10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli

Apabila Anda berdomisili di sekitaran Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Timur, tentu Anda sudah tidak asing dengan Madura. Tapi jujur saja sih, apabila posisi rumah Anda berada pada kota yang tidak jauh dari Madura, pasti Anda pun tak berniat untuk datang ke sana karena dianggap tidak ada hal menarik yang bisa dijumpai.

Lihat juga oleh oleh khas bali

Anggapan tersebut salah besar, karena di Madura banyak sekali wisata sekaligus panorama alam yang begitu indah. Kebiasaan, adat, kebudayaan hingga gaya bahasa orang-orang suku Madura begitu khas, sehingga Anda pun dijamin akan merasa begitu tertarik sekali untuk mengenal kebudayaan Madura. Selagi menghabiskan waktu untuk berkunjung ke Madura, sebelum kembalinya Anda ke tempat asal, ingatlah selalu untuk membeli oleh-oleh khas Madura.

10 Oleh-oleh Khas Madura

Pada umumnya, di sini Anda bisa menemukan kuliner sekaligus oleh-oleh khas dari Provinsi Jawa Timur, karena dari segi administrasi, Madura masih termasuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Lokasi Madura sendiri berdekatan dengan kota Surabaya, hanya saja dari kota Surabaya Anda perlu menyebrangi jembatan Suramadu sekitar 30 menit. Setibanya Anda di Madura, Anda akan disambut dengan tempat-tempat yang menjual kuliner, oleh-oleh serta souvenir khas Madura. Selagi berada di Madura, jangan lewatkan untuk berpetualang kuliner dan juga membeli oleh-oleh khas yang ada di sana.

Ada apa saja?

Loading...

1. Rujak Cingur Khas Madura 

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Rujak cingur adalah kuliner khas Provinsi Jawa Timur, sehingga Anda pun bisa menemukan kuliner khas ini di Madura. Rujak Cingur adalah makanan segar yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas, rujak ini sungguh sangat berbeda dengan rujak pada umumnya. Walaupun menggunakan buah-buahan segar, seperti nanas, mangga muda, kedondong dan bengkoang, namun rujak cingur juga dilengkapi dengan bahan lainnya, yakni sayuran timun, acar, kangkung dan tauge. Nama dari rujak ini pun unik, yakni rujak cingur yang berarti daging hidung sapi. Semua campuran aneka buah, sayuran dan daging hidung sapi tersebut kemudian ditambahkan dengan sambal, yang terbuat dari kacang tanah goreng, petis, gula merah dan juga cabai rawit. Sebagai karbohidratnya, rujak cingur ini sering dikonsumsi dengan tambahan lontong.

2. Soto Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Kuliner sekaligus oleh-oleh khas Madura berikutnya, tentu saja adalah soto Madura. Kuah dari soto Madura ini begitu khas sekali, baik dari segi aroma hingga rasanya, karena kuah kuning bening dari soto Madura telah dibumbui dengan rempah-rempah yang khas. Jika kebanyakan menu hidangan soto menggunakan daging ayam ras atau daging ayam kampung sebagai lauknya, berbeda dengan soto Madura yang menggunakan daging sapi maupun daging kambing sebagai lauknya. Selain itu, pada sajian soto Madura juga terdapat lauk pendamping, berupa sate usus ayam, telur rebus, sate telur puyuh hingga ayam goreng.

3. Otok Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Camilan khas Madura yang dikenal dengan nama otok, merupakan jenis camilan yang kaya akan kandungan protein. Hal ini disebabkan, karena otok adalah camilan yang terbuat dari bahan dasar kacang panjang, yang diambil hanya biji kacang yang ada di bagian dalamnya saja. Itu juga yang menjadikan salah satu camilan unik khas Madura ini sebagai salah satu jajanan yang wajib Anda adopsi sebagai oleh-oleh.

4. Nasi Serpang Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Kebanyakan kebiasaan sarapan masyarakat Indonesia tidak bisa diubah, yakni sarapan dengan menu nasi sebagai karbohidrat, walaupun dalam porsi yang sedikit. Nah, kehadiran nasi serpang khas Madura ini cocok dijadikan menu sarapan Anda, karena porsinya begitu pas untuk sarapan atau makan pagi. Nasi serpang ini mirip dengan sego kucing yang ada di Yogyakarta, karena porsinya juga sedikit dengan tambahan lauk pauk seadanya.

5. Kaldu Kokot Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Menu wajib khas Madura yang harus Anda coba adalah kaldu kokot, kuah dari makanan ini berasal dari daging dan tulang sumsum sapi yang telah direbus lama. Kuah kokot ini dihidangkan dengan aneka bumbu rempah dan ditambah dengan kacang hijau yang menambah kesegarannya. Terlebih lagi kuah kokot ini dilengkapi dengan tulang sumsum dan tetelan daging dengan tekstur lembut. Oleh karena itu, wajar saja banyak wisatawan yang mencari kaldu kokot ini sebagai santapan kuliner wajib sekaligus oleh-oleh khas Madura yang akan dijadikan bekal perjalanan pulang.

6. Kue Olet Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Olet adalah salah satu kue tradisional dari Madura, kue ini terbuat dari olahan ubi singkong. Meskipun demikian, kue olet ini cukup digemari oleh masyarakat setempat dan juga para wisatawan, karena memang kue ini terasa begitu renyah di bagian luarnya, tapi tetap terasa lumer di mulut.

7. Soto Sabrang Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Sebelumnya, mungkin Anda beranggapan bahwa kuliner sekaligus oleh-oleh khas Madura hanyalah sate dan soto Madura saja. Jika demikian, maka cobalah sensasi makan soto sabrang. Hidangan soto sabrang mirip sekali dengan soto khas Madura, namun yang membedakan adalah pendamping makannya, karena soto sabrang ini dinikmati tidak bersamaan dengan nasi putih, melainkan dengan menggunakan singkong rebus.

8. Kue Bolu Jubada Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Melakukan pelesir ke Madura tak akan lengkap apabila Anda belum menjadikan salah satu kue lokal yang juga kekinian yang ada di sana. Kue yang dimaksudkan adalah bolu jubada, karena saat ini kue bolu khas Madura ini menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat terkenal dan hits di Madura.

9. Los Elos Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Nama dari jajanan tradisional ini sangatlah unik, sehingga siapa sangka jajanan tradisional dari Madura ini hanya terbuat dari bahan dasar ubi singkong yang telah diberi campuran gula aren. Selain itu, di bagian atasannya diberikan toping berupa taburan parutan kelapa mudah. Siapa sangka, dari bahan-bahan olahan yang sederhana itu mampu menghasilkan rasa yang begitu enak.

10. Kobbu’ Minuman Khas Madura

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Membahas mengenai makanan, jajanan hingga camilan pun sudah, maka kini saat beralih pada minuman khas Madura yang juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Minuman yang dimaksudkan di sini adalah kobbu’, yakni minuman dari air kelapa mudah, dengan isian kelapa muda yang didalamnya telah ditambahkan dengan gula merah dan serai. Jadi tidak heran, apabila kobbu’ adalah minuman yang menyegarkan, manis dan juga dapat menghangatkan tumbuh karena kandungan serai di dalamnya.

Sebenarnya, oleh-oleh khas Madura bukan hanya sekedar makanan, camilan dan berupa minuman khas saja, karena di Madura juga terdapat berbagai macam souvenir khas Madura yang juga dapat dipilih sebagai oleh, diantaranya seperti kaos, gantungan kunci, aksesoris, hiasan dinding kepala sapi, reog mini, jaranan mini, batik khas Madura, miniatur senjata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lihat juga oleh-oleh khas purwokerto

Selagi berada di Madura, selain berjalan-jalan ke berbagai tempat wisatanya dan mencicipi kuliner khasnya, Anda pun jangan sampai terlewatkan untuk menonton langsung pertunjukan karaban sapi / karaban sapeh khas Madura. Pasalnya, oleh-oleh bukan perkara makanan dan benda saja, karena pengalaman pun juga bisa menjadi oleh-oleh yang berkesan.

10 Oleh-oleh Khas Madura Yang Sering di Beli Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5