5 Makanan Khas Rembang Yang Tidak ada Di Daerah Lain

Posted on

Nikmati Makanan khas Rembang ketika Anda datang berlibur ke sana bersama keluarga. Rembang adalah salah satu kota yang ada di Jawa Tengah yang tidak terlalu terekspos. Namun, akhir-akhir ini kota ini menjadi lebih populer karena pemandangan alam nya yang bagus.

Tidak hanya keindahan alamnya saja, Rembang juga kaya akan kuliner nya. Uniknya, kuliner yang ada di sana selalu berbeda dengan daerah lainnya. Masyarakat biasa menggunakan bahan alam yang ada di sekitarnya.

Apakah Anda penasaran dengan makanan khas Rembang yang unik itu? Simak ulasannya berikut tentang 5 kuliner khas Rembang yang bisa Anda cicipi ketika datang ke sana.

Makanan Khas Rembang

1. Lontong Tuyuhan

5 Makanan Khas Rembang Yang Tidak ada Di Daerah Lain Makanan

Salah satu makanan yang hanya bisa ditemukan di Rembang adalah Lontong Tuyuhan. Nama Tuyuhan diambil dari asal makanan ini yaitu Tuyuhan. Masyarakat mengatakan bahwa cita rasa makanan ini akan berbeda jika dimasak di luar Tuyuhan.

Lihat juga makanan khas jogja

Rasanya enak dan harganya pun terjangkau yaitu sekitar Rp20.000. Satu porsi Lontong Tuyuhan dijamin akan membuat Anda kenyang dan puas. Untuk bisa menikmati, Anda bisa datang ke daerah Tuyuhan, Rembang langsung.

2. Sate Srepeh Bu Slamet

5 Makanan Khas Rembang Yang Tidak ada Di Daerah Lain Makanan

Mungkin beberapa dari Anda masih bingung dengan sate yang satu ini karena namanya aneh. Ya, sate Srepeh adalah salah satu makanan yang dianggap unik di Rembang. Sate ini sebenarnya adalah sate ayam yang disajikan dengan bumbu spesial dengan alas daun jati.

Bumbu yang digunakan untuk pendamping sate ini bukan bumbu kacang seperti bumbu sate biasanya, tetapi bumbu kuning. Bumbu kuning tersebut terbuat dari rempah-rempah pilihan dan santan. Salah satu warung terkenal yang menjual sate Srepeh ini adalah Warung Srepeh Bu Slamet di Desa Tasikagung.

3. Kelo Mrico

5 Makanan Khas Rembang Yang Tidak ada Di Daerah Lain Makanan

Makanan khas dan unik selanjutnya adalah Kelo Mrico. Kelo di sini berarti sayur yang berkuah, sedang Mrico di sini berarti merica. Bahan yang digunakan dalam pembuatan nya adalah merica untuk melumuri ikan laut yang dimasak.

Ikan yang digunakan dalam pembuatan makanan ini dapat disesuaikan dengan selera penikmatnya. Ada ikan bandeng, Ikan laut, dan lainnya. Umumnya, makanan ini dimasak dengan bumbu pedas yang siap membuan Anda keringatan.

4. Urap Latoh

5 Makanan Khas Rembang Yang Tidak ada Di Daerah Lain Makanan

Seperti yang diketahui, umumnya urap selalu menggunakan sayur mayur dalam pembuatan nya. Namun tidak dengan urap Rembang. Pada Urap Rembang, bahan yang digunakan adalah rumput yang bernama Latoh yang bentuknya kecil berwarna hijau.

Apa yang membuat makanan ini unik? Daun Latoh yang digunakan memiliki rasa asin, tetapi jika dipadukan dengan sambalnya, maka rasanya akan enak. Urap ini lebih lezat jika disantap dengan nasi liwet dan tempe goreng.

5. Soto Rembang

5 Makanan Khas Rembang Yang Tidak ada Di Daerah Lain Makanan

Nah, makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Soto Rembang sendiri sebenarnya mirip seperti soto-soto pada umumnya. Namun, perbedaan nya dapat dilihat dari kuah santannya yang khas.

Kuah Santan yang dibuat terdiri dari campuran santan dan rempah-rempah rahasia yang membuatnnya sangat enak. Sedangkan dalam satu porsi terdapat nasi, daging ayam maupun daging sapi yang lembut. Makanan ini sangat cocok dimakan ketika malam tiba atau ketika cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Demikian pembahasan mengenai daftar makanan khas Rembang yang dapat Anda coba bersama keluarga. Rembang memiliki pesona alam yang tersembunyi dan kuliner nya pun sangat khas. Tentu, waktu liburan Anda bisa Anda habiskan di sana untuk menikmati keindahan alam serta kekayaan kuliner nya.

Tags: Kuliner Kelo Merico Bu Waji Rembang, makanan khas rembang, makanan khas rembang jawa tengah, Makanan yg bikin kenyang khas Rembang tapi murah harganya, oleh khas rembang, oleh oleh khas rembang

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *