10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended

Berjalan-jalan atau travelling ke suatu tempat merupakan kegiatan yang begitu candid saat ini. Sebab selama berjalan-jalan, setiap orang pasti selalu memposting setiap moment sekaligus setiap kegiatan yang dilakukan. Jangan dinilai sebagai ajang untuk pamer lho ya, karena yang menganggap bahwa itu adalah ajang pamer, biasanya adalah orang-orang yang iri saja, alias orang-orang yang kepengen banget tapi tidak kesampaian.

Mengabadikan setiap moment liburan dan mempostingnya di media sosial adalah hal yang biasa di masa sekarang ini, karena secara tidak langsung hal tersebut turut mempromosikan tempat yang telah dikunjungi. Tak masalah kan, jika ada yang memposting foto ataupun video liburan mereka? Yang bermasalah itu adalah orang-orang yang sering posting setiap kegiatannya dari bangun tidur pagi hingga tidur lagi di malam hari, itu baru lebay namanya. Selagi asyik berjalan-jalan Anda pun tak boleh sampai lupa untuk membeli oleh-oleh, karena yang akan diulas tuntas saat ini adalah seputar oleh-oleh khas Magelang.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Setiap kota yang ada di Indonesia pasti dikenal karena ciri khasnya masing-masing, karena negara kita ini penuh dengan keanekaragaman budaya, sehingga tak heran jika antara kota yang satu dengan kota lainnya memiliki banyak perbedaan. Magelang merupakan salah satu kota besar dan kota yang cukup terkenal di Indonesia. Yaa, walaupun kepopulerannya tidak bisa menyaingi ibukota negara dan ibukota provinsi, tapi Magelang tetap punya ruang khusus di hati setiap penduduk Indonesia. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Magelang, maka Anda pun tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan banyak hal menarik di kota ini, seperti berjalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat wisata, berburu kuliner khas hingga berbelanja oleh-oleh.

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended

Berbicara mengenai berbelanja oleh-oleh, sebaiknya jangan asal pilih, karena tentu saja nantinya Anda merasa kecewa dan juga merasa menyesal karena membeli oleh-oleh yang salah. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih beberapa oleh-oleh khas Magelang yang sudah direkomendasikan dalam tajuk penjelasan berikut ini :

Loading...

1. Getuk Trio Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Namanya saja gethuk trio, pasti yang langsung terbayang adalah angka tiga. Ya memang benar, karena makanan tradisional khas Magelang ini terdiri dari tiga lapisan dengan warna yang berbeda-beda, sehingga penampilannya tampak begitu cantik dan terasa memanggil-manggil untuk dimakan. Makanan yang terbuat dari olahan singkong dengan kombinasi warna yang cantik ini juga dilengkapi dengan toping gula merah dan juga parutan kelapa, sehingga cita rasanya pun jadi semakin enak.

2. Gethuk Bollen Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Walaupun sama-sama jenis makanan bernama gethuk dan sama-sama terbuat dari singkong, tapi gethuk bollen ini berbeda dengan gethuk trio. Pasalnya, gethuk bollen ini merupakan inovasi baru, yakni gethuk yang didalamnya terdapat isian keju dan juga buah pisang. Keunikan lainnya dari makanan ini adalah bagian luarnya dibalut dengan kulit pastry menyerubai mangkuk dan dioleksi dengan pasta. Selain memiliki tampilan menarik, gethuk bollen ini juga lezat sekali ketika dimakan.

3. Keripik Slondok Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Masih seputar makanan dari olahan singkong, tapi kali ini dibuat sebagai camilan yang renyah, yakni keripik slondok. Makanan ringan ini tersedia dalam beberapa varian rasa, diantaranya adalah rasa pedas, pedas manis dan original. Harganya pun bisa dikatakan terjangkau, karena hanya dengan uang Rp. 15.000 saja Anda sudah bisa membawa pulang keripik slondok sebagai oleh-oleh.

4. Pothil Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Lagi-lagi masih membahas olahan makanan ringan dari bahan dasar singkong. Camilan yang satu ini dikenal dengan nama potil, bentuknya menyerupai cincin, memiliki tekstur renyah dan memiliki rasa yang gurih. Selain rasa original, potil juga memiliki varian rasa lainnya, seperti rasa pizza, keju dan juga jagung bakar.

5. Tape Ketan Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Magelang tak melulu berasal dari olahan singkong, karena tape ketan pun juga termasuk oleh-oleh yang terkenal dari kota ini. Walaupun makanan tradisional ini sudah banyak ditemukan di kota-kota lain, namun ciri khas dari tape ketan khas Magelang ini berada pada warna hijaunya yang menarik. Warna hijau tersebut dibuat menggunakan bahan pewarna alami, sehingga tetap aman untuk dikonsumsi siapa saja.

6. Wajik dan Jenang Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Ada oleh-oleh dari kota Magelang ini yang sangat cocok dimakan dengan disandingkan bersama teh hangat, apalagi jika dimakan di waktu musim penghujan pada saat bersantai. Wah, pasti luar biasa sekali rasanya! Ada dua kuliner yang bisa memenuhi hal tersebut yakni kuliner tradisional yang dikenal dengan nama wajik dan jenang. Makanan dari olahan dari ketan dan gula merah ini punya rasa yang enak dan manis legit, tapi Anda dijamin tak akan merasa bosan untuk memuaskan rasa lapar.

7. Grubi Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Jika sebelumnya, Anda sudah mengenal beberapa oleh-oleh yang terbuat dari bahan dasar singkong. Maka kali ini perkenalkan, camilan grubi yang berasal dari olahan ubi jalar. Grubi merupakan makanan dari olahan ubi jalar yang diiris tipis-tipis, kemudian dibentuk bulat seperti bola. Setelah dibentuk, grubi dibumbui dengan gula merah sehingga rasanya pun manis dan renyah.

8. Gula Kacang Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Namanya saja gula kacang, oleh-oleh yang satu ini mudah sekali ditebak karena memang terbuat dari gula merah dan kacang. Rasanya sangatlah manis dan gurih, sehingga tidak dianjurkan untuk penderita sakit gigi. Tapi coba saja, jika Anda ingin menanggung resiko jika sakit gigi Anda jadi tambah parah.

9. Tape Permen Khas Magelang

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Tadi sudah sedikit dijelaskan mengenai tape ketan khas kota Magelang, karena oleh-oleh yang satu ini juga berhubungan dengan tape ketan, karena namanya adalah permen tape. Oleh-oleh permen tape khas Magelang ini dibuat dari hasil olahan tape siap saji yang telah dicampur dengan kelapa parut dan juga gula putih.

10. Buntil Daun Talas Khas Megelang

Bisa saja membawa masakan tradisional khas kota Magelang sebagai oleh-oleh sekaligus bekal perjalanan menuju rumah. Sebagai rekomendasi untuk Anda, buntil daun talas bisa dijadikan pilihan. Makanan ini dibuat dari daun talas muda yang di dalamnya berisi parutan kelapa muda dengan ikan teri, ikan asing, udang rebon dan juga tambahan petai. Ya hampir mirip dengan pepes ataupun botok, hanya saja buntil daun talas ini bagian pembungkusnya bisa dimakan, karena memang dibungkus langsung dengan daun talas yang sudah dikukus bersamaan dengan isinya.

Lihat juga oleh oleh khas ambon

Apabila perjalanan dan juga waktu tempuh Anda cukup jauh, sebaiknya Anda jangan hanya membeli oleh-oleh khas Magelang untuk keluarga dan orang-orang yang ada di rumah saja. Pikirkan juga kondisi diri sendiri, karena di sepanjang perjalanan Anda pun pasti akan merasa bosan dan lapar, sehingga Anda perlu oleh-oleh yang bisa dijadikan sebagai makanan ataupun camilan selama perjalanan. Selain itu, membelinya sekaligus bebarengan dengan oleh-oleh lainnya, tentu Anda akan mendapatkan potongan harga yang lebih banyak.

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5