Makanan Khas Banyumas

Makanan khas daerah selalu menjadi daya tarik utama ketika berwisata. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kuliner tradisionalnya adalah Banyumas. Wilayah yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki beragam hidangan lezat yang tak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner. Menawarkan cita rasa autentik, makanan khas Banyumas telah menjadi warisan kuliner Nusantara yang patut dipuji.

Salah satu menu andalan kuliner Banyumas yang wajib dicicipi adalah Sate Blengong. Sate ini terbuat dari daging bebek yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu sebelum dipanggang dengan bumbu khas. Rasanya yang gurih dan tekstur daging yang lembut membuat sate blengong menjadi primadona di setiap acara penting di Banyumas.

Tak kalah terkenalnya adalah Gethuk Goreng, sejenis kue tradisional yang terbuat dari singkong. Kue ini dipadatkan dan dipotong dalam bentuk dadu sebelum digoreng hingga kecoklatan. Kelezatan gethuk goreng membuatnya populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan.

Lihat juga Makanan khas dearah indonesia yang enak

Selain itu, jangan lewatkan juga Nasi Krawu, nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Banyumas seperti telur pindang, ayam suwir, dan sambal krecek. Kombinasi rasa yang unik membuat Nasi Krawu menjadi hidangan favorit di berbagai acara tradisional.

Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah

Bagi pecinta makanan manis, ada juga Sumping Waluh yang merupakan kue khas Banyumas yang terbuat dari labu kuning dan ketan. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal, sangat cocok dijadikan teman ngemil sore hari.

Demikianlah beberapa makanan khas Banyumas yang menggugah selera. Jika berkunjung ke daerah ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner legendaris yang telah diwariskan secara turun temurun ini. Selamat menikmati kelezatan kuliner tradisional Banyumas!

1. Gethuk Goreng Sokaraja

Gethuk goreng menjadi makanan khas pertama dari Banyumas yang akan kita bahas. Meski tergolong dalam gethuk, namun gethuk goreng khas Sokaraja ini memiliki cara pembuatan yang unik. Proses pembuatannya melibatkan dua tahapan. Pertama-tama, digunakan singkong pilihan berkualitas yang dikukus hingga matang. Setelah matang, singkong tersebut dilumatkan bersama dengan gula jawa, dan kemudian dicampur dengan tepung beras dan tepung terigu.

Setelah semua bahan dicampur, adonan selanjutnya dibentuk menjadi kotak-kotak kecil. Baru setelah itu, adonan tersebut digoreng hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan mengeluarkan aroma harum yang menggugah selera. Citarasa dari jajanan ini sangat khas, yaitu perpaduan manis dari singkong dan gula jawa yang menghadirkan kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Gethuk goreng Sokaraja menjadi salah satu kuliner manis khas Jawa Tengah yang patut dicoba untuk merasakan cita rasa tradisional dari Banyumas.

2. Nopia khas banyumas

Nopia adalah jajanan khas Banyumas berbentuk bulat lonjong dengan warna putih, yang memiliki isian gula merah di dalamnya. Selain gula merah, saat ini Nopia telah dikembangkan dengan beberapa varian isian lain, seperti coklat, kacang, atau durian. Proses pembuatan Nopia cukup unik, yakni dengan menempelkannya di tungku khusus dengan suhu yang panas. Oleh karena cara pembuatannya yang khas, terkadang tampilan Nopia menjadi agak hangus di beberapa bagian. Namun, hal itu menambahkan sentuhan autentik pada jajanan ini.

Nopia menjadi oleh-oleh khas yang sangat cocok untuk dibawa pulang setelah Anda berkunjung atau mampir ke kota Banyumas. Keunikan dan cita rasa jajanan tradisional ini akan membawa kenangan tentang kuliner legendaris dari Jawa Tengah. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang Nopia sebagai suvenir kuliner yang istimewa dari Banyumas.

3. Lanting

Lanting adalah salah satu makanan khas Purwokerto, Banyumas, yang terbuat dari singkong dan berbentuk seperti angka 8. Untuk membuat lanting, singkong diparut dan airnya diperas, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu sebelum digoreng hingga matang. Rasanya asin gurih yang khas. Saat ini, lanting juga telah dikembangkan dengan varian rasa lain, seperti keju dan pedas.

Lanting sangat cocok sebagai camilan atau sajian untuk tamu. Jika Anda berkunjung ke Purwokerto, Anda bisa membeli lanting sebagai oleh-oleh khas dari kota ini. Selain di Purwokerto, makanan ini juga dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, sehingga lebih mudah bagi pecinta kuliner untuk menikmati cita rasa khas dari Banyumas. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dan membawa pulang lanting sebagai salah satu kuliner tradisional Jawa Tengah yang istimewa.

4. Tegean

Tegean merupakan sayuran bening yang menjadi salah satu kuliner khas dari Banyumas. Dalam penyajiannya, tegean menggunakan berbagai jenis sayuran seperti kentang, wortel, kubis, sawi, bayam, seledri, dan muncang. Bumbu khusus digunakan untuk meracik sayuran-sayuran ini sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Tidak jarang, tegean juga diberi taburan bawang goreng untuk menambah aroma dan kelezatan. Selain itu, beberapa orang suka mencampurkan tegean dengan irisan daging ayam atau daging sapi, dan ada juga yang menyajikannya dengan mi bihun untuk variasi yang menarik.

Bagi pecinta kuliner tradisional Jawa Tengah, tegean menjadi salah satu pilihan yang menggugah selera. Hidangan ini menawarkan kekayaan rasa dari berbagai sayuran berkualitas yang disajikan dalam bentuk bening yang segar. Selain menjadi pilihan sehat dan bergizi, tegean juga mengandung kenangan akan cita rasa kuliner khas Banyumas. Jika Anda sedang berada di Banyumas atau daerah sekitarnya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba tegean ini. Nikmati kelezatan kuliner tradisional yang disajikan dengan penuh cinta dan kearifan lokal, dan rasakan kenikmatan kuliner ala Banyumas yang autentik.

5. Mendoan banyumas

Mendoan adalah salah satu makanan khas Banyumas yang telah terkenal dan menjadi favorit banyak orang. Bahkan, saat ini mendoan dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota lain selain Banyumas. Jajanan satu ini adalah hidangan tradisional sederhana yang bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Tidak sulit membuat mendoan, karena bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan.

Lihat juga makanan khas bali

Untuk membuat mendoan, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan, seperti tempe, tepung terigu, dan beberapa bumbu. Caranya, tempe diiris agak tipis dan kemudian dibaluri dengan adonan tepung terigu yang telah dicampur dengan bumbu. Setelah proses tersebut selesai, tempe digoreng hingga matang. Mendoan sangat nikmat jika dicocol ke dalam saus kecap atau dimakan bersama cabe rawit untuk tambahan cita rasa pedas yang segar.

6. Jenang Jaket

Jenang jaket adalah makanan khas dari kabupaten Banyumas yang selalu ada di acara pernikahan. Daerah yang paling terkenal dengan jenang jaketnya adalah daerah Mersi. Citarasa jenang adalah perpaduan antara manis gula jawa dan kenyal. Di daerah Mersi tersebut anda bukan hanya bisa mencicipi jenangnya saja tapi juga bisa sekalian melihat proses pembuatannya.

Selain digunakan untuk acara pernikahan, saat ini jenang jaket juga banyak diproduksi sebagai oleh-oleh khas Banyumas. Untuk oleh-oleh, jenang jaket diiris kecil-kecil dan dibungkus menggunakan bungkus kertas sehingga bisa dimakan langsung dalam sekali suap.

7. Jalabia

Masih berbahan dasar singkong, ada juga jajanan jalabia yang bentuknya mirip seperti donat. Jalabia dibuat dengan cara memarut singkong kemudian dibentuk menjadi lingkaran dengan lubang di tengahnya. Jalabia enak dimakan saat masih hangat maupun saat sudah dingin. Jalabia sangat cocok dijadikan camilan saat bersantai sambil minum secangkir teh atau kopi.

8. Kraca

Kraca atau biasa disebut kreco merupakan sejenis keong sawah kecil-kecil. Kraca bisa diolah menjadi beberapa jenis kuliner. Di banyak daerah kraca diolah menjadi sate kraca. Di Banyumas, kraca juga diolah menjadi aneka masakan. Salah satu bumbu favorit untuk memasak kraca adalah batang sereh yang mempunyai aroma harum. Campuran bumbu yang digunakan adalah pala, bawang, merica, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Dengan bumbu tersebut, kraca dimasak berkuah.

Cara memakannya dengan cara dicucup atau disedot dengan mulut. Tapi jangan lupa penutupnya harus dibuang terlebih dahulu. Selain dicucup daging kraca juga bisa dicongkel menggunakan lidi atau gigi garpu. Kraca ini menjadi salah satu kuliner tradisional yang unik, meski terdengar agak aneh karena menggunakan jenis keong, namun masakan kraca banyak digemari orang.

9. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja merupakan masakan soto yang khas dari Banyumas. Soto ini mempunyai sedikit perbedaan dibandingkan jenis soto pada umumnya. Perbedaannya terletak pada penyajiannya. Soto Sokaraja disajikan dengan irisan ketupat dan juga sambal kacang. Sehingga rasanya lebih unik dibandingkan soto kebanyakan. Meski bisa ditemukan di beberapa daerah lain, namun soto sokaraja asli Banyumas tetap tidak terkalahkan.

10. Intil

Intil adalah jajanan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Cara membuatnya tidak berbeda jauh dengan cara pembuatan jalabia. Namun, untuk membuat intil parutan singkong yang digunakan lebih halus.

Parutan singkong halus tersebut diperas kemudian dicampur dengan gula jawa dan bumbu-bumbunya. Setelah itu dikukus hingga matang dan kemudian disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Intil memiliki rasa manis dari gula jawa, camilan ini cukup membuat kenyang tanpa harus makan nasi lagi.

Lihat juga makanan khas batang

Itulah 10 makanan khas Banyumas Jawa Tengah yang terkenal. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, makanan khas Banyumas paling banyak berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang bisa menarik untuk dicicipi. Selamat berwisata kuliner ke Banyumas.