5 Oleh Oleh Khas Garut Siap Temani Perjalanan Pulang Anda

Posted on

Oleh Oleh Khas Garut yang paling terkenal yaitu dodol. Namun jika Anda ingin menengok sebentar, Kota Dodol ternyata memiliki banyak makanan khas yang bisa Anda bawa pulang untuk oleh oleh di rumah.

Tidak hanya dodolnya saja, Garut juga dikenal sebagai destinasi wisata lautan yang begitu mempesona. Nah, ketika Anda memilih garut sebagai tujuan wisata tentu tidak boleh melewatkan berbagai makanan khasnya bukan? Berikut ini beberapa makanan khas Garut yang harus anda bawa pulang sebagai oleh oleh.

Oleh Oleh Khas Garut

1. Dodol Garut

5 Oleh Oleh Khas Garut Siap Temani Perjalanan Pulang Anda Oleh-oleh

Oleh Oleh Khas Garut yang tidak boleh terlewatkan yaitu Dodol Garut. Sesuai dengan namanya, dodol tersebut dibuat di Garut dengan bahan dasar beras ketan. Rasa khas dodol yang manis dan gurih ini berhasil membuat siapapun yang mencicipi menjadi ketagihan.

Lihat juga oleh oleh khas cirebon

Proses pembuatan dodol garut yaitu tepung beras ketan dan gula merah dicampur menjadi satu bersamaan dengan santan. Proses pengolahan ini memakan waktu 5 hingga 8 jam lamanya. Seiring dengan perkembangan zaman, dodol kini memiliki varian rasa seperti dodol nanas, dodol nangka ataupun rasa lainnya.

2. Dorokdok

5 Oleh Oleh Khas Garut Siap Temani Perjalanan Pulang Anda Oleh-oleh

Dorokdok yaitu makanan khas yang terbuat dari kulit sapi dengan diolah bersama bumbu bumbu istimewa. Makanan ringan ini berupa kerupuk yang tentunya bisa menjadi cemilan Anda. Kulit yang digunakan dalam bahan cemilan yaitu kulit sapi saja.

Dorokdok jelas berbeda dengan kerupuk kulit biasanya. Oleh oleh ini memiliki rasa yang lebih gurih, renyah dan crispy. Dorokdok akan semakin nikmat untuk menemani baso aci Anda. Dorokdok mudah ditemukan dan biasanya dijual dalam kiloan yang dibungkus dalam plastik besar.

3. Rengginang garut

5 Oleh Oleh Khas Garut Siap Temani Perjalanan Pulang Anda Oleh-oleh

Rangginang merupakan oleh oleh khas Garut yang terbuat dari beras ketan. Rengginang mempunyai rasa yang gurih dan kriuk kriuk ketika memakannya. Makanan khas yang satu ini berinovasi baru yaitu rangginang dengan aneka varian rasa dan berwarna warni.

Pembuatan dari rangginang yaitu beras ketan di dikukus terlebih dahulu dan dibumbui. Setelah itu, adonan dibentuk bulat bulat kemudian dijemur selama beberapa hari hingga mengering. Setelah rengginang benar-benar kering, maka rengginang mentah tersebut digoreng dan siap disantap.

4. Burayot

5 Oleh Oleh Khas Garut Siap Temani Perjalanan Pulang Anda Oleh-oleh

Burayot merupakan oleh oleh khas yang terbuat dari beras merah, kacang merah dan gula merah yang diolah sedemikian rupa. Agar burayot memiliki rasa yang lebih manis lagi, gula merah tersebut diganti menggunakan gula aren.

Proses pembuatan dari Burayot sendiri cukup unik yaitu harus menggorengnya satu per satu. Burayot sering disajikan oleh warga sekitar ketika lebaran datang. Jika Anda ingin membeli makanan khas garut yang satu ini, anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh oleh Garut.

5. Chocodot

5 Oleh Oleh Khas Garut Siap Temani Perjalanan Pulang Anda Oleh-oleh

Para pecinta cokelat tentu tidak boleh melewatkan makanan khas yang satu ini. Chocodot merupakan singkatan dari chocolat dodol dimana oleh oleh garut ini berupa cokelat yang diisi dengan dodol. Nikmati memakan cokelat dengan model yang berbeda.

Awal dari chocodot sendiri berasal dari ketidaksengajaan seorang pembuat dodol yang menjatuhkan cokelat dalam adonan dodol. Tetapi setelah matang, dodol memiliki rasa yang unik dan lezat. Kini chocodot terdiri dari beberapa rasa yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu white chocolate, dark chocolate, dan milk chocolate.

Lihat juga oleh oleh khas bandung

Demikian beberapa Oleh Oleh Khas Garut yang wajib Anda coba dan dibawa pulang. Makanan akan semakin nikmat jika menyantapnya bersama orang tersayang. Selain rasa yang unik, oleh oleh garut juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Tags: chocodot garut

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *