5 Oleh-oleh Khas Bangka Yang Terkenal

Posted on

Oleh-oleh khas Bangka selalu dibeli oleh wisatawan yang sedang liburan di pulau ini. Bangka adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur pulau Sumatera. Daerah ini terkenal sebagai penghasil timah sejak dulu. Kehidupan masyarakat Bangka saat berjayanya era penambangan timah bisa dilihat pada film Laskar Pelangi. Film ini banyak berperan dalam peningkatan industri pariwisata di pulau ini.

Oleh-oleh khas Bangka ini pun mulai semakin terkenal saat semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung. Hal ini tak lepas dari booming-nya film Laskar Pelangi yang menceritakan kehidupan anak-anak Bangka dalam menempuh pendidikan. Dalam film itu juga ditampilkan keindahan alam pulau Bangka yang akhirnya mampu menarik minat wisatawan untuk datang.

Semakin banyaknya pengunjung ini turut serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Termasuk salah satunya adalah dalam sektor kuliner. Perlahan tapi pasti oleh-oleh khas daerah ini dicari sebagai buah tangan bagi yang telah berkunjung ke pulau ini. Beberapa oleh-oleh yang menjadi buruan wisatawan antara lain:

Oleh-oleh Khas Bangka

1. Getas Bangka

5 Oleh-oleh Khas Bangka Yang Terkenal Oleh-oleh

Getas Bangka merupakan salah satu cemilan khas daerah ini. Bentuknya menyerupai kerupuk. Bahan dasar dari cemilan ini adalah ikan tenggiri. Makanan ini biasanya berbentuk bulat dan memiliki rasa yang lezat.

Lihat juga makanan khas bangka

Biasanya makanan ini dijadikan makanan pendamping menu berkuah ataupun menu nasi. Namun tak sedikit juga orang yang menjadikan makanan ini sebagai cemilan. Untuk mendapatkan panganan ini pun cukup mudah karena banyak toko yang menjualnya.

2. Sambal Lingkung

5 Oleh-oleh Khas Bangka Yang Terkenal Oleh-oleh

Makanan lainnya yang biasa dijadikan oleh-oleh adalah Sambalingkung. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang diolah menjadi abon. Sambalingkung paling enak dinikmati dengan nasi hangat. Dijamin siapapun yang mencobanya pasti akan ketagihan. Harga dari makanan ini lumayan mahal namun sebanding dengan kelezatan yang dihasilkan.

3. Otak-otak Ase

5 Oleh-oleh Khas Bangka Yang Terkenal Oleh-oleh

Otak-otak Ase adalah oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk di bawa pulang. Otak-otak ini terbuat dari olahan ikan tenggiri. Namun di beberapa tempat ada pula yang menjual otak-otak Ase berbahan dasar cumi. Jika biasanya otak-otak itu dibungkus daun pisang lalu dibakar. Maka di daerah ini ada pula otak-otak yang dimasaknya dengan cara di rebus. Apapun pilihannya, otak-otak ini memiliki rasa yang lezat.

4. Bong Li Piang

5 Oleh-oleh Khas Bangka Yang Terkenal Oleh-oleh

Bong Li Piang adalah salah satu wujud nyata akulturasi kuliner antara budaya pribumi dengan budaya Hakka Tiongkok pada zaman dulu kala. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung terigu, gula aren dan santan. Biasanya di dalamnya diberi isian selai nanas. Bentuk dari makanan ini adalah bulat dan memiliki tekstur yang lembut. Rasanya pun enak karena adanya percampuran rasa gurih, asam dan manis.

5. Kricu

5 Oleh-oleh Khas Bangka Yang Terkenal Oleh-oleh

Satu lagi buah tangan yang wajib dibeli adalah Kericu. Cemilan ini terkenal karena enak dan memiliki rasa gurih yang pas. Bahan-bahan untuk membuat makanan ini antara lain cumi-cumi, telur, tepung, bawang putih dan bumbu tambahan lainnya. Olahan cumi-cumi yang dihaluskan ini dicampur dengan bahan lainnya kemudian dibentuk sebelum akhirnya di goreng.

Lihat juga makanan khas sumatra

Oleh-oleh khas Bangka sebagian besar berbahan dasar hasil laut. Hal ini tak lepas karena lokasi Bangka berada di pulau yang dikelilingi oleh lautan. Hasil laut yang terkenal karena kesegarannya itu dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh semua orang dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga panganan ini pun bisa terkenal hingga keluar pulau Bangka.

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *