10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera

Indonesia memang negara yang kaya akan banyak hal. Mulai dari kekayaan alam, kekayaan budaya, hingga kekayaan kuliner daerah yang berbeda-beda antara satu dengan daerah lainnya dari Sabang hingga Merauke. Kuliner di Indonesia tidak hanya menu makanan utama saja, tapi ada juga banyak minuman dan makanan ringan alias jajanan tradisional dengan rasa nikmat yang menggugah selera.

Lihat juga Makanan khas dearah indonesia yang enak

Banyumas menjadi salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali jajanan tradisional yang enak dan wajib dicoba. Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Makanan-makanan khas dari Banyumas banyak disukai oleh para wisatawan domestik. Salah satu yang paling favorit adalah gethuk goreng Sokaraja. Untuk mengetahui lebih banyak tentang makanan dan jajanan khas daerah tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah

Di Banyumas Jawa Tengah, makanan khas yang paling menonjol adalah berupa jajanan dengan bahan dasar singkong. Singkong bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan yang enak dan menarik untuk dimakan. Untuk mengetahui apa saja makanan yang ada di Banyumas, berikut ini 10 daftarnya.

Ada apa saja?

Loading...

1. Gethuk Goreng Sokaraja

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Makanan khas ala Banyumas yang pertama adalah gethuk goreng. Meski sama-sama gethuk, namun gethuk goreng Sokaraja ini punya cara pembuatan yang berbeda. Untuk membuat kuliner satu ini dibutuhkan dua kali proses. Bahan utama yang digunakan adalah singkong pilihan dengan kualitas yang baik. Pertama, singkong dikukus terlebih dahulu. Setelah matang, singkong tersebut dilumatkan bersama dengan gula jawa. Lalu dicampur dengan tepung beras dan tepung terigu.

Setelah semua bahan tersebut dicampurkan, selanjutnya adonan dibentuk menjadi kotak-kotak kecil. Baru setelahnya digoreng sampai berubah warna dan beraroma harum. Citarasa dari jajanan ini sangat khas yaitu perpaduan manis yang yang berasal dari singkong dan juga manis yang berasal dari gula jawa.

2. Nopia khas banyumas

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Nopia adalah jajanan berbentuk bulat lonjong berwarna putih yang di dalamnya terdapat isian berupa gula merah. Selain gula merah, saat ini isian Nopia dikembangkan dalam beberapa varian lainnya seperti isian coklat, kacang, atau durian. Cara membuat nopia cukup unik, yaitu dengan cara ditempel di tungku khusus dengan suhu yang panas. Karena cara pembuatannya itulah, terkadang tampilan dari nopia ini agak hangus di beberapa bagiannya. Jajanan khas Banyumas ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah setelah anda berkunjung atau mampir ke kota tersebut.

3. Lanting

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Lanting adalah makanan khas Purwokerto Banyumas yang terbuat dari singkong. Bentuknya seperti angka 8. Untuk membuat lanting, singkong diparut dan diperas airnya lalu dicampur dengan bumbu-bumbu dan kemudian digoreng. Rasa lanting ini adalah asin gurih. Saat ini lanting juga dikembangkan dalam varian rasa lain seperti keju dan pedas. Lanting cocok untuk dijadikan camilan atau sajian tamu. Anda bisa membeli lanting di toko oleh-oleh yang ada di Purwokerto. Selain di Purwokerto, lanting juga bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.

4. Tegean

Tegean ini adalah sayuran bening khas dari Banyumas. Sayuran yang digunakan sebagai bahan masakan bermacam-macam seperti kentang, wortel, kubis, sawi, bayam, seledri, muncang. Sayuran-sayuran tersebut diracik menggunakan bumbu khusus dengan taburan bawang goreng sehingga menjadi makanan lezat. Tegean semakin nikmat jika dicampuri dengan irisan daging ayam atau daging sapi. Beberapa orang terkadang mencampurkan tegean dengan mi bihun.

5. Mendoan banyumas

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Mendoan juga merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang terkenal dan jadi favorit banyak orang. Bahkan saat ini mendoan bisa dijumpai dengan mudah di kota lain selain Banyumas. Jajanan satu ini adalah jajan tradisional sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah. Membuat mendoan tidaklah sulit, selain itu bahan yang digunakan juga mudah didapatkan.

Untuk membuat mendoan, kita hanya membutuhkan tempe, tepung terigu serta beberapa bumbu. Caranya tempe diiris agak tipis kemudian dibaluri adonan tepung terigu beserta bumbunya. Setelah proses tersebut selesai, barulah digoreng hingga matang. Menodan nikmat jika dicocol ke saus kecap atau dimakan dengan cabe rawit.

6. Jenang Jaket

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Jenang jaket adalah makanan khas dari kabupaten Banyumas yang selalu ada di acara pernikahan. Daerah yang paling terkenal dengan jenang jaketnya adalah daerah Mersi. Citarasa jenang adalah perpaduan antara manis gula jawa dan kenyal. Di daerah Mersi tersebut anda bukan hanya bisa mencicipi jenangnya saja tapi juga bisa sekalian melihat proses pembuatannya.

Selain digunakan untuk acara pernikahan, saat ini jenang jaket juga banyak diproduksi sebagai oleh-oleh khas Banyumas. Untuk oleh-oleh, jenang jaket diiris kecil-kecil dan dibungkus menggunakan bungkus kertas sehingga bisa dimakan langsung dalam sekali suap.

7. Jalabia

Masih berbahan dasar singkong, ada juga jajanan jalabia yang bentuknya mirip seperti donat. Jalabia dibuat dengan cara memarut singkong kemudian dibentuk menjadi lingkaran dengan lubang di tengahnya. Jalabia enak dimakan saat masih hangat maupun saat sudah dingin. Jalabia sangat cocok dijadikan camilan saat bersantai sambil minum secangkir teh atau kopi.

8. Kraca

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Kraca atau biasa disebut kreco merupakan sejenis keong sawah kecil-kecil. Kraca bisa diolah menjadi beberapa jenis kuliner. Di banyak daerah kraca diolah menjadi sate kraca. Di Banyumas, kraca juga diolah menjadi aneka masakan. Salah satu bumbu favorit untuk memasak kraca adalah batang sereh yang mempunyai aroma harum. Campuran bumbu yang digunakan adalah pala, bawang, merica, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Dengan bumbu tersebut, kraca dimasak berkuah.

Cara memakannya dengan cara dicucup atau disedot dengan mulut. Tapi jangan lupa penutupnya harus dibuang terlebih dahulu. Selain dicucup daging kraca juga bisa dicongkel menggunakan lidi atau gigi garpu. Kraca ini menjadi salah satu kuliner tradisional yang unik, meski terdengar agak aneh karena menggunakan jenis keong, namun masakan kraca banyak digemari orang.

9. Soto Sokaraja

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Soto Sokaraja merupakan masakan soto yang khas dari Banyumas. Soto ini mempunyai sedikit perbedaan dibandingkan jenis soto pada umumnya. Perbedaannya terletak pada penyajiannya. Soto Sokaraja disajikan dengan irisan ketupat dan juga sambal kacang. Sehingga rasanya lebih unik dibandingkan soto kebanyakan. Meski bisa ditemukan di beberapa daerah lain, namun soto sokaraja asli Banyumas tetap tidak terkalahkan.

10. Intil

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Intil adalah jajanan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Cara membuatnya tidak berbeda jauh dengan cara pembuatan jalabia. Namun, untuk membuat intil parutan singkong yang digunakan lebih halus. Parutan singkong halus tersebut diperas kemudian dicampur dengan gula jawa dan bumbu-bumbunya. Setelah itu dikukus hingga matang dan kemudian disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Intil memiliki rasa manis dari gula jawa, camilan ini cukup membuat kenyang tanpa harus makan nasi lagi.

Lihat juga makanan khas batang jawa tengah

Itulah 10 makanan khas Banyumas Jawa Tengah yang terkenal. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, makanan khas Banyumas paling banyak berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang bisa menarik untuk dicicipi. Selamat berwisata kuliner ke Banyumas.

10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah Yang Menggugah Selera Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5