Makanan Khas Arab

Makanan khas Arab sungguh memukau dengan ragam jenis yang melimpah. Timur Tengah, kerap dikenal sebagai Arab Saudi, menjadi tempat suci bagi umat Muslim. Namun, jangan salah, negeri Arab ini juga memanjakan selera dengan hidangan khasnya yang terkenal beraroma rempah pilihan yang menggugah selera.

Tak heran, kuliner khas Arab ini memiliki banyak penggemar setia. Aroma rempah yang khas bukanlah satu-satunya pesona, tetapi cita rasa yang enak nan lezat juga menjadi daya tarik tak terbantahkan. Dan tentu saja, kehalalannya sudah pasti dijamin.

Lihat juga makanan khas jepang

Hidangan khas Arab tak hanya memikat selera, tetapi juga tampilannya yang segar dan beraneka ragam rempah pilihan yang menggoda. Tak mengherankan bila berbagai sajian dari Negeri Minyak ini selalu berhasil membuat lidah kita tergoda.

Mari nikmati beberapa hidangan khas Timur Tengah yang wajib dicicipi agar Anda juga dapat merasakan kelezatan yang menggairahkan lidah Anda.

 

10 Makanan Khas Arab yang Enak dan Lezat

1. Nasi Kebuli Arab

Nasi kebuli adalah hidangan yang telah meraih ketenaran dan sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kelezatan nasi kebuli terletak pada cita rasa gurihnya yang memikat dan aroma sedap yang memanjakan indera, berkat beragam rempah yang melimpah.

Nasi kebuli dibuat dengan teknik khusus, menggabungkan daging kambing, kaldu kambing, dan susu kambing yang memberikan sentuhan unik khasnya. Tidak diragukan lagi, hidangan ini benar-benar menghadirkan sensasi ala kambing yang tiada duanya. Biasanya, nasi kebuli disajikan dengan tambahan acar, kismis, dan sambal sebagai pelengkap yang menambah kelezatannya.

Sekarang Anda tak perlu merasa asing lagi dengan kelezatan nasi kebuli, karena kuliner khas Arab ini akan memukau lidah Anda dengan kenikmatannya yang tiada tara.

2. Samosa Arab

Samosa, makanan khas Timur Tengah yang unik dengan bentuk segitiga, dapat dikategorikan sebagai kue lezat. Biasanya, samosa terbuat dari daging cincang yang ditumis dengan rempah-rempah khas sebelum dicampur dengan bahan dasar lainnya.

Makanan khas Arab ini menggoda selera dengan tambahan beragam sayuran, kentang, kacang polong, bawang Bombay, dan ketumbar yang memberikan cita rasa khas. Untuk penyajiannya, samosa dapat dihidangkan dengan menggunakan kulit lumpia yang digoreng hingga kecoklatan, menambah kenikmatan tersendiri.

Jelajahi sensasi kuliner samosa yang menyajikan rasa Timur Tengah yang autentik, dan nikmati kelezatannya dalam bentuk kue segitiga yang menggugah selera.

3. Hummus

Masih berbicara tentang keluarga roti, kita tak boleh melewatkan hidangan khas Arab yang satu ini, yaitu Hummus. Hummus merupakan salah satu makanan khas Timur Tengah yang menggoda selera, terbuat dari campuran tepung roti, kacang yang dihaluskan, lentini, tahini (bijinya sudah dihaluskan), dan tidak ketinggalan bumbu pelengkap seperti minyak zaitun, air lemon, garam, serta bawang putih.

Untuk penyajiannya, Hummus biasanya ditemani irisan tomat dan chickpea, serta disajikan dengan cantik di tengah-tengah tortilla. Roti tradisional khas Timur Tengah ini juga kerap disantap bersama kentang panggang yang menambah kenikmatannya.

Jelajahi cita rasa autentik Timur Tengah dalam setiap suapan Hummus yang lezat. Nikmati sensasi kuliner yang unik dan memikat lidah Anda

4. Katayef

Setelah dua hidangan roti sebelumnya, kini mari kita bahas makanan khas Timur Tengah yang lain, yaitu Katayef. Katayef adalah sejenis parcel yang terbuat dari adonan terigu yang telah diberi aroma kayu manis. Di negara Arab, hidangan ini biasanya diisi dengan kacang kenari dan gula.

Katayef sering disajikan dengan sirup dan madu sebagai pembuka berbuka puasa, atau digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. Tak hanya memiliki cita rasa asli yang lezat, makanan khas Timur Tengah ini juga memiliki berbagai varian menarik, seperti isi keju, kismis, kurma, kacang tanah, dan masih banyak lagi.

Nikmati sensasi manis Katayef yang khas dari Timur Tengah, lengkap dengan aroma kayu manis yang menggugah selera. Sajikan hidangan ini sebagai bagian dari tradisi kuliner yang kaya dan menarik.

5. Manakeesh Arab

Manakeesh, makanan khas Arab Saudi ini, memiliki tampilan mirip dengan pizza dari Italia. Namun, bahan-bahan yang digunakan dalam hidangannya sangat berbeda dari makanan Italia tersebut.

Manakeesh umumnya terbuat dari campuran tepung terigu, madu, minyak zaitun, gula, dan tentu saja rempah-rempah khas Timur Tengah yang memberikan cita rasa istimewa. Bedanya, Manakeesh memiliki topping yang unik, berbeda dengan topping pizza pada umumnya.

Topping Manakeesh menggunakan keju putih dengan cita rasa yang asin, seperti keju ackawi. Selain itu, ada juga varian Manakeesh dengan topping daging cincang, irisan tomat, dan saus pedas yang memberikan sensasi nikmat tersendiri.

6. Mutaqab Arab

Banyak masyarakat yang percaya jika Mutaqab ini berasal dari kota Yaman. Akan tetapi meskipun demikian makanan khas Arab satu ini cukup terkenal serta menjadi hidangan pembuka bagi kerajaan Arab Saudi.

Mutawab merupakan jenis makanan yang terbuat dari lapisan kue tipis dengan disisi campuran bahan-bahan lainnya seperti telur, daging cincang, tomat, piterseli, bawang serta jalapeno pepper. Di Indonesia sendiri makanan saru ini kerap dikenal dengan nama martabak.

7. Luqaimat Arab

Makanan khas dari Timut Tengah yang keenam ini lebih dikenal sebagai makanan penutup. Luqaimat merupakan makanan dengan bentuk bulat serta memiliki tekstur renyah pada bagian luarnya akan tetapi sangat lembut pada bagian dalamnya.

Luqaimat merupakan makanan dengan cita rasa manis serta jangan ditanya lagi untuk kelezatan makanan satu ini.

Lihat juga rekomendasi makanan western

Makanan khas yang satu ini bisanya sangat ditunggu-tunggu saat buka puasa tiba. Di Indonesia sendiri Luqaimat identik dengan Donat, walaupun masih banyak perbedaan diantara keduanya.

Yap, itulah makanan khas Arab Saudi yang sangat lezat dan recommended banget buat kamu barang kali yang sedang beribadah di tanah suci, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Saudi Arabia ini.

8. Kushari

Kushari ini kerap dikenal dengan nama koshari. Kushari merupakan kuliner Mesir yang tercipta pada abad ke-19. Awal mula makanan satu ini terbuat dari sisa-sisa makanan akan tetapi karena menghasilkan rasa yang nikmat akhirnya kushari dikenal hingga ke seluruh negeri.

Pada waktu itu, kushari cukup terkenal di kalangan para buruh dan pekerja. Kushari kerap ditemukan dipinggir jalan serta rumah makan di seluruh penjuru Mesir. Tak hanya itu saja, ada juga restoran yang menjual Kushari sebagai menu utama.

Kushari berupa nasi yang sudah dicampur dengan macaroni serta lentil kemudian diberi potongan spaghetti, kacang Arab, bawang goreng serta sus tomat dengan cuka di atasnya.

Untuk menghasilkan rasa yang nikmat, bisa juga ditambahkan dengan perasan bawang putih serta sus pedas. Kushari ini bebas dari produk hewani sehingga cocok untuk dikonsumsi para vegetarian.

9. Malabari paratha

Kuliner ini sangat unik pasalnya Malabari merupakan roti bukat yang disajikan bersama dengan kari sehingga akan menambah kenikmatan tersendiri. Malabari Paratha sendiri adalah hidangan pokok bagi kaum expat di India Selatan dan saat ini telah populer di kalangan masyarakat yang tinggal di Kerajaan.

10. Falafel

Falafel ini memiliki bentuk mirip dengan perkedel akan tetapi bahan utamanya yaitu campuran buncis tanah atau kacang faca serta rempah-rempah. Bahan utama tersebut kemudian digiling serta dipadatkan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil sebelum akhirnya digoreng dalam minyak panas. Falafel merupakan makanan dengan cita rasa pedas serta sangat mudah untuk ditemukan dipinggir jalan.

Lihat juga Makanan khas korea

Nah itulah 10 makanan khas Arab apabila anda sedang perjalan kesana dan ingin menikmati berbagai makanan khas arab tentu ini bisa membantu makanan apa yang ingin dibeli di arab sana. Semoga informasi diatas bisa membantu anda yang sedang mencari makanan di arab.