13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan

Kota Batam termasuk salah satu kota yang cukup besar dan populer di provinsi Kepulauan Riau. Kota ini merupakan kota yang sangat strategis. Batam menjadi perbatasan langsung antara Indonesia dengan Malaysia dan Singapura. Kota ini merupakan kota yang juga menjadi perairan internasional yang banyak dilalui oleh kapal-kapal lintas negara.

Jika kamu berkunjung ke kota Batam, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Selain menikmati kemajuan kotanya, kamu juga bisa mencicip makanan khas Batam yang menggoda selera. Bukan hanya itu, Batam juga menawarkan beragam pilihan buah tangan untuk pengunjung. Berikut ini MakananOlehOleh.com tampilkan rekomendasi oleh-oleh khas Batam apa saja yang paling diminati oleh wisatawan.

1. Kek Pisang Villa

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Batam yang wajib kamu beli pertama kali adalah kek pisang villa. Kue ini memiliki citarasa yang sangat enak. Perpaduan antara buah pisang dengan bahan-bahan pilihan lainnya membuat kek pisang ini wajib kamu beli. Kamu bisa pilih berbagai varian rasa yang disediakan. Ada rasa coklat, rasa blueberry, dan berbagai rasa lainnya.

Berbicara soal harga, harga kek pisang villa ini sama sekali tidak mahal. Satu buah kek pisang villa yang enak hanya dibanderol dengan harga sekitar 35 ribu rupiah saja. Ada juga yang dibanderol dengan harga sekitar 53 ribu rupiah. Perpaduan buah pisang pilihan dengan rasa coklat yang manis membuat kek ini menjadi pilihan yang tepat jika kamu mau membelikan oleh-oleh terkenal dari Batam untuk keluarga di rumah.

2. Luti Gendang

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Jajanan enak berikutnya yang wajib kamu cicipi dan kamu bawa ketika pulang dari Batam adalah luti gendang. Makanan ini merupakan roti yang diberi isi berupa ikan. Roti yang satu ini disajikan dengan cara digoreng. Seperti roti goreng pada umumnya, tekstur dari roti ini sangat renyah di bagian luarnya, namun sangat lembut dan lumer di bagian dalamnya.

Isian ikan dari luti gendang ini diberi bumbu berupa rempah-rempah yang memiliki citarasa yang sangat lezat. Rempah-rempah khas Indonesia ini menjadikan rasa luti gendang ini menjadi sangat lezat. Perpaduan rasa manis gurih disertai dengan rasa ikan yang lezat membuat luti gendang menjadi menu sarapan dan juga menu camilan mengenyangkan sekaligus penuh gizi.

3. Brownies Lava

Brownies merupakan kue yang memiliki rasa yang enak. Kue yang didominasi oleh rasa coklat ini tentu saja menjadi salah satu kue yang sangat diminati banyak orang. Siapa yang tidak suka dengan coklat. Hampir semua orang suka dengan coklat. Roti yang terbuat dari bahan pilihan serta dengan coklat pilihan ini tentu saja sangat digemari banyak orang.

Brownies ketika di potong akan memunculkan lelehan coklat yang lezat ini sangat menjadi idola banyak orang. Ada beberapa varian rasa brownies yang dapat kamu pilih. Kamu bisa pilih rasa kacang, rasa blackforest dan ada juga rasa chesecake. Seluruh rasa dari brownies lava ini akan membuat kamu ketagihan. Jadi ketika kamu berkunjung ke Batam, jangan lupa untuk membeli brownies lava ini sebagai oleh-oleh khas Batam.

4. Rocklate

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Rocklate merupakan salah satu produk camilan yang kini sangat digemari. Camilan ini merupakan coklat yang diberikan beberapa varian rasa yang istimewa. Perpaduan antara coklat dan marsmallow dari camilan ini tentu saja membuat tekstur khas dari rocklate yang renyah gurih dan lembut. Coklat ini merupakan kegemaran baru orang Batam untuk dijadikan oleh-oleh.

Varian rasa yang bisa kamu pilih antara lain strawberry chocholate, chrunchy milk chocolate, cocochip chocholate dan juga chrunchy dark chocolate. Kamu bisa pilih antara kemasan kecil dengan harga sekitar 20 ribu per bungkus hingga 55 ribu rupiah saja untuk kemasan besar. Jadi kamu bisa pilih sesuai budget yang kamu punya saat ini.

5. Kaos T-Obenk

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Jika kamu mau membawa oleh-oleh kaos Batam yang unik, kamu bisa pilih Kaos T-Obenk ini sebagai pilihan. Kaos ini merupakan hasil karya pemuda Batam yang kreatif. Namanya yang cukup unik mampu mencuri perhatian banyak orang. Nama kaos ini sebenarnya terinspirasi dari bahasa Tionghoa yang diadaptasi dengan bahasa Indonesia.

Kaos ini cukup fenomenal dan sudah digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kaos ini dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis. Hanya dengan harga senilai 60 ribu saja, kamu bisa mendapatkan kaos yang memiliki design unik dan menarik. Bahannya yang nyaman dipakai membuat kaos ini layak dijadikan pilihan oleh-oleh baju Batam terbaik untuk keluarga di rumah.

6. Bilis Molen

Bilis molen merupakan varian baru dari oleh-oleh yang bisa kamu beli ketika kamu bertandang ke kota Batam. Camilan ini terbuat dari ikan bilis yang digoreng hingga kering kemudian digulung menggunakan adonan kulit yang lembut namun renyah. Setelah itu adonan ini di goreng kembali. Perpaduan antara gurihnya ikan dengan manis lembutnya kulit yang membungkus membuat camilan ini wajib kamu beli saat berkunjung ke Batam.

Kue ini biasanya akan sangat cocok jika kamu menjadikannya cemilan sambil nonton televisi, atau kamu jadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang ada di sekitar kamu. Harganya yang terjangkau membuat kue billis ini menjadi pilihan tepat. Kemasan plastik yang transparan membuat kue ini menjadi istimewa dan juga wajib kamu beli ketika pulang dari Batam.

7. Olahan Buah Naga

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Buah naga merupakan buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain karena kandungan airnya yang tinggi, serta rasanya yang manis membuat buah ini menjadi salah satu buah yang wajib kamu konsumsi setiap harinya. Selain itu, buah ini memiliki warna yang sangat cantik menjadikan buah ini menjadi primadona terbaik dari buah tropis yang kaya gizi dan kaya warna.

Di Batam, buah naga diolah menjadi kudapan yang enak dan bergizi untuk kemudian dijual sebagai oleh-oleh asli Batam. Salah satunya adalah roll cake dan cake buah naga. Hasil olahan buah naga menjadi kudapan ini memiliki warna merah yang cantik. Cake yang lembut berpadu dengan rasa buah naga yang manis membuat kudapan ini menjadi teman minum teh paling istimewa yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota Batam.

8. Kue Batang Buruk

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Satu lagi makanan yang cukup unik dan wajib kamu coba ketika berkunjung ke kotam Batam. Makanan ini bernama kue batang buruk. Sebutan kue ini memang kurang enak di dengar. Namun jika kamu mencicipi kue ini, maka kamu akan menemukan rasa yang benar-benar lumer di mulut. Gigitan demi gigitan tentu saja bisa kamu nikmati ketika kamu merasakan kue istimewa ini.

Kue ini memang memiliki penampilan yang kurang cantik. Namun mengenai rasanya tidak perlu diragukan lagi. Kue kering istimewa ini merupakan kue yang jaman dahulu sering digunakan sebagai kue untuk tamu-tamu penting. Saat ini kue ini menjadi kue yang wajib ada ketika idul fitri. Kue ini sering sekali membuat pakaian kotor karena remahan kue yang berjatuhan ketika memakan kue ini.

9. Layers Cake

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Namanya adalah layers cake. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi kue lapis. Meskipun namanya menggunakan nama asing, namun bahan pembuatnya terbuat dari bahan-bahan terbaik dari dalam negeri. Kue lapis ini memiliki citarasa lembut di lidah. Kamu bisa membawa kue lapis ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga kamu di rumah.

Kue ini terbuat dari tepung terigu pilihan serta berbagai bahan pilihan lainnya yang membuat kue ini memiliki citarasa istimewa. Kamu bisa membeli kue ini dalam berbagai varian ukuran. Dari mulai ukuran sekitar 20x20x6 cm dan ada juga ukuran setengah yaitu 20x10x6 cm. Harganya juga cukup terjangkau. Jadi oleh-oleh istimewa ini sangat wajib kamu beli saat ke Batam.

10. Teh Bunga Rosella

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Bunga rosella merupakan bunga yang cukup jarang ditemukan. Namun bunga ini sudah diolah menjadi berbagai macam olahan yang memiliki nilai gizi tinggi. Bunga rosella termasuk bunga yang memiliki warna merah yang cantik. Kini trend mengkonsumsi teh bunga rosella sangat mendunia. Tidak heran jika di Batam, kamu bisa menemukan teh bunga rosella yang memiliki aroma unik.

Bunga rosella yang diproses secara alami ini membuat kandungan gizinya tidak berubah sama sekali. Proses pengeringan alami ini membuat teh bunga rosella menjadi primadona baru dari oleh-oleh yang wajib dibawa ketika berkunjung ke Batam. Teh ini memiliki rasa yang cukup unik. Ada aroma wangi yang dimunculkan dari bunga rosella yang masih bisa kamu rasakan ketika mengkonsumsi teh ini.

11. Keripik Kari

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Keripik kari merupakan salah satu varian baru dari cemilan khas kota Batam yang wajib kamu cicipi. Rasa kari yang gurih ini membuat rasa keripik ini istimewa. Selain itu ada aroma dan cita rasa gonggong yang menggugah selera. Keripik ini terbuat dari tepung terigu, daun kari dan juga ada ekstrak gonggong yang sangat gurih dan bergizi. Sehingga mengkonsumsi keripik ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Gonggong yang merupakan salah satu jenis seafood khas kepulauan riau ini snagat fenomenal. Gonggong sengaja dipilih sebagai pelengkap rasa pada keripik karena gonggong memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki aroma yang cukup kuat. Tidak heran jika keripik ini merupakan oleh-oelh yang cukup layak untuk kamu bawa pulang ketika berkunjung ke Batam.

12. Kek Durian

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Durian merupakan buah tropis yang memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat. Sering kali durian yang banyak di Batam ini busuk dan dibuang percuma. Namun ditangan orang yang kreatif, durian yang hanya tahan selama beberapa hari saja, diubah menjadi makanan yang lezat dan juga memiliki aroma yang nikmat. Kelembutan durian berpadu dengan bahan-bahan pilihan membuat kek ini semakin istimewa.

Kek durian ini merupakan oleh-oleh yang bisa kamu bawa saat berkunjung ke kota Batam. Aroma durian dan juga rasa durian pada kek ini membuat para penggemar durian bisa mengkonsumsi buah yang satu ini dan membawanya tanpa takut busuk. Selain itu aromanya juga lebih bersahabat jika kamu membawanya menggunakan kendaraan umum seperti pesawat.

13. Souvenir Unik

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Batam yang satu ini sangat wajib kamu bawa pulang. Sebab souvenir ini tentu saja menjadi salah satu barang yang unik. Terbuat dari bahan kayu yang dibentuk menjadi bentuk-bentuk yang unik membuat souvenir ini sangat wajib kamu beli. Dibuat dengan keterampilan tangan yang cukup tinggi membuat kerajinan tangan ini layak dijadikan oleh-oleh.

Kamu bisa pilih beberapa bentuk yang unik seperti bentuk kapal dan juga bentuk rumah-rumah yang unik atau bentuk-bentuk lainnya yang bisa kamu pilih. Harga dari souvenir ini juga sangat terjangkau. Lagipula jika kamu membawa oleh-oleh berupa souvenir tentu saja akan membuat kamu bisa mengenang bahwa kamu pernah datang ke Batam dengan membawa oleh-oleh berupa pajangan unik di rumah.

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Batam yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Seperti yang bisa dilihat, rata-rata oleh-oleh dari Batam sangat jarang untuk ditemui di dataran Jawa. Oleh karenanya, untuk kamu yang hidup di dalam lingkup pulau Jawa, jangan sampai lupa untuk membeli buah tangan yang enak dan unik dari Batam tersebut.

tempatwisataindonesia.id
Review
5