Written by 12:09 Oleh-oleh

Oleh Oleh Khas Cianjur

Salah satu daya tarik utama orang-orang datang ke Cianjur adalah tempat wisatanya yang terkenal dengan panorama alam indah. Padahal, selain itu, ada juga 10 oleh-oleh khas Cianjur yang tak boleh Kamu lewatkan.

Oleh-oleh Khas Cianjur yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jika Kamu datang dan melancong ke tempat yang juga dikenal dengan kualitas berasnya ini, Kamu perlu menyisihkan budget untuk oleh-oleh ini. Selain enak, oleh-olehnya juga sebagian tergolong unik dan mungkin hanya Kamu temukan di Cianjur.

Oleh-oleh Khas Cianjur

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Cianjur yang bisa Kamu bawa pulang? Berikut Kami ulas 10 oleh-oleh dari Cianjur. Cekidot!

1. Kue Moci Cianjur

Oleh-oleh Khas Cianjur

Moci adalah yang pertama. Kue ini adalah makanan berbahan dasar kacang tanah dan terigu. Kemudian, dalam prosesnya ia ditaburi dengan gula halus.

Proses pengolahannya yang spesial menghasilkan rasa yang nikmat saat Anda menggigit moci sedikit demi sedikit.

Biasanya, pengemasannya dimasukkan ke dalam kotak bambu. Orang Sunda biasa menyebut kotak tersebut dengan nama besek.

Untuk harga, Anda tak perlu khawatir. Murah kok. Untuk isi 12 pcs, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 20 ribu saja. Segitu juga kenyang kok kalo habis sendiri.

2. Roti Popon

Selain kue moci, ada juga roti bernama roti popon.

Roti ini sudah sangat terkenal sebagai khas Cianjur. Meski proses produksinya dilakukan dalam skala rumahan, namun secara rasa bisa diadu dengan roti-roti yang skala pabrik dan dijual di tempat-tempat bonafid.

Lihat juga oleh oleh khas bandung

Roti ini dijual di toko yang letaknya ada di dekat alun-alun Kota Cianjur. Diantara rasa andalan dari roti ini adalah coklat dan pisang coklat. Ada juga varian lain termasuk roti tawar.

Harganya juga tergolong murah. Mulai dari belasan ribu rupiah, Kamu sudah bisa merasakan kelezatannya.

3. Tauco Khas Cianjur

Tauco khas Cianjur adalah salah satu makanan lain yang juga cocok untuk Kamu beli atau bahkan dibawa pulang.

Salah satu tempat penjual tauco yang paling populer adalah tauco cap meong. Tauco di toko ini merupakan makanan legendaris asli Cianjur yang sudah ada sejak tahun 1880-an. Lama sekali bukan?

Akibat kelezatan dan konsistensi citarasanya, hingga kini tauco ini masih bertahan dan memiliki banyak penggemar yang memburunya. Salah satu kekuatan tauco ini adalah aroma khasnya yang benar-benar menggoda perut.

Harganya juga terbilang cukup murah. Dengan bermodal 15 ribu rupiah, Kamu sudah bisa mendapatkan satu botol tauco cap meong ini.

4. Kue Tauco

Oleh-oleh makanan ringan khas Cianjur lainnya yang bisa Kamu beli adalah kue tauco.

Kue ini memiliki bahan dasar tepung dengan campuran bahan lain yang menjadikannya memiliki rasa lezat dan unik.

Produknya sendiri tercipta hasil inovasi dari salah satu bumbu makanan yang bernama tauco.

Jika Kamu mencarinya di toko oleh-oleh, Kamu akan menemukannya dijual dalam toples. Dengan rasa yang beraneka macam. Mulai dari rasa original, coklat, pisang coklat, bahkan ada juga rasa kurma.

Bagaimana soal harga? Tenang, terjangkau kok. Satu toples hanya sekitar 30 ribu saja.

5. Marici Putu Mayang

Marici putu mayang adalah oleh-oleh yang bisa Kamu pilih selanjutnya. Marici sendiri merupakan akronim dari makanan ringan Cianjur.

Bahan dasar marici putu mayang adalah tepung beras. Hal yang unik dari putu mayang khas Cianjur ini, bahan olahan dari tepung berasnya dibentuk seperti mie sebelum dikukus hingga matang.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Marici putu mayang ini umumnya dimakan bersama santan dan saus gula. Rasanya yang manis dan teksturnya yang legit tentu saja cocok bagi Kamu yang suka makanan manis.

6. Roti Manis Tan Keng Cu

Selain roti popon, Cianjur juga punya toko roti yang memproduksi roti tan keng cu. Bisa dibilang, roti ini adalah roti legendaris.

Eksistensinya di Cianjur sudah ada sejak zaman penjajahan. Tepatnya, sejak tahun 1926. Awalnya, ia dijual khusus untuk memenuhi kebutuhan orang-orang Eropa yang tinggal di Cianjur. Namun, lambat laun konsumennya meluas.

Rasanya yang manis sangat cocok untuk menemani aktivitas santai bersama keluarga Kamu ketika di rumah.

Oh ya, roti ini dijual dalam kondisi fresh karena langsung dari pabriknya. Harganya juga sangat murah, mulai dari Rp. 2.500 rupiah saja.

7. Asinan dan Manisan Buah

Kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh yang khas di Cianjur lainnya. Yakni asinan dan manisan yang umumnya dijual di satu toko.

Makanan yang satu ini rasanya menyegarkan dan enak jika dimakan ketika kondisinya panas terik. Kamu bisa membawanya pulang dan membungkusnya untuk orang-orang di rumah.

Asinan dan manisan ini dibuat dengan cara mencampurkan buah-buahan dengan bumbu asinan atau manisan yang dibuat secara khusus.

Biasanya, buah yang dipilih untuk makanan adalah salak, mangga, serta kedondong. Meski ada juga sayuran seperti sawi, terong, dan bayam.

8. Beras Pandanwangi

Oleh-oleh khas berasal dari Cianjur yang patut juga Kamu bawa pulang adalah beras. Sejak tahun 1973, daerah Cianjur memproduksi beras khas daerahnya yang bernama beras pandanwangi.

Meskipun Kamu pasti tak aneh dengan beras, namun beras asli Cianjur ini memiliki keunikannya tersendiri. Oleh karena itu, alangkah sayang jika Kamu terlewat untuk membelinya dan membawa pulang untuk dinanak di rumah.

Apa sih spesialnya beras ini?

Jika ditelisik, beras ini memiliki aroma yang khas, yakni wangi pandan. Aroma ini keluar ketika berasnya sudah menjadi nasi.

Tak heran jika banyak yang menyenangi beras yang satu ini meski secara harga, ada di atas keumuman harga beras yang beredar di pasaran.

9. Rogan Sop

Cianjur juga memiliki makanan khas yang dalam penyajiannya memanfaatkan daun pisang. Namanya adalah rogan sop.

Makanan ini kerap laris dan diburu oleh masyarakat ketika memasuki bulan Ramadhan. Namun, Kamu juga masih bisa menemukannya di luar bulan tersebut.

Rogan sendiri akronim dari roti dan degan atau kelapa muda. Citarasa yang ada dalam rogan sop adalah manis, gurih, dan segar.

Bukan hanya soal rasa, karakter dari makanan ini juga muncul dari aromanya. Hal ini karena ada campuran aroma daun pandan pada kuahnya, yang berpadu dengan aroma daun pisang.

Kamu yang mencari kesegaran, bisa menyantap dan membawa pulang ini.

10. Kentang Stik Cianjur

Makanan terakhir yang bisa Kamu jadikan oleh-oleh adalah stik kentang. Pada dasarnya, stik kentang ini menggunakan bahan dasar kentang sebagaimana umumnya.

Namun, keistimewaan dari kentang ini terletak pada olahan bumbu yang menyertainya, sehingga ketika digoreng dan dimakan rasanya renyah dan nikmat.

Lihat juga oleh oleh khas bali

Di Cianjur, tempat kentang stik yang terkenal ada di daerah jalan Yulius Usman Cianjur. Banyak rasa yang tersedia mulai dari original hingga keju.

Itulah 10 oleh-oleh khas Cianjur yang bisa Kamu jadikan alternatif ketika mencari oleh-oleh. Jika Kamu sayang keluarga, tentu Kamu akan memilih dengan baik berdasarkan pengetahuanmu soal selera dari orang dekatmu di rumah.

Last modified: 7 December 2020