Written by 13:32 Makanan Khas

Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

Jika Kamu pergi jalan-jalan ke Jawa Timur, jangan lupakan orang-orang terdekat yang tak ikut dan menunggu di rumah. Walaupun tidak ikut, sebaiknya berilah mereka jejaknya berupa 10 oleh-oleh khas Jawa Timur.

Oleh-oleh Khas Jawa Timur yang Wajib Dibawa Pulang

Mengingat di daerah dengan penduduk terbanyak nomor 2 di Indonesia memiliki berbagai makanan dan berbagai produk kerajinan yang cocok dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Nah, lantas apa saja oleh-oleh khas Jawa Timur yang bisa Kamu bawa pulang? Berikut ulasannya dari Kami.

Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Wingko Babat

Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

Jika kebetulan daerah Jawa Timur yang Kamu datangi adalah Lamongan dan sekitarnya, maka Wingko bisa jadi pilihan oleh-oleh.

Wingko adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan kelapa muda serta gula.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Rasanya renyah dan harganya juga murah, dengan 35 ribu Kamu bisa membawa 1 kardus berisi 10 biji.

Nama babat sendiri berasal dari tempat asalnya yakni dari Desa Babat yang ada di Lamongan.

Kue Lapis Surabaya

Sebetulnya, ada banyak oleh-oleh yang bisa Kamu bawa pulang dari ibukota Jawa Timur ini. Namun, diantara sekian banyak, Kami rekomendasikan kue oleh-oleh khas Jawa Timur dari Surabaya.

Apa itu? Kue lapis surabaya namanya.

Kue lapis ini rasanya sangat lezat. Bukan hanya enak, namun juga bertekstur lembut, empuk, dan memiliki aroma yang wangi.

Kamu bisa dengan mudah menemukannya jika jalan-jalan ke Surabaya. Banyak toko yang menjualnya dengan harga yang hanya berkisar 25 ribu rupiah saja untuk satu kotak. Murah bukan?

Gethuk Pisang Kediri

Kediri sebagai salah satu kota di Jawa Timur lainnya juga punya oleh-oleh yang tak kalah lezat, murah, bahkan legendaris. Yakni gethuk pisang kediri.

Jika Kamu lebih familiar dengan gethuk yang berbahan dasar ubi atau sukun, maka Kamu jangan ragu untuk mencoba gethuk ini meski bahan dasarnya beda, yakni pisang.

Selain rasanya enak, gethuk ini juga legendaris karena sudah eksis sejak Kediri masih berada di zaman kerajaan. Untuk harga variatif tergantung ukuran. Kamu bisa dapat mulai dari harga 2000 untuk 3 biji.

Apel Malang

Malang terkenal menjadi salah satu destinasi wisata paling ramai di Jawa Timur. Jika kebetulan Kamu jalan-jalan kemari, utamanya ke daerah Batu, Kamu sebaiknya tak melewatkan untuk membeli apel malang.

Oleh-oleh buah khas Jawa Timur ini memang bisa Kamu temukan di luar Malang. Namun, apakah Kamu gak penasaran mencobanya langsung dari tempat asalnya?

Tempat menanam yang berbeda tentu saja memberikan rasa berbeda. Kualitasnya juga dijamin gak mengecewakan. Salah satu tempat berburu apel malang yang bisa Kamu coba datangi adalah Pasar Buah Dewi Sri di Batu.

Madu Mongso Madiun

Madiun juga merupakan tempat yang memiliki banyak destinasi wisata di Jawa Timur. Jika Kamu datang kesini, ada juga makanan ringan yang cocok Salah satunya adalah bluder cokro.

Makanan ini bisa dibilang merupakan makanan warisan Belanda. Kue dengan citarasa manis dengan teksturnya yang lembut ini telah ada sejak 1889 dan dikenalkan oleh seorang Belanda bernama Nyonya Susana.

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Dalam perkembangannya, kue ini disajikan dengan berbagai rasa. Mulai dari coklat, keju, kacang, abon, buah, hingga rasa yang original.

Meski bisa dibilang makanan Barat, namun harganya tetap harga lokal kok. Dengan modal 8 ribuan juga Kamu sudah bisa membawanya pulang. Tapi masa iya cuma mau beli satu?

Pudak Gresik

Jika Kamu jalan-jalan ke Gresik, opsi yang bisa Kami rekomendasikan untuk oleh-oleh dari Jawa Timur adalah pudak gresik.

Pudak ini merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras dengan campuran gula pasir serta santan kelapa. Dalam penyajian, pudak memiliki kemasan yang unik yakni dikemas dengan pelepah daun pinang.

Kamu bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di Gresik. Harganya tentu saja terjangkau, untuk satu renteng, Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai 14 ribu rupiah saja.

Siropen Telasih

Kita coba beranjak ke minuman ya. Ternyata, ada juga oleh-oleh minuman khas Jawa Timur yang bisa Kamu beli dan bawa ke rumahmu ketika pulang. Khususnya, jika Kamu jalan-jalan ke Surabaya.

Nama minumannya adalah siropen telasih. Sebuah sirop yang ada sejak zaman Belanda, tepatnya tahun 1923. Namun kini, kepemilikannya sudah beralih kok ke tangan orang Indonesia.

Botolnya memang seperti Wine yang menunjukan kesan premium. Namun jangan salah, minuman ini tidak berisi alkohol kok.

Siropen Telasih ini justru memiliki rasa-rasa yang sudah familiar di mulut kita.Seperti mawar, vanili, cocopandan, bahkan ada juga rasa jeruk keprok.

Harganya? Satu botol bisa Kamu dapat mulai dari 23 ribu rupiah saja. Murah ya?

Batik

Selain membawa pulang makanan, Kamu juga bisa membawa pulang souvenir. Jawa Timur juga nyatanya memiliki berbagai kerajinan yang bagus dan layak dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah batik.

Hampir semua wilayah di Jawa Timur memiliki batik khasnya. Namun, ada beberapa daerah yang dikenal paling produktif dalam urusan batik. Yakni Madura, Tuban, Tulungagung, Sidoarjo, Malang, serta Banyuwangi.

Diantaranya diproduksi oleh tangan, yang biasa dikenal sebagai batik tulis. Kamu bisa membawa pulang sebagai pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur yang lebih awet.

Meskipun jangan kaget ya, jika yang Kamu beli batik tulis, harganya jelas gak semurah batik printing. Mengingat proses pembuatannya juga tak sembarangan dan mudah.

Keramik Dinoyo

Jika kamu ke Malang dan hobi menghias rumah, Kamu juga bisa memilih untuk memberi kerajinan khas Malang yang bernama keramik dinoyo.

Kerajinan keramik ini dibuat dengan berbagai desain yang indah dan sedap untuk dipandang mata. Baik dalam bentuk vas, guci, piring, hingga hiasan dinding.

Tentu saja harganya tak semurah makanan. Namun, Kamu tak akan rugi karena sebanding dengan kualitas dan coraknya yang juga unik-unik. Keramik ini bisa Kamu temukan dengan mudah di kawasan MT Haryono Malang.

Miniatur Rumah Adat Jawa Timur

Salah satu tanda yang bisa melengkapi fakta bahwa Kamu pernah ke Jawa Timur, salah satunya dengan membeli oleh-oleh miniatur khas Jawa Timur yang unik ini.

Sebagaimana Kamu ketahui, setiap daerah memiliki rumah adat khasnya tersendiri. Nah, termasuk juga Jawa Timur. Salah satu rumah adat Jawa Timur misalnya adalah Joglo Situbondo.

Lihat juga oleh oleh khas bandung

Nah, Kamu juga bisa memiliki minaturnya dan membawa pulang sebagai hiasan dirumahmu. Ukiran dan detail yang menarik membuatnya cocok untuk menambah keindahan dekorasi rumahmu.

Meskipun di toko online Kamu bisa membelinya secara jarak jauh, namun tentu saja berbeda dan ada kepuasan tersendiri jika membelinya langsung di Jawa Timur. Iya gak?

Nah, demikianlah 10 oleh-oleh khas Jawa Timur yang bisa Kamu bawa pulang. Mulai dari makanan, minuman, hingga souvenir, semuanya ada yang bisa dibawa pulang. Mudah-mudahan, uangmu cukup untuk membawa pulang berbagai oleh-oleh menarik di atas.

Last modified: 12 November 2020