10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang

Walaupun di saat melakukan kegiatan traveling adalah hal yang melelahkan, tapi perjalanan dan waktu yang ditempuh akan sebanding dengan keseruan serta pengalaman-pengalaman menarik yang nantinya bisa didapatkan. Saat melakukan perjalanan wisata, sekaligus melakukan perjalanan traveling ke suatu daerah, pasti hal yang tak pernah terlupakan adalah berjalan-jalan sekaligus membeli oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Lihat juga oleh oleh khas pekanbaru

Jika kali ini, Anda memilih Pulau Kalimantan sebagai tujuan traveling, tentu hal ini sangatlah baik, karena Anda sekaligus rombongan dapat melakukan mengeksplor Kalimantan lebih jauh lagi, supaya tempat wisata sekaligus kuliner yang ada di sana makin dikenal oleh dunia. Tapi selalu jangan melupakan untuk membeli oleh-oleh khas Kalimantan ya, karena Anda pasti akan menyesal jika jauh-jauh dari sana tapi tidak membeli apapun..

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang

Setelah Anda puas berkeliling dan berjalan-jalan di berbagai tempat wisata menarik yang ada di Pulau Kalimantan, pasti Anda pun merasa penat. Namun hal itu pastinya sudah terbayar lunas apabila waktu liburan Anda selalu berjalan sesuai dengan rencana. Selanjutnya, Anda pun harus menyiapkan energi ekstra untuk melakukan perjalanan pulang ke rumah, karena di mana tempat kita pulang pasti ada seseorang yang selalu merindukan kehadiran kita dan itulah alasan dari kepulangan kita. Kalau sudah begitu, apakah Anda sampai hati melupakan orang-orang yang ada di rumah? Walaupun tak bisa mengajak mereka, setidaknya belikan sesuatu untuk mereka sebagai oleh-oleh dari perjalanan wisata dan traveling Anda.

Ada apa saja?

Loading...

1. Aksesoris & Souvenir Khas Suku Dayak

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Di Pulau Kalimantan, mayoritas penduduknya berasal dari suku dayak, sehingga di sini banyak sekali tempat yang menjual aksesoris dan juga souvenir khas suku dayak, dimana benda-benda tersebut dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kalimantan yang dapat Anda beli untuk dibawa pulang. Aksesoris dan souvenir suku dayak ini mempunyai bentuk yang unik dan menarik, sehingga Anda pun pasti ingin membelinya karena benda-benda tersebut punya nilai seni yang tinggi.

2. Amplang Ikan Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Amplang ikan merupakan camilan berupa kerupuk yang populer sekali di kalangan masyarakat setempat hingga para wisatawan. Seakan-akan amplang ikan ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus selalu dibeli ketika sedang berada di wilayah Pulau Kalimantan ini. Wajar jika banyak sekali peminatnya, karena kerupuk yang berasal dari olahan daging ikan segar yang telah dipipihkan ini mempunyai rasa yang begitu gurih dan enak. Terlebih harganya pun murah dan mudah sekali ditemukan di toko-toko maupun pusat perbelanjaan oleh-oleh.

3. Onde-onde Ubi Ungu Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Onde-onde dari olahan tepung ketan dengan isian kacang mungkin sudah biasa. Tapi, apakah Anda pernah mencoba onde-onde ubi ungu yang ada di Kalimantan? Seperti namanya, jajanan tradisional ini baik bagian luar hingga bagian dalamnya menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Selain mengenyangkan, onde-onde ubi ungu ini juga memiliki rasa enak, apalagi juga tak hanya tersedia dalam isian toping ubi ungu saja, karena tersedia juga isian toping lainnya, seperti coklat, kacang hijau hingga keju.

4. Kuliner Dari Olahan Kepiting

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Di Kalimantan terdapat kuliner dari olahan kepiting yang begitu terkenal sekaligus menjadi salah satu jenis makanan yang paling dicari oleh para pelancong, diantaranya adalah kepiting tauco, kepiting saus tiram dan juga kepiting asam manis. Tak hanya itu saja, saat ini di Kalimantan kepiting pun telah diolah menjadi camilan kekinian, seperti keripik kepiting dan juga abon kepiting. Jadi, Anda hanya tinggal pilih saja mana yang akan dijadikan sebagai bekal makanan untuk menempuh perjalanan pulang dan mana yang akan dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Mantau Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Nama mantau mungkin masih terasa sing bagi Anda. Sebelumnya makanan khas dari Kalimantan ini dianggap sebagai kuliner khas Tiongkok, padahal Mantau adalah makanan khas dari Kalimantan, khususnya dari kota Balikpapan. Jajanan mantau ini memiliki rasa yang enak dan juga gurih, dengan uang sebesar 50 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapat satu porsi mantau yang berisi 10 biji.

6. Bakpia Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Jangan salah ya, bakpia bukan hanya jajanan atau oleh-oleh yang sering dijumpai di Jawa saja. Sebab, di sini pun bakpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Kalimantan. Walaupun bentuk, tekstur dan rasanya pun sama dengan bakpia pada umumnya, tapi bakpia dari Kalimantan ini punya ukuran dan porsi yang lebih besar, sehingga akan semakin enak jika dimakan bersama-sama.

7. Bingka Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Bingka adalah salah satu jenis kue basah yang juga merupakan kue tradisional di Pulau Kalimantan. Kue ini terbuat dari bahan dasar kentang yang dicampur dengan susu, santan, mentega dan gula. Soal rasa, bingka merupakan kue yang manis dan juga lezat, sehingga Anda tak akan pernah merasa menyesal jika menjadikan kue tradisional Kalimantan ini sebagai oleh-oleh. Terlebih lagi, kue bingka juga tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari gula merah, pisang, pandan, keju, vanilla dan juga coklat.

8. Batik Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh yang menarik dan juga dijadikan cinderamata spesial dari Kalimantan, maka Anda bisa beli batik khas Kalimantan. Seperti yang sudah Anda ketahui, batik Indonesia selalu punya ciri khas dari motif dan corak yang berbeda-beda, sehingga Anda pun bisa beli beberapa kain batik Kalimantan dengan corak, motif dan warna sesuai dengan keinginan Anda.

9. Kain Songket Khas Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Tak hanya batik yang dapat dijadikan oleh-oleh sekaligus cinderamata bagi para wisatawan, karena di sini juga tersedia kain songket khas Kalimantan, dimana begitu terkenal akan keindahan warna, corak dan juga motif yang dimilikinya. Bukan hanya itu saja, kain songet ini juga selalu menampilkan kesan tampilan elegan bagi setiap orang yang mengenakannya. Meskipun berharga mahal, tapi rasanya sebanding dengan kualitas yang bisa Anda dapatkan.

10. Batu Mulia Kalimantan

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Beberapa waktu yang lalu batu mulia menjadi trend fashion di Indonesia, kebanyakan batu mulia tersebut didatangkan langsung dari tanah Kalimantan. Selagi Anda berada di sini, kenapa tidak mencoba melihat-lihat dan sekalian membeli beberapa batu mulia untuk dibawa pulang? Apalagi batu mulia Kalimantan terkenal akan keindahan dan juga kualitas yang dimilikinya, sehingga cocok sekali untuk dijadikan souvenir, aksesoris ataupun pelengkap perhiasan Anda. Soal harga, tentu bervariasi karena ada yang dijual dengan harga puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Lihat juga oleh oleh khas kediri

Sebagai seorang wisatawan sekaligus pelancong yang masih terasa asing pada daerah yang baru Anda kunjungi, tentu Anda harus selalu patuh pada tata aturan yang berlaku. Di luar dari itu, Anda bisa bersikap sebagai traveler sejati, tanpa harus meninggalkan kebudayaan menawar ketika hendak membeli sesuatu, termasuk untuk urusan membeli oleh-oleh khas Kalimantan ini. Sebab, apa salahnya untuk bernegosiasi selama Anda melakukannya dengan sopan dan tidak memaksa penjualnya guna menuruti kehendak serta kemauan Anda.

10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Yang Wajib di Bawa Pulang Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5