Written by 12:19 Oleh-oleh

Oleh Oleh Khas Gresik

Oleh Oleh Khas Gresik

Jika Kamu datang berkunjung ke Kota Gresik, jangan hanya menikmati suasananya saja. Lirik juga 10 oleh-oleh khas Gresik berikut ini yang bisa Kamu bawa pulang.

Gresik adalah salah satu kota kecil di Jawa Timur. Namun, ada setidaknya 10 oleh-oleh khas gresik yang bisa Kamu bawa pulang jika berkunjung ke daerah ini.

Oleh-oleh tersebut sangat cocok Kamu bawa pulang selepas berkunjung ke berbagai tempat menarik di Gresik. Misalnya, sepulang dari Pantai Pasir Putih, Bukit Jamur, Danau Kastoba, dan berbagai lokasi wisata lainnya.

Oleh-oleh Khas Gresik yang Wajib Dibawa Pulang

Apa saja oleh-oleh khas Gresik yang bisa Kamu jadikan buah tangan tersebut? Berikut ini deretan oleh-oleh dari Gresik yang bisa Kamu catat untuk dibawa pulang.

1. Rebana

Gresik memang dikenal sebagai daerah yang religius. Orang-orang sering menyebut Gresik sebagai Kota Seribu Masjid atau Kota Santri.

Tak heran jika banyak pengrajin benda-benda yang berhubungan dengan aktivitas religi dan bisa Kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Salah satunya adalah rebana.

Lihat juga oleh oleh khs surabaya

Meski pada mulanya diproduksi untuk sekedar memenuhi kebutuhan pesantren, namun akhirnya wisatawan juga banyak yang tertarik meliriknya untuk dijadikan oleh-oleh.

Rebana khas Gresik ini memiliki keunggulan tersendiri. Titik unggulnya terletak pada kualitasnya yang awet bertahan dalam waktu puluhan tahun.

2. Kopi Gresik

Dari hari ke hari, tren ngopi di kalangan penduduk Indonesia semakin tinggi. Banyak orang yang menjadi pemburu kopi dan menyengaja untuk mencicipi kopi dari berbagai daerah.

Jika Kamu termasuk salah satu pecinta kopi, maka jangan lupa sisihkan uang untuk membeli oleh-oleh kopi khas Gresik ini.

Kopi yang diproduksi oleh masyarakat Gresik umumnya adalah kopi dengan jenis robusta. Sensasi rasanya yang khas membuat kopi ini nikmat untuk diseruput hingga tetes terakhir.

Sebenarnya, Kamu bisa mencicipinya dengan membeli di berbagai warung yang ada di sisi jalan. Hanya saja, Kamu juga bisa membeli kopi ini dalam kemasan untuk dibawa ke tempat asalmu.

3. Sarung Tenun Khas Gresik

Selain rebana, oleh-oleh religi khas Gresik yang bisa Kamu beli dan bagikan untuk orang-orang terdekat di rumah adalah sarung.

Sarung yang diproduksi oleh masyarakat Gresik adalah sarung tenun. Kualitas dari sarung ini tidak abal-abal. Mengingat pasarnya sudah tembus ke pasar internasional.

Kelebihan dari sarung tenun Gresik adalah corak dan teknik pewarnaannya yang baik, sehingga coraknya bisa bertahan dalam waktu yang puluhan tahun.

Kamu mungkin bisa saja membelinya secara online, namun jelas membeli langsung di sentra produksinya lebih afdhol. Kamu bisa mencari sendiri corak yang cocok dan pas karena banyak sekali pilihannya.

4. Otak-Otak Bandeng Gresik

Otak-Otak Bandeng Gresik

Masuk ke makanan, salah satu makanan yang bisa Kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah otak-otak bandeng. Daya tahan dari makanan ini cukup lama sehingga bisa Kamu pertimbangkan untuk dibawa pulang dan dijadikan buah tangan.

Sesuai namanya, makanan ini adalah otak-otak yang diolah dari ikan bandeng. Cita rasanya lezat dan bisa menambah nafsu makan ketika melihatnya tersaji di atas meja makan.

Wajar memang karena otak-otak bandeng asli Gresik ini bukan hanya populer di Gresik. Masyarakat Indonesia juga banyak yang mengenalnya dan tidak melewatkannya ketika mampir ke kota ini.

5. Bonggolan

Jika Kamu familiar dengan pempek khas Palembang dan menyukainya, kemungkinan besar Kamu juga akan jatuh cinta dengan bonggolan.

Bonggolan adalah camilan yang sejenis dengan pempek. Perbedaannya, bahan bonggolan adalah ikan payus. Ikan ini sendiri masih satu keluarga dengan ikan bandeng.

Lihat juga oleh oleh khas malang

Dalam pengolahannya, ikan tersebut dicampurkan dengan terigu, tepung kanji, bawang merah, bawang putih, serta sari ikan payus.

Penyajiannya berbeda-beda. Ada yang yang disajikan dengan cara dikukus dan ada juga yang digoreng.

6. Kue Jubung

Salah satu makanan legendaris yang ada di Gresik adalah kue jubung. Meskipun terkategori jajan pasar, namun rasanya yang enak membuatnya populer dikonsumsi banyak orang termasuk wisatawan,

Kue jubung ini terbuat dari ketan hitam yang ditaburi oleh butiran-butiran wijen di atasnya. Kemasan yang membungkusnya terbuat dari bahan tradisional yakni pelepah pohon pinang.

Teksturnya yang kenyal dan halus seperti dodol Garut membuatnya nikmat ketika dikunyah. Ditambah lagi dengan aroma wijen yang harum dan menggugah selera.

Kamu yang senang dengan makanan manis, sepertinya akan ketagihan jika sudah mengkonsumsi ini. Tertarik mencoba?

7. Kue Pudak

Selain kue jubung, oleh-oleh manis khas Gresik lainnya yang bisa Kamu bawa pulang adalah kue pudak. Kue ini memiliki rasa manis yang lezat.

Bedanya, jika jubung berbahan dasar ketan hitam, kue pudak bahan dasarnya tepung beras dan sagu.

Keduanya diolah dengan campuran gula pasir, gula jawa, serta santan. Selain itu, ditambahkan juga aroma daun pandan yang membuat kue ini wangi dan menggugah selera.

Pembungkus pudak sama dengan pembungkus jubung, yakni dibuat dari pelepah daun pinang yang sudah melalui proses pengeringan.

Karena eksistensi kue pudak yang digemari oleh banyak orang yang datang ke Gresik, maka salah satu sebutan dari kota ini juga adalah Kota Pudak.

8. Ndog Bader

Jika Kamu mencari oleh-oleh yang bisa dijadikan teman nasi, Kamu bisa membawa pulang Ndog Bader. Sesuai namanya, makanan ini adalah oleh ndog atau telur. Lebih tepatnya, telur ikan bader.

Telur tersebut kemudian diolah dengan berbagai campuran bumbu khusus yang membuatnya memiliki citarasa yang nikmat. Apalagi jika dimakan bersamaan dengan nasi.

Penyajiannya bermacam-macam. Ada yang dibungkus dengan daun, ada yang digoreng dengan campuran tepung, dan ada juga yang diolah menjadi sambal goreng.

Selain untuk langsung disantap di tempat penjualnya, Kamu bisa juga juga membawanya pulang. Harganya mulai dari seribu rupiah saja untuk satunya.

9. Kerajinan Kerang

Selain kerajinan barang-barang untuk kepentingan religi, di Gresik banyak juga yang memproduksi kerajinan untuk kepentingan lainnya. Salah satu yang populer adalah kerajinan yang memanfaatkan bahan dasar kerang.

Kerang yang didapat sebagai hasil laut diolah sedemikian rupa oleh tangan-tangan kreatif menjadi benda-benda unik dan bermanfaat. Seperti hiasan, gorden, lampu, dan lain sebagainya.

Jika Kamu tergolong orang yang senang dengan estetika, Kamu bisa membelinya untukmu pribadi dan sekaligus sebagai oleh-oleh.

Harganya tentu saja variatif. Tergantung jenis kerajinan dan tingkat kerumitan pembuatannya.

10. Anyaman Tikar Pandan Pulau Bawean

Salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik adalah Pulau Bawean. Di pulau ini, ada sebagian masyarakatnya yang mengembangkan kerajinan dengan bahan dasar daun pandan.

Daun pandan yang dikumpulkan oleh para pengrajin dianyam dengan teknik dan cara tertentu sehingga menghasilkan produk tikar yang memiliki motif menarik.

Lihat juga oleh oleh khas semarang

Meskipun produk tikar adalah yang populer, namun ada juga produk lain yang diproduksi dari bahan daun pandan di Pulau Bawean ini. Diantaranya adalah tempat tisu dan keranjang baju.

Kamu yang senang dengan kerajinan, pasti tertarik untuk memilih buah karya para pengrajin ini dan membawanya pulang.

Oke, itulah 10 oleh-oleh khas Gresik yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Kamu yang mencari oleh-oleh. Mudah-mudahan, tulisan ini bermanfaat ya!

 

Last modified: 7 December 2020