10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik

Meskipun kepopuleran kota Bekasi tidak setenar Jakarta, tapi tetap saj ada kok para wisatawan yang berkunjung dan singgah di kota Bekasi. Sebab, sama halnya dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia, di Bekasi juga ada lokasi atau tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Apalagi di Bekasi juga ada beragam oleh-oleh khas yang wajib dibeli para wisatawan sebagai buah tangan. Bagi Anda yang melakukan kunjungan di kota Bekasi, pasti Anda pun belum mengerti apa saja oleh-oleh khas Bekasi yang enak sekaligus yang cocok untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabat dekat.

Lihat juga oleh oleh khas jakarta

Dari sekian banyaknya jenis makanan, jajanan dan juga camilan yang dapat dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh, sebaiknya Anda pilih sesuai dengan keinginan, atau bisa juga Anda pilih sesuai dengan request keluarga. Biasanya ketika kita bepergian beberapa orang akan meminta untuk dibelikan oleh-oleh ini dan itu.

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik

Tak masalah jika Anda membelinya ketika budget masih mampu mencukupinya. Kalau pun tidak, jangan dipaksakan maka belilah saja beberapa oleh-oleh yang sekiranya cukup dibagikan kepada semua orang. Dan, mengenai beberapa oleh-oleh dari Bekasi, Anda bisa memilihnya dari beberapa jajanan, camilan maupun makanan yang ada di bawah ini.

Ada apa saja?

Loading...

1. Kue Duit Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Dari sederetan jajanan yang terkenal di kota Bekasi, salah satu yang terkenal adalah kue duit. Kue ini memiliki bentuk seperti uang koin, sehingga disebut sebagai kue duit. Kue ini dibuat menggunakan bahan-bahan dari tepung, telur dan juga gula. Adonan kue ini dibentuk menjadi bulatan tipis seperti uang logam, lalu digoreng di dalam minyak panas. Selain renyah, kue ini juga punya cita rasa yang enak dan juga manis.

2. Kue Sagon

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Yang menjadi oleh-oleh khas Bekasi berikutnya adalah kue sagon. Kue yang populer di kota Bekasi ini terbuat dari olahan tepung beras yang sebelumnya sudah disangrai, sehingga tak heran apabila kue ini punya aroma dan cita rasa yang begitu khas. Bentuk dari kue sagon sendiri sangat bervariasi, ada yang berbentuk kotak, oval, lingkaran hingga persegi panjang. Kue dengan cita rasa gurih ini pun dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk kalangan wisatawan.

3. Rengginang Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Bekasi merupakan salah satu kota yang terkenal akan produksi home industry atau yang biasa disebut dengan UKM. Salah satu produk industri rumahan yang terkenal di kota Bekasi adalah rengginang. Rengginang merupakan camilan renyah menyerupai kerupuk, cita rasanya yang gurih membuatnya digemari oleh setiap orang dari berbagai kalangan. Camilan regginang ini dibuat dari bahan dasar beras yang dimasak sedemikian rupa, kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Rengginang merupakan camilan yang direkomendasikan sekali untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Kue Akar Kelapa Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Walaupun kue akar kelapa dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Jakarta, tapi Anda juga bisa mendapatkannya di kota Bekasi. Kue yang satu ini mempunyai bentuk panjang bergerigi yang mirip sekali dengan akar pohon kelapa. Komposisi bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tepung ketan dan juga kelapa parut, sehingga wajar saja jika jajanan kue akar kelapa ini begitu renyah serta bercita rasa manis.

5. Dodol Betawi Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Bekasi juga lekat kaitannya dengan adat dan kebudayaan Betawi, sehingga kebanyakan penduduk kota Bekasi mayoritasnya berasal dari suku Betawi. Oleh karena itu, tidaklah heran apabila dodol Betawi juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang kerap kali Anda jumpai. Dodol Betawi ini tersedia dalam beberapa varian, seperti dodol ketan dan dodol dengan aneka rasa buah.

6. Bandeng Rorod Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Bandeng rorod adalah sebutan masyarakat Betawi untuk olahan ikan bandeng tanpa duri. Kebayangkan bagaimana enaknya makan ikan bandeng tanpa terganggu dengan duri-duri tajamnya. Bandeng rorod bukan hanya olahan ikan bandeng yang sudah dihilangkan durinya saja, karena bandeng ini sudah diberikan bumbu tertentu sehingga rasanya pun menjadi semakin lezat. Selain itu, bandeng rorod ini juga tersedia dalam dua varian rasa, yakni rasa original dan pedas.

7. Bir Pletok Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Meskipun dikenal dengan nama bir pletok, tapi minuman ini tidak memiliki kandungan alkohol sedikit pun. Sebaliknya, bir pletok merupakan minuman yang terbuat dari rempah-rempah yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa keluhan penyakit, seperti masuk angin, gejala flu dan pusing. Walaupun merupakan minuman rempah-rempah yang mirip dengan jamu, namun bir pletok ini punya rasa yang enak.

8. Wajik Ketan Hitam Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Mungkin beberapa orang sudah cukup familiar dengan jajanan yang satu ini, yakni wajik ketan hitam. Makanan berupa jajanan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis, sehingga cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Walaupun dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, tapi wajik ketan ini awet apabila disimpan berhari-hari, meskipun di luar lemari pendingin atau kulkas.

9. Kue Kembang Goyang Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Kendati dikenal sebagai kue, sebenarnya kembang goyang khas bekasi ini adalah camilan karena memiliki tekstur yang begitu renyah. Tak hanya renyah saja, kue kembang goyang ini juga punya cita rasa yang unik. Belum lagi bentuknya yang menyerupai bunga ini terlihat begitu menarik, sehingga Anda pun akan selalu berselera untuk memakannya.

10. Kue Biji Ketapang Khas Bekasi

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Jenis kuliner sekaligus oleh-oleh dari kota Bekasi ini terbilang cukup legendaris, karena sejak jaman dahulu hingga saat ini kue biji ketapang disajikan sebagai camilan untuk keluarga dan juga dijadikan sebagai hidangan camilan untuk para tamu yang berkunjung. Cita rasa kue yang terbuat dari komposisi tepung terigu, mentega, telur dan gula ini adalah manis, dengan tekstur renyah serta cenderung agak keras.

Singgah dan berada sebentar di kota orang lain selalu punya sensasi sendiri, apalagi jika hal itu adalah pengalaman perdana dari kunjungan Anda. Sudah pasti Anda pun tak ingin melewatkan untuk melakukan banyak sekali keseruan di kota Bekasi, termasuk berburu dan berbelanja oleh-oleh khas Bekasi yang nantinya akan dibagikan untuk orang-orang terkasih ketika sudah tiba di rumah.

Saat waktu kunjungan Anda telah habis di kota Bekasi, karena Anda harus melakukan rutinitas dan aneka kesibukan seperti sedia kala, tentu akan membuat Anda kecewa karena akan merasakan ujung dari masa liburan Anda, terlebih lagi apabila Anda sudah merasa betah berada di kota Bekasi. Sebagai solusinya, Anda harus menggunakan setiap moment dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment tersebut sebagai kenang-kenangan.

Lihat juga oleh oleh khas hongkong

Jangan khawatir, walaupun waktu berlibur Anda akan segera berakhir, namun di kemudian hari jika punya kesempatan yang sama, Anda pun masih bisa berkunjung ke kota Bekasi kembali dengan keseruan dan kesenangan yang lebih lagi dari hari ini. Kalau pun bisa, Anda pun bisa membeli oleh-oleh dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang sekarang.

10 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Enak dan Menarik Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5