10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba

Posted on

Berada dan berkunjung ke kota yang masih terasa asing bagi kita pasti akan menjadi hal yang seru sekaligus menyenangkan. Pasalnya, akan ada hal-hal dan pengalaman baru yang sebelum tak pernah Anda jumpai ketika berada di kota asal. Untuk itulah mengapa Anda harus memanfaatkan waktu kunjungan Anda tersebut dengan sebaik-baiknya, dengan cara berjalan-jalan, berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik sekaligus menikmati wisata kuliner yang ada di sana. Jikalau yang menjadi tempat tujuan Anda adalah kota Madiun, maka tambahkan pula ke dalam daftar agenda Anda untuk membeli kuliner khas madiun, dengan begitu rasanya akan menjadi lengkap.

Sejenak melupakan rutinitas dan hari-hari yang sibuk, maka Anda bisa menghilangkan segala kepenatan tersebut dengan bersenang-senang sekaligus menikmati waktu libur Anda, walaupun waktunya bisa dikatakan cukup singkat. Meskipun singkat, tapi Anda harus memanfaatkan waktu libur tersebut dengan sebaik-baiknya, karena Anda pun tak pernah tahu kapan lagi Anda bisa menikmati hari libur dengan perasaan bahagia.

Lihat juga oleh oleh khas solo

Tak perlu bepergian jauh untuk menghabiskan waktu libur Anda. Apabila Anda masih berada di sekitar Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Timur, coba untuk pilih dan berlibur ke kota Madiun. Di kota ini Anda bisa menemukan banyak tempat wisata yang menarik, dari wisata alam, wahana permainan dan masih banyak lagi lainnya.

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba

Sebagai penutup perjalanan wisata Anda, jangan sampai lupa untuk membeli kuliner khas madiun. Makanan yang sudah Anda beli tersebut selain dapat dijadikan sebagai bekal selama perjalanan pulang, juga dapat dibagikan kepada anggota keluarga dan orang-orang terdekat lainnya. Tak perlu merasa bingung mengenai jenis kuliner apa yang akan dipilih, karena di sini Anda bisa memilih kuliner apa saja yang nantinya akan dibawa pulang.

1. Nasi Pecel Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Walaupun di setiap tempat sudah banyak yang menjual dan menyediakan kuliner khas Madiun. Namun, ketika sedang berada di kota Madiun Anda harus dan wajib untuk mencobanya, karena sudah pasti kesan dan cita rasanya akan sangat berbeda apabila Anda mengkonsumsi pecel khas Madiun langsung dari tempat asalnya. Berbeda dengan nasi pecel yang ada di tempat lain, saat mengkonsumsi nasi pecel khas kota Madiun ini, Anda bisa memilih lauk pecel sesuai dengan keinginan, mulai dari tempe-tahu, telur, ayam hingga daging sapi.

2. Soto Kutilang Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Kuliner soto yang khas di benak Anda, pasti adalah soto lamongan dan juga soto madura. Hal itu mungkin disebabkan karena Anda belum mengetahui jika ada soto kutilang khas dari kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Sekilas tampilan dari soto kutilang khas Madiun ini sama dengan jenis soto lainnya, karena yang jadi pembedanya adalah soto ini tersedia dalam porsi yang lebih banyak dan telah disediakan juga lauk tambahan berupa perkedel serta empal daging. Untuk rekomendasi tempat makan soto kutilang Madiun yang paling favorit, maka mampirlah ke Warung Soto Ayam Kampung Bu Topo.

3. Nasi Jotos Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Nasi jotos atau sego jotos merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Madiun. Sebutan dan nama dari kuliner khas Madiun yang satu ini sungguh unik, karena porsinya memang hanya sekepalan tangan yang hendak digunakan untuk menjotos orang / memukul orang. Ya, jika dibandingkan nasi jotos ini hampir samalah porsinya dengan nasi kucing yang ada di Yogyakarta. Walaupun nasi jotos memiliki porsi nasi yang sedikit dengan tambahan lauk seadanya, namun yang membuat cita rasanya menjadi istimewa karena sambalnya.

4. Lontong Tahu Telor Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Nama lain dari lontong tahu telor adalah tahu panggung, dimana makanan khas dari kota Madiun juga sudah banyak ditemukan di kota dan di daerah lainnya. Tapi yang namanya mencoba berwisata kuliner langsung dari asalnya akan menciptakan sensasi rasa yang sungguh berbeda. Untuk bisa menikmati lontong tahu telor khas Madiun yang enak, datanglah ke Depot Rasa Tunggal yang berada di Jalan Merbabu.

5. Brem Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Madiun ini sangat terkenal dimana-mana, yakni oleh-oleh berupa camilan brem khas kota Madiun. Brem merupakan campilan manis yang terbuat dari hasil sari katan yang sudah mengalami proses fermentasi. Selain manis, rasanya begitu segar dan langsung meleleh di mulut ketika dimakan. Tak hanya tersedia dalam varian rasa original saja, karena brem Madiun juga punya varian lain seperti keju, coklat dan juga strawberry.

6. Kue Manco Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Camilan khas kota Madiun yang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh, bukan hanya brem saja, karena ada juga camilan lain yang dikenal dengan kue manco. Kue legendaris ini terbuat dari tepung ketan, dimana resep dan cara pembuatannya diajarkan secara turun-menurun.

7. Madumongso Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Apa sih madumongso itu? Madumongso khas Madiun adalah jenis makanan sejenis dodol atau jenang. Walaupun mirip-mirip dengan dodol, tapi sebenarnya madumongso adalah camilan manis yang terbuat dari ketan hitam yang telah difermentasikan dengan cara dimasak bersama gula dan santan. Selain manis, madumongso memiliki sedikit rasa asam seperti tape ketan.

8. Bluder Cokro Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Bluder Cokro merupakan camilan berupa roti yang mempunyai tekstur yang begitu lembut. Kendati proses pembuatannya menggunakan cara yang masih tradisional, namun roti Bluer Cokro tersebut bisa bertahan hingga seminggu walaupun di dalamnya tidak ada bahan pengawet. Selain enak dan aman untuk dikonsumsi, roti bluder cokro ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa original, keju, kacang, nanas, coklat, strawberry dan masih banyak lagi varian rasa lainnya.

9. Lempeng Puli Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Lempeng Puli / Kerupuk puli adalah camilan yang dibuat dari nasi yang telah digepengkan, kemudian dijemur hingga kering menjadi kerupuk. Rasa dari lempeng puli atau kerupuk puli ini begitu gurih dan renyah, sehingga cocok untuk dijadikan camilan sekaligus oleh-oleh untuk dibawa pulang. Meskipun begitu, kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi camilan ini secara berlebihan karena di dalamnya terdapat kandungan boraks, walaupun dalam jumlah sedikit, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh.

10. Wedang Cemoe Khas Madiun

10 Kuliner Khas Madiun Yang Wajib Kamu Coba Oleh-oleh

Tak hanya makanan dan camilan saja, di kota Madiun juga tersedia minuman yang begitu khas, yakni wedang cemoe yang merupakan minuman hangat dari santan kelapa dengan campuran kacang tanah goreng dan juga potongan roti tawar. Dikarenakan rasanya yang enak dan juga hangat, wedang cemoe ini sangat cocok sekali diminum saat bersantai saat udara dingin, apalagi jika ditemani dengan camilan atau gorengan hangat.

Lihat juga oleh oleh khas bekasi

Sembari berjalan-jalan menikmati keindahan kota Madiun beserta tempat wisatanya, jangan lupa untuk meluangkan waktu membeli oleh-oleh khas Madiun tersebut. Namun, tidak semua makanan khas Madiun dapat dibawa pulang untuk perjalanan jauh, karena sudah jelas akan ribet saat membawanya dan pasti akan basi saat tiba di rumah. Boleh saja Anda membelinya, sebaiknya jangan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, tapi jadikanlah sebagai bekal untuk dimakan di perjalanan.

Tags: macam makanan khas madiun dan namanya, kuliner madiun, makanan kas mediun, resep khas madiun

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *