Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan pasar tradisional merupakan salah satu makanan yang bisa ditemukan berbagai tempat contohnya pasar, toko kue dan tukang keliling penjual jajanan. Walupun tidak banyak aneka jajanan namun mereka berusaha mencari rezeki yang halal.

Aneka jajan pasar sangat beraneka ragam, mulai dari rasa yang manis, asin, gurih, pedas, hingga berbagai macam rasa. Jajanan tradisional sekarang mudah dibuat karena begitu banyak informasi resep membuat jajanan yang ada pada google.

Misal seseorang ingin membuat kue tradisional indonesia tinggal menuliskan keyword resep kue tradisional yang mudah dan simple nanti semua informasi akan tampil pada browser anda.

Lihat juga jajanan kekinian

Salah satu kue pasar yang terkenal adalah onde-onde, kue putu, lemper dan masih banyak jenis jajanan pasar tradisional. Ada juga jajan pasar yang tidak mudah basi seperti getuk, lapis legit, dan kue serabi.

Jajanan Pasar Kekinian

Dadar Jagung

Terbuat dari bahan utama jagung dan campuran antara terigu dan juga telur. Dadar jagung termasuk jajanan yang berupa gorengan hampir mirip dengan bakwan namun disini menggunakan jagung sebagai isiannya. Memiliki rasa gurih dan renyah kalau masih hangat. Untuk lebih enak lagi anda bisa menambahkan saus pedas maupun sambal pedas.

Risoles

Makanan ini memiliki isi daging cincang, potongan telur dan beberapa aneka sayuran. Jajan yang paling banyak dijumpai saat ke pasar. Memiliki rasa yang lembut dan sedikit pedas jika memakai cabai rawit

Bubur Kacang Hijau

Biasanya bubur ini sering ditemui saat kepasar karena cukup laris dan juga masyarakt menyukai bubur. Harganya juga tidak terlalu mahal sehingga masyarkat bisa membeli sebagai oleh oleh saat kepasar.

Bubur Sumsum

Memiliki rasa yang manis dan lembut karena memang terbuat dari tepung beras yang halus dan kuah dari gula merah yang sudah cair. Tepung dimasak hingga matang kenyal lalu untuk menambah rasa yang manis bisa menggunakan gula merah.

Dadar Gulung

Dadar gulung merupakan salah satu kue yang agak basah dengan lapisan luar bewarna hijau. Campuran isinya terdiri dari parutan kepala dan gula jawa sehingga memiliki rasa yang manis dan gurih. Untuk mewarnai kulit luar dari dadar gulung tersebut bisa menggunakan dajun suji.

Jajanan Pasar yang tidak mudah basi

Getuk

Getuk adalah jajanan tradisional yang berbahan singkong. Cara membuatmnya sendiri singkong di haluskan lalu ditumbuk hingga menjadi adonan yang kenyal. Getuk sendiri paling enak dengan campuran parutan kelapa dan gula pasir.

Onde-Onde

Onde onde salah satu jajanan pasar yang tahan lama hingga 2 hari lebih jika tersimpan pada lemari es. Makan ini sendiri terbuat dari tepung ketan dan isiannya sesuai selera masing-masing. Namun onde-onde yang sering di pasar biasanya berbentuk bulat dengan isian kacang ijo.

Lapis Legit

Memiliki rasa yang yang manis dan lembut hampir mirip dengan kue bolu. Namun jajanan lapis legit bisa bertahan hingga 10 hari. Makanan ini agak kenyal dan kesat sehingga bisa bertahan hingga berhari-hari.

Kue Serabi

Salah satu jajanan yang tahan lama adalah kue serabi. Kue ini palng digemari berbagai kalangan dan sering dijual saat kepasar. Memiliki rasa manis dan gurih dengan aneka toping dari keju, coklat, dan berbagai jenis toping lainnya.

Pastel

Jajanan yang paling favorit dan cukup banyak penjualnya adalah pastel. Makanan ini memang awet dan tahan lama terbuar dari tepung yang didalamnya memiliki aneka isian yang enak.

Jajanan pasar seribuan

Putu Ayu

Kue Putu Ayu adalah jajanan seribu kota yang bisa dilihat dimana-mana. Harganya murah dan rasanya manis dan enak. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan pandan serta ditaburi kelapa. Putua Yucake dibuat dengan cara dikukus.

Cenil

Cenil adalah jajanan pasar seribu dengan kombinasi warna yang menarik. Rasanya yang kenyal dan unik membuat banyak orang menyukainya. Seribu jajanan pasar ini dibuat dengan tepung kanji. Camilan ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau gula merah cair. Bagaimana cara melakukannya ?

Jentik Manis

Larva manis adalah seribu jajanan pasar yang banyak dinikmati orang. Kue basah ini biasanya dibungkus dengan plastik dan dilipat. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis seperti jelly. Selain enak, kue ini memiliki warna yang menarik.

Apem

Kue apem adalah jajanan pasar seribu yang mirip dengan kue dadar tradisional Bandung. Berbeda dengan serabi, kue apem lebih tebal dan lembut. Kue Arab ini biasanya ditemukan selama bulan Ramadhan. Kue apem terbuat dari tepung beras dan santan. Rasa manis dan aroma pandan menjadikannya favorit banyak orang sebagai camilan pagi dan sore hari.

Misro

Misro adalah jajanan pasar seribu yang mirip dengan combro. Bedanya, isian misro rasanya manis. Misro dibuat dengan parutan tapioka dan diisi dengan gula merah. Anda bisa membuat miso yang lezat dengan tapioka, gula merah, dan tepung tapioka. Misro paling enak dimakan panas.

Jajanan pasar terlaris

Pastel

Pastel merupakan salah satu jajanan yang sudah tidak asing lagi di pasaran. Jajanan pasar ini juga dikenal sebagai “Jalankote” di Makassar.
Bentuk jajanan tradisional ini sangat unik, berupa cangkang dengan isian tertentu di dalamnya.

Onde-onde

Harga 1000 jajanan pasar teratas di pasar tradisional adalah onde-onde. Camilan ini berbentuk bola-bola yang dilapisi dengan biji wijen. Di antara isian, onde-onde biasanya diisi dengan kacang hijau berkualitas baik.

Lumpia

Di daerah lain, lumpia juga sering dijual di pasar tradisional dengan berbagai isian seperti sayur atau bihun. Untuk meningkatkan cita rasa lumpia, lumpia biasanya disajikan dengan bawang merah mentah dan saus.

Klepon

Kue tradisional yang rasanya manis dan mudah ditemukan di pasaran adalah klepon. Jajanan tradisional yang biasanya berbentuk bulat dan berwarna hijau ini merupakan salah satu jajanan yang laris di pasaran. Dalam kandungannya, biasanya berupa gula aren cair. Dan beri parutan kelapa di bagian luarnya.

Lemper

Jajanan tradisional yang mudah ditemui di pasar tradisional memang melumpuhkan. Jajanan pasar ini berasal dari ketan yang dimasak dengan santan. Lemper biasanya diisi dengan suwiran atau suwiran ayam yang sudah dibumbui sehingga rasanya cenderung gurih.

gambar jajanan snack, 
resep jajan
, jajanan yang enak
, kue jaman dulu, 
jajanan khas daerah
, jajan warna hijau
, kue khas jawa tengah
, makanan manis indonesia
, macam macam jajanan.

Lihat juga makanan kekinian

Nah itulah beberapa jajanan yang paling enak dan simple membuatnya. Kamu bisa mengunjungi situs resep untuk lebih detail cara membuat aneka jajanan diatas.

Follow Me
Latest posts by Candra (see all)

Tinggalkan komentar