14 Oleh-oleh Khas Balikpapan Berupa Barang & Makanan

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota maju yang berada di Kalimantan Timur. Kemajuan kota Balikpapan dikarenakan banyaknya industri yang beroperasi. Balikpapan mendapat julukan sebagai kota minyak karena kota ini merupakan kota yang memiliki kilang minyak yang cukup besar. Sebagai salah satu kota yang cukup besar di Indonesia, kota ini memiliki biaya hidup yang paling mahal di Indonesia.

Jika kamu sedang mendapatkan tugas atau kebetulan sedang menghabiskan momen libur bersama kerabat maupun keluarga ke Balikpapan, jangan lupa untuk membeli buah tangan sebelum meninggalkan kota tersebut. Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa kamu beli, mulai dari makanan hingga barang-barang unik. Berikut akan MakananOlehOleh.com tampilkan belasan oleh-oleh dari Balikpapan yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Batu Mulia

Batu mulia merupakan salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan untuk kerabat terdekat. Jika buah tangan berupagantungan kunci merupakan buah tangan yang biasa, namun buah tangan berupa batu mulia tentu akan luar biasa. Harganya yang miring dan kualitasnya yang bagus tentu saja membuat batu mulia menjadi oleh-oleh terbaik untuk orang terdekat kamu.

Bentuk batu mulia yang bisa kamu bawa bisa macam-macam. Bisa dalam bentuk cincin, bentuk kalung maupun dalam bentuk batu saja sebagai barang koleksi. Batu yang mmeiliki banyak warna dan jenis cukup banyak ini tentu akan melengkapi koleksi para kolektor yang sangat menginginkan mendapatkan batu mulia terbaik.

2. Batik

Batik merupakan kain yang melegenda di seluruh dunia. Kain batik tentu saja merupakan kain yang wajib untuk dimiliki oleh orang Idnonesia. Sebagai bagian dari warisan budaya, kain batik memiliki banyak penggemar yang cukup banyak. Tidak berbeda dari Balikpapn. Kota ini juga memiliki kain batik yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Balikpapan yang cukup unik. Motif yang bisa kamu pilih juga cukup beragam.

Motif kain batik khas Balikpapan ini antara lain motif pohon mangrove, motif jahe dan motif beruang madu. Motif kain batik ini mewakili ikon kota Balikpapan yaitu pohon mangrove dan beruang madu. Keduanya merupakan ikon unik Balikpapan yang tentu saja sangat melegenda. Hal inilah mengapa kain batik ini menjadi icon khusus kota Balikpapan yang diabadikan menjadi kain batik khusus.

3. Keripik Iron

Keripik iron merupakan oleh-oleh makanan Balikpapan yang mungkin kurang familiar. Namun bagi kamu yang suka ngemil, jenis camilan yang satu ini merupakan jenis camilan wajib yang harus kamu nikmati. Keripik iron yang terbuat dari singkong khusus ini tentu saja merupakan jenis keripik yang sudah Anda ketahui. Perbedaaannya dari keripik singkong pada umumnya adalah pada bahan dasarnya.

Bahan dasar keripik ini diperoleh dari kota samarinda. Singkong ini jika direbus ataupun digoreng teksturnya sangat keras. Namun ketika disulap menjadi keripik, teksturnya sangat renyah dan gurih. Inilah yang membedakan keripik dari singkong biasa dan keripik dari singkong samarinda ini. keripik ini memiliki rasa renyah gurih yang sangat enak untuk camilan dan oleh-oleh.

4. Roti Mantau

Oleh-oleh mantau Balikpapan merupakan salah satu roti yang sering dipakai untuk sarapan. Jika biasanya roti diisi dengan coklat dan yang sejenisnya, roti ini dibuat khusus sebagai teman makan yang paling nimat. Roti yang digoreng sampai kering ini sangat renyah di bagian luar, namun lebut di bagian dalamnya. Roti mantau ini dimakan dengan cara di cocol dengan saus khusus berupa saus lada hitam atau saus balado.

Penyajian dari roti ini biasanya adalah roti akan digoreng kemudian disajikan dengan sajian pendamping berupa daging sapi maupun daging kambing yang dibumbui dengan saus istimewa. Roti ini memiliki harga yang cukup murah. Satu buah roti seharga 2 ribu rupiah saja. Namun jika kamu ingin membeli bersama dengan saus cocolannya berupa daging sapi atau daging kambing harganya akan lebih mahal.

5. Abon Kepiting

Jika selama ini kamu kenal abon itu terbuat dari daging sapi maupun daging ayam, namun di Balikpapan punya makanan unik yang pasti bakal kamu suka. Makanan itu adalah abon kepiting. Abon yang terbuat dari daging kepiting segar ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat dan sering dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan.

Abon kepiting ini dibuat dari kepiting yang segar dan diberi bumbu istimewa yang membuat abon kepiting ini istimewa. Kemasan abon kepiting ini adalah kemasan plastik transparan yang memiliki beberapa ukuran kemasan. Mulai dari kemasan kecil hingga kemasan yang cukup besar. Abon kepitng ini sangat layak untuk kamu jadikan oleh-oleh untuk orang terekat kamu. Harganya juga tidak mahal.

6. Peyek Kepiting

Satu lagi oleh-oleh kepiting Balikpapan yang bakal kamu suka. Yaitu peyek. Peyek biasanya orang Indonesia lebih mengenal dengan peyek kacang, peyek ikan teri dan peyek udang. Namun berhubung kota Balikpapan memiliki potensi hasil laut yang cukup kaya termasuk kepiting salah satunya, maka tidak heran jika kepiting merupakan salah stu komoditas seafood yang paling sering dijumpai ketika di Balikpapan n.

Pilihan olahan kepiting menjadi peyek tentu saja sangat menyenangkan. Gurih dan rasanya yang renyah membuat makanan ini cocok sebagai camilan maupun sebagai lauk untuk makan. Daging kepiting yang lezat dipadukan dengan tekstur tepung pembuat peyek yang renyah membuat makanan ini snagat nikmat sebagai teman minum kopi atau sebagai teman makan.

7. Tas Manik

Kerajinan istimewa dari Balikpapan adalah tas manik. Mungkin beberapa daerah juga memiliki kerajinan ini. namun tas manik karya tangan orang Balikpapan berbeda. Tas maniknya memiliki motif yang khas Balikpapan. Sehingga tidak heran jika tas manik ini sangat laris di mancanegara sebagai buah tangan khas dari Balikpapan.

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh khas balipapan, kamu bisa mencoba membawa tas ini sebagai buah tangan yang bisa kamu berikan untuk orang terdekat kamu. Ukuran tasnya bervariasi tergantung kebutuhan kamu. Masaah harga kamu tidak perlu khawatir, tas manik ini hanya dibanderol dengan harga sekitar ratusan ribu rupian saja. Bahkan ada yang dibawah 100 ribu.

8. Kaos

Kaos memang menjadi salah satu pilihan ketika seseorang melakukan traveling ke suatu tempat untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak terkecuali jika kamu berkunjung ke Balikpapan. Kaos bisa menjadi alternatif pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa ketika pulang dari Balikpapan. Design khusus dari kaos ini tentu saja membuatnya menjadi oleh-oleh yang wajib kamu bawa ketika pulang dari Balikpapan.

Kaos dengan motif khas suku dayak ini dibanderol dengan harga antara 80 ribu hingga 120 ribu per kaos. Bahan yang digunakan sangat istimewa. Sehingga wajar apabila kamu berkunjung ke Balikpapan wajib membawa kaos ini sebagai oleh-oleh. Oleh-oleh ini benar-benar menandakan bahwa kamu pernah singgah ke kota minyak ini.

9. Amplang

Kerupuk ikan tentu saja sudah menjadi camilan yang dikenal banyak orang. Namun berbeda dengan kerupuk ikan khas Balikpapan ini. Namanya adalah amplang. Amplang merupakan kerupuk ikan yang biasanya terbuat dari ikan belida. Ikan yang tergolong cukup jarang ditemui di kota lainnya. Rasa ikan ini sangat giruh istimewa. Sehingga ketika dijadikan kerupuk amplang, rasa kerupuknya juga menjadi lebih gurih dan lezat.

Ikan belida dipilih karena ikan ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga rasa gurihnya yang berbeda dari jenis ikan lainnya. Jika biasanya kamu berjumpa dengan kerupuk ikan yang memiliki rasa gurih saja, namun kerupuk ikan ini memiliki varian rasa yang cukup banyak yang bisa kamu coba pilih sebagai alternatif oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat enak.

10. Mandau

Mandau merupakan senjata khas suku dayak. Senjata ini merupakan senjata yang dimiliki oleh suku dayak yang sudah cukup lama digunakan sebagai senjata utama. Senjata ini biasanya digunakan untuk memenggal kepala musuh. Baik itu ketika peperangan berlangsung maupun dalam tradisi yang lainnya. Kepemilikan mandau dahulu sering sekali dikaitkan dengan status sosial yang tinggi.

Namun kini mandau menjadi salah satu souvenir khas kota Balikpapan yang cukup wajib untuk kamu bawa. Hal yang istimewa dari senjata ini adalah adanya manik-manik yang ada di ujung senjata. Senjata ini tadinya terbuat dari batu gunung yang diasah dengan teknik khusus. Senjata ini memiliki ukiran khas yang menandakan bahwa senjata ini adalah barang keramat.

11. Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak

Berburu oleh-oleh khas Balikpapan tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba datang ke pasar kebun sayur. Meskipun namanya pasar kebun sayur, kamu tidak akan menemukan penjual sayuran sama sekali. Yang akan kamu jumpai ketika kamuberkunjung ke pasar ini adalah sejumlah souvenir dan juga oleh-oleh khas suku dayak yang terkenal.

Kamu bisa menemukan aneka souvenir unik seperti batu, manik-manik dan juga aneka kerajinan lainnya. Bahkan kamu tidak akam lelah saaat berbelanja di pasar ini. Harga yang ditawarkan untuk sebuah souvenir unik ini berkisar antara 15 ribu hingga ratusan ribu. Harganya cukup terjangkau untuk souvenir yang memiliki nilai seni tinggi.

12. Onde-onde Ubi Ungu

Jika kamu kenal onde-onde terbuat dari tepung, namun jika kamu berkunjung ke Balikpapan kamu akan berjumpa dengan varian onde-onde baru. Onde-onde ini terbuat dari ubi ungu. Ubi ungu memang terkenal karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A yang melimpah ini membuat ubi ungu menjadi salah satu makanan yang penuh gizi.

Kamu di Balikpapan akan menemukan onde-onde dengan aneka varian rasa. Kamu bakal berjumpa dengan isian yang beragam seperti kacang hijau, coklat, keju, hingga rasa original ubi ungu. Menariknya lagi, wijen yang digunakan dalam onde-onde ini berasal dari jenis wijen hitam yang semakin membuat onde-onde ini istimewa.

13. Bingka Kentang

Bingka merupakan makanan khas kota Medan. Namun di Balikpapan juga memiliki bingka yang terbuat dari kentang. Keistimewaan dari bingka ini adalah dari bahan dasarnya. Terbuat dari kentang, bingka ini memiliki rasa yang cukup lezat. Bingka ini memiliki varian rasa yang cukup banyak. Ada rasa coklat, keju, pandan dan rasa original. Kamu bisa pilih sesuai selera.

Bentuk bingka kentang ini sangat khas yaitu berupa mahkota bunga. Teksturnya yang lembut membuat bingka ini sangat digemari oleh masyarakat. Biasanya bingka ini sebenarnya bisa dijumpai ketika bulan puasa. Namun kini bingka ini bisa kamu jumpai setiap saat. Tokonya terletak di dekat bandara sepinggan Balikpapan. Harganya juga cukup terjangkau.

14. Bakpia

Jika berbicara tentang bakpia, maka yang cukup terkenal adalah bakpia Jogja dan Malang, bakpia juga ada di Balikpapan. Bakpia khas kota Balikpapan ini memiliki rasa yang sitimewa. Meskipun terbuat dari bahan yang tidak berbeda dari bakpia lainnya, namun soal rasa ada perrbedaan yang cukup mencolok. Bakpia ini memiliki rasa legit yang khas.

Terbuat dari bahan pilihan membuat bakpia khas Balikpapan ini sudah cukup mndunia. Selain itu, bakpia ini memiliki aroma yang sangat istimewa. Kelembutan tekstur isinya dan juga kelembutan tekstur kulitnya membuat bakpia ini cukup digemari sebagai oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat lezat. Selain itu, bakpia ini juga mudah dijumpai di Balikpapan.

Itulah daftar oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa menjadi pilihan untuk kamu beli sebelum kembali ke rumah. Jika kamu ingin membeli buah tangan berbentuk makanan, maka pastikan kamu telah memperhitungkan dengan cermat agar sekiranya ketika sampai di rumah makanan tersebut belum basi dan masih layak untuk dimakan.

Leave a Reply