10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal

Posted on

Samarinda merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan timur yang ada di Indonesia. Jika anda hendak berkunjung kesini maka anda jangan sampai melewati makanan khas yang ada di kota ini. Terlebih untuk anda yang memiliki hobi kuliner maka sangat tepat untuk menjajal berbagai macam jenis makanan yang sangat popular dan tentu saja sangat nikmat di lidah.

Kemudian sebelum pergi mengunjungi kota samarinda maka akan jauh lebih baik jika anda mulai mencari tentang makanan khas apa saja yang ada di kota samarinda kemudian anda dapat mencatatnya dalam list liburan anda supaya tidak terlewat.

Lihat juga makanan khas bali yang halal

Dan sangat tepat sekali jika anda menyimak ulasan pada kali ini yang akan memberikan informasi tentang referensi makanan khas samarinda. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal

1. Kerupuk Amplang

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas samarinda yang pertama yaitu ada kerupuk amplang. Makanan yang satu ini dapat di jadikan sebagai camilan ringan yang tentu saja dapat menemani perjalanan anda ketika sedang asik menyusuri kota samarinda. Oleh sebab itu ketika sampai di kota samarinda maka anda harus berburu kerupuk amplang. Kerupuk ini memiliki rasa yang sangat nikmat karena terbuat dari ikan yang bentuknya begitu unik. Rasanya ketika di cicipi yaitu gurih dan terdapat rasa ikan yang sangat kentara di lidah. Meski makanan khas yang satu ini juga dapat anda temukan di area pulau jawa namun akan sangat berbeda jika anda membelinya langsung di kota samarinda.

2. Roti Pisang

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas samarinda yang kedua yaitu ada roti pisang. Untuk anda yang sangat suka mengonsumsi roti maka sangat tepat jika anda menjajal seperti apa kelezatan dari roti pisang samarinda ini. Sesuai dengan namanya roti ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang. Buah pisang ini di potong dengan ukuran kecil kecil dan dibuat menjadi bulat pipih. Untuk jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja atau yang juga disebut dengan pisang talas. Jika pisang sudah disiapkan maka dapat di campurkan dengan menggunakan tepung terigu, santan dan juga telur yang kemudian di tambah dengan garam serta gula untuk pemanis tambahan. Nah sedikit resep diatas juga dapat anda contek nih dirumah. Namun supaya tidak penasaran maka akan jauh lebih nikmat jika membelinya langsung di kota samarinda.

3. Lempok Durian

Untuk makanan khas samarinda yang ketiga adalah lempok durian. Makanan yang satu ini sangat pas bagi anda yang merupakan pecinta buah durian. Makanan yang satu ini juga dikenal dengan sebutan dodol durian. Sesuai dengan namanya makanan ini memang dibuat dengan menggunakan bahan baku buah durian yang kondisinya masih segar. Makanan ini memiliki ketahanan yang lumayan lama sehingga dapat anda bawa sebagai oleh oleh untuk pulang setelah berlibur.

4. Pepes Kepiting

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas samarinda yang keempat yaitu ada pepes kepiting. Jika sebelumnya anda hanya pernah mengonsumsi pepes yang terbuat dari bahan baku ikan saja maka di kota samarinda anda dapat menikmati sajian khas berupa pepes yang terbuat dari bahan baku kepiting. Makanan ini tentu saja sangat pas untuk anda yang gemar mengonsumsi seafood kepiting. Selain unik tentu saja makanan yang satu ini juga memiliki cita rasa yang sangat nikmat di lidah. Untuk jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka. Kemudian untuk bumbu yang digunakan adalah cabai, serai, daun kemangi dan lain sebagainya.

5. Ayam Cicane

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas samarinda yang kelima adalah ayam cicane. Makanan yang satu ini sangat tepat bagi anda yang gemar mengonsumsi hidangan daging ayam. Rasa dari ayam cicane sangat gurih dan juga lezat. Hal tersebut dikarenakan ayam cicane dimasak dengan menggunakan bumbu khas seperti jahe, kemiri serta lengkuas. Apabila seluruh bagian ayam ini sudah merata maka anda dapat memanggangnya atau dapat juga dengan di goreng.

6. Gapit Pisang

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas kota samarinda yang keenam adalah gapit pisang. Untuk anda yang gemar mengonsumsi buah pisang maka lagi lagi kota samarinda ini menyediakan makanan khas yang dibuat dari bahan baku buah pisang. Sesuai dengan namanya, proses dari pembuatan makanan khas ini di jepit. Untuk pisang yang digunakan adalah jenis pisang sanggar dan dapat juga dengan menggunakan pisang kapok. Untuk dapat membuat sajian ini tentu saja harus menggunakan buah pisang yang tidak terlalu matang atau setengah matang. Untuk proses olahannya yaitu di panggang.

7. Gence Ruan

Untuk makanan khas samarinda yang ketujuh yaitu ada gence ruan. Makanan ini biasanya banyak di incar oleh para wisatawan. Bahan utamanya adalah ikan gabus. Ikan gabus ini nantinya akan di olah dengan cara di bakar kemudian sebelum dibakar ikan ini diberi lumuran garam kemudian di siram dengan menggunakan bumbu yang dibuat secara khusus. Makanan yang satu ini sangat tepat bagi anda yang gemar mengonsumsi ikan ikanan.

8. Bobongko

Untuk makanan khas samarinda yang kedelapan yaitu ada bobongko. Makanan khas ini memiliki warna dominan hijau yang dibalut dengan daun pisang. Adapun teksturnya yang kenyal tersebut dapat anda nikmati dengan menggunakan kuah manis yang di siram. Bobongko ini sendiri terbuat dari bahan utama tepung beras yang kemudian di olah dengan menggunakan santan serta rempah rempah khas samarinda. Untuk rasanya, makanan ini memiliki rasa gurih dan juga pedas.

9. Sate Payau

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas dari kota samarinda yang kesembilan adalah sate payau. Jika sebelumnya anda sudah sering mengonsumsi daging ayam, daging sapi, kambing dan juga sering mengonsumsi jenis ikan ikanan maka kali ini anda akan dikenalkan dengan daging hewan rusa. Tentu saja makanan ini tidak dijual bebas dimana mana dan hanya di kota samarinda lah anda dapat menemukannya. Olahan daging rusa yang disebut dengan sate payau ini dibuat dengan sangat sederhana yaitu menggunakan bumbu rempah khas samarinda dan kemudian di bakar seperti sate pada umumnya. Makanan ini dapat bertahan sampai 2 hari.

10. Pulut Nasi

10 Makanan Khas Samarinda Yang Enak dan Terkenal Makanan

Untuk makanan khas samarinda yang kesepuluh atau yang terakhir adalah pulut nasi. Makanan khas ini terbuat dari bahan utama beras yang di masak menjadi nasi namun di olah dengan menggunakan taburan garam serta rempah khas samarinda dan juga di tambah dengan santan. Rasa dari pulut nasi ini sendiri adalah pedas dan gurih. Pulut nasi di olah dengan cara di kukus selama 2 jam dan lumayan tahan lama atau tidak basi. Disini untuk mengonsumsinya dapat di tambah dengan sambal yang di campurkan dengan kacang tanah yang sebelumnya sudah di sangria dan sudah di haluskan.

Lihat juga Makanan khas belitung

Makanan khas samarinda sangat banyak sekali dan ulasan diatas tersebut telah memberikan referensi tentang 10 makanan khas dari kota samarinda yang memiliki cita rasa sangat lezat dan sangat tepat untuk anda cicipi. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari 10 makanan khas samarinda.

Tags: makanan khas samarinda, khas khas, kuliner bakar khas samarinda, Makanan khas sama, oleh oleh makanan khas samarinda, kuliner khas samarinda, makan khas samarinda, makanan khas daerah samarinda yg berkemasan

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *