10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang

Salah satu kegiatan traveling yang sering dijadikan trend untuk mengisi waktu liburan adalah hal yang sangat menguntungkan. Betapa tidak, pada semula kita yang belum pernah melakukan pelesir keliling Indonesia, kini hal ini sudah kerap kali dilakukan, sehingga secara otomatis pesona Indonesia menjadi dikenal lagi di mata dunia.

Jika dari Pulau satu ke Pulau lainnya sudah dijelajahi guna menemukan tempat-tempat yang begitu memikat hati, maka Anda pun mungkin juga akan melakukan pelesir wisata di Provinsi Riau. Ya, setiap tempat dan wilayah yang ada di Indonesia selalu punya keistimewaanya masing-masing, hal ini juga bisa Anda temukan di Provinsi Riau. Selepas Anda melakukan perjalanan wisata di Provinsi Riau, hal yang tak boleh sampai dilupakan adalah berbelanja oleh-oleh khas Riau.

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru

Sudah datang ke tempat wisata, tempat nongkrong dan spot-spot menarik yang ada di Provinsi Riau? Maka, kini saatnya giliran Anda untuk mencicipi aneka kuliner khas yang terkenal di Provinsi ini.

Lihat juga oleh oleh khas bandung

Kesempatan seperti ini tak akan datang dua kali, karena Anda pun belum mengetahui pasti kapan bisa kembali berkunjung dan berdestinasi wisata di Provinsi Riau. Oleh karena itu, Anda pun harus mendapatkan oleh-oleh khas Provinsi Riau terbaik, ketika sekembalinya Anda pulang.

Loading...

1. Kaos Pekanbaru Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Pekanbaru adalah kota yang terkenal di Provinsi Riau ini, sehingga di sini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Riau berupa souvenir kaos Pekanbaru. Alasan mengapa dikenal dengan nama kaos Pekanbaru, karena desain dari kaos-kaos tersebut bertuliskan “I Love Pekanbaru”. Selagi masih berada di Provinsi Pekanbaru, jangan sampai lupa untuk menjadikan kaos Pekanbaru ini sebagai salah satu souvenir dan cinderamata. Harganya pun bervariasi, yakni dari 25 ribu rupiah hingga ratusan ribu, tergantung pada jenis bahan kaos yang dipilih.

2. Batik Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia memiliki ciri khas batik dengan motif dan corak yang berbeda. Di Provinsi Riau, Anda pun bisa menjadikan batik khas Riau sebagai buah tangan. Dari sekian banyak pilihan batik Riau, Anda bisa pilih batik dengan merek “Corak Riau”, karena varian dari batik ini sungguh sangat eksklusif. Batik corak Riau dibuat dengan cara tradisional dan masih merupakan hasil buatan tangan, apalagi kainnya sangat berkualitas dan warnanya tidak mudah luntur.

3. Kacang Pukul Bagansiapiapi Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Nama dari camilan berupa kacang ini memang unik dan susah untuk diingat, karena namanya dikenal sebagai kacang pukul bagansiapsiapi. Duh, lidah jadi belibet ketika mengatakan nama salah satu camilan khas dari Provinsi Riau ini. Pernah makan kacang ting-ting? Karena kacang pukul bagansiapsiapi ini tekstur dan rasanya mirip dengan kacang ting-ting. Cuma, rasa dari camilan kacang khas Riau ini lebih manis dan sangat khas. Kacang ini adalah camilan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh, coba deh beritahukan namanya kepada orang terdekat yang menerima camilan ini, dijamin mereka akan terkekeh.

4. Bolu Kemojo Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Tidak akan lengkap jadinya, apabila sudah berkelana jauh-jauh ke Riau tapi belum mencoba sensasi rasa dari Bolu Kemojo. Yang mana, bolu kemojo ini termasuk kue yang sangat terkenal di Provinsi Riau, khususnya di Pekanbaru. Kue yang diolah dengan cara dikukus dan dilengkapi dengan santan ini, terkenal akan teksturnya yang kenal dan agak padat. Bolu Kemojo ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa, diantaranya seperti rasa nangka, rasa pandan, rasa durian, rasa coklat, rasa keju dan aneka pilihan rasa lainnya.

5. Vis Cake Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Sama halnya dengan Bolu Kemojo, karena Viz Cake adalah salah satu kue bolu yang sama terkenalnya di Pekanbaru. Hanya saja, viz cake yang menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Riau yang populer ini berupa roll cake dengan motif hiasan bulu yang unik di permukaaanya. Selain itu varian rasa dari viz cake ini juga sangat menggugah selera, karena varian rasanya terdiri dari nanas, durian dan yang paling hits adalah varian rasa rainbow durian.

6. Gantungan Kunci Pekanbaru Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Jenis oleh-oleh yang simple, praktis, murah dan mudah didapatkan adalah gantungan kunci pekanbaru. Apabila ingin mencari oleh-oleh dalam jumlah banyak, maka gantungan kunci Pekanbaru ini adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda. Gantungan kunci yang dapat dijadikan souvenir khas dari wilayah Pekanbaru, Riau ini memiliki desain yang bervariasi, mulai dari lendmark Pekanbaru hingga icon-icon terkenal lainnya yang ada di Provinsi Riau.

7. Keripik Nanas Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Nanas adalah buah dengan cita rasa yang menyegarkan, biasanya buah ini diolah dan dikonsumsi jadi rujak manis, selai nanas, hingga jus nanas. Namun di wilayah Provinsi Riau, buah yang satu ini dijadikan sebagai camilan keripik nanas yang begitu enak dan khas. Di Riau, khususnya di kota Pekanbaru, keberadaan keripik nanas ini menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan, baik wisawan domestik hingga wisatawan asing.

8. Dodol Kedondong Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Dodol yang terbuat dari olahan ketan dan gula merah, sekaligus yang memiliki varian rasa buah-buahan adalah hal yang biasa Anda jumpai. Lantas, bagaimana reaksi Anda jika menemukan dodol yang dibuat dari bahan dasar buah kedondong? Enggak, terbayang kan bagaimana rasanya dodol kedondong khas Riau ini? Daripada menebak-nebak seperti apa rasanya, coba saja beli beberapa dodol kedondong sebagai buah tangan dari Riau. Dodol yang dibuat dari buah kedondong, gula merah dan taburan wijen ini mempunyai tampilan warna yang lebih terang, jika dibandingkan dengan dodol lainnya. Uniknya, dodol kedondong ini punya rasa yang unik dan pas, yakni tidak terlalu asam serta tidak pula terlalu manis.

9. Lempuk Durian Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Tekstur yang dimiliki oleh lempuk durian sama seperti dodol, karena sama-sama kenyal dan sedikit lengket. Bedanya, lempuk durian ini terbuat dari bahan dasar buah durian, kemudian dibungkus dan dikemas menggunakan daun lempuk durian. Camilan khas Riau ini sangatlah terkenal, sehingga saking terkenalnya keberadaannya sampai di ekspor ke berbagai negara.

10. Lopek Bugi Khas Riau

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Lopek Bugi juga termasuk jajanan di wilayah Provinsi Riau, lopek bugi dikategorikan sebagai kue basah tradisional Riau. Kue basah khas Riau ini disajikan dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang. Sebanarnya, lopek bugi ini adalah kue basah yang merupakan lepat ketan, sehingga rasa yang dimilikinya adalah perpaduan antara rasa manis dan gurih.

Lihat juga oleh oleh khas samarinda

Jika dilakukan dengan perasaan dan hati yang gembira, maka perburuaan serta kegiatan berbelanja oleh-oleh khas Riau pasti akan terasa begitu menyenangkan. Apalagi ketika Anda membelinya terbayang bagaimana antusias dan perasaan orang-orang di rumah yang akan menjadi penerima dari beberapa oleh-oleh tersebut. Sudah jelas, mereka pasti merasa senang karena sudah dibawakan oleh-oleh jauh-jauh dari tempat asalnya.

10 Oleh-oleh Khas Riau Pekan Baru Yang Cocok dibawa Pulang Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5