. Rujak Natsepa Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Di sepanjang Panti Ambon, Anda bisa menikmati hidangan rujak yang begitu menyegarkan sembari menikmati pemandangan pantai yang indah. Hal tersebut hanya bisa dilakukan di wilayah negara tropis, seperti Indonesia apalagi rujak yang dihidangkan punya rasa yang berbeda dengan rujak kebanyakan. Rujak ini dikenal dengan nama rujak netsepa, yakni rujak buah segar yang dipadukan dengan sambal pedas dan gurih, apalagi di sini Anda bisa menikmati rujak sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

4. Ikan Kuah Pala Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Olahan kuliner khas Ambon ini dibuat dari bahan dasar ikan segar dengan kuah yang kaya akan kandungan bumbu rempah-rempah. Aroma dan rasanya begitu nikmat sekali, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bekal perjalanan panjang Anda menuju rumah. Dikarenakan sangat tidak mungkin menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena tidak tahan lama sekaligus akan tercecer di dalam koper atau tas Anda.

5. Ikan Asap Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Walaupun sama-sama berupa oleh-oleh khas Ambon dari bahan dasar ikan segar, tapi ikan asap khas Ambon ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena selain bisa dinikmati langsung di tempat asalnya, ikan asap ini pun juga diletakkan dan disimpan ke dalam kantong plastik untuk dibawa pulang. Pasalnya, ikan asap ini telah mengalami proses pengasapan, sehingga lebih awet dibawa saat perjalanan jauh. Namun, setibanya di rumah jangan lupa untuk memasakannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

6. Sambal Colo-colo Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Ketika sudah menjadikan ikan asap sebagai salah satu oleh-oleh yang nantinya akan Anda bawa pulang, maka jangan lupa pula untuk membeli pelengkapnya, yakni sambal colo-colo khas Ambon. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan, cabai rawit, tomat muda, bawang merah, seledri, garam dan air perasan jeruk nipis. Rasanya begitu gurih, manis dan segar, sehingga cocok dipadukan dengan nasi hangat dan lauk ikan asap. Jika tertarik menjadikannya sebagai oleh-oleh, maka Anda bisa membeli sambal colo-colo dalam kemasan plastik ataupun dalam kemasan kaleng.

7. Papeda Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Anda sudah tahu kan papeda itu apa? Benar sekali, pepeda adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang lengket seperti lengket. Di Ambon, papeda dijadikan sebagai makanan pokok penganti nasi. Biasanya papeda ini dimakan bersamaan dengan ikan kuah kuning. Penasaran kan dengan rasanya? Sebelum mulai melakukan perjalanan pulang, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk menikmatinya.

8. Nasi Lapola Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Jika di Pulau Jawa kerap kali ditemukan olahan nasi yang khas akan kandungan rempahnya, seperti nasi kuning dan nasi uduk. Di Ambon juga terdapat jenis nasi yang begitu khas, yang mana nasi tersebut dikenal dengan nama nasi lapola. Nasi lapola ini punya tekstur pulen dan terasa sangat gurih. Proses pemasakannya dilakukan dengan cara mencampurkan nasi setengah matang dengan kacang tolo, parutan kelapa dan juga tambahan garam. Kemudian, nasi tersebut dimasak kembali hingga matang merata secara sempurna. Kendati punya rasa yang begitu khas, nasi lapola ini hanya cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk bekal perjalanan Anda saja, karena nasi punya sifat yang mudah basi.

9. Aneka Olahan Sagu Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Ambon merupakan salah satu tempat penghasil sagu terbesar di Indonesia, sehingga mayoritas penduduknya pun mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok sehari-hari. Oleh karena itu, banyak aneka olahan sagu yang bisa Anda coba di sini, seperti bubur sagu ubi, talam sagu bakar, woku komo-komo dan kue sagu kering.

Untuk bubur sagu ubi, Anda bisa menikmati perpaduan bubur dan ubi bertabur kacang kenari dengan tambahan santal kental ini sebagai bekal perjalanan pulang. Sementara, talam sagu bakar adalah sagu bakar yang sudah dicampur kacang kenari dan kacang brenebon. Kemudian, woku komo-komo adalah sagu yang sudah diolah sedemikian rupa kemudian dibungkus di dalam daun woku. Dari beberapa oleh-oleh dari olahan sagu, yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang adalah, kue sagu kering, talam sagu bakar dan woku komo-komo.

10. Kue Kering Kenari Khas Ambon

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Kue kering khas dari kota Ambon ini sudah jelas dapat dijadikan oleh-oleh, karena lebih awet dan tahan lama. Kue kering kenari ini adalah kue berbentuk lembaran dengan taburan cacahan kacang kenari. Selain itu, juga terdapat campuran dari kacang almond, sehingga rasanya benar-benar gurih.

Lihat juga oleh oleh khas bangka

Satu per satu mengenai oleh-oleh khas Ambon sudah dijelaskan, baik rasa hingga proses pembuatannya. Hal ini bertujuan agar Anda menjadi merasa tertarik dan yakin untuk menjadikan beberapa souvenir, makanan hingga camilan tersebut sebagai oleh-oleh disepanjang perjalanan dan oleh-oleh yang nanti akan dibawa pulang.

10 Oleh-oleh Khas Ambon Maluku Terbaru yang Rekomended Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5