Resep Minuman Sehat

Resep Minuman Sehat JSR

Jurus Sehat Rasulullah (JSR) saat ini menjadi topik yang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Banyak resep dari dr Zaidul Akbar yang mempopulerkan JSR yang mulai dicari dan dipraktikkan. Hal ini terutama dikarenakan peran selebriti yang sudah berhijrah yang ikut mempopulerkan JSR sebagai pengobatan herbal dan pemeliharaan kesehatan alternatif.

Ada hubungan yang saling menguntungkan antara dakwah Islam kontemporer di Indonesia saat ini dan JSR. Dr Zaidul Akbar juga memanfaatkan media baru seperti media sosial untuk menjangkau masyarakat lebih luas dan menyebarkan dakwahnya melalui JSR.

Lihat juga minuman segar kekinian

Minuman sehat adalah minuman yang mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti air mineral, jus buah segar, teh hijau, atau susu. Minuman sehat juga tidak mengandung zat-zat yang merugikan kesehatan, seperti gula tambahan atau pengawet.

Dengan meminum-minuman sehat anda juga dapat terbantu dalam menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan kesehatan kulit. Namun, jika anda mengalami masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman tertentu.

Mengapa Minuman sehat perlu dikonsumsi?

Minuman sehat perlu dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari minuman sehat diantaranya:

  1. Menjaga hidrasi: Minuman sehat seperti air mineral dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  2. Memenuhi kebutuhan nutrisi: Minuman sehat seperti jus buah segar dan susu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian seperti vitamin dan mineral.
  3. Mencegah dehidrasi: Minuman sehat dapat membantu mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, lelah, dan kurangnya fokus.
  4. Menurunkan risiko penyakit: Minuman sehat seperti teh hijau dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.
  5. Membantu menurunkan berat badan: Minuman sehat seperti jus buah segar dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat dan nutrisi yang baik, serta tidak mengandung kalori yang berlebihan.
  6. Membantu menjaga kesehatan pencernaan: Minuman sehat seperti air mineral dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung dan membantu menjaga kesehatan usus.
  7. Membantu menjaga kesehatan kulit: Minuman sehat seperti jus buah-buahan yang mengandung antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit karena dapat membantu menangkal radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.
  8. Membantu meningkatkan performa otak: Minuman sehat seperti air mineral dapat membantu meningkatkan performa otak karena dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Jurus Sehat Rasulullah (JSR) adalah konsep pengobatan dan gaya hidup sehat yang dikembangkan oleh dokter Zaidul Akbar. Ia membagikan resep kesehatan dan pengobatan herbal yang berpedoman pada Al-Quran dan As-Sunah dengan label JSR. Selain menyebarkan informasi tentang JSR, ia juga mempraktikkan metode tersebut dalam kehidupan sehari-harinya. JSR dulunya dikenal sebagai pengobatan ala Nabi atau thibbun nabawi.

JSR berkaitan dengan pengobatan dan gaya hidup sehat yang mencontoh pola hidup dan pola makan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan umat Islam di dunia. Namun konsep JSR sendiri tidak rumit, bahkan bisa dikatakan tidak sulit dan murah sehingga siapa saja bisa menerapkannya. Dalam JSR terdapat 3 poin utama yang menjadi kunci keberhasilannya, yaitu: Halal, menggunakan bahan alami, dan sehat untuk ibadah.

Jurus Sehat Rasulullah (JSR) memfokuskan pada konsep halal dan thayyib dalam pemilihan makanan. Ini berarti bahwa yang dikonsumsi adalah makanan yang diperbolehkan dalam Islam dan menghindari makanan yang haram, serta memilih makanan yang baik dalam hal kualitas dan kuantitas serta efeknya terhadap tubuh. Selain itu, JSR juga menganjurkan penggunaan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar, seperti sayur, buah, rimpang, madu, dan kurma. Pembuatan dan bahan yang digunakan juga mudah dicari dan dapat dilakukan di rumah sendiri.

Tujuan utama dari JSR adalah untuk meningkatkan kesehatan agar dapat memperlancar ibadah. Dengan menjaga kesehatan, sama dengan mensyukuri nikmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, penerapan JSR dalam kehidupan sehari-hari harus diniatkan untuk memperlancar ibadah dan meningkatkan ketaatan beribadah.

Resep Minuman Sehat JSR

Resep Minuman Herbal: Atasi Pegal & Sakit Badan

Untuk membuat minuman herbal yang dapat mengatasi pegal dan sakit badan, Anda dapat mengikuti resep berikut:

Bahan:

  • 1/2 sendok teh jintan hitam
  • 1/2 sendok teh jahe parut
  • 1/2 sendok teh kunyit parut
  • 1/2 sendok teh merica hitam
  • 1 liter air

Cara Membuat:

  • Panaskan air hingga mendidih.
  • Masukkan bahan-bahan di atas ke dalam air yang sedang mendidih.
  • Masak selama 5-10 menit.
  • Saring dan minum saat masih hangat.

Anda juga dapat menambahkan madu atau lemon untuk memberikan rasa yang lebih enak. Minuman ini dapat diminum sebanyak 2-3 kali sehari untuk membantu mengatasi pegal dan sakit badan. Namun sebelum mengonsumsi obat-obatan herbal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Resep minuman herbal probiotik untuk usus

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir yoghurt segar
  • 1/2 cangkir air kefir
  • 1/2 cangkir susu atau jus alpukat
  • 1 sendok makan madu
  • 1/4 sendok teh biji-bijian probiotik
  • 1/4 sendok teh jinten hitam
  • 1/4 sendok teh kunyit bubuk

Cara membuat:

  1. Dalam blender, masukkan yoghurt, air kefir, susu atau jus alpukat, madu, biji-bijian probiotik, jinten hitam, dan kunyit bubuk.
  2. Blender hingga rata dan halus.
  3. Tuang minuman dalam gelas dan segera dihidangkan.

Minuman ini sangat baik untuk kesehatan usus karena mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan memperbaiki keseimbangan mikroflora usus. Biji-bijian probiotik, jinten hitam, dan kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan usus. Minuman ini juga dapat digunakan sebagai pengganti jus atau smoothie sebagai sarapan atau camilan.

Resep Minuman Herbal Flu & Radang Tenggorokan

Untuk mengatasi flu dan radang tenggorokan, Anda dapat membuat minuman herbal dari beberapa bahan alami seperti:

  • Daun sirih: Rebus daun sirih sebanyak 5 lembar dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa setengah gelas. Saring dan minum selagi hangat.
  • Jahe: Rebus segenggam jahe yang dihancurkan dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa setengah gelas. Tambahkan satu sendok teh madu dan minum selagi hangat.
  • Bawang putih: Haluskan 2 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam 2 gelas air panas. Tambahkan satu sendok teh madu dan minum selagi hangat.
  • Lemongrass: Rebus segenggam daun serai yang dihancurkan dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa setengah gelas. Tambahkan satu sendok teh madu dan minum selagi hangat.
  • Air kelapa: minum air kelapa hangat setiap hari.

Semua bahan tersebut dapat membantu meredakan gejala flu dan radang tenggorokan, namun harus diingat, jangan melakukan konsumsi yang berlebihan.

Lihat juga minuman kekinian terbaru

Minuman herbal adalah minuman yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti daun, buah, atau rempah-rempah yang dikenal memiliki khasiat kesehatan. Minuman herbal dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti flu, radang tenggorokan, serta dapat digunakan untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.

Beberapa resep minuman herbal yang dapat dibuat antara lain teh daun sirih, teh jahe, teh bawang putih, teh lemongrass, dan air kelapa. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan konsumsi minuman herbal terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan.

Selain itu, pastikan untuk memakai bahan-bahan yang segar dan berkualitas, serta hindari mengonsumsi minuman herbal yang berlebihan. Minuman herbal dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan atau pencegahan masalah kesehatan, namun tidak dapat menggantikan perawatan medis yang dibutuhkan.

Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment