10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended

Posted on

Sebagai ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan, secara otomatis menjadikan Palembang sebagai kota yang banyak disinggahi oleh para pendatang dengan urusan yang berbeda-beda, baik untuk merantau mengadu nasib, urusan bisnis, berkujung ke kerabat / sanak saudara hingga ada yang hanya singgah untuk berjalan-jalan atau berwisata saja.

Lihat juga oleh oleh khas bali

Apa pun yang menjadi tujuan Anda saat ini, pasti Anda pun setuju bahwa Palembang merupakan salah satu kota yang menawan. Kali ini makananoleholeh.com menawarkan kuliner khas kota palembang yang selalu memikat setiap lidah untuk mencicipinya, sehingga tak jarang orang yang datang ke sini, kemudian membawa pulang oleh-oleh khas Palembang untuk bekal perjalanan sekaligus untuk diberikan kepada orang-orang terdekat.

10 Oleh-oleh Khas Palembang

Jauh-jauh sudah berkunjung ke kota Palembang, pasti Anda tak ingin pulang dengan tangan hampa. Itulah kenapa disarankan agar Anda membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa pulang, selain sebagai pembuktian bahwa Anda sudah berkunjung ke Palembang, oleh-oleh tersebut juga dapat dibagikan kepada orang-orang yang selalu menantikan kepulangan Anda dengan selamat. Hmm, apakah Anda masih bingung hendak membeli dan memilih oleh-oleh apa? Berikut ini, akan direkomendasikan beberapa oleh-oleh khas kota Palembang, yang mungkin saja Anda merasa tertarik untuk memilihnya.

1. Kerupuk Kemplang Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Kerupuk Kemplang merupakan olahan kerupuk yang terbuat dari ikan segar. Kerupuk khas Palembang ini memiliki tekstur kasar, tapi tetap renyah dan mudah dikunyah saat dimakan. Kerupuk kemplang memiliki beberapa varian yang dibedakan dari cara memasak adonanya, ada yang digoreng dengan minyak panas dan ada pula yang dibakar di atas bara api. Namun, varian kemplang yang populer di kalangan wisatawan adalah kerupuk kemplang bakar. Selain bisa dimakan langsung sebagai camilan, kerupuk kemplang juga bisa dimakan bersama nasi putih hangat bersamaan dengan sambal trasi dan bisa juga dimakan dengan dicocol dengan sambal trasi.

2. Lempok Durian Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Orang yang berasal dari luar kota Palembang menyebut lempok durian sebagai dodol durian, karena keduanya pun sama hanya saja masyarakat Palembang menyebutnya sebagai lempok durian. Jika ditempat lain memilih jenis buah yang berbeda untuk diolah menjadi dodol, di kota Palembang Anda bisa menjumpai dodol durian yang dikenal dengan nama lempok durian. Tak terbayang betapa legitnya rasa dari lempok durian ini.

3. Kue Maksuba Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Berikutnya ada oleh-oleh khas Palembang yang dikenal dengan kue Maksuba. Apakah Anda masih asing dengan kue ini? Sebenarnya, kue Maksuba sejenis kue lapis khas Palembang. Dulunya kue ini hanya dibuat dan disajikan dalam acara khusus saja, seperti di saat lebaran, hajatan, syukuran hingga acara adat. Namun hampir di setiap toko oleh-oleh Anda bisa menjumpai salah satu kue dari kota Palembang ini. Anda pun harus tahu bahwa kue maksuba ini dijual dengan harga mahal, karena proses pembuatannya yang lama.

4. Kue 8 Jam Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Nama kue ini diambil dari lamanya proses pembuatannya, yakni dibuat selama 8 jam dengan proses yang terbilang panjang. Kue delapan jam termasuk kue tradisional Palembang yang dimasak dengan cara dikukus dan dulunya kue ini hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan saja. Tapi saat ini Anda sudah bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh sekaligus sebagai bekal perjalanan pulang.

5. Kue Kojo Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Kue kojo adalah bolu pandan khas Palembang, nama dari kue ini diambil dari bentuknya yang menyerupai bunga kamboja. Walaupun kue ini termasuk salah satu kue tradisional, namun keberadaannya cukup terkenal. Kue dengan warna hijaunya yang khas ini dibuat dari bahan telur bebek, sehingga rasanya begitu khasnya, karena kue-kue pada umumnya memang menggunakan telur ayam. Jangan hanya membayangkan saja, karena Anda bisa mencobanya sendiri saat berada di Palembang.

6. Kerupuk Pecah Seribu Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Walaupun hanya berupa kerupuk yang terbuat dari hasil olahan ikan segar, tapi kerupuk pecah seribu ini punya cita rasa yang unik. Keunikan lain juga terdapat pada proses pembuatannya, karena teknik dan waktu penggorengannya pun berbeda. Dari proses pengorengan itulah yang menjadikan kerupuk ini punya tekstur unik seperti retak menjadi beberapa bagian. Mungkin itulah yang membuat kerupuk ini dikenal dengan nama kerupuk pecah seribu.

7. Bolu Suri

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Anda pasti tahu kan kue bika ambon khas Medan? Ya, penampilan dari kue bolu suri ini mirip dengan kue bika ambon. Namun bedanya, bahan yang digunakan untuk membuat kue bolu suri lebih sederhana dibandingkan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk resep kue bika ambon. Itu juga yang membuat rasa dari bolu suri ini jelas berbeda dengan bika ambon, karena keduanya memang hampir mirip dari segi tampilannya saja.

8. Ikan Salai Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Ikan salai atau salai ikan ini adalah jenis ikan yang diawetkan dengan cara diasap. Sekilas, ikan salai ini memang hampir sama dengan ikan cakalang yang ada di Minahasa, karena ikan salai pun juga punya cita rasa yang hampir sama dengan ikan cakalang. Perbedaannya hanya terdapat pada jenis ikan yang digunakan untuk diolah sebagai salai ikan, karena ikan salai menggunakan beberapa jenis ikan pilihan seperti ikan gabus, ikan pating, ikan lais dan ikan baung.  Salai ini dapat dijadikan oleh-oleh yang praktis, khususnya bagi Anda yang akan menempuh jarak dan waktu perjalanan jauh untuk sampai ke rumah.

9. Pempek Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Siapa pun pasti sudah mengetahui bahwa pempek merupakan makanan yang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Palembang. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa pempek merupakan makanan yang wajib dinikmati sekaligus dibawa pulang saat berada di bawa pulang. Ya, penjual pempek memang sudah ada dimana-mana termasuk di wilayah tempat tinggal Anda. Tapi, percaya tidak apabila Anda langsung membeli dari tempat asalnya rasanya pun akan berbeda? Nah, jika ingin dijadikan sebagai oleh-oleh sebaiknya Anda pilih pempek dalam kemasan yang sudah dibukukan.

10. Sambal Lingkung Khas Palembang

10 Oleh-oleh Khas Palembang Yang Recomended Oleh-oleh

Jika sambal pada umumnya identik dengan warna merah, warna dari sambal lingkung khas dari kota Palembang ini menyerupai abon. Penyebabnya adalah, karena sambal lingkung dibuat dengan bahan dasar ikan yang sudah ditumbuk dengan halus, sehingga sambal ini mirip abon ikan. Walaupun termasuk sambal, tapi sambal lingkung ini punya rasa yang begitu gurih layaknya abon.

Lihat juga oleh oleh khas yogyakarta

Bingung untuk memilih oleh-oleh khas Palembang apa yang akan dibeli untuk dibawa pulang? Apabila bingung, belilah ke sepuluh oleh-oleh tersebut tapi beli beberapa saja, agar dompet Anda tidak meringis karena tidak semua oleh-oleh yang telah direkomendasikan di atas dijual dengan nominal harga yang murah. Kendati begitu, Anda pun akan dapat harga khusus wisatawan ketika membeli, sehingga jangan lupa menawar saat berbelanja dan minta juga potongan harga apabila Anda membeli beberapa item dalam jumlah banyak.

Tags: oleh oleh makanan palembang, Bolu suri, oleh oleh palembang, bika ambon palembang