10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer

Guna untuk mengisi waktu liburan panjang biasanya beberapa hal yang akan dilakukan adalah, memutuskan untuk pergi traveling, mudik ke rumah orang tua atau hanya menghabiskan waktu di rumah untuk mengistirahatkan badan. Namun, diantara beberapa aktivitas tersebut, biasanya yang lebih banyak dijadikan pilihan utama adalah pergi traveling ke suatu tempat.

Jika memang demikian, maka itu adalah keputusan terbaik Anda, karena di luar sana masih ada banyak tempat yang belum sempat untuk didatangi. Apakah yang ada dipikiran Anda saat ini adalah menjadikan kota Samarinda menjadi lokasi tujuan selanjutnya? Jika benar, maka segera siapkan barang-barang yang harus dibawa dan jangan lupa menyiapkan sebuah koper kosong sebagai tempat menyimpan oleh-oleh khas Samarinda untuk dibawa pulang.

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Karena saking senangnya dengan rencana liburan Anda, biasanya Anda akan lupa untuk bertanya kepada semua orang terdekat mengenai permintaan oleh-oleh apa saja yang diinginkan. Tak masalah, jika ada waktu luang, Anda pun bisa menghubungi mereka satu per satu untuk mengetahui jawabannya. Lantas, apa jadinya apabila jawaban yang Anda jawab adalah kata ‘terserah’. Bikin galau sih yaah jawabannya, karena masalahnya Anda pun masih belum tahu oleh-oleh apa saja yang akan dibeli selama berada di kota Samarinda.

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer

Tak apa, yang penting sepanjang liburan yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Pasalnya, jika hanya persoalan masalah oleh-oleh khas Samarinda saja, di sini mungkin Anda bisa menemukan beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan.

1. Roti Durian Panglima Khas Samarinda

 10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Roti durian panglima ini menjadi top brand makanan dan oleh-oleh dari kota Samarinda. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pencinta buah durian, karena di sini Anda juga bisa menemukan salah satu olahan makanan favorit dari buah durian. Selain bisa dimakan langsung di tempat, roti durian khas Samarinda dengan merek Panglima ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh, namun jika demikian Anda diharuskan berkonsultasi kepada pihak toko, karena  biasanya mereka akan menjelaskan mengenai batas kadaluarsa dari roti ini.

2. Bolu Gulung Durian Panglima Khas Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Masih seputar olahan buah durian, selain roti durian di Samarinda juga terdapat bolu gulung durian dengan brand yang sama, yakni bolu gulung durian panglima. Sebenarnya, di Samarinda ada banyak sekali brand bolu gulung durian, tapi yang paling best seller adalah bolu gulung durian panglima, karena cita rasanya lebih enak dan tampilannya pun jauh lebih menarik dibandingkan dengan yang lain. Kabar baiknya, para pencinta bolu gulung durian panglima ini juga dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh, karena walaupun dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, roti gulung ini bisa bertahan selama tiga hari.

3. Lempok Durian Khas Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Lagi-lagi adalah kabar baik untuk para pencinta kuliner buah durian, karena tak hanya roti isi durian dan bolu gulung durian saja yang bisa ditemukan di kota Samarinda. Adapula oleh-oleh jenis lain, yang dikenal dengan nama lempok durian. Bedanya di sini buah durian diolah menjadi lempok durian, yakni camilan yang punya cita rasa dan tekstur mirip dodol, karena memang manis dan agak lengket. Tapi dari segi rasa, lempok durian memiliki rasa manis yang pas dan tidak berlebihan.

4. Amplang Khas Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Sebenarnya, amplang adalah camilan khas provinsi Kalimantan Timur, sehingga Anda pun bisa dengan mudah mendapatkannya di kota Samarinda ini. Amplang sejatinya adalah camilan berupa keripik ikan, cita rasanya begitu khas, enak, renyah dan sangat gurih.

5. Kue Ilat Sapi Khas Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Jika diartikan ke dalam bahasa Jawa, kue ilat sapi memiliki arti sebagai kue lidah sapi. Namun, kue yang satu ini bukan terbuat dari lidah sapi, karena yang dibicarakan di sini bukan soal bahasa, sehingga tidak ada hubungannya sama sekali. Pasalnya, kue yang satu ini hanya dibuat dari campuran bahan dasar tepung dan gula merah sebagai pelengkapnya. Walaupun komposisinya begitu sederhana, tapi kue ilat sapi ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Samarinda yang wajib dibeli oleh para wisatawan, karena kue ini benar-benar legendaris.

6. Sarung Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Bagi yang hendak mendapatkan oleh-oleh yang berbeda dari yang lain, maka pilihan yang tepat adalah sarung Samarinda. Sarung Samarinda ini begitu terkenal akan motif, corak dan warnanya yang begitu khas. Selain dijadikan sebagai salah satu perlengkapan ibadah, sarung Samarinda ini juga bisa didesain menjadi item fashion kekinian, seperti baju, kemeja hingga tas.

7. Batik Kalimantan Timur 

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Samarinda adalah salah satu kota besar yang terdapat di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, sehingga di kota ini Anda pun bisa menemukan aneka corak dan motif batik dari Kaltim. Oleh-oleh berupa kain batik khas dan berharga mahal ini tentunya akan lebih cocok diberikan kepada orang yang istimewa, sehingga Anda pun harus memilih desain motif, corak dan warna batik yang paling sesuai dengannya.

8. Kaos Khas Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Boleh-boleh saja jika orang yang istimewa mendapatkan oleh-oleh yang istimewa pula dari Anda. Namun, oleh-oleh apa yang akan diberikan kepada lainnya? Bagaimana jika Anda memilih kaos khas Samarinda dan kaos khas Kaltim, kedua jenis kaos ini biasanya identik dengan adanya sablon tulisan besar, berupa “I Love Samarinda” dan “I Love Kaltim”. Harga dari kaos-kaos ini benar-benar terjangkau, sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak, sehingga cukup untuk dibagikan kepada semua orang.

9. Kemiting Khas Samarinda 

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

Kemiting merupakan jenis jajanan tradisional kota Samarinda yang terbuat dari olahan tepung sagu. Sejak jaman dahulu hingga saat ini, kemiting tetap menjadi salah satu jajanan yang disukai oleh semua orang dari berbagai kalangan. Dari ketenarannya tersebut, membuat kemiting menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan.

10. Aksesoris & Pernak-pernik Khas Samarinda

10 Oleh-oleh Khas Samarinda Yang Terlaris dan Populer Oleh-oleh

 Bukan hanya sarung dan batik khas Samarinda yang dapat dijadikan souvenir untuk dibawa pulang. Sebab, ada juga berbagai aksesoris dan pernak-pernik khas Samarinda dengan bentuk yang unik serta menarik. Kebanyakan aksesoris dan pernak-pernik yang ada di sini adalah manik kayu dan batu. Selain itu, di sini juga ada gelang dan kalung etnik yang mungkin dapat dipilih untuk menyempurnakan tampilan Anda. Menariknya lagi, berbagai aksesoris dan pernak-pernik tersebut dijual dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga tak akan jadi masalah jika Anda memborong semuanya.

Lihat juga oleh oleh khas turki

Sah-sah saja sih untuk membeli oleh-oleh khas Samarinda dengan jumlah banyak, karena itu merupakan hak Anda dan Anda pula yang akan membayarnya. Namun jangan pernah lupa untuk selalu ingat, bahwa Anda akan mengeluarkan biaya tambahan apabila kapasitasnya melebihi beban yang sudah ditentukan oleh pihak penerbangan. Oleh karena itu, jika memutuskan untuk membeli dalam jumlah banyak, sebaiknya pilih saja jenis oleh-oleh yang lebih praktis dan lebih mudah untuk dibawa selama menempuh perjalanan ke tempat tujuan.

tempatwisataindonesia.id
Review
5