5 Makanan Khas Magetan Spesial Untuk Temani Kuliner Anda

Posted on

Makanan Khas Magetan menjadi pilihan kuliner Anda ketika mengunjungi jawa Timur maupun jawa Tengah. Meskipun Magetan terletak di Jawa Timur, namun daerah ini berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

Selain magetan terkenal dengan telaga sarangnya, ternyata daerah ini juga memiliki makanan kuliner khas yang cocok untuk Anda coba. Berikut ini beberapa makanan khas Magetan yang direkomendasikan untuk Anda.

Makanan Khas Magetan

1. Manisan Kulit Jeruk Pamelo

5 Makanan Khas Magetan Spesial Untuk Temani Kuliner Anda Makanan

Makanan Khas Magetan yang unik yaitu manisan kulit jeruk pamelo. Sesuai dengan namanya, makanan khas ini berbahan dasar kulit jeruk Pamelo yang kemudian diolah menjadi manisan. Untuk menemukan makanan ini pun sangat mudah, karena salah satu hasil bumi terbesar di Magetan yaitu Jeruk pamelo.

Lihat juga makanan khas jawa timur

Kulit jeruk Pamelo berwarna putih dan tebal sehingga sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai manisan. Rasa manisan yaitu manis-manis asam dan segar. Manisan Kulit Jeruk Pemelo bisa menjadi buah tangan Anda untuk keluarga di rumah.

2. Sate Kelinci

5 Makanan Khas Magetan Spesial Untuk Temani Kuliner Anda Makanan

Sate Kelinci tentu bukan kuliner yang ekstrim, karena kelinci sendiri telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Magetan. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner yang satu ini di berbagai tempat wisata maupun di desa-desa Magetan. Mengunjungi Magetang tentu harus mencicipi masakan enak yang satu ini.

Seperti halnya sate ayam, sate kelinci biasanya juga disajikan dengan lontong dan bumbu pecel. Sate kelinci semakin nikmat dengan paduan bumbu pecel dan kecap yang menyatu. Sate kelinci memiliki rasa yang lebih lezat, gurih dan kenyal dibandingkan dengan sate ayam pada umumnya.

3. Ayam Panggang Gandu

5 Makanan Khas Magetan Spesial Untuk Temani Kuliner Anda Makanan

Ayam Panggang Gandu yaitu makanan khas Magetan yang bisa Anda temukan di desa Gandu. Desa tersebut menjadi sentra ayam panggang karena sebagian besar penduduknya memproduksi ayam panggang dan menjualnya langsung di rumah.Ayam Panggang Gandu menyuguhkan ayam kampung yang diolah dengan cara dipanggang tradisional.

Ayam diletakkan diatas tungku tanah liat dengan bahan bakar kayu kemudian dibolak-balik dan diolesi bumbu. Bumbu yang digunakan pada ayam panggang menyesuaikan selera konsumen. Bumbu favorit yaitu bumbu gurih dengan sambal terasi atau sambal bawang dengan ditambahi beberapa lalapan segar.

4. Jenang Candi

5 Makanan Khas Magetan Spesial Untuk Temani Kuliner Anda Makanan

Jenang Candi merupakan makanan khas Magetan dimana namanya sendiri diambil dari sebuah desa yang menjadi tempat produksi jenang. Warga setempat menyebut jenang candi sebagai jenang dodol yang mulai dikenal sejak 1993. Bahan-bahan untuk membuat jenang yaitu tepung ketan, gula dan santan yang proses pembuatannya sampai 8 jam.

Jenang Candi kini menjadi salah satu oleh-oleh khas Magetan yang wajib Anda bawa pulang. Agar Anda memperoleh jenang candi yang asli, sebaiknya membeli makanan khas ini di desa Candi. Jenang candi berwarna coklat dengan hiasan wijen diatasnya dan memiliki rasa yang benar-benar legit.

5. Jerangking

5 Makanan Khas Magetan Spesial Untuk Temani Kuliner Anda Makanan

Jerangking merupakan semacam kerupuk terbuat dari beras ketan yang menjadi makanan tradisional khas Magetan. Rasa jerangking tentu berbeda dengan kerupuk lainnya, karena jerangking lebih enak dan begitu khas.

Bentuk Jerangking lebih kecil dibandingkan dengan kerupuk lempeng. Selain sebagai cemilan sehari-hari, makanan khas yang satu ini juga diminati banyak wisatawan. Nah, jerangking pun menjadi pilihan tepat sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Lihat juga makanan khas magelang

Demikian beberapa Makanan Khas Magetan yang siap menggoyangkan lidah Anda. Nikmati berbagai jajanan kuliner lezat ini bersama keluarga maupun rombongan. Selain enak dimakan ditempat, Anda juga bisa membawa makanan khas tersebut sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di blog.ma[email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *