10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal

Batam yang merupakan kota terbesar di Kepulauan Riau ini merupakan kota yang sangat ramai dan sering didatangi oleh para wisatawan. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini sebenarnya lebih banyak ingin berbelanja elektronika. Batam memang terkenal memiliki pasar elektronika dengan harga yang ditawarkan lebih murah.

Tapi selain terkenal sebagai pusat elektronik, Batam juga bisa menjadi jujugan untuk menikmati beragam kuliner khas yang ditawarkan. Ada cukup banyak makanan khas Batam yang terkenal akan kelezatannya. Penasaran? Berikut ini MakananOlehOleh.com akan tampilkan sepuluh daftar makanan khas Batam yang tidak boleh kamu lewati saat berkunjung suatu hari.

1. Sop Ikan Batam

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas Batam pertama adalah sup ikan batam. Seperti namanya, sup ini berisi produk laut berupa ikan yang segar dan bermutu tinggi. Penyajian sup ikan ini adalah dengan adanya kuah bening yang membuat cita rasa dari sup ini bukan hanya nikmat, tetapi juga menyegarkan. Kesegaran dari kuah yang berpadu dengan isian berupa makanan laut akan menjadikan keinginan makan kamu tak terhentikan.

Loading...

Sup ini selain berisi ikan, ada juga tambahan berupa udang, cumi-cumi dan aneka bahan dari laut lainnya. Meskipun sup ini menggunakan bahan utama ikan sebagai isiannya, tapi yang mengherankan sup ini tidak berbau amis, justru segar keitka disantap. Akan lebih nikmat lagi jika kamu menyantapnya menggunakan mie. Ada beberapa jenis mie yang bisa kamu pilih. Ada mie bihun dan mie kuning.

2. Mie Tarempa

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas Batam berikutnya adalah mie tarempa. Seperti namanya, mie tarempa ini diolah oleh orang yang berasal dari daerah Tarempa. Seperti mie pada umumnya, mie ini terbuat dari bahan adonan telur dan tepung terigu dengan sedikit campuran bumbu dan kuah sebagai penyajiannya. Meski demikian, terdapat perbedaan antara mie tarempa dengan mie pada umumnya.

Perbedaan mie tarempa dengan mie lainnya terletak pada isiannya. Jika mie pada umumnya diisi dengan ayam, maka mie tarempa sama sekali tidak memilih ayam. Isian yang dipilih adalah daging sapi atau bahkan siput. Kamu bisa memilih untuk menyantap mie goreng maupun mie kuah. Mie ini merupakan makanan khas Melayu Batam yang sudah populer di dunia

3. Otak-otak

Siapa sih yang tidak tahu otak-otak? Hampir setiap daerah memiliki makanan khas berupa otak-otak. Sama seperti kota Batam yang juga mempunyai otak-otak khasnya yang diolah dengan bumbu berbeda. Jika biasanya bumbu yang diguanakan adalah bumbu kacang, namun otak-otak khas Batam ini sama sekali tidak menggunakan bumbu kacang.

Otak-otak ini terbuat dari ikan yang masih segar disertai dengan bumbu-bumbu alami yang benar-benar nikmat sehingga membuat rasa otak-otak ini menjadi istimewa. Bukan hanya itu saja, ada juga varian rasa berupa otak-otak sotong yang memiliki ras agurih istimewa. Bagi yang suka pedas, di Batam ada juga varian rasa otak-otak pedas yang menggugah selera.

4. Mie Lendir

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas dari Batam yang berikutnya adalah mie lendir. Alasan utama mengapa dinamai mie lendir adalah karena mie ini memiliki kuah yang diberi tepung kanji, sehingga teksturnya seperti lendir. Kuahnya meskipun bening namun kental. Jika kamu penasaran, kamu wajib mencoba kuliner unik asli Batam satu ini.

Untuk diketahui, varian mie lendir ini sebenarnya tidak berbeda dari mie ongklok khas Wonosobo. Namun yang membedakan adalah kuahnya menggunakan bumbu dari rempah-rempah yang segar dan menghangatkan. Sehingga mie lendir ini memiliki rasa yang lebih istimewa. Mie lendir khas Melayu ini memang memiliki ciri khas berupa bumbu yang kaya akan rempah.

5. Gonggong

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas Batam berikutnya adalah gonggong. Pasti kamu bertanya-tanya apa itu gonggong. Gonggong adalah sejenis siput laut yang memiliki rasa yang gurih. Jika kamu pernah makan siput atau keong, tekstur dari gonggong ini kurang lebih sama dengan kedua hewan itu. Hanya perbedaannya adalah tekstur gonggong agak sedikit lebih kenyal.

Gonggong biasanya disajikan dengan cara direbus menggunakan air garam dan jahe. Tujuan penggunaan jahe adalah untuk mengurangi rasa amis yang ada pada gonggong. Cara pengolahan yang sederhana ini justru lebih mengeluarkan aroma wangi dari gonggong itu sendiri. Selain itu, kebersihan ketika pengolahan juga ikut menentukan higienitas gonggong dan kelezatannya.

6. Luti Gendang

Makanan khas pulau Batam berikutnya adalah luti gendang. Mungkin kamu akan bertanya kurang lebih seperti apa luti gendang itu. Luti gendang adalah makanan cemilan khas Batam seperti roti namun diisi dengan ikan yang sudah diberi bumbu. Tekstur luar roti yang istimewa ini membuat makanan ini sangat istimewa. Kerenyahan di bagian luar namun lembut di bagian dalam membuat jajanan ini menjadi istimewa.

Menariknya, luti gendang ini berisi ikan tuna segar yang dihaluskan kemudian diberi bumbu berupa rempah-rempah khas batam yang sangat kuat sehingga membuat luti gendang ini memiliki rasa yang benar-benar enak. Biasanya makanan ringan khas Batam ini hanya difungsikan sebagai jajanan untuk pelengkap minum teh atau kopi di sore hari.

7. Bingka Bakar

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas Batam untuk oleh-oleh yang paling cocok adalah bingka bakar. Bingka ini terbuat dari bahan dasar berupa tepung terigu, gula, telur dan santan yang dimasak menggunakan oven hingga matang. Bingka ini tadinya merupakan makanan khas untuk para raja. Namun kini, makanan ini sudah menjadi makanan untuk orang awam, baik untuk masyarakat Batam sendiri maupun bukan.

Dahulu, rasa yang diunggulkan untuk membuat makanan enak dari Batam ini adalah rasa pandan. Namun kini varian rasa dari bingka ini sudah lebih beragam. Berkat modernisasi di bidang kuliner, bingka saat ini sudah menjadi makanan yang siap dijadikan oleh-oleh dan wajib untuk dicicipi. Kelembutan tekstur dari bingka inilah yang membuat bingka bakar ini sangat menggoda selera.

8. Nasi Dagong

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas Batam Indonesia yang berikutnya adalah nasi dagong. Nasi dagong ini merupakan kepanjangan dari nasi daging gonggong. Nasi yang dicampurkan dengan daging gonggong kemudian dibungkus daun pisang ini memiliki rasa yang sangat istimewa. Nasi yang diberi bumbu berupa rempah-rempah yang cukup kuat ini memberikan rasa semakin istimewa.

Biasanya nasi daging ini lebih populer dijadikan menu sarapan pagi. Pasangan yang paling tepat dari makanan kuliner khas Batam ini adalah teh tarik. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Batam, tidak ada salahnya kamu mencoba sarapan dengan menu istimewa ini. Dijamin kamu akan ketagihan ingin terus makan lagi dan lagi. Harganya juga cukup murah. Hanya dengan 10 ribu saja, kamu bisa menikmati kuliner lezat ini.

9. Mie Sagu

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Makanan khas kota Batam berikutnya adalah mie sagu. Mie ini terbuat dari tepung sagu yang diberi bumbu istimewa. Perbedaan mie sagu dengan mie lainnya adalah mie sagu ini memiliki tekstur yang cenderung lebih liat. Selain itu, rasa mie sagu juga berbeda dari mie lainnya. Jika mie lainnya hanya memilii rasa gurih saja, namun mie sagu memiliki rasa yang cenderung pedas.

Mie sagu ini sangat nikmat jika disantap saat malam hari. Rasanya yang pedas mampu memberikan kehangatan di saat malam. Namun tidak menutup kemungkinan juga kamu menyantap mie sagu ini di pagi atau siang hari. Tetap tidak akan mengurangi rasanya yang eksotis rempah-rempah khas yang cukup kuat. Selain itu teksturnya yang unik mampu membuat kamu penasaran.

10. Nasi Lemak

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Nasi lemak adalah panganan yang lahir dari tangan-tangan penduduk Melayu yang tinggal di Batam. Selain Batam, nasi lemak sebenarnya juga bisa dijumpai di Padang maupun Negeri Jiran Malaysia. Di Batam sendiri, nasi lemak bisa dengan udah dijumpai di pasar-pasar. Banyak penjual makanan khas Batam yang murah meriah ini. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa datang ke pasar Mitra Raya, Mega Legenda, atau Penuin.

Biasanya nasi lemak dijual oleh penjual kue-kue di pasar. Nasi lemak akan dibungkus rapi dengfan daun pisang dan kertas nasi sehingga praktis dibawa untuk dimakan kapan saja. Apabila kamu belum pernah menjajal makanan basah, sangat disarankan agar kamu membeli makanan satu ini. Mengapa? Sebab nasi lemak diolah bersama santan kelapa sehingga nasinya menjadi sedikit berminyak.

Itu tadi kesepuluh makanan khas Batam yang tidak boleh kamu lewati saat bertandang ke kota Batam. Setelah berjam-jam menghabiskan waktu untuk mencari perangkat elektronik atau mengisi jam kerja, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk memanjakan perut kamu dengan menyantap salah satu kuliner khas kota Batam tersebut.

10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5