Makanan Khas Magetan

Makanan Khas Magetan menghadirkan kekayaan kuliner yang tak terlupakan dari daerah Magetan, Jawa Timur. Daerah ini terkenal dengan hidangan-hidangan khas yang memikat selera dan mencerminkan budaya setempat.

Salah satu hidangan yang menjadi kebanggaan Makanan Khas Magetan adalah rawon sapi. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan, menghasilkan kuah gurih yang khas dengan warna hitam yang menggoda.

Lihat juga makanan khas bantul

Selain itu, sate kerbau rempah juga menjadi hidangan favorit di Magetan. Daging kerbau yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar dengan bumbu rempah, menghadirkan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Jelajahi kelezatan kuliner Makanan Khas Magetan dan nikmati pengalaman gastronomi yang tak terlupakan. Dengan setiap suapan, Anda akan merasakan kelezatan sejati dan pesona budaya kuliner yang autentik. Magetan adalah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi kelezatan kuliner yang kaya dan memanjakan lidah Anda dengan cita rasa yang tak terlupakan.

 

Makanan Khas Magetan

Ayam Tulang Lunak

Ayam Tulang Lunak Magetan merupakan kelezatan kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Magetan, Jawa Timur. Hidangan ini terkenal dengan ayam betutu yang dimasak hingga tulangnya menjadi lembut dan mudah dipisahkan dari dagingnya. Rasakan sensasi unik ketika daging ayam yang lembut meleleh di mulut, menggoyang lidah Anda dengan kenikmatan yang tak terlupakan. Temukan pengalaman kuliner yang luar biasa dengan Ayam Tulang Lunak Magetan, sebuah hidangan yang memanjakan selera dan mengungkapkan kekayaan rasa dari daerah ini.

Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Makanan Khas Magetan yang unik yaitu manisan kulit jeruk pamelo. Sesuai dengan namanya, makanan khas ini berbahan dasar kulit jeruk Pamelo yang kemudian diolah menjadi manisan. Untuk menemukan makanan ini pun sangat mudah, karena salah satu hasil bumi terbesar di Magetan yaitu Jeruk pamelo.

Lihat juga makanan khas jawa timur

Kulit jeruk Pamelo berwarna putih dan tebal sehingga sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai manisan. Rasa manisan yaitu manis-manis asam dan segar. Manisan Kulit Jeruk Pemelo bisa menjadi buah tangan Anda untuk keluarga di rumah.

Sate Kelinci

Sate Kelinci tentu bukan kuliner yang ekstrim, karena kelinci sendiri telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Magetan. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner yang satu ini di berbagai tempat wisata maupun di desa-desa Magetan. Mengunjungi Magetang tentu harus mencicipi masakan enak yang satu ini.

Seperti halnya sate ayam, sate kelinci biasanya juga disajikan dengan lontong dan bumbu pecel. Sate kelinci semakin nikmat dengan paduan bumbu pecel dan kecap yang menyatu. Sate kelinci memiliki rasa yang lebih lezat, gurih dan kenyal dibandingkan dengan sate ayam pada umumnya.

Ayam Panggang Gandu

Ayam Panggang Gandu yaitu makanan khas Magetan yang bisa Anda temukan di desa Gandu. Desa tersebut menjadi sentra ayam panggang karena sebagian besar penduduknya memproduksi ayam panggang dan menjualnya langsung di rumah.Ayam Panggang Gandu menyuguhkan ayam kampung yang diolah dengan cara dipanggang tradisional.

Ayam diletakkan diatas tungku tanah liat dengan bahan bakar kayu kemudian dibolak-balik dan diolesi bumbu. Bumbu yang digunakan pada ayam panggang menyesuaikan selera konsumen. Bumbu favorit yaitu bumbu gurih dengan sambal terasi atau sambal bawang dengan ditambahi beberapa lalapan segar.

Jenang Candi

Jenang Candi merupakan makanan khas Magetan dimana namanya sendiri diambil dari sebuah desa yang menjadi tempat produksi jenang. Warga setempat menyebut jenang candi sebagai jenang dodol yang mulai dikenal sejak 1993. Bahan-bahan untuk membuat jenang yaitu tepung ketan, gula dan santan yang proses pembuatannya sampai 8 jam.

Jenang Candi kini menjadi salah satu oleh-oleh khas Magetan yang wajib Anda bawa pulang. Agar Anda memperoleh jenang candi yang asli, sebaiknya membeli makanan khas ini di desa Candi. Jenang candi berwarna coklat dengan hiasan wijen diatasnya dan memiliki rasa yang benar-benar legit.

Jerangking

Jerangking merupakan semacam kerupuk terbuat dari beras ketan yang menjadi makanan tradisional khas Magetan. Rasa jerangking tentu berbeda dengan kerupuk lainnya, karena jerangking lebih enak dan begitu khas.

Bentuk Jerangking lebih kecil dibandingkan dengan kerupuk lempeng. Selain sebagai cemilan sehari-hari, makanan khas yang satu ini juga diminati banyak wisatawan. Nah, jerangking pun menjadi pilihan tepat sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Pecel Pincuk Khas Magetan

Pecel Pincuk Khas Magetan adalah hidangan khas yang menggugah selera dari Magetan, Jawa Timur. Hidangan ini terdiri dari sayuran segar yang disajikan dengan sambal kacang yang khas. Keunikan pecel pincuk terletak pada cara penyajiannya, yaitu menggunakan daun pisang sebagai wadah. Nikmati kelezatan dan cita rasa otentik pecel pincuk yang menggoda lidah Anda.

Sate Kelinci Magetan

Sate Kelinci Magetan merupakan hidangan yang menawarkan kelezatan unik di daerah Magetan, Jawa Timur. Hidangan ini terdiri dari daging kelinci yang ditusuk dan dipanggang dengan sempurna. Setiap tusukan sate kelinci menghadirkan cita rasa yang berbeda dan memikat. Nikmati kelezatan dan tekstur lembut daging kelinci yang disajikan dalam Sate Kelinci Magetan, sebuah hidangan yang memenuhi selera dan memuaskan penggemar kuliner yang mencari pengalaman baru.

Lihat juga makanan khas magelang

Demikian beberapa Makanan Khas Magetan yang siap menggoyangkan lidah Anda. Nikmati berbagai jajanan kuliner lezat ini bersama keluarga maupun rombongan. Selain enak dimakan ditempat, Anda juga bisa membawa makanan khas tersebut sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.