10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba

Posted on

Toraja adalah salah satu wilayah di Indonesia yang menawarkan banyak sekali keunikan. Salah satu keunikan yang ditawarkan adalah kulinernya. Kuliner dari toraja sangatlah banyak namun berikut ini akan ada 10 makanan khas toraja yang direkomendasikan untuk anda. Seperti yang telah kita ketahui, makanan khas daerah yang ada di indonesia sangatlah banyak.

Lihat juga Makanan Khas Papua

Anda bisa mencicipi makanan yang paling lezat dari toraja apabila sedang berkunjung ke toraja. Namun jika anda belum sempat untuk datang ke toraja secara langsung maka bisa mencoba untuk membuat masakan khas toraja dengan mengikuti resep yang banyak tersedia. Langsung saja, berikut ini adalah makanan khas dari wilayah toraja yang terkenal lezat dan banyak digemari:

10 Makanan Khas Toraja Yang Unik dan Terkenal

1. Pantollo lendong (belut) Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Makanan pantollo toraja adalah salah satu makanan yang sangat khas dari tanah toraja. Makanan ini memang sangat unik karena terbuat dari bahan belut yang dimasak dengan bumbu khas. Sekilah bumbu yang digunakan cukup mirip dengan bumbu untuk membuat rawon. Rempah yang digunakan cukup banyak sehingga cita rasa makanan ini sangat khas. Masyarakat toraja akan sangat menyukai makanan yang satu ini karena sangat lezat. Biasanya pantollo lending akan di sajikan sebagai makanan di acara adat masyarakat toraja.

2. Pantollo’ bale (ikan) Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Pantollo’ bale juga merupakan salah satu makanan khas tanah toraja yang sangat menarik untuk anda coba. Berbeda dengan makanan pantollo lending, pantolo ini terbuat dari bahan ikan mas yang gurih. Namun banyak juga masyarakat yang menggantinya dengan ikan lele. Meskipun berbeda jenis ikannya namun rasa dari makanan ini tetap saja sangat enak. Anda bisa menikmati pantolo dengan kuah atau bisa juga dengan cara digoreng dan dipanggang dengan bumbu khas toraja. Jika anda sedang berkunjung ke toraja maka sebaiknya menyempatkan diri untuk menikmati makanan yang satu ini.

3. Pa’ piong manuk (ayam) / dangkot Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Pa’ piong manuk adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar daging ayam. Manuk jika dalam bahasa jawa adalah burung namun di tanah toraja, manuk berarti ayam. Daging ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong nantinya akan di campur dengan bumbu rempah dan juga daun mayana. Setelah itu ayam juga akan diberi cabai rawit sehingga rasanya cukup pedas. Makanan ini meskipun terasa pedas namun banyak sekali penggemarnya. Jika anda penyuka kuliner yang pedas dan lezat maka bisa mencoba untuk mencicipi makanan yang satu ini. Cita rasa kuliner khas toraja akan membuat anda mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan selama disana.

4. Pokon makanan khas toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Makanan selanjutnya yang juga sangat layak untuk dicoba apabila anda sedang berada di toraja adalah pokok. Makanan ini merupakan jajanan khas toraja yang terbuat dari santan kelapa yang di campur dengan beras ketan. Selanjutnya campuran tersebut akan dibungkus dengan menggunakan daun atau bahkan dengan wadah khusus. Jika sudah barulah ketan dan santan di rebus. Makanan ini memiliki rasa yang khas dan juga gurih. Anda bisa menemukan makanan ini di setiap acara syukuran masyarakat toraja.

5. Kririk Toraja

Makanan yang sering disebut dengan kririk ini sangat mirip dengan pokon namun yang membedakannya adalah daun pembungkus yang digunakan untuk membungkus adonan. Pohon untuk membungkus krikik terbuat dari daun aren sehingga akan terlihat unik. Sama dengan pokon, jajanan ini juga banyak disajikan diacara hajatan atau syukuran. Namun jika anda ingin menemukan makanan ini ketika sedang tidak ada hajatan atau syukuran juga bisa karena sudah banyak dijual di pasar atau tempat jualan jajanan.

6. Deppa tori Toraja

Deppa tori jika diartikan dalam bahasa nasional berarti kue. Makanan ini memang merupakan kue khas toraja yang terbuat dari bahan teping besar. Banyak masyarakat yang membuat kue ini sebagai cemilan. Para wisatawan yang datang juga banyak yang menyukai kue ini sehingga mereka senang menjadikan kue sebagai oleh oleh. Deppa tori saat ini sudah banyak dijual di tempat wisata, terminal dan bahkan di toko oleh-oleh sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk menemukannya setelah memijakkan kaki di tanah toraja.

7. Tu’tuk utan Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Tu’tuk utan adalah sejenis makanan yang terbuat dari sayuran. Tutuk artinya ditumbuk sedangkan utan memiliki arti sayuran. Jadi cara untuk membuat makanan ini adalah daun dingkong yang dihaluskan dengan cara ditumbuk kemudian dimasak dengan daging yang sudah dipotong kecil. Kemudian makanan ini ditambahkan dengan parutan kelapa dan juga cabe rawit. Sara dari makanan ini sangat lezat karena memiliki kombinasi bahan yang sehat dan berkualitas seperti daun singkong, daging, kelapa dan cabai. Cara memasak makanan ini tidak jauh berbeda dengan memasak makanan lainnya. Bumbu yang ditambahkan juga akan menambah cita rasa makanan semakin nikmat.

8. Palopo Khas Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Palopo adalah makanan khas toraja yang sangat menarik untuk anda coba. Makanan ini terbuat dari bahan tepung sagu yang kemudian disiram dengan air panas. Selanjutnya diuleni hingga bisa dibentuk bulat-bulat. Jika sudah maka adonan akan di masukkan kedalam kuah ikan, daging atau bahkan kuah sayur. Setelah matang maka makanan ini bisa dihidangkan di atas piring. Rasa dan tekture palopo sangat kenyal dan enak sehingga anda akan sangat menyukainya apalagi jika dinikmati dengan kuah ikan yang gurih. Jika anda makan palopo maka akan cepat terasa kenyang karena terbuat dari bahan sagu.

9. Pangrarang (sate) Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Sate khas toraja sering disebut dengan pangrarang. Makanan ini memang sangat mirip dengan sate namun anda akan tetap menemukan perbedaan makanan khas dari toraja dengan jenis sate pada umumnya. Hal yang membedakan pangrarang dengan sate lain adalah pada bumbunya. Bumbu yang digunakan untuk membuat sate ini adalah garam saja. Setelah diberi garam, sate akan dipanggang diatas bara api seperti membakar sate biasanya. Setelah matang, sate akan dinikmati dengan bumbu cabe uleg yang juga diberi tambahan perasan jeruk nipis. Rasa sate ini cukup pedas dan segar.

10. Kapurung Toraja

10 Makanan Khas Toraja Yang Rekomended Untuk di Coba Makanan

Kapurung asli toraja adalah salah satu makanan khas toraja yang sangat terkenal di tengah masyarakat toraja. Makanan ini terbuat dari sayuran, sagu, dan ikan. Dengan bahan-bahan tersebut, makanan ini menjadi makanan yang sangat bergizi dan juga begitu lezat. Sayuran yang dimasukkan dalam kapurung juga sangat beragam seperti labu merah, jantung pisang, kangkong, bayam, kacang panjang dan yang lainnya. Selanjutnya akan diberi tambahan ikan bandeng dan juga teri goreng. Jika sudah akan dimasukkan sagi sehingga akan terlihat begitu menggoda. Tampilan makanan ini sangat unik dan juga begitu menggoda.

Setelah anda mengetahui makanan khas toraja selanjutnya anda bisa datang ke toraja dan mencari makanan mana yang ingin anda cicipi pertama kali. Kenikmatan kuliner yang ditawarkan toraja sangatlah menggoda dan tidak kalah dengan makanan khas dari daerah lain yang ada di indonesia.

Lihat juga Makanan Khas Indramayu

Makanan khas toraja ada banyak yang bisa anda temukan. Makanan di sana sangat menarik untuk dicicipi karena terbuat dari bahan berkualitas dan bumbu yang sangat khas.

Tags: makanan khas daerah palopo, makanan khas toraja, 10 makanan khas toraja, cara pembuatan pantolo bale, Kuliner atau makanan khas Toraja, kuliner toraja, Masakan khas toraja, nyamnyam makanan toraja

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *