5 Makanan Khas Purwodadi Wisatawan Harus Mampir ke Kota Ini

Posted on

Makanan khas Purwodadi  adalah makanan yang mengandung cita rasa yang sangat lezat. Dengan bumbu-bumbu yang telah diracik dengan sesempurna mungkin, rasanya sayang jika sudah datang ke Purwodadi, Anda tidak mencicipi makanan yang ada di kota ini.

Berbagai makanan yang ada di Purwodadi ini sangat legendaris dan tidak bisa Anda temukan di kota manapun. Mau tahu ada makanan apa saja di Purwodadi? Cari tahu jawabannya di bawah ini, ya!

Makanan khas Purwodadi

1. Ayam Sambal Pencok

5 Makanan Khas Purwodadi Wisatawan Harus Mampir ke Kota Ini Makanan

Ayam  panggang adalah makanan yang sempurna apalagi jika disajikan dengan nasi panas dan sambal yang pedas. Ayam Sambal Pencok sendiri terdiri dari ayam yang dipanggang diatas arang dengan tambahan bumbu yang sangat lezat.

Dada ayam dimasak dengan merata dan matang sempurna. Sementara yang menjadi khasnya menu makanan ini adalah sambal pencoknya.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Sambal pencok sendiri dibuat dari kelapa muda yang diparut dicampur dengan cabai, terasi, bawang merah, bawang putih dan kencur.

Setelah bahan-bahan tersebut sudah ada, maka dimasak sekitar 5-10 menit. Jika sudah mengeluarkan aroma harum, maka ayam panggang siap dimakan dengan sambal pencok.

2. Sayur Becek

5 Makanan Khas Purwodadi Wisatawan Harus Mampir ke Kota Ini Makanan

Sayur Becek Purwodadi sebenarnya adalah sup iga sapi. Iga daging sapi adalah bahan utama yang menghasilkan sup khas Purwodadi ini menjadi menu yang lezat dan  sehat. Sup ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh Anda.

Dinamakan sayur becek sendiri dikarenakan menu makanannya membanjiri sepiring nasi. Ya, jika umumnya sup disajikan dengan sebuah mangkok, lain halnya dengan sup iga khas Purwodadi ini.

Jika Anda penasaran dengan sayur becek ala Purwodadi, maka tidak ada salahnya untuk mampir makan menu ini.

3. Nasi Jagung

5 Makanan Khas Purwodadi Wisatawan Harus Mampir ke Kota Ini Makanan

Nasi Jagung adalah sepiring nasi yang dicampur dengan jagung yang telah dihaluskan. Selain campuran beras dan jagung, Nasi Jagung khas Purwodadi ini juga ditambahkan dengan bawang merah, gula, garam dan merica.

Dengan adanya tambahan bumbu-bumbu di atas, maka menu  Nasi Jagung khas Purwodadi sangat gurih, lezat dan juga lembut.

Untuk  menikmati  Nasi Jagung ini, ada beberapa lauk yang bisa Anda pilih untuk teman makan Anda seperti ayam goreng, telur balado atau daging sapi dan aneka gorengan.

4. Swike Purwodadi

5 Makanan Khas Purwodadi Wisatawan Harus Mampir ke Kota Ini Makanan

Swike adalah makanan khas Purwodadi yang sangat legendaris. Swike adalah makanan dengan bahan utama berupa paha katak.

Paha katak ini dimasak dengan jahe, bawang putih, tauco, kecap manis, kecap asin,  lada, gula pasir, garam dan minyak wijen.

Bumbu-bumbu itu kemudian direbus bersamaan dengan paha kodok lalu ditaburi dengan bawang goreng dan seledri dan bisa pula dengan lemon, kecap manis, merica dan bisa pula ditambahan dengan irisan cabai rawit.

5. Mie Tek Tek

5 Makanan Khas Purwodadi Wisatawan Harus Mampir ke Kota Ini Makanan

Mi Tek Tek adalah kuliner khas Purwodadi yang hanya bisa Anda jumpai jika hari sudah menjelang malam. Makanan legendaris ini mulai dijual setelah maghrib hingga tengah malam.

Ada pedagang yang menjajakan dengan berjualan keliling, ada pula pedagang Mi Tek Tek yang mangkal di sebuah tempat.

Nah, yang menjadikan menu ini berbeda dengan menu mie pada umumnya adalah karena proses pembuatan Mi Tek Tek ini tetap mempertahankan ciri khasnya.

Lihat juga makanan khas demak

Ya,  Mi Tek Tek tetap dimasak dengan menggunakan bara dari arang kayu. Bara dari arang kayu inilah yang membuat cita rasa Mi Tek Tek sangat khas dan sangat lezat.

Jadi, jika Anda sedang berada di Purwodadi, jangan sampai Anda lewatkan menu makanan khas Purwodadi, ya!

Tags: Khas purwoda, kuliner purwodadi, makanan kas purwodadi, Masakan khas purwodadi

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *