10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal

Posted on

Dumai dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai kota industry. Sebenarnya dumai bukan hanya sebagai kota industry saja melainkan juga ada banyak sekali kuliner yang bisa ditemukan. Anda yang berkunjung ke dumai sebaiknya mengetahui mengenai 10 makanan khas dumai yang sebaiknya dinikmati.

Makanan tersebut bisa dinikmati selama di dumai atau bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Dumai merupakan salah satu wilayah yang ada di riau.

Lihat juga makanan khas dearah indonesia yang bikin nagih

Dengan mengetahui mengenai makanan khas yang ada di sana, wisatawan akan semakin mudah untuk langsung mencari makanan yang dituju tanpa harus banyak bertanya kepada masyarakat sekitar. Makanan kash dumai sangat mudah ditemukan apalagi jika anda berada di wilayah perkotaan.

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal

1. Lempuk durian

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Makanan yang pertama sering disebut dengan lempuk durian. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan khas dari kabupaten bengkalis namun saat ini banyak sekali lempuk durian yang dijual di dumai. Anda yang sedang berada di dumai sebaiknya menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari bahan dasar durian. Bentuknya sekilas sangat mirip dodol namun di bungkus dengan menggunakan daun jagung. Kesan dari makanan ini memang sangat tradisional. Ras dari lempuk durian juga begitu legit karena terbuat dari bahan daging durian yang dicampur dengan gula pasir.

2. Bolu kemojo

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Makanan selanjutnya yang juga merupakan salah satu makanan khas daerah dumai adalah bolu kemojo. Anda akan dengan mudah menemukan makanan ini di acara hajatan yang sedang berlangsung di dumai. Sebenarnya makanan ini adalah makanan khas yang hanya dibuat pada acara tertentu namun anda bisa menemukannya di pusat oleh-oleh. Bolu ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang diberi tambahan berbagai macam bahan lainnya sehingga menjadi kue bolu hijau yang terlihat manis dan menggoda.

3. Dodol nenas

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Makanan selanjutnya yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh setelah anda pulang dari dumai adalah dodol nenas. Makanan ini sangat khas dumai karena banyak sekali dijual di toko oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari bahan nanas. Anda mungkin sudah sangat mengenal makanan yang satu ini karena di jawa juga ada banyak sekali dodok yang terbuat dari buah nanas. Tampilan dari dodol ini juga tidak jauh berbeda namun akan tetap sangat menarik untuk dibawa pulang. Bahkan banyak yang mengatakan, wisatawan belum afdol kembali ke rumah jika tidak membawa oleh-oleh dodok nenas ini.

4. Gulai udang khas dumai

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Makanan yang juga masuk sebagai salah satu makanan khas dari kota dumai adalah gulai udang. Wilayah dumai memang cukup dekat dengan sumber penghasil udang sehingga makanannya banyak yang terbuat dari bahan dasar udang. Gulai udang memang sebaiknya anda cicipi ketika sedang berada di dumai. Ada banyak sekali rumah makan yang menjual gulai udang dengan citarasa yang sangat lezat. Kuah gulai yang kental dan juga gurih akan membuat anda merasakan makanan khas indonesia yang sesungguhnya. Namun jika anda alergi dengan udang sebaiknya mencoba untuk mencicipi makanan yang lainnya.

5. Udang galah khas dumai

Makanan yang juga sangat mudah dijumpai di dumai adalah udang galah. Udang menjadi salah satu komoditi yang banyak dijual di wilayah tersebut bahkan banyak di jual ke luar daerah. Udang galah yang dihasilkan di wilayah tersebut memiliki kualitas yang sangat baik. Anda bisa menjadikan udang galah sebagai bahan makanan yang beragam seperti gulai, tumis atau bahkan yang lainnya. Udang yang besar juga akan sangat lezat jika dimasak dengan cara digoreng dengan tepung bumbu dan kemudian dinikmati dengan makanan khas lainnya yang cocok dengan udang goreng.

6. Keripik cabe dumai

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Jika anda berada di dumai, makanan khas dari dumai yang juga akan sangat mudah untuk ditemukan adalah keripik cabe. Makanan ini banyak dibeli dan dijadikan sebagai oleh-oleh. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat keripik cabe tentu saja adalah cabe yang tidak pedas dan kemudian dibersihkan isinya. Jika sudah, cabe akan digoreng dengan tepung sehingga akan menghasilkan tekstur yang renyah, gurih dan juga memiliki rasa pedas. Meskipun terbuat dari bahan cabe, cemilan ini tidak terasa membakar lidah karena jenis cabe yang digunakan bukan cabe rawit melainkan cabe besar atau cabe keriting. Proses penggorengan hingga kering juga menjadikan hasil keripik yang lezat.

7. Dadar guling

Bagi masyarakat indonesia makanan yang sering disebut dengan dadar guling sudah sangat terkenal. Makanan ini bisa ditemukan bukan hanya di dumai saja namun ternyata makanan ini merupakan makanan khas dumai. Isian dari dadar guling adalah kelapa manis yang dibungkus dengan kulit yang lembut. Jika dilihat memang terlihat seperti lumpia atau kue lemper namun rasanya bukan gurih melainkan rasa manis yang menggugah selera. Dadar gulung bisa dinikmati bersama dengan makanan lainnya sambil minum teh atau kopi sambil bersantai.

8. Asam pedas patin khas dumai

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Makanan yang sehat dari dumai sangatlah banyak. Salah satu yang juga wajib dicoba ketika sedang berada di sana adalah asam pedas patin. Makanan ini merupakan makanan khas riau namun anda kan sangat mudah menemukan makanan yang satu ini. Rasa dari makanan ini memang terasa asam dan juga pedas sehingga akan memberikan sensasi segar saat dinikmati. Ikan patin yang digunakan juga terasa begitu lembut sehingga anda akan menyukai masakan ini apalagi jika dinikmati ketika hangat bersama dengan nasi putih yang pulen.

9. Gulai asam kuning

10 Makanan Khas Dumai Riau Yang Terkenal Makanan

Makanan lainnya yang juga bisa anda jumpai di dumai adalah gulai asam kuning. Banyak makanan dari wilayah riau yang memiliki rasa asam yang gurih. Gulai asam kuning ini biasanya terbuat dari bahan daging ayam atau bahkan ikan. Banyak sekali masyarakat yang telah membuat variasi masakan ini sehingga isiannya bisa berbeda-beda. Namun jika anda ingin mencoba rasa gulai yang otentik bisa mendapatkannya dengan datang ke rumah makan yang menjual makanan khas dumai terutama rumah makan tradisional.

10. Es samudra

Jika anda ingin menikmati makanan yang segar dari kota dumai maka minuman yang sering disebut dengan es samudra ini bisa menjadi pilihan yang wajib anda coba. Namanya es samudra karena menawarkan kelegaan dan kesegaran yang tiada tara. Minuman ini terbuat dari bahan dari pandan yang kemudian dicampur dengan durian. Minuman ini akan semakin melengkapi kenikmatan saat anda menikmati makanan khas dumai.

Lihat juga makanan khas palu

Setelah mengetahui mengenai 10 makanan khas dumai, selanjutnya anda bisa berpetualang untuk menemukan makanan tersebut satu persatu. Makanan khas dumai memang kebanyakan memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan khas dari dumai akan menggoyang lidah karena kaya akan rempah dan juga begitu pas dilidah masyarakat indonesia. Menikmati makanan khas dari suatu daerah memang akan lebih nikmat jika datang langsung ke tempat asalnya.

Tags: makanan khas dumai, Pusat Jajanan Dan Ole-ole Khas Kota Dumai Kota Dumai Riau, oleh oleh khas dumai, khas dumai, kuliner dumai, Oleh khas dum, wisata kuliner dumai, makanan khas daerah dumai