13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan

Kota Manado memang sangat terkenal akan keindahan alamnya sehingga sering dijadikan sebagai tempat tujuan wisata. Taman Laut Bunaken merupakan tempat wisata paling terkenal di kota ini. Keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan, sehingga dijadikan lokasi selam dangkal yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Tidak hanya keindahan alamnya saja, wisatawan tentu bisa membawa pulang oleh-oleh khas Manado berbentuk barang dan makanan.

Wisatawan yang berkunjung ke kota ini, pasti tidak ingin pulang hanya dengan tangan kosong. Banyak buah tangan yang ditawarkan oleh kota yang terkenal akan keindahan alamnya ini. Inilah daftar oleh-oleh khas Manado persembahan MakananOlehOleh.com berupa makanan asli Manado dan aneka barang seperti souvenir ataupun pernak-pernik.

1. Cakalang Fufu

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Sebagian orang masih asing dengan nama makanan ini. Jadi, apa itu cakalang fufu? Cakalang fufu adalah makanan khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang. Ikan tersebut diberi bumbu, diasap, kemudian dijepit dengan kerangka dari bambu. Olahan ikan ini menjadi khas dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara.

Cakalang fufu bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Manado yang awet meskipun berbentuk makanan. Jika kamu ingin membelinya sebagai buah tangan, jangan lupa untuk memanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sendiri. Panaskan ikan dengan minyak panas beberapa saat untuk kemudian dimakan bersama nasi dan sambal.

2. Halua Kenari

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Halua kenari merupakan makanan kedua dari oleh-oleh khas Manado halal yang dibahas di sini. Bentuknya seperti gula-gula kacang. Rasa dari makanan ini manis serta gurih. Kedua rasa ini berasal dari kenari kupas yang memang menjadi bahan utama pembuatannya. Aroma dari kenari yang dihasilkan sangatlah harum serta bisa membuat selera kamu timbul seketika.

Halua kenari merupakan oleh-oleh makanan khas Manado yang praktis. Kamu bisa membeli camilan ini untuk menemani waktu santai atau saat di perjalanan. Cita rasa manis yang dihasilkan diperoleh dari paduan gula merah yang dicampur dengan buah kenari. Cairan gula merah yang membungkus kenari akan menimbulkan bekas di lidah.

3. Pala Manis

Pala manis adalah makanan yang biasa dijadikan camilan oleh warga kota Manado dalam berbagai kegiatan kumpul keluarga ataupun kerabat kerja. Manisan dari buah pala ini berbeda dengan manisan pala dari kota lain. Buah pala diolah bersama cairan gula sebagai pemanis sehingga memberikan efek kilap pada permukaan luarnya.

Pala manis dijual dengan harga rata-rata 40 ribu rupiah per bungkusnya. Di sejumlah pusat oleh-oleh atau di toko-toko pojokan kota Manado biasanya banyak penjual oleh-oleh khas Manado ini. Selain di pusat oleh-oleh, kamu juga bisa menemukan buah tangan asal kota Manado ini di bandara Sam Ratulangi Manado atau Pelabuhan Bitung.

4. Dodol Amurang

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Nama makanan ini diambil dari nama daerah asal pembuatannya, yakni Amurang yang tepatnya berlokasi di Minahasa Selatan. Dodol Amurang mempunyai nama lain dodol kenari. Dodol menjadi bagian dari oleh-oleh khas Manado. Rasa makanan ini enak dan berwarna coklat sehingga mirip dengan jenang dari daerah Jawa.

Bahan untuk membuatnya pun diambil dari bahan alami, yaitu gula aren, beras yang digunakan merupakan beras ketan yang kemudian dihaluskan, serta minyak kelapa yang muni. Sajian ini biasa ditemukan ketika ada acara tradisi syukuran warga Minahasa.

5. Kue Lampu-lampu

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Selain menjadi oleh-oleh khas Manado, kue ini juga menjadi makanan wajib masyarakat Manado di bulan puasa. Bentuk dari kue ini sangat unik dan juga menggugah selera karena ciri khasnya yang manis. Bahan dasar untuk membuat kue ini terdiri dari tepung terigu, santan, tepung beras, dan gula merah. Cara memasaknya dengan mengukus. Tentu saja makanan ini bebas dari kolesterol.

Dikutip dari sebuah sumber yang mengatakan bahwa ketika memasak kue ini tutup dari panci yang dibuat untuk mengukus dilarang dibuka. Apabila dibuka, maka akan merusak cita rasanya. Kue ini juga mudah dicari. Para penjualnya bertebaran di jantung kota, yakni perempatan Banjer, Tuminting, Jalan Hasanudin, Boulevard, dan Masjid Firdaus.

6. Kacang Goyang

Kacang goyang menjadi makanan yang terkenal di Sulawesi Utara. Seperti namanya, kacang goyang merupakan oleh-oleh khas Manado yang terbuat dari bahan dasar kacang, tepatnya kacang tanah. Salah satu tempat yang dikenal sebagai pusat kuliner kacang goyang bisa ditemukan di Kelurahan Motoboi Kecil, Kec. Kotamobagu Selatan.

Kacang goyang kerap dibeli oleh wisatawan sebagai buah tangan karena selain enak, bentuk, tekstur, dan warnanya yang beragam membuat makanan ringan ini menarik perhatian banyak orang. Jika ingin membeli kacang goyang sebagai oleh-oleh, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp10.000 – Rp25.000 saja untuk mendapatkan satu kemasannya.

7. Panada

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Isi dari kue ini berupa parutan pepaya muda kemudian dicampur dengan ikan cakalang, ikan khas Sulawesi Utara yang telah dimasak dengan cita rasa pedas. Perpaduan rasa dari isi dan kulitnya, membuat panada, yang jadi bagian dari oleh-oleh khas Manado, mempunyai sensasi tersendiri dan tidak mudah dilupakan. Biasanya makanan ini dijadikan camilan bagi wisatawan yang melakukan perjalanan ke Manado.

Jika diperhatikan, kue panada mempunyai tampilan yang mirip dengan makanan khas Makassar bernama jalangkote, atau kue pastel yang lebih tersohor di Indonesia. Dari segi bentuk, mungkin terdapat kesamaan dari ketiga jenis makanan tersebut. Tapi dari segi bahan dan rasa, panada menyimpan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh kue dengan bentuk serupa tersebut.

8. Sambal Roa

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Sesuai dengan namanya, makanan yang termasuk sebagai oleh-oleh khas Manado ini terbuat dari bahan dasar ikan roa yang sudah mengalami pengasapan yang kemudian dijadikan sambal. Langkah pertama pembuatannya adalah dengan menghancurkan ikan roa hingga halus lalu kemudian ikan yang telah halus tadi dimasak dengan minyak dan bumbu. Sambal ini bisa tahan selama enam bulan bila disimpan di dalam suhu ruangan dan dapat mencapai satu tahun bila disimpan pada lemari pendingin.

Jika kamu bingung mencari oleh-oleh khas Manado yang tahan lama dan awet, kamu bisa membeli sambal roa. Kenikmatan dari sambal khas Manado ini telah dikenal banyak orang. Tak heran dengan cita rasa unik dan khas yang dihasilkan olehnya membuat sambal roa memiliki banyak penggemar di seluruh pelosok di Indonesia.

9. Batik

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Batik Manado sebagai salah satu oleh-oleh khas Manado selain makanan yang diburu para pengunjung, biasanya mereka yang gemar mengoleksi pakaian, semisal ibu-ibu atau bahkan bapak-bapak yang memiliki minat tinggi terhadap batik. Batik sendiri merupakan karya paling baru dari Kota Manado pada bidang kebudayaan. Corak umum dari kain ini sebagai jati diri dari Kota Manado. Batik ini mempunyai tiga corak terkenal yang sering ditampilkan, yakni corak lilin, reef, dan zig zag.

Corak dengan motif lilin merupakan simbol dari kota Manado serta rumah ibadah yang jadi simbol dari kerukunan kehidupan masyarakat di dalam perbedaan. Motif kedua adalah corak reef. Motif ini sebagai deskripsi dari kekayaan yang dimiliki yakni berupa kekayaan sumber daya alam hayatinya. Selain itu, ada juga motif coelacanth yang jadi ikon dari kota Manado. Motif ketiga adalah motif zig zag. Hal ini sebagai simbol dari kehidupan masayarakat di Manado yang penuh semangat dan juga dinamika.

10. Kaos

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Kaos merupakan oleh-oleh barang khas Manado yang juga tak kalah banyak diburu pembeli. Sebagian kaos yang jadi oleh-oleh khas Manado bergambar pemandangan alam dan ada pula nyiur melambai dengan berbagai corak, yaitu bentenan, kipas karawang, karawang, dan kabasaran. Untuk harganya sendiri beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Kebanyakan wisatawan yang membeli oleh-oleh kaos khas Manado lebih memilih desain berupa tulisan. Alasan memilih kaos dengan rangkaian kata karena terkesan lebih menarik dibandingkan gambar yang justru terkesan membosankan.

11. Souvenir dan Pernak-Pernik

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Setiap kota wisata pasti mempunyai pusat oleh-oleh tersendiri dan di setiap lokasi tersebut pasti selalu ditemukan penjaja souvenir atau pernak-pernik, baik yang khas dari kotanya atau umum ditemukan di kota-kota lain. Ketika berkunjung ke Manado, kamu juga bisa membeli souvenir atau pernak-pernik lucu dan menarik.

Ada berbagai souvenir yang bisa dipilih, seperti tempat pena yang berbentuk ikan hias, tarsius yang terbuat dari kayu kelapa, coelacanth, dan gambar timbul tarsius. Untuk harganya juga beragam, tergantung dari ukuran souvenir dan bahan pembuatan yang dipakai. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh souvenir khas Manado, disarankan untuk datang ke D’Souvenir.

12. Klappertart

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Klappertart adalah bagian dari oleh-oleh khas Manado yang enak dan wajib dibeli. Kue ini mempunyai rasa yang nikmat serta gurih. Bahan dasar pembuatan kue ini berupa kelapa, susu, tepung terigu, mentega dan yang terakhir adalah telur. Kue ini terkenal sebagai warisan dari Belanda. Selain bahan dasar tadi, ditambahkan pula beberapa bahan tambahan, seperti kismis, serbuk kayu manis, kacang kenari, serta keju.

Susu yang digunakan sebagai bahan utama cukup banyak sehingga kue ini memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya kandungan susu yang tinggi, maka klappertart dapat membantu dalam usaha pencegahan penyakit osteoporosis, menyeimbangkan tekanan pada darah, dan mencegah timbulnya kerusakan gigi.

13. Pia Amurang

13 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang & Makanan Oleh-oleh

Produksi dari kue ini berlokasi di Jalan Trans Sulawesi, yakni di Kelurahan Kawangkoan Bawah dan berada di lingkup Kecamatan Amurang Barat. Sehingga pia, yang termasuk oleh-oleh khas kota Manado ini disebut dengan Pia Amurang. Untuk kamu yang belum tahu, kue pia merupakan kue tradisional yang menurut berbagai sumber pertama kali lahir di tangan masyarakat Tionghoa.

Kue pia sendiri terbuat dari ampuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan adonan tepung untuk kemudian dipanggang. Oleh-oleh kue khas Manado ini sebenarnya bukan menjadi ciri khas kota Manado. Di daerah lain, seperti Jogja, Bandung, dan Malang, juga terdapat kue tradisional ini dengan berbagai sentuhan inovasi.

Demikian ke-13 oleh-oleh khas Manado yang bisa menjadi pilihan buah tangan untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana. Kekayaan alam nan indah yang dimiliki oleh Manado yang menyisakan banyak cerita akan semakin lengkap jika ditambah dengan membawa oleh-oleh khasnya yang beragam pula.

Leave a Reply