Pusat Oleh Oleh Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu pintu masuk untuk menuju ke Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan ini juga merupakan salah satu kota paling besar di Kalimantan Timur sehingga dijadikan sebagai pusat industri dan bisnis. Tidak heran jika banyak wisatawan yang masuk untuk berwisata maupun berkunjung ke tempat pusat oleh oleh Balikpapan.

Mantau dan Amplang menjadi makanan Khas yang wajib Anda beli saat berkunjung ke kota ini. Makanan ini banyak tersedia di tempat oleh-oleh yang ada di sana tentunya dengan harga yang ditawarkan setiap produknya cukup murah. Nah, bagi Anda yang masih bingung dimana membeli oleh oleh khas dari Kota Balikpapan.

Lihat juga oleh oleh khas balikpapan

Berikut ini beberapa rekomendasi toko untuk membeli oleh-oleh yang cocok untuk keluarga dirumah. Untuk lebih lengkapnya simak 10 tempat pusat oleh-oleh terlengkap yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Balikpapan.

Pusat Oleh Oleh Balikpapan

Amplang Sibayak

Amplang Sibayak

Toko ini berada di Pusat Kota dan hanya berjarak sekitar 1 km sekitar 10 menit perjalanan. Untuk lokasi lebih tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman, Gunung Bahagia, Balikpapan  Selatan. Sesuai dengan namanya Toko ini menyediakan makanan Amplang dengan harga murah tapi tetap berkualitas yaitu mulai dari Rp15.000an saja.

Amplang sendiri merupakan snack menyerupai kerupuk yang terbuat dari ikan. Selain Amplang di toko ini juga menyediakan aneka oleh-oleh lainnya seperti gabun susu, udang sambal, kaos, kepiting kecil, abon tuna, dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang suka dengan makanan khas Balikpapan ini, pastikan untuk berkunjung ke sana ya!

Gulung Jenebora

Gulung Jenebora

Toko Gulung Jenebora ini berada pada Jl. Jendral Sudirman, No. 429, Damai, Balikpapan Kota, Kalimantan Timur. Toko ini juga berada tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan, yaitu berjarak sekitar 4,1 km atau setara perjalanan selama 9 menitan saja. Produk yang paling populer di sini yaitu bolu gulungnya dengan aneka rasa dan topping yang sanggat menggugah selera.

Tidak  hanya bolu gulung saja, di sana juga terdapat beberapa oleh-oleh lain seperti kue pisang naga, brownies, bingka pandan dan masih banyak lagi. Toko ini sangat cocok sekali untuk kalian yang sedang mencari oleh-oleh berupa roti-rotian dari Balikpapan. Harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup murah yaitu mulai dari Rp27.000an saja.

Pondok Mantau

Pondok Mantau 

Pusat oleh-oleh ketiga yang bisa Anda kunjungi adalah Pondok Mantau. Toko ini terletak pada Jl. Ahmad Yani, No. 28, Gunungsari Ilir, Kecamatan Balikpapan Tengah.  Lokasinya dekat sekali dengan pusat kota yaitu berjarak sekitar 2,6 km atau sekitar 4 menit perjalanan saja. Sesuai dengan namanya, toko ini menyediakan salah satu makanan khas Balikpapan, yaitu berupa Mantau.

Mantau sendiri merupakan sejenis bakpao tanpa isi yang biasanya dimakan dengan cocolan. Dan untuk varian cocolannya nanti Anda bisa memilih sendiri seperti sapi lada hitam, capit kepiting lada hitam dan lain sebagainya. Toko ini sangat cocok sekali untuk Anda yang suka dengan bakpao namun versi Balikpapan. Harga Mantau yang tersedia di sana di banderol mulai dari Rp40.000.

Kampoeng Timoer

Kampoeng Timoer 

Pusat oleh-oleh selanjutnya ini terletak di Straat 2 No.3, Jl. Soekarno Hatta, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Produk yang tersedia di toko ini cukup lengkap yaitu mulai dari makanan ringan, berat, hingga olahan kepiting dan makanan laut lainnya dengan harga yang sangat murah yaitu mulai dari Rp15.000-an

Toko ini sangat disarankan untuk Anda yang suka makanan laut dengan budget minim. Namun sayangnya toko ini terletak jauh dari pusat kota dengan jarak sekitar 6,5km atau harus menempuh selama 14 menit perjalanan.

Karya Utama Kita UD

Karya Utama Kita UD

Karya Utama Kita UD berada di jalan Ahmad Yani, No.252, Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan. Toko ini juga cukup jauh dari pusat kota yaitu sekitar 4,3 km atau membutuhkan perjalanan sekitar 11 menitan saja.

Pusat oleh-oleh ini menyediakan makanan amplang bumbu dan kuku macan khas Balikpapan. Selain itu, tersedia juga makanan-makanan lain seperti abon, biskuit gabun, lempok durian, dan lain sebagainya. Dengan harga yang tak kalah murah yaitu mulai dari Rp10.000 Anda bisa belanja oleh-oleh dengan puas namun bujet masih tetap terkontrol.

Bontings Bandara

Bontings Bandara

Bontings Bandara terletak di Jalan Maarsma R. Iswahyudi No.23B, Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Dari pusat kota Balikpapan kurang lebih berjarak 5,7 km atau harus menempuh perjalanan sekitar 13 menit.

Anda wajib menyempatkan waktu untuk mengunjungi toko ini saat berkunjung ke Balikpapan. Kenapa? Karena toko ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh yang bisa Anda pilih sendiri dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari Rp20.000. Soal rasa tidak perlu diragukan karena dijamin enak.

BlueSky Mantau

BlueSky Mantau 

Pusat oleh-oleh selanjutnya ini terletak jauh dari pusat kota yaitu sekitar 16 menit perjalanan atau berjarak sekitar 9 km. Tepatnya di Bandara Sultan Aji Muhhammad Sulaiman,  Sepingga, Balikpapan.

Meskipun jauh, Anda pasti tidak akan menyesal telah datang ke sana karena menyediakan berbagai jenis Mantau dengan harga mulai dari Rp14.500. Bagi Anda pecinta Mantau wajib banget datang ke toko ini dan bawa pulang ke rumah oleh-oleh dari Balikpapan berupa Mantau

Barras Kitchen

Barras Kitchen 

Barras Kitchen menjadi pusat oleh-oleh berikutnya di Balikpapan yang wajib dikunjungi. Untuk lokasinya sendiri berada di Ruko Sentra Eropa AA5, No.333, Damai, Balikpapan, Kota Balikpapan.  Jika Anda berada di pusat kota, maka Anda harus menempuh perjalanan 9,3 km atau sekitar 17 menit untuk sampai di toko ini.

Barras Kitchen menyediakan makanan oleh-oleh khas Balikpapan berupa Puff Pastry dan Cinamon Roll dengan rasa yang sangat bervariasi. Untuk masalah harga tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan mulai dari harga Rp9.000. Selain itu, toko ini juga menyediakan aneka kue kering lainnya.

Balikpapan Premio

Balikpapan Premio 

Balikpapan Premio bisa dibilang cukup terkenal di kalangan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Balikpapan. Jika belum tahu lokasinya, pusat oleh-oleh ini berada di Damai Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Berjarak 4 km dari pusat kota atau menempuh perjalanan sekitar 11 menitan.

Di toko ini disediakan  berbagai macam kue khas Balikpapan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Uniknya selain menyediakan berbagai macam kue modern, di toko ini Anda bisa memilih topping sendiri sesuai selera Anda. Toko ini juga menyediakan berbagai pilihan kue kering yang sangat nikmat. Bagi Anda pecinta kue kering maupun kue modern bisa banget mampir ke sini ya!

Amplang Aneka

Amplang Aneka pusat oleh oleh balikpapan

Lokasi dari Amplang Aneka berada di Sepinggan, kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Berjarak sekitar 4 km dari pusat kota atau membutuhkan perjalanan selama 11 menit untuk tiba di lokasi.

Bagi Anda para penggemar Amplang Balikpapan maka wajib untuk mengunjungi pusat oleh-oleh terkenal di Balikpapan ini. Di sana tersedia makanan khas Amplang dengan berbagai macam varian rasa yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Sama halnya dengan pusat oleh-oleh lainnya, di sini juga menyediakan aneka kue khas Balikpapan yang tak kalah murah dan enak.

Lihat juga makanan khas balikpapan

Jadi, itulah rekomendasi pusat oleh oleh Balikpapan yang wajib untuk Anda kunjungi saat liburan ke Balikpapan. Setelah melihat beberapa rekomendasi pusat oleh-oleh yang terkenal di Balikpapan di atas, Anda tidak perlu lagi bingung mana tempat yang harus dituju saat ingin beli buah tangan. Siapkan bujet yang cukup, agar Anda bisa lebih puas belanja oleh-oleh di pusat oleh oleh di Balikpapan yang nantinya dikunjungi. Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar