Pusat Oleh Oleh Jogja

Pusat oleh oleh Jogja terdekat ternyata ada banyak sekali yang tersebar di berbagai wilayah. Berwisata di Jogja pastinya kurang lengkap apabila tidak disempatkan untuk membeli oleh oleh. Di  Yogyakarta  sendiri menyediakan berbagai macam pusat belanja oleh-oleh dengan harga murah.

Kota Jogja memang dikenal menjual berbagai barang dengan harga murah. Mau cari makanan, baju atau kerajinan tangan khas kota ini, pasti tidak akan menguras kantong Anda. Penasaran mana saja pusat oleh-oleh jogja istemwa yang bisa ditelusuri dari yang murah hingga yang unik.

Dari sekian banyak oleh oleh khas jogja bakpia lah yang menjadi oleh-oleh paling istimewa dan kekinian. Selain memiliki rasa yang enak daya tahan bakpia bisa bertahan berhari-hari. Jadi sangat cocok sekali untuk oleh-oleh.

Pusat Oleh Oleh Jogja

Bakpia Kukus Jogja

pusat oleh oleh Bakpia Kukus Jogja

Bisa dibilang sih Bakpia Kukus Jogja adalah salah satu bakpia yang berbeda dari sebelum-sebelumnya karena cara pengolahannya tidak dipanggang, melainkan dikukus. Oleh oleh yang sangat khas ini belakangan menjadi trend karena rasanya yang enak dan cocok untuk buah tangan.

Bakpia kukus memang lain dari bakpia pada umumnya, karena selain dikukus, kue satu ini memiliki tekstur lembut di bagian luarnya. Selain itu, ada banyak variasi isi dari Bakpia Kukus yang bisa dipilih seperti kacang merah, coklat, keju, kacang ijo hingga brownis. Oh ya, satu bungkus bakpia kukus ini dibanderol sekitar Rp 35.000 dengan isi 10 pcs.

Bakpia Kukus Jogja sendiri jam buka setiap hari dan memiliki gerai yang bertebaran di Jogja. Ada di Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Colombo, Jalan Imogiri, stasiun dan bandara-bandara di Jogjakarta.

Bakpia Pathok 25

Nah, kalau kamu carinya bakpia yang original, maka kamu bisa cari di Bakpia Pathok 25. Toko Bakpia Pathok 25 sendiri menyediakan bakpia dengan isian kacang hijau dan satu kotaknya berisi 15 pcs. Bakpia Pathok 25 menjadi sentra oleh-oleh legendaris di Jogjakarta.

Bahkan, kamu juga melihat bagaimana proses pembuatan bakpia secara langsung, lho! Kamu yang penasaran dengan Bakpia Pathok 25, cukup datang ke Jalan AIP II KS Tubun Blok NG I Nomor 504, Kadipaten. Kedai Bakpia Pathok  25 sendiri buka setiap hari sejak pukul 08.00 – 12.00. Selain menyediakan bakpia, tempat ini juga menyediakan makanan khas Jogja lainnya seperti geplak hingga yangko.

Cokelat Monggo

Cokelat Monggo jogja

Kamu suka coklat? Coba deh beli Cokelat Monggo asli Jogjakarta yang sudah dipasarkan di berbagai wilayah Indonesia. Masalah kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, deh! Rasanya hampir sama dengan cokelat mahal dari Belgia. Coklat Monggo sendiri dibuat dari 69% coklat, lho!

Rasa dari coklat monggo juga terbilang sangat unik dan beda dengan yang bisa dijual di minmarket. Oh ya selain rasa coklat original, kamu juga bisa memilih variasi coklat lainnya seperti susu, mangga, stroberi, durian hingga cabai merah. Jadi penasaran ya dengan rasanya? Datang langsung saja deh Kotagede dan lihat proses pembuatan coklatnya jika berkenan.

Dagadu Djogja

Kalau  Bali punya Joger, maka  Jogja punya Dagadu, lho! Jadi, Dagadu ini menyediakan aneka macam pernak pernik yang unik khas Jogja. Dagadu bahkan menjadi pusat oleh oleh di Jogja yang murah dan sudah lama berdiri.

Beberapa oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di Dagadu sendiri ada beragam mulai dari suvenir, kaos hingga gantungan kunci. Nah, yang menjadi ciri khas dari kaos Dagadu khas Jogja ini adalah ada berbagai quote atau kutipan lucu. Jadi tertarik untuk beli kaos Dagadu Jogja? Cus langsung saja pergi ke Jalan Gedongkuning Selatan nomor 128, Kotagede.

Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan

Jika yang kamu cari adalah barang kerajinan, mungkin kamu perlu datang ke Desa Wisata Kasongan. Di sini, kamu bisa melihat berbagai macam aneka barang kerajinan berupa gerabah dan barang antik yang diproduksi sendiri oleh warga Kasongam.

Semua gerabah dan produk-produk lainnya dibuat sendiri oleh warga menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Nah, buat kamu yang penasaran sekali dengan proses pembuatannya, coba pergi ke Desa Wisata Kasongan yang berlokasi di Jalan Raya Kasongan. Selaim gerabah, kamu juga bisa beli peralatan masak atau vas bunga.

Hamzah Batik

Hamzah Batik

Jogja memang dikenal dengan batiknya dan kamu bisa belanja di Hamzah Batik Jogja. Di Hamzah Batik, ada beragam baju, bawahan, atasan dan kain batik meteran dengan harga cukup terjangkau. Walau harganya terjangkau, namun masalah kualitas, jangan ditanyakan! Semua yang ada di Hamzah Batik sangat bagus dan berkualitas.

Selain belanja batik, kamu juga bisa belanja  berbagai macam souvenir seperti kalung, tas batik, gantungan kunci dan lain sebagainya. Lokasi Hamzah Batik sendiri ada di 2 tempat, pusatnya ada di Jalan Margo Mulyo nomor 9, Ngupasan, Gondomanan sementara cabangnya ada di Jalan Kaliurang Km 15,5, Umbulmartani, Ngemplak.

Pasar Klithikan

Mau cari barang yang unik dan antik? Coba deh pergi ke Pasar Klithikan. Pasar satu ini dikenal sebagai pusatnya jual barang unik dan antik.  Berlokasi di Pakuncen, kamu bisa berburu barang-barang antik yang menarik.

Tidak hanya menjual barang antik saja, lho! Pasar Klithikan juga menjual barang baru seperti ponsel, pakaian hingga buku. Kamu yang menyukai barang antik, jangan lewatkan untuk belanja di Pasar Klithikan, ya!

Suvenir Perak Kotagede

Suka dengan perhiasan? Coba deh pergi ke Suvenir Perak Kotagede! Di tempat ini, kamu bisa memilih perhiasan maupun barang yang dibuat dari bahan perak. Bahkan, kamu bisa langsung melihat proses pembuatannya, lho!

Ada banyak jenis-jenis perhiasan dari perak yang bisa kamu pilih mulai dari cincin, kalung, anting-anting hingga liontin. Kalau kamu tidak suka dengan desainnya, toko juga bersedia membuatkan perhiasan sesuai custom. Selain perhiasan,  kerajinan perak Kotagede juga menjual berbagai miniatur, lho!

Taman Pintar Bookstore

Taman Pintar Bookstore

Membelikan buku sebagai oleh-oleh untuk anak pasti akan menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika anak suka sekali membaca. Nah, bagi yang sedang mencari buku untuk oleh-oleh, coba deh pergi Taman Pintar saja kemudian arahkan kendaraan ke bagian samping atau dekat dengan Taman Budaya Yogyakarta.

Di sana, kamu bisa belanja banyak buku dengan harga murah. Koleksi semua buku di tempat ini juga lengkap. Kamu mau cari bacaan apapun, pasti tersedia di sini. Di Taman Pintar Bookstore sendiri ada banyak kedai yang menjual buku, jadi pilih saja yang cocok menurutmu.

Teras Malioboro

Teras Malioboro

Pusat  oleh oleh Jogja terlengkap dan baru saja diresmikan yang jangan sampai kamu lewatkan adalah Teras Malioboro. Jadi, kalau sebelumnya para pedagang kaki lima (PKL) menjual dagangannya di sekitar Jalan Malioboro, maka kali ini semua dialihkan ke Teras Malioboro.

Di Teras Malioboro, kamu bisa berburu kuliner, oleh-oleh seperti bakpia, kain batik, pernak pernik, daster, dan masih banyak lagi. Apalagi Teras Malioboro ini baru saja dibuka dan tempatnya masih ikonik dan kece. Teras Malioboro sendiri bisa kamu kunjungi di Ngupasan.

Mau belanja bakpia, gerabah, kain batik atau gantungan kunci sekalipun, semua bisa kamu buru di Jogja. Daftar sentra oleh-oleh di atas bisa membantu kamu belanja oleh-oleh spesial untuk keluarga.

Lihat juga makanan khas jogja

Pusat oleh oleh Jogja bisa kamu temukan di berbagai titik wilayah. Ya, di kota Jogja ada, di Bantul ada, di Sleman juga ada! Jadi, cari tempat yang strategis menurutmu!



Tags: pusat oleh oleh di jogja

Tinggalkan komentar