Menu Makanan Arisan

Tidak lengkap rasanya jika berkumpul arisan tanpa adanya hidangan. Biasanya, orang akan menyiapkan beberapa makanan atau memilih untuk bertemu di tempat makan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman dengan satu sama lain serta akan membuat para tamu lebih betah. Selain itu, makanan yang bervariasi juga akan membuat para tamu bisa memilih saat berkumpul seperti halnya makanan arisan.

Arisan menjadi salah satu acara yang paling dinantikan kehadirannya. Orang-orang menunggu giliran kapan hari keberuntungan itu tiba. Bicara soal makanan arisan, acara ini juga identik dengan berbagai makanan dan jajanan yang dihidangkan untuk para tamu. Penyelenggara atau orang yang mendapat giliran biasanya menjadi tuan rumah dan harus menyiapkan hidangan.

Variasi makanan yang dihidangkan bisa bermacam-macam. Biasanya, orang akan memilih untuk menghidangkan jajanan pasar tradisional yang memiliki harga terjangkau untuk arisan atau memasak sesuatu yang mudah serta enak. Banyaknya variasi makanan mungkin akan sedikit membingungkan bagi sebagian orang. Tidak perlu khawatir, kami akan merekomendasikan makanan yang wajib ada di arisan. Simak penjelasan berikut ini.

Menu Makanan Arisan

Menu Makanan Arisan

1. Puding

Makanan manis nan kenyal satu ini pasti akan sangat nikmat untuk dihidangkan kepada para tamu. Puding bisa menjadi alternatif makanan ringan yang mudah dicari di mana saja. Makanan yang biasanya menjadi hidangan penutup ini menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang karena rasanya yang manis atau menyegarkan.

Jika memiliki banyak waktu, Anda dapat membuat puding sendiri. Selain mudah, bahan-bahan untuk membuatnya pun tidak sulit untuk dicari. Anda cukup membeli bubuk puding atau agar-agar dan memasaknya dengan air hingga mendidih. Setelah itu tuangkan di cetakan dan tunggu selama beberapa jam. Agar lebih menarik dan bervariasi, Anda dapat menambahkan buah sebagai topping.

2. Roti Sobek

Roti sobek juga menjadi salah satu makanan yang paling mudah dicari untuk dihidangkan pada para tamu. Beberapa pilihan roti memiliki rasa yang manis, tawar, juga asin, sangat cocok untuk dijadikan hidangan yang mengenyangkan selain nasi. Roti sobek juga sangat mudah ditemukan, Anda dapat membelinya di toko roti atau penjual roti keliling.

Roti sobek juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Ada berbagai resep di internet cara membuat roti sobek yang anti gagal. Selain itu, roti sobek juga dapat dibuat menggunakan oven kompor yang hemat listrik. Anda juga dapat mengkreasikan isi roti sobek dengan menambahkan selai stroberi, cokelat, atau nanas. Dijamin pada suka, deh!

3. Gorengan

Seperti tradisi, gorengan menjadi makanan yang harus ada pada setiap acara. Rasanya yang nikmat menjadi favorit semua orang meskipun tidak selalu sehat dan berminyak. Selain itu, gorengan juga sangat mudah dicari sehingga akan sangat membantu jika kita tidak sempat menyiapkan makanan untuk dihidangkan saat arisan.

Gorengan juga memiliki banyak jenis sehingga tuan rumah tidak akan kebingungan memilih gorengan apa yang akan dihidangkan. Selain itu, gorengan juga mudah dibuat jika mempunyai waktu luang. Hal ini karena kebanyakan gorengan memiliki bahan dasar tepung yang mudah untuk dicari. Jika ingin membuat gorengan yang simple, Anda dapat membuat tempe goreng atau pisang goreng.

4. Minuman Manis

minuman arisan

Sebagai pilihan lain selain air putih, minuman manis biasanya banyak diserbu oleh para tamu. Selain menyegarkan, minuman manis bisa menjadi pendamping yang nikmat. Apalagi biasanya, arisan membutuhkan banyak waktu dan tidak jarang akan membuat para tamu sedikit kepanasan. Untuk itu, hidangkan minuman manis serta es yang menyegarkan.

Anda dapat membuat minuman manis sendiri seperti sirop atau teh manis. Selain murah, bahan untuk membuatnya pun relatif gampang. Jika Anda terlalu malas untuk membuatnya sendiri, pilih jasa pesan antar dan ada banyak pilihan minuman manis yang murah untuk dihidangkan kepada para tamu, seperti jus, minuman kemasan, dan lain-lain.

5. Bakso

Siapa yang tidak suka bakso? Makanan nikmat yang satu ini bisa menjadi alternatif makanan berat yang mengenyangkan, lho. Makanan berkuah panas memang selalu menjadi favorit bagi setiap orang, terlebih bagi pencinta bakso. Biasanya, bakso dihidangkan dengan mangkuk dan diisi dengan beberapa butir bakso. Ada juga yang menambahkan mi kuning, soun, dan bihun sebagai topping.

Tidak perlu bingung di mana harus mendapatkan bakso karena ada banyak penjual bakso keliling yang biasanya berjualan di dekat rumah. Anda juga dapat menemukan penjual bakso di pinggir-pinggir jalan atau di dekat pasar. Jika ingin mencoba, Anda dapat membuat bakso sendiri dengan bermodalkan resep-resep yang ada di internet. Para tamu arisan dijamin ketagihan, deh!

6. Buah-buahan Sebagai Menu pembuka arisan

Setelah menikmati banyak makanan, biasanya orang akan mencari pencuci mulut yang segar dan manis. Ini bisa menjadi ide untuk Anda menghidangkan buah untuk para tamu. Buah yang ada di acara arisan atau acara lain biasanya memiliki tipe yang mudah dikupas dan dimakan. Beberapa di antaranya adalah jeruk, salak, duku.

Semangka dan melon juga bisa dijadikan hidangan buah yang menyegarkan. Anda dapat memotongnya menjadi berbentuk segitiga atau dadu. Selain untuk pencuci mulut, Anda dapat mengkreasikan buah-buahan menjadi hidangan lain seperti salad buah atau rujak. Kedua makanan tersebut memiliki rasa yang nikmat dan dijamin akan ludes, deh!

7. Keripik

Menu Makanan Arisan sederhana

Arisan biasanya penuh dengan acara mengobrol dan menanyakan kabar satu sama lain. Hal itu tentu akan mengulur banyak waktu. Orang biasanya akan memilih untuk memakan camilan sambil mendengarkan percakapan tersebut sehingga dibutuhkan makanan ringan untuk mengisi waktu. Keripik menjadi andalan untuk saat-saat seperti ini.

Ada banyak jenis keripik yang bisa Anda dapatkan, beberapa di antaranya adalah keripik kentang, singkong, dan ubi. Keripik yang dijual di pasaran juga memiliki banyak varian rasa seperti keju, balado, pedas. Anda dapat membelinya di pasar atau supermarket dan pilih harga yang sesuai kantong. Setelah itu, keripik dapat dihidangkan di dalam stoples atau piring agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

8. Pisang Cokelat

Makanan manis adalah agenda wajib yang harus ada di setiap acara. Ada banyak makanan manis yang bisa dipilih, salah satunya adalah piscok alias pisang cokelat. Makanan ini sempat hits beberapa tahun lalu, bahkan saat ini pisang cokelat selalu menjadi andalan saat ingin makan gorengan sekaligus makan makanan yang manis-manis.

Pisang cokelat dapat ditemukan di mana-mana dan kebanyakan ditawarkan oleh penjual gorengan atau warung-warung pinggir jalan. Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda dapat membuat pisang cokelat sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan, beberapa di antaranya adalah tepung terigu, gula, cokelat, dan pisang. Ada banyak resep yang bisa ditemukan di internet untuk mengkreasikan pisang cokelat sesuai keinginanmu.

9. Kue Bolu

Sama seperti gorengan, kue bolu juga seperti menjadi makanan wajib saat adanya acara. Rasanya yang nikmat juga menjadi alasan para tamu menyukainya. Ada berbagai rasa dan bentuk kue bolu yang dapat Anda hidangkan, seperti cokelat, karamel, dan keju.

Menghidangkan makanan untuk para tamu terkadang membuat bingung lantaran banyaknya jenis makanan yang bisa dibeli dan dibuat. Banyaknya variasi makanan tentu akan membuat tamu merasa betah dan nyaman. Itulah rekomendasi 9 makanan yang wajib ada saat arisan. Semoga bermanfaat!

10. Aneka Kue Basah

Biasanya sebelum menyantap menu utama yang akan dihidangkan pastinya ada sesi ngegosip ataupun ngomongin sesuatu. Nah agar makin santai dan rilex kamu bisa menghidangkan kue basah seperti bika ambon, kue kukus, kue cubit, dadar gulung, lepis legit, nagasari, onde-onde, putu dan juga klepon.

Nah itulah beberapa makanan arisan yang bisa kamu hidangkan saat acaranya belum mulai. Makanan arisan biasanya menghadirkan rasa yang enak dan juga mudah dibuat. Kalau kalian lebih memilih menu makanan arisan yang mana?

 



Tags: https://makananoleholeh com/menu-makanan-arisan/, Menu arisan, Menu untuk yasinan

Tinggalkan komentar