10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris

Kota yang juga masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah ini punya banyak sebutan atau julukan, diantaranya seperti kota transit, kota wisata dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai kota wisata, tentu saja di Purwokerto ini banyak ditemukan tempat-tempat wisata menarik untuk melengkapi tujuan traveling Anda.

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Bukan hanya itu saja, karena seperti halnya dengan kota-kota lainnya, di Purwokerto juga banyak ditemukan aneka kuliner khas dengan cita rasa yang begitu nikmat. Tentu berjalan-jalan sambil menikmati kuliner khas yang ada di sini adalah termasuk pilihan tepat, karena kapan lagi Anda bisa melakukan kegiatan berwisata jalan-jalan sekaligus berwisata kuliner di kota yang masih terasa asing. Seindah-indahnya kota Purwokerto, pasti Anda pun akan merasa rindu dengan rumah, sehingga Anda pun pasti akan kembali ke rumah dengan membawa pulang oleh-oleh khas Purwokerto.

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto

Ketika ingin berbelanja oleh-oleh khas dari kota Purwokerto pasti Anda pun merasa kebingungan manakah yang hendak dibeli. Pasalnya, jenis dan varian oleh-oleh dari kota ini sudah pasti sangat beragam sekali, sehingga wajar jika Anda menjadi kesulitan untuk memilihnya. Daripada asal pilih dan Anda pun merasa ragu apakah orang-orang terdekat sekaligus keluarga akan suka dengan oleh-oleh yang sudah Anda beli tersebut, lebih baik Anda harus beberapa rekomendasi oleh-oleh yang khas dan terkenal di kota Purwokerto ini.

Ada apa saja?

Loading...

1. Tempe Mendoan Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Sebelum dikenal sebagai salah satu lauk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, sebenarnya tempe mendoan adalah salah satu makanan khas kota Purwokerto. Makanan yang dibuat dari tempe yang diiris tipis dan dibalut dengan adonan tepung terigu ini memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih. Sebagai pelengkapnya, adonan dari tempe mendoan ini diberi tambahan taburan irisan daun bawang, sehingga rasa dan aromanya menjadi lebih sedap. Selain bisa dinikmati langsung selagi hangat dengan sambal ataupun cabe rawit, tempe mendoan ini juga dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Jika hendak menjadikan tempe mendoan sebagai salah satu oleh-oleh khas Purwokerto, maka Anda bisa membeli tempe mendoan mentah untuk dimasak di rumah.

2. Soto Sokaraja Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Tampilan, aroma dan rasa dari soto sukaraja ini mungkin sama dengan jenis soto lainnya. Tapi karena berbeda tempat asal, tentu menjadikan soto sokaraja punya ciri khasnya sendiri. Pasalnya, kuah sotonya berasal dari kaldu daging sapi yang sudah direbus lama dan telah ditambahkan dengan aneka rempah yang khas. Di dalam kuah sotonya juga terdapat tambahan toping kacang, sehingga Anda akan merasakan sensasi makan tersendiri saat mengunyahnya di dalam mulut. Keunikan lain dari soto sokaraja ini, biasa disajikan bersamaan dengan aneka kerupuk mie dan juga disajikan langsung bersama potongan lontong ketupat.

3. Gethuk Goreng Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Gethuk adalah jajanan tradisional yang terbuat dari olahan singkong yang dipadukan dengan gula jawa dan parutan kelapa muda. Namun gethuk tradisional dari Purwokerto ini sedikit berbeda dengan gethuk pada umumnya. Sebab, gethuk ini diolah dengan cara digoreng, sehingga namanya pun dikenal sebagai gethuk goreng. Mengenai rasanya, gethuk goreng ini punya rasa yang manis dan empuk. Di kalangan wisatawan yang berkunjung, gethuk goreng dijadikan sebagai salah satu jenis-jenis oleh-oleh favorit.

4. Keripik Tempe Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Selain dikenal dengan julukannya sebagai kota transit, Purwokerto juga dikenal dengan sebutan kota keripik. Hal ini disebabkan karena kebanyakan tempat sekaligus pusat oleh-oleh di kota Purwokerto banyak yang menjual keripik Purwokerto yang terkenal, yakni keripik tempe. Keripik tempe mempunyai rasa yang enak dan gurih, apalagi teksturnya begitu renyah sekali, sehingga banyak orang yang sangat suka dengan camilan yang begitu terkenal di Purwokerto ini.

5. Klanting Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Klanting juga dikategorikan sebagai jajanan khas Purwokerto, jajanan tradisional yang sekaligus dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Purwokerto ini identik dengan rasanya yang gurih dan renyah. Jajanan tradisional yang terkenal di Purwokerto ini diolah dari bahan dasar ketela pohon / singkong dan tepung berbumbu yang dibentuk seperti angka delapan dan ada pula yang dibentuk seperti cincin. Kemudian, adonan tersebut digoreng hingga kering.

6. Nopia Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Sebagai masyarakat atau wisatawan dari luar kota Purwokerto, wajar bila Anda masih merasa asing dengan nopia. Nopia adalah makanan yang memiliki warna putih dan berbentuk bulat menyerupai telur. Bahan dasar dari nopia adalah tepung terigu yang dimasak dengan cara ditempelkan ke dalam tungku khusus dalam suhu manis, sehingga banyak yang mengatakan bahwa proses pembuatan nopia sama dengan proses pembuatan bakpia. Sebenarnya, antara nopia dan bakpia tak memiliki banyak perbedaan, hanya saja bakpia memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan nopia. Apabila Anda hendak menjadikan nopia sebagai oleh-oleh, maka Anda bisa pilih ingin varian rasa coklat, keju, strawberry, durian, gula jawa, pandan dan masih banyak lagi aneka pilihan rasa lain yang bisa dicoba.

7. Kraca Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Nama lain dari makanan kraca adalah keong kuah pedas, sehingga sudah jelas diketahui bahwa makanan ini menggunakan keong sebagai bahan utama. Jenis keong yang digunakan adalah keong berukuran kecil, yang mana sudah dimasak ke dalam kuah gurih, lezat dan sedap. Kuah dari kraca terbuat dari aneka bumbu dan rempah pilihan, sehingga rasanya begitu khas dan poluler. Kehadiran kraca khas Purwokerto ini mengingatkan kita dengan olahan kereco kuah atau tutut yang juga dijual disepanjang jalan kota-kota yang ada di Pulau Jawa.

8. Kluban Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Di daerah Purwokerto dan Banyumas terdapat olahan sayur yang begitu khas dan enak sekali. Sayur ini dikenal dengan kluban, yang dibuat dari aneka sayuran segar, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, kecambah/tauge dan juga kol. Sekilas tampilan dari hidangan kluban ini mirip seperti salad sayuran, hanya saja kluban dimasak dengan cara direbus dan diberikan parutan kelapa yang sudah diberikan samban berbumbu sedap, sehingga penampilannya bisa dibilang mirip urap atau krawu.

9. Tagean Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Hidangan menu makanan lain yang juga dari olahan sayur khas dari kota Purwokerto adalah tagean. Tagean merupakan sup sayuran dengan kuah bening, rasanya begitu segar, sedap dan enak, walaupun tampilan yang dimilikinya terlihat sederhana sekali. Tagean adalah hasil olahan beberapa jenis sayuran, mulai dari bayam, kecambah, wortel, daun katuk dan juga jagung. Bedanya, jagung digunakan dengan cara disisir dan dihaluskan dengan bumbu sayur ini. Setelah matang, tagean ditambahkan dengan taburan bawang merah dan bawang putih yang telah diracik dengan daging sapi ataupun daging ayam.

10. Cenil Khas Purwokerto

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Sedikit banyak, Anda pasti sudah tahu tentang jajanan yang dikenal dengan nama cenil ini, karena sebagian pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia sudah menjualnya. Nama dari jajanan cenil ini begitu lucu dan unik, karena mirip sekali dengan bentuknya yang lucu serta begitu menarik. Cenil adalah jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji / tepung tapioka, singkong, daun pandan, gula merah dan parutan kelapa. Cenil memiliki cita rasa manis dan tekstur yang begitu kenyal.

Lihat juga oleh oleh khas riau pekan baru

Dari sini dapat diketahui bersama, bahwa kebanyakan oleh-oleh khas Purwokerto adalah jajanan atau camilan tradisional yang mempunyai cita rasa manis, sehingga Anda harus berhati-hati ketika berkeliling untuk mencicipi dan berburu kuliner, sekaligus berbelanja oleh-oleh di sini, karena apabila tidak bisa menahan diri untuk mencicipinya secara berlebihan, bisa jadi program diet Anda akan gagal total.

10 Oleh-oleh Khas Purwokerto Yang Terkenal dan Paling Laris Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5