10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat

Sebagai salah satu pulau yang ada di Indonesia, Sumatera bukan hanya kaya akan wisata alam serta kebudayaannya saja. Di sisi lain makanan khas Sumatera juga merajai kuliner nusantara. Kuliner dari Sumatera manakala dihitung cukup banyak jumlahnya dan unik-unik. Menikmati wisata kuliner di sumatra memang sungguh asik apalagi bersama dengan keluarga tercinta. Menurut anda apa saja makanan khas sumatra yang menjadi favorite kalian.

Berkunjung ke Sumatera sangat tidak afdol manakala tidak mencoba makanan khas Sumatera yang terkenal enak dan lezat ini. Beragam makanan khas Sumatera ini sudah cukup terkenal dan bahkan hingga ke masyarakat dunia. Jika anda merupakan salah satu orang yang hobi travelling maka tidak ada salahnya untuk memanjakan lidah dengan beberapa sajian lezat dan nikmat dari Sumatera.

Lihat juga Makanan Khas Banyuwangi Yang Enak

Kali ini Makananoleholeh.com merangkum 10 makanan terenak di daerah sumatra, menurut anda dari 10 makanan dibawah ini mana yang paling enak?

10 Makanan Khas Sumatera Enak dan Lezat

Ada apa saja?

Loading...

1. Rendang 

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Rendang merupakan kuliner dari Sumatera Barat yang masuk dalam World’s 50 Most Delicious Food versi CNN pada tahun 2011 lalu. Makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya ini memang sangat lezat sehingga tidak heran manakala rendang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia.

Tidak mengherankan manakala rasanya meresap sampai ke bagian daging karena memang cara memasaknya yang lama.

2. Kacimuih

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Meskipun dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong namun kacimuih ini bisa menghasilkan rasa yang berbeda. Cara pembuatannya dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya singkong, gula serta parutan kelapa. Untuk bentuknya juga sederhana dimana ketela pohon tersebut ditumbuk dengan parutan kelapa atau gula. Terkait dengan rasanya jangan ditanya akan sangat nikmat dimulut serta parutan kelapa akan menghasilkan rasa yang gurih.

3. Gajeboh

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Sesuai dengan namanya makanan khas Sumatera tepatnya dari Sumatera Barat ini juga memiliki kuah seperti gulai pada umumnya. Adapun kuah yang digunakan yaitu kuah asam pareh akan tetapi cara penyajiannya tanpa menggunakan santan sedikitpun sehingga akan Nampak memerah.

Bukan hanya rasanya yang gurih, berkat adanya kuah tersebut maka juga bisa menimbulkan cita rasa yang pedas. Adanya perpaduan kuah tersebut maka banyak yang mengatakan jika Gakenoh memiliki kandungan lemak yang tinggi, disisi lain Gajeboh tetap menjadi makanan terlezat.

4. Lemang

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Lemang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang sebelumnya sudah dicampur dengan santan dengan proses pemasakan menggunakan perantara bumbu. Sebelum dimasukkan dalam bambu nasi ketan ini akan dibungkus terlebih dahulu dengan menggunakan daun pisang atau bisa juga memasukkan daun pisang terlebih dahulu ke dalam bamboo baru kemudian beras ketan.

Cara pemasakan lemang juga terbilang unik karena biasanya bambu akan dibakar dengan posisi tegak ke arah bara api. Setelah matang lemang bisa disajikan dengan cara langsung dimakan atau diberi tambahan lauk. Masyarakat Tanah Air sendiri kerap mengonsumsinya dengan cara memberi tambahan isian bercita rasa manis seperti kinca, serikaya, dan selai.

5. Bubur Pedas

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Bubur pedas merupakan salah satu menu wajib saat buka puasa bagi masyarakat Medan bahkan di Medan ketika menjelang buka puasa beberapa pengurus masjid sudah menyediakan makanan satu ini.

Bahan utama yang digunakan juga sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat bubur pada umumnya. Keberadaan rempah-rempah yang cukup banyak serta cabai menjadikan rasa pedas tetap nikmat dan lembut di mulut.

Bukan hanya menggunakan daging dan sayur saja melainkan bubur pedas juga dihiasi dengan menu anyang yaitu sayuran berupa pakis serta toge yang sudah diolah dengan ditambahkan udang kering, cabai, asam jeruk serta kelapa kukur goreng.

6. Arsik sumatera

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Hidangan khas Sumatera ini bisa ditemukan di kawasan Tapanuli. Arsik merupakan makanan dengan menggunakan ikan mas atau ikan lagi sebagai bahan dasarnya. Sebagai kawasan pesisir maka tidak heran kalau di Tapanuli banyak olahan dengan bahan dasar ikan.

Terkait dengan cara pembuatannya, arsik menggunakan bumbu yang dibuat dari perpaduan rempah-rempah seperti asam cikala atau buah kecombrang dan andaliman. Untuk menghasilkan warna kuning maka diperlukan lengkuas serta serai. Bukan hanya itu saja, bumbu halusnya juga dilumurkan ke dalam ikan yang kemudian akan dipakai secara merata.

Yang membuat arsik unik yaitu sisik pada ikannya tidak perlu dibuang. Jika sudah maka bumbu yang sudah siap tersebut kemudian digoreng pada api kecil hingga mengering. Rasanya yang enak serta bumbunya yang meresap menjadikan arsik nikmat untuk dimakan sebagai menu utama.

7. Pempek Sumatra

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Hampir kita semua tahu dengan jenis makanan lezat satu ini. Meskipun pempek sudah banyak tersebar di beragam kota besar akan tetapi jelas berbeda manakala anda langsung merasakan pempek ditempat aslinya yaitu di Palembang, Sumatera Selatan.

Pempek merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung serta olahan daging ikan. Pempek ini sendiri disajikan bersama dengan timun yang sudah dipotong kecil-kecil dengan menggunakan kuah cuka.

Pempek terdiri dari beberapa jenis, nah jenis kapal selam merupakan jenis yang paling terkenal yaitu jenis kapal selam. Jika berkunjung ke Sumatera Selatan maka jangan sampai kelewatan untuk menikmati nikmatnya pempek.

8. Mie Celor sumatera

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Untuk kamu yang berkunjung ke Sumatera khususnya ke Jambi maka belum afdol rasanya mankala tidak mencicipi nikmatnya Mie Celor. Makanan khas Jambi satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang setelah itu diolah bersama dengan sayuran sehat seperti tauge dan daun sop.

Mie celor merupakan jenis makanan yang mudah ditemukan diberbagai sudut kota Jambi serta banyak sekali penjual yang menjajakan makanan sederhana sebagai pengganjal perut ketika lapar.

Mie celor dianggap sebagai makanan yang tak hanya membuat perut kenyang, tetapi juga mengembalikan semangat tubuh karena kuahnya yang hangat dan menyegarkan. Kuah mie celor mempunyai aroma rempah yang menyeruak.

9. Kue Putri Kandis

Kue basah ini merupakan jenis kue yang cukup terkenal di Jambi. Kue yang memiliki nama cantik ini merupakan jenis jajanan tradisional khas Jambi dengan bentuk kotak persegi. Kue putri kandis memiliki tampilan yang menarik yaitu terdapat tumpukan dengan warna hijau, kuning serta cokelat. Biasanya warna hijau diletakkan di bagian tengah yang dihasilkan dari air daun suji.

10. Pisang Sale

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Jenis makanan khas Sumatera yang terakhir ini berasal dari Aceh. Pisang sale merupakan jenis makanan dengan menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang sale ini merupakan kuliner yang sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional daerah Aceh. Pisang sale bisa ditemukan di Kabupaten Aceh Timur yang merupakan sentra pisang sale untuk Aceh.

Pisang sale khas Aceh, proses pembuatannya adalah pisang yang sudah matang di kupas kulitnya lalu dijemur dipanas matahari, setelah itu dilakukan penyalean/pengasapan sehingga pisang sale lebih tahan lama, seterusnya dioleskan/dilumuri gula tebu (bukan gula pasir),pisang sale mempunyai aroma dan rasa yang khas. Warnanya kecoklat-coklatan, agak berkilat sedikit membuat kita ingin mencicipinya. Pisang sale bisa dengan dimakan secara langsung serta bisa juga digoreng terlebih dahulu dan sangat pas untuk digunakan sebagai buah tangan.

Lihat juga Makanan Khas Palembang Yang Terkenal

Itulah sobat 10 makanan khas Sumatera yang bisa anda jadikan sebagai pilihan ketika sedang jalan-jalan ke Sumatera.

10 Makanan Khas Sumatera Yang Enak dan Lezat Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5