30 Hari Menu Sahur Praktis dan Sehat

Menu puasa sahur pertama haruslah membangkitkan selera. Terkadang, untuk sahur pertama kali memang terasa berat dan kurang nafsu makan.

Ditambah lagi, sahur pertama adalah momentum yang penting dimana tubuh membutuhkan energi yang cukup. Walaupun cukup sulit untuk membangkitkan gairah makan, setidaknya menu sahur dengan gizi lengkap dapat membantu tubuh tahan saat puasa.

Menu yang disajikan untuk sahur sebaiknya menu yang sederhana dan praktis untuk dimasak. Saat sahur tidak ada waktu yang panjang untuk mempersiapkan makanan yang berat. Dengan makanan sederhana tiap harinya, juga akan membantu meningkatkan nafsu makan.

Menu sahur juga dapat disiapkan saat sore hari bersamaan dengan persiapan menu buka. Namun ada baiknya menu sahur adalah makanan yang fresh dan baru di masak agar nafsu makan tidak menurun.

Untuk persiapan menu, berikut beberapa referensi daftar menu untuk sahur. Pergantian menu untuk sahur juga sangat penting agar tidak bosan dan tetap semangat saat sahur.

Menu Sahur Praktis 2022 Sehat dan Tidak Ribet

30 Hari Menu Sahur Praktis

Hari Menu Sahur 2022
1 Sayur: tumis bihun. Lauk : Rolade daging dan sayuran. Tumis bihun adalah salah satu menu yang praktis lagi sederhana. Dengan lauk rolade daging dan sayuran sudah cukup memenuhi gizi untuk puasa. Rolade bisa disiapkan sore hari, kemudian dapat digoreng ketika akan dihidangkan.
2 Sayur: cah kangkung bumbu tauco. Lauk: sambal terasi, kerupuk, bakwan. Ca kangkung akan sangat sedap bila disantap dengan kerupuk. Tambahan bakwan menjadi sumber lain untuk serat sayur bagi anak-anak.
3 Sayur: Sup Makaroni dan tumis labu siam. Lauk: Ayam kuyup dan rempeyek. Sup makaroni akan menghangatkan badan ketika sayur. Lauk ayam akan memberikan gizi yang cukup dengan padu padan sayur labu siam.
4 Sayur: Gulai Nangka. Lauk: Paru goreng, perkedel tahu dan kornet, sambal terasi. Menu yang satu ini pasti sangat cocok. Sambal terasi akan membangkitkan selera jika dihidangkan dengan sayur nangka. Sayur nangka bisa dimasak saat sore hari agar lebih praktis.
5 Sayur: Soto Banjar dan tahu saus tauco. Lauk: bandeng goreng dan kerupuk. Masak kuah soto di sore hari dan ungkep ikan bandeng agar mempersingkat waktu. Saat sahur, panaskan kuah soto dan goreng ikan bandeng.
6 Sayur: Sayur Bening. Lauk: Perkedel jagung, sambal ebi. Sambal ebi akan menambahkan rasa pedas di kuah sayur bening yang segar. Siapkan perkedel di sore hari dan simpan dalam kulkas.
7 Sayur : Tumis kangkung. Lauk: Semur ati ampela, bakwan. Semur ati ampela sangat mudah dimasak saat sahur. Tumis kangkung juga harus dimasak saat sahur agar lebih segar.
8 Sayur : Rawon. Lauk: Oseng telur puyuh dan kakap goreng tepung. Persiapkan bumbu rawon saat sore hari agar memudahkan memasak saat sahur. Oseng sedikit telur puyuh sebagai pendamping rawon.
9 Sayur : Sup Timlo. Lauk: Sambal tempe dan kerupuk udang. Sup timlo harus dimasak dan disajikan selagi hangat. Dengan sambal kering tempe sebagai pendamping dan kerupuk sebagai lauk.
10 Sayur : Semur daging. Lauk: Perkedel jagung, sambal pete, lalap selada dan timun. Pilihan daging yang empuk menjadi kunci dari menu ini. Semur daging juga dapat dimasak di sore hari.
11 Sayur: Tumis bayam. Lauk : kalio ayam dan sambal goreng kentang dan udang. Kalio ayam dan udang sudah memberikan protein yang cukup. Pendamping sayur bayam akan melengkapi gizi.
12 Sayur: Tumis buncis. Lauk: rica-rica ayam, rempeyek dan tahu isi. Untuk memasak rica ayam, siapkan bumbu dan rebus ayam di sore hari. Tumis sayuran untuk isi tahu di sore hari dan goreng tahu ketika sahur.
13 Sayur: Sup ayam. Lauk: perkedel jagung, kerupuk ikan, dan sambal terasi. Sup ayam bisa dimasak sore ataupun pagi saat sahur. Perkedel jagung sebaiknya disiapkan sedari sore hari.
14 Sayur: sayur asam. Lauk: ikan asin, mendoan, sambal terasi, lalapan timun dan kol. Sayur asam yang disiapkan saat sore mungkin akan menjadi lebih asam, sebaiknya hindari terlalu banyak asam agar perut tidak pedih saat puasa.
15 Sayur: Sup pangsit. Lauk: ayam goreng dan balado kentang. Balado kentang pedas akan sangat cocok dengan sup pangsit. Untuk anak-anak, lauk ayam goreng bisa menjadi pilihan.
16 Sayur: Rawon daging dan tumis kacang panjang. Lauk: emping dan perkedel kentang. Tumis Kacang panjang membantu pencernaan daging pada rawon. Persiapkan rawon dan bumbunya serta perkedel di sore hari.
17 Sayur: Botok tempe dan teri, semur ayam. Lauk: kerupuk udang. Menu kali ini serba kering, pastikan makan buah dan minum air putih secukupnya.
18 Sayur: sambal bihun goreng bakso. Lauk: balado ikan dan tempe mendoan. Balado ikan pilihlah ikan dengan daging yang tebal.
19 Sayur : Ca sawi putih. Lauk: sambal goreng, ikan dan tahu goreng. Cocok untuk lauk dewasa dan anak-anak. Usahakan pilih ikan bandeng yang mudah dimasak dan memilih daging yang empuk.
20 Sayur: Tumis mie goreng sayuran. Lauk: bakwan udang dan kering tempe cabai hijau. Tumis mie goreng sayuran sangat mudah dimasak. Yang perlu disiapkan adalah orak arik atau kering tempe karena akan membutuhkan waktu yang lama.
21 Sayur: Gulai Nangka. Lauk: telur dadar sosis, kerupuk udang, sambal terasi. Untuk anak-anak bisa digantikan kerupuk warna-warni jika alergi udang.
22 Sayur: Opor Ayam. Lauk: perkedel kentang dan sambal merah. Opor ayam merupakan masakan yang sedikit rumit. Jika tidak yakin dapat memasaknya ketika sahur, masalah di sore hari ketika menyiapkan menu buka.
23 Sayur: Tumis Pokcoy. Lauk: sambal bawang, tahu, tempe, ayam goreng. Tumis pokcoy yang segar akan cocok dipadukan dengan sambal bawang dan ayam goreng. Lauk bisa dipilih salah satu.
24 Sayur: Soto banyumas. Lauk: mendoan, rempeyek kacang, sambal. Menu soto pasti akan menggugah selera ditambah dengan rempeyek dan sambal.
25 Sayur: opor telur ayam dan tahu. Lauk: perkedel kentang dan sambal merah. Segala macam masakan bersantan akan lebih praktis jika disiapkan saat sore hari.
26 Sayur: Sop buntut. Lauk: kerupuk warna warni, sambal kecap pedas. Pedasnya sambal dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
27 Sayur :Sayur bening daun katuk. Lauk: Bakwan goreng, sambal bawang, dan kerupuk ikan. Menu ini sangat sederhana dan mudah.  Semuanya dapat dimasak ketika menjelang waktu sahur.
28 Sayur: Ca Brokoli. Lauk: ayam goreng, sambal pete, risol goreng. Untuk anak-anak, risol goreng isi sayuran bisa menjadi alternatif ca brokoli.
29 Sayur: Tumis jagung muda. Lauk: ikan nila goreng, sambal terasi. Sedikit kering menu kali ini. Bisa ditambahkan lalapan kol ataupun timun.
30 Sayur: Capcay kuah. Lauk: Kroket mie telur dan kerupuk ikan tenggiri. Capcay kuah sudah kaya akan sayuran. Lauk dapat diganti sesuai selera karena kroket akan mengenyangkan.

Menu sahur pertama yang dapat dihidangkan saat sahur sangat beragam. Namun pertanyaannya, apakah menu tersebut praktis data meraciknya? Sehingga, menyiapkan menu sahur yang praktis adalah solusi yang paling tepat. Berikut adalah daftar menu yang praktis untuk sahur.

Tumis Pokcoy Kuah Kental

Tumis pokcoy bisa menjadi pilihan untuk sahur. Bahannya mudah didapatkan dan memasaknya tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dengan bumbu bawang putih dan bawang Bombay serta daging yang dipanaskan. Kemudian masukkan pokcoy dan bumbu sesuai selera. Tambahkan merica dan kecap asin juga garam. Untuk mengentalkan kuah pokcoy, tambahkan tepung sagu yang telah diencerkan.

Sambal Rempah Paru

Sambal rempah paru juga merupakan menu yang praktis. Paru dapat disiapkan saat malam hari begitu pula bumbunya. Bumbu yang dibutuhkan adalah bawang merah dan bawang putih 4 buah, kunyit 2 ruas, jahe bakar 1 ruas, daun salam 2 lembar, lengkuas parut 2 ruas, serai 2 batang, ketumbar bubuk ½ sdm, santan 300 ml. Rebus seluruh bumbu bersama paru hingga bumbu meresap. Kemudian goreng paru tersebut hingga matang.

Sambal Kentang Kering Daun Jeruk Pedas Manis

Kentang menjadi alternatif untuk sahur karena mudah dimasak. Menu ini sebenarnya sama dengan kering kentang pada umumnya. Potong kentang menjadi dua bagian dan iris tipis. Goreng kentang tersebut agar lebih krispi. Tumis bumbu seperti biasa dan tambahkan asam jawa untuk mendapatkan rasa masam. Tambahan daun jeruk akan membuatnya lebih harum.

Menu Sahur Menggugah Selera

Menu Sahur Menggugah Selera

Sahur terasa sangat membosankan ketika menu yang dimasak tidak berubah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyajikan masakan yang berbeda tiap harinya. Menu juga harus membangkitkan selera makan, misalnya:

Sup Tulang Iga Bumbu Kemangi

Jika mendengar namanya, mungkin menu ini terlihat sulit. Jika ingin mudah, iga sapi dapat direbus bersama bumbu saat sore hari lalu diamkan dalam panci. Saat sahur, tumis bumbu sup dan tambahkan sayuran. Masukkan ke dalam rebusan iga hingga matang. tambahkan daun kemangi agar sup lebih wangi dan menggugah selera.

Pepes Ampela Ati dan Tahu

Pepes ikan sudah biasa. Kali ini pepes ati ampela yang akan menggugah selera sahur. Bumbu yang digunakan sama seperti pepes ikan atau ayam. Adoni seluruh bahan dan bumbu kemudian kukus hingga matang.

Tom Yam Kuah Merah

Tom yam untuk sahur akan sangat bergizi. Seluruh isi penuh dengan protein dan serat. Menu ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh saat sahur. Tidak perlu tambahan sambal karena bumbu pedas sudah cukup.

Menu Sahur Sederhana

Menu Sahur Sederhana

Jika tidak memiliki beragam sayuran, masakan sederhana bisa menjadi pilihan. Sahur tak harus dengan makanan mewah. Berikut resep masakan sederhana untuk sahur.

Tumis Sayur dan Telur Puyuh

Menu ini sudah akan melengkapi gizi karena terdapat dua sumber protein sekaligus. Telur puyuh yang sudah direbus, kemudian ditumis bersama bumbu. Jika bumbu sudah meresap, tambahkan sayuran sesuai selera. Masak hingga layu dan sajikan.

Oseng Kapri Bumbu Saus Tiram

Hanya dengan oseng kapri akan sangat sederhana. Oseng kapri ini bisa dimasak dengan jagung manis dan juga tauge. Bumbu yang digunakan juga cukup mudah karena seluruh bumbu tidak perlu dihaluskan. Iris cabai merah dan hijau, bawang merah, bawang putih, geprek jahe. Seluruh bumbu dimasak bersama dengan kapri lalu tambahkan saus tiram.

Sayur Bening Daun Katuk

Masakan ini super mudah namun penuh gizi. Bisa didampingi dengan lauk ikan goreng maupun temped an tahu goreng. Bisa juga dihidangkan bersama sambal bawang.

Menu Sahur Praktis Untuk Satu Bulan

Semoga menu sahur praktis diatas bisa membantu anda untuk menambah referensi masakan saat dibulan ramadhan. Hadirnya berbagai olahan menu hidangan untuk berbuka puasa akan menambah semangat untuk menjalani puasa selama 1 bulan penuh.



Tags: menu sahur dan berbuka sehat untuk anak, menu padu padan, menu sahur praktis, Menu sahur 30 hari, menu pelengkap tumis kangkung, sayur pendamping nila saus tiram, https://makananoleholeh com/menu-sahur-praktis/, Yang penting lauk lalap sambal

Tinggalkan komentar