Written by 12:51 Makanan Khas

Makanan Khas Meksiko

Selain dari segi budaya, Meksiko juga memiliki keunikan di bidang kuliner. Ada setidaknya 10 makanan khas Meksiko yang wajib dicoba ketika Anda berkunjung ke negara tersebut.

Makanan Khas Meksiko yang Wajib untuk Dicoba

Meksiko merupakan salah satu negara di kawasan Amerika Utara, namun negara ini juga berbatasan langsung dengan Amerika Serikat.

Tentu sudah tidak asing di telinga Anda mengenai Meksiko yang menjadi salah satu negara yang memiliki banyak keunikan.

Berikut ini adalah daftar dari kesepuluh makanan khas Meksiko yang wajib dicicipi karena dikenal unik dan lezat.

Makanan Khas Meksiko

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Burritos

Makanan Khas Meksiko

Burritos merupakan salah satu makanan khas Meksiko yang paling terkenal di dunia.

Hidangan ini merupakan tortilla yang diisi dengan berbagai sayuran. Bila dilihat sekilas, burritos sebenarnya mirip dengan kebab atau salad warp yang banyak dijual saat ini.

Lihat juga makanan khas sunda

Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakan kebab dan burritos. Perbedaan itu terletak pada isiannya. Bila kebab dari Turki lebih dominan diisi dengan daging domba dan sayur, burritos memiliki sedikit perbedaan.

Burritos diisi dengan sayuran dan sedikit daging yang dipadukan dengan pasta kacang.

Gulungannya membuat hidangan ini lebih mudah untuk dinikmati sehingga para penggemarnya semakin banyak dari seluruh dunia. Rasanya yang lezat dan segar juga menjadi salah satu keunikan dari hidangan ini.

Tacos

Tacos juga merupakan salah satu makanan khas Meksiko favorit yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke negara tersebut.

Tacos terdiri dari tortilla yang telah dikeringkan sebagai bagian luar. Sedangkan untuk bagian dalamnya ada beberapa variasi yang bisa Anda pilih.

Biasanya, tacos akan diisi dengan berbagai jenis daging yang disiram dengan saus guacamole yang juga merupakan salah satu jenis saus khas dari Meksiko.

Sedangkan untuk dagingnya, Anda bisa memilih beberapa jenis daging baik berupa daging ayam, sapi, dan bahkan daging babi.

Lihat juga makanan khas thailand

Hidangan lezat ini tidak hanya dikenal di Meksiko namun sudah menjadi salah satu jenis makanan yang paling mendunia.

Anda yang berkunjung ke Meksiko wajib mencicipi hidangan ini sebagai salah satu agenda travelling Anda. Kelezatannya dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Sebagai salah satu variasinya, Anda bisa memilih beberapa jenis saus selain saus guacamole yang paling banyak digunakan sebagai dressing untuk hidangan tacos.

Saus salsa yang memiliki rasa dominan asam juga bisa menjadi salah satu pilihan unik ketika Anda hendak menikmati tacos.

Fajita

Fajita merupakan salah satu hidangan asli Meksiko yang merupakan sajian daging panggang.

Daging ayam, sapi, atau babi akan dipanggang diatas teflon dan dipadukan dengan paprika atau beberapa sayuran lain sebagai pelengkap.

Bila Anda ingin sajian fajita lengkap, Anda bisa menambahkan guacamole di atasnya.

Nachos

Siapa yang tidak mengenal nachos. Hidangan yang satu ini memang telah banyak dikenal masyarakat dunia.

Sajiannya cukup sederhana, yaitu hanya keripik jagung yang disiram dengan saus keju yang telah dimasak menggunakan daging cacah sehingga menimbulkan cita rasa yang lezat.

Hidangan ini biasanya disajikan dalam bentuk snack yang cocok sebagai pengisi waktu bersantai Anda.

Meskipun sudah banyak ditemukan di berbagai belahan dunia, namun bila Anda berkunjung ke Meksiko Anda wajib mencicipi nachos yang asli dari negara tersebut.

Tamales

Bila Anda mencari makanan khas Meksiko tradisional dan masih asli dari negara tersebut, maka tamales merupakan salah satu jenis makanan yang harus Anda cicipi.

Tamales merupakan dadar gulung dimana adonan utamanya dibuat dari tepung jagung.

Setelah didadar dan digulung, tamales akan diberikan isian berupa daging ayam, sapi, maupun babi yang telah dimasak sebelumnya.

Hidangan ini tidak hanya lezat, namun memiliki cita rasa yang unik dari negara tersebut. Bila berkunjung ke Meksiko, tamales wajib untuk Anda coba.

Enchilada

Hampir mirip dengan burritos, enchiladas juga merupakan salah satu makanan khas Meksiko yang lezat dan wajib untuk Anda coba.

Bila burritos disajikan dengan cara digulung, maka enchilada akan disajikan dengan cara diletakkan di sebuah loyang sebelum disiram dengan saus di atasnya.

Bila Anda merupakan penggemar burritos, maka enchilada merupakan salah satu hidangan yang wajib untuk Anda cicipi.

Hidangan ini terlihat mirip namun memiliki cita rasa dan bentuk yang berbeda dengan burritos. Saat Anda berkunjung ke Meksiko, Anda wajib mencicipi makanan ini.

Quesadilla

Quesadilla adalah salah satu makanan khas Meksiko yang berbentuk seperti kue. Bukan hanya itu saja, namun quesadilla akan diberikan isian olahan daging yang telah dicampur dengan saus keju dan tomat sebagai pelengkap. Hidangan ini bukan hanya lezat namun akan terasa segar ketika disantap.

Daging yang dimasak sebagai hidangan ini bisa bermacam-macam. Ada quesadilla yang terbuat dari daging ayam.

Namun beberapa orang justru menggemari quesadilla yang terbuat dari daging sapi dan bahkan daging babi. Alasannya cukup sederhana, karena terasa lebih gurih dan lezat.

Guacamole

Guacamole atau saus alpukat merupakan salah satu hidangan asal Meksiko yang paling mendunia.

Hidangan ini dibuat dari buah alpukat yang telah dihaluskan hingga benar-benar halus, kemudian diberi perasan air lemon atau air jeruk untuk menambah kesegaran rasanya.

Biasanya hidangan ini akan dipadukan dengan snack lain seperti keripik jagung yang akan menambah kelezatan rasa dari hidangan ini. Saus guacamole juga bisa dicampurkan ke dalam hidangan lain dan menjadi campuran pelengkap hidangan tersebut.

Guacamole yang dikenal lezat kini tidak hanya dikenal di Meksiko saka, namun telah banyak dikenal di berbagai negara di dunia.

Anda yang ingin mencicipi guacamole bisa mendapatkannya di banyak tempat. Namun, cita rasa yang khas guacamole yang asli tetap wajib Anda cicipi.

Naked Burrito

Naked burrito sebenarnya sama seperti burritos yang disajikan dengan cara digulung di dalam tortilla.

Hanya saja, naked burrito tidak menggunakan tortilla sebagai pelengkap menu yang disajikan. Naked burrito juga tergolong sebagai salah satu makanan ringan yang paling digemari.

Menu ini hanya terdiri dari isian burrito yang kemudian disajikan diatas piring. Lebih tepatnya, hidangan ini bisa disebut sebagai burrito tanpa tortilla atau lebih dikenal dengan sebutan naked burrito.

Taquito

Taquito merupakan hidangan khas Meksiko yang juga dikenal mirip dengan vietnam spring rolls atau lumpia yang berasal dari Indonesia.

Hidangan ini memiliki isi daging yang telah dimasak dengan menggunakan saus keju atau saus guacamole.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Kemudian, olahan tersebut dibungkus dengan menggunakan kulit tipis sebelum akhirnya digoreng hingga berwarna keemasan.

Hidangan ini banyak disajikan di Mexico sebagai snack. Bila Anda kebetulan sedang berkunjung ke Mexico, jangan lupa untuk mencicipi hidangan ini.

Beberapa jenis hidangan khas Meksiko tergolong memiliki rasa yang cukup kuat. Meski begitu, Anda wajib mencoba beberapa jenis hidangan tersebut karena cita rasanya yang khas tidak akan Anda temukan di tempat lain.

10 makanan khas Meksiko yang wajib dicoba harus ada di dalam daftar kunjungan Anda.

Last modified: 10 November 2020