18 Oleh-oleh Khas Malaysia untuk Keluarga & Sahabat

Jalan-jalan ke luar negeri merupakan keinginan banyak orang, salah satunya ke Malaysia. Negara tetangga yang berada tak jauh dari pulau Kalimantan tersebut kerap menjadi tujuan wisata alternatif penduduk Indonesia selain Jepang dan Korea. Kontur negara yang tak jauh berbeda dengan Indonesia membuat sebagian orang merasa terpanggil untuk mendatanginya.

Bicara mengenai Malaysia, bukan hanya pariwisata dan budayanya yang menarik untuk disingkap, tetapi juga sajian kuliner khas Malaysia yang beraneka ragam. Selain itu, ada juga yang tak boleh dilupakan, yakni buah tangan berupa makanan dan barang-barang untuk dibawa pulang. Berkunjung ke Negeri Jiran jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia rekomendasi MakananOlehOleh.com berikut ini.

1. Kebaya

Kebaya tidak hanya ada di Indonesia, melainkan di negara tetangga, Malaysia, juga memiliki kebaya yang dinamakan dengan Kebaya Baba Nyonya. Walaupun hampir mirip dengan kebaya yang ada di Indonesia, yakni menjadikan batik sebagai pasangan, namun ada perbedaan pada corak dan warnanya.

Seperti yang kita ketahui, di tanah air kebaya cenderung bewarna lebih gelap namun punya corak yang lebih banyak. Sedangkan baba nyonya memiliki corak umum hewan dan tumbuhan sepanjang leher sampai kancing. Busana tradisional yang mempresentasikan budaya Melayu dan Cina ini bisa dengan mudah ditemui di toko-toko sepanjang kawasan Rumah Merah atau Stadthuys.

Baca juga: 24 Oleh-oleh Khas Jepang yang Terkenal dan Bagus

Kebaya-kebaya yang dijual di sana cukup laku karena masih banyak penggemarnya dari yang tua hingga yang masih muda. Untuk satu setel kebaya yang dijual di kawasan Stadthuys berkisar antara RM 70 – 90 atau 235 sampai 302 ribu rupiah. Membeli oleh-oleh khas Malaysia Kuala Lumpur berupa kebaya sangat cocok diberikan kepada kerabat wanita atau orangtua.

2. Snow Globe

Snow globe adalah sebuah bola yang terbuat dari kaca transparan kemudian di dalamnya terdapat miniatur sesuatu dan kadangkala bisa mengeluarkan salju di dalam. Miniatur-miniatur tersebut bisa berupa ikon-ikon dari suatu negara, tokoh animasi, figur masyarakat, artis, hingga bisa berbentuk atribut natal.

Pada bagian bawah kaca bundar tersebut, terdapat sebuah bantalan untuk menyangga botol kaca yang biasanya dihias dengan bentuk tertentu. Di Negeri Jiran [negeri jiran berarti negeri tetangga, julukan untuk Malaysia] sendiri, ada banyak snow globe yang dapat ditemui, seperti miniatur menara petronas alias menara kembar di Malaysia yang menjadi ikon dari negera tersebut.

Untuk ukuran dari snow globe, bisa menyesuaikan, namun diameter bolanya berada diantara 8 cm hingga 10 cm. Untuk harga oleh-oleh souvenir khas Malaysia yang ditemui pertama kali di Universal Paris Expo 1878 ini biasanya dibanderol dengan harga 75.000 hingga ratusan ribu. Snow globe akan sangat cocok di pajang di sudut ruangan atau dimanapun untuk mempercantik ruangan.

3. Kaos Malaysia

Sebagai souvenir paling disukai oleh wisatawan, kaos Malaysia dengan berbagai bentuk yang Malaysia banget membuatnya banyak dicari oleh kebanyakan orang. Kaos-kaos tersebut yang paling kerap dicari adalah yang bertuliskan ‘Malaysia’, ‘Kuala Lumpur’, ‘I Love KL’ bahkan ada banyak dengan gambar ikon negeri jiran tersebut, seperti gambar Menara kembar Petronas.

Selain memiliki kualitas yang baik, harganya juga bisa dibilang murah meriah untuk urusan orang yang mampu pergi ke luar negeri. Untuk harga satuannya memiliki harga rata-rata RM 18 atau sekitar 57 ribu rupiah saja yang dapat dibeli di tempat wisata di Malaysia, atau tempat yang menjadi salah satu pusat penjualannya, Bukit Bintang dengan puluhan pedagang kaki limanya.

Baca juga: 13 Oleh-oleh Khas Batam yang Paling Disukai Wisatawan

Bahkan ada banyak orang Indonesia yang tengah membeli kaos di wilayah tersebut sebagai oleh-oleh barang khas Malaysia, bahkan banyak pula yang melakukan tawar menawar. Dengan harga murah dan bisa ditawar, serta kualitas pakaian yang bermutu tinggi, tidak ada alasan untuk tidak membeli kaos Malaysia ini.

4. Miniatur Menara Petronas

Salah satu tujuan wisata di Malaysia adalah menara petronas yang memiliki bentuk kembar yang menjulang tinggi itu. Karena saking populerannya itulah, banyak pengrajin yang ingin membuat momen para pelancong tak terlupakan dengan membuat Cinderamata berupa miniatur menara setinggi 453 meter tersebut. Apalagi menara ini menjadi salah satu tempat untuk bersenang-senang bersama pasangan.

Miniatur menara kembar Petronas kerap digunakan menjadi pajangan meja yang memiliki dua ukuran, yakni untuk ukuran kecil, 10 cm, sedangkan yang besar, 15 cm. Soal harga jangan diambil pusing, mengingat hanya dengan uang RM 10-25 atau 32 sampai 79 ribu rupiah saja sudah bisa membawanya pulang.

Di pusat kota alias di Kuala Lumpur banyak sekali penjual yang menjualnya, khusunya di sepanjang jalan Bukit Bintang. Bahkan di beberapa toko oleh-oleh khas Malaysia Kuala Lumpur tersebut terdapat fitur tawar menawar, sehingga para pembeli tak perlu khawatir akan kehabisan uang karena harga masih bisa dikurangi.

5. Cokelat

Cokelat terbaik di dunia memang tak lepas dari dua negara Eropa, Belgia dan Belanda, yang mampu memberikan cokelat dengan kelezatan maksimal. Namun jika ingin merasakan cokelat yang enak namun yang dekat dengan Indonesia, maka Malaysia adalah jawabannya.

Ada alasan mengapa cokelat di Malaysia wajib untuk kamu beli sebagai oleh-oleh cemilan khas Malaysia. Cokelat di sana menempati urutan kelima sebagai cokelat terbaik di dunia dan urutan pertama jika terbaik se-Asia. Untuk bisa merasakan nikmatnya cokelat Malaysia, datang saja ke salah satu produsen terbesar dan tertua yang terletak di di Jalan Imbi, Kuala Lumpur bernama Beryl’s Chocolate Kingdom.

Jika berkunjung ke sana, kamu tidak hanya bisa melihat banyaknya cokelat yang diproduksi, melainkan bisa melihat secara langsung pengolahan cokelat menjadi makanan yang enak. Sebagai produsen terbesar, tentu perusahaan ini berinovasi dengan menawarkan varian yang unik, misalnya saja Chocolate White Almond dan Chocolate White Strawberry seharga 72 RM/Rp225.000.

Lalu ada juga yang menawarkan rasa buah seperti leci dan durian dengan harga 48 RM/Rp150.000. Dan yang lebih murah adalah dark chocolate dengan harga mulai 25 RM atau 78 ribu rupiah saja, sedangkan yang paling laris adalah Tiramisu Chocolate with Milk dengan harga 60 RM atau 188 ribu rupiah. Meskipun oleh-oleh coklat khas Malaysia ini terasa cukup mahal, tapi tak ada salahnya jika kamu membeli salah satu jenis cokelat untuk mengenalkan lidah pada pengalaman baru.

6. Gantungan Kunci

Sebagai oleh-oleh khas Malaysia yang murah dan tidak membertakan koper, rasanya gantungan kunci akan sangat tepat bila dibeli. Apalagi saat teman dan sanak saudara berada di kampung halaman banyak meminta oleh-oleh, maka gantungan kunci adalah jawabannya.

Ratusan motif gantungan kunci tersedia, khusunya yang memiliki bentuk menara petronas atau yang berbentuk tulisan I Love KL. Selain itu masih banyak lagi bentuk-bentuk gantungan ini, seperti permainan tradisional berupa wau, logo Malaysia, atau pulau terkenal di negara tersebut.

Baca juga: 14 Oleh-oleh Khas Balikpapan Berupa Barang & Makanan

Selain punya bentuk lengkap, ada juga warnanya yang indah, seperti warna silver, gold, atau bronze yang terlihat indah dan mengkilap. Untuk bisa mendapatkan gantungan kunci, pergi saja ke tempat wisata karena hampir semuanya terdapat souvenir ini.

Namun jika perlu melihat yang lebih lengkap dan bisa ditemui dengan mudah, maka jawabannya adalah Bukit Bintang dan Chinatown. Di dua tempat tersebut ada banyak kios yang menjual gantungan dengan harga murah yang dijual dalam pack berisi 6 gantungan. Namun bisa juga dijual dalam bentuk puluhan hingga lusinan dalam satu wadahnya dengan bentuk berbeda-beda semua.

7. Piring Pajangan

Jika kamu tidak ingin membeli oleh-oleh jajanan khas Malaysia, maka kamu bisa membeli salah satu souvenir unik berupa piring pajangan yang memiliki bentuk bundar seperti piring kemudian di tengahnya terdapat ganbar ikon di Malaysia. Sedangkan di sekelilingnya terdapat motif-motif unik dan ada tulisan Malaysia di bagian bawahnya.

Souvenir piring ini selain bisa dipajang, bisa juga dijadikan sebagai asbak agar ampas rokok tidak berceceran kemana-mana, namun akan sangat disayangkan karena bentuknya yang apik. Piring yang memiliki warna dominan emas ini bisa memiliki berat 500 gr yang dibuat menggunakan bahan dasar zinc alloy.

Untuk mendapatkan satu piringnya saja, dihargai dengan cukup mahal yaitu 93 ribu rupiah. Namun dengan bentuknya yang unik dan menggambarkan bahwa kamu pernah berkunjung ke Malaysia, rasanya akan sangat sebanding. Jika membelinya dalam jumlah besar, bisa juga diberikan kepada sanak saudara sebagai oleh-oleh khas Malaysia.

8. Wau

Wau adalah sejenis layang-layang besar yang kerap dimainkan dengan cara diterbangkan dan diberi benang agar bisa dengan mudah diturunkan ataupun mengatur ketinggian. Walaupun awalnya hanya dimainkan oleh orang-orang pedalaman, namun kini wau telah dimainkan banyak orang, bahkan ada festivalnya. Bahan pembuatannya adalah bambu yang dibuat menjadi kerangka wau lalu diberi kain dan direkatkan dengan lem.

Beberapa jenis wau adalah wau bulan yang sangat populer di Malaysia karena pembuatannya yang lebih mudah. Bentuknya seperti wau normal pada bagian atas lalu dibawah ada bentuk bulan sabit. Lalu ada juga Wau Kucing yang mirip kucing duduk dengan sudut pandang dari belakang.

Selanjutnya Wau Jala Budi (berbentuk daun budi), Wau Merak (mirip burung merak), Wau Dodo Helang (berbentuk burung elang dengan sayap yang unik dan berbeda dari wau kebanyakan), Wau Kangkang (mirip wau jala budi namun ekornya lebih memanjang), Wau Seri Bulan (mirip wau bulan), Wau Seri Negeri (wau yang diberi busur yang menghasilkan suara), dan Wau Puyuh (mirip wau bulan, namun ditambah adanya ekor).

9. Miniatur Pesawat Malaysia Airline

Selain miniatur menara petronas, kamu juga bisa memilih ikon lain berbentuk oleh-oleh khas dari negara Malaysia, yakni Malaysia Airline. Maskapai penerbangan yang mencatut nama negaranya sendiri tersebut, yakni Malaysia, melayani berbagai rute domestik dan internasional dari pusatnya di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Saking seringnya berlalu lalang lintas negara, tentu membuat maskapai ini semakin dikenal masyarakat mancanegara.

Oleh sebab itu, banyak pengrajin yang membuat miniatur pesawat Malaysia Airline. Bukan tanpa alasan mereka membuat oleh-oleh ciri khas Malaysia tersebut. Dengan semakin meluasnya nama Malaysia Airline, tentu membuat perusahaan tersebut semakin dikenal dan otomatis akan berdampak juga dengan meningkatnya popularitas negara Malaysia.

10. Magnet Kulkas

Salah satu souvenir unik dari Malaysia adalah magnet kulkas, yaitu magnet berbentuk miniatur ikon negara, buah, dan miniatur lain yang bisa ditempel di pintu kulkas. Selain untuk mempercantik kulkas, magnet-magnet tersebut juga bisa dijadikan sebagai penempal catatan (notes), resep makanan, bahkan daftar belanja. Sehingga saat ditempel di pintu kulkas, pemilik bisa melihatnya dengan mudah dan tak perlu repot-repot mencari-carinya.

Untuk yang ingin membeli magnet kulkas, lebih baik pilih yang Malaysia banget agar terlihat pernah berkunjung ke sana dan merasakan indahnya negara dengan ibu kota Kuala Lumpur tersebut. Banyak sekali jenis magnet, mulai dari bentuk sandal dengan peta Malaysia, menara petronas, dan ikon-ikon lain. Rata-rata beratnya 68 gram namun bisa lebih atau berkurang tergantung ukuran. Soal harga, memang agak mahal, karena dihargai mulai dari 5 ribu sampai 20 ribu rupiah untuk satu butirnya.

11. Anyaman

Anyaman memang tersebar hampir di seluruh Asia Tenggara, tak terkecuali Malaysia dan Indonesia yang sama-sama punya anyamannya sendiri-sendiri. Anyaman bahkan telah ada sejak 300 tahun yang lalu yang dibuat menggunakan bahan dari alam yang bisa dianyam, yaitu bambu, pandan, rotan, dan bahan lain. Anyaman biasa dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia, bahkan bisa dijadikan menjadi pajangan atau dekorasi rumah.

Dengan semakin berkembangnya kreatifitas masyarakat dalam membuat kerajinan tangan ini, maka kini telah muncul berbagai macam anyaman, mulai dari tikar, dinding rumah, keranjang, dan menjadi souvenir bahkan barang hadiah. Pembuatannya yang memang diperlukan skill dan memerlukan ketelitian, membuatnya lebih mahal dari kerajinan lain. Apalagi jika anyaman itu dibuat dengan variasi, sehingga membentuk tulisan atau motif-motif tertentu.

12. Dodol

Sebagai makanan yang dengan mudah ditemukan di negara kita dan negara tetangga, maka membuatnya sangat populer. Walaupun namanya sama-sama dodol, namun dodol diantara negara Indonesia dan Malaysia masih terdapat perbedaan yang mencolok, yaitu pada bentuk. Jika dodol yang selama ini kita kenal berbentuk tabung memanjang, beda halnya dengan oleh-oleh makanan khas Malaysia berupa dodol ini yang berbentuk segitiga.

Bahan yang digunakan juga hampir sama, yakni santan, tepung beras, dan gula untuk memberi rasa manis. Namun biasanya beda produsen, beda juga gula yang digunakan untuk pembuatannya, sehingga memberi perbedaan pada rasa. Untuk rasa dodol sendiri, di Malaysia punya rasa kelapa dan durian yang menjadi dodol paling populer di sana. Selain itu masih banyak rasa lain yang sangat familiar di lidah kita. Untuk membeli dan membedakan rasanya di sini dengan yang di sana, beli saja langsung di kawasan R & R Jemapoh di sepanjang Jalan Kuala Pilah-Bahau.

13. Songket

Kain songket Malaysia adalah kain yang dibuat menggunakan kain katun dengan berbagai macam corak dan warna. Songket sendiri biasa dikenakan pada acara-acara tertentu, khusunya saat acara keagamaan seperti idul fitri. Namun juga bisa dikenakan saat melakukan pentas seni dan pertunjukan budaya Melayu. Warnanya yang elegan dan enak dipandang mata serta nyaman saat dipakai, membuat peminatnya cukup banyak.

Terdapat berbagai jenis kain songket yang biasa diperlihatkan ke publik dengan harga yang berbeda-beda pula. Namun kebanyakan jenis-jenis kain tersebut selalu dihiasi dengan model bunga, namun penempatan dan bentuk bunganya yang berbeda. Soal harga tak perlu dikhawatirkan, karena kain yang kerap dipakai kaum Hawa ini dijual dengan harga 145 ribu sampai 220 ribu rupiah setiap 2 sampai 4 meternya. Bahkan biasanya dibeli dengan harga paketan plus ditambah dengan kain pasangannya dengan motif yang berbeda.

14. Pua Kumbu

Pua kumbu adalah kain yang bisa didapatkan di Malaysia yang khas dari daerah Serawak. Kain-kain tersebut bisa dijadikan menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari kua kumbu dengan bentuk tertentu untuk menghias rumah. Bentuk-bentuk pua kumbu yang lazim adalah alas meja dan hiasan dinding. Atau bisa juga dibuat untuk dipakai menjadi baju yang unik dan membuat pemakainya terlihat cantik.

Kain yang dibuat dengan cara ditenun ini memiliki warna yang sangat melekat atau khas, yaitu merah, putih, dan hitam. Kebanyakan pembuatnya menggunakan tangan dengan cara ditenun untuk menciptakan kain yang lebih indah dibanding pua kumbu yang dibuat menggunakan mesin. Hasil dari tenunan tangan akan membuat kain lebih tebal dan berat, namun yang dibuat memakai mesin lebih ringan dan tipis.

15. Batik

Batik memang telah menjadi warisan budaya Indonesia, namun di Malaysia batik juga telah ada sejak zaman dahulu berkat orang Jawa yang pindah dan membawa budaya membatik. Walaupun sama-sama batik, namun yang ada di Malaysia batik dibuat dengan cara dilukis menggunakan kuas, bukan canting yang selama ini kita ketahui. Selain itu motif batik malaysia cenderung lebih terang dibanding batik kita yang kebanyakan gelap.

Walaupun memiliki corak dan motif yang hampir mirip, namun dengan perbedaan di atas ada baiknya kita juga membeli batik ini sebagai oleh-oleh. Di dalam Pasar Seni atau Jalan Melayu, terdapat kedai-kedai penjual batik yang menyediakan aneka batik Made in Malaysia. Batik di sana dibuat cenderung lebih halus agar memberikan kesan nyaman bagi siapa saja yang mengenakannya.

16. Kerongsang

Kerongsang adalah perhiasan yang memiliki peniti di belakangnya agar lebih mudah dipasang di pakaian. Kerongsang adalah versi tradisional dari bros yang biasanya dibuat menggunakan logam, mulai dari emas atau perak hingga kuningan. Namun kini ada banyak juga yang menggunkan plastik, kaca, dan kristal sebagai media membuat kerongsang. Untuk semakin memperindah, maka akan diberi aksesoris dari intan ataupun batu permata.

Walaupun kerongsang lebih condong pada bros yang digunakan pada kebaya, namun juga bisa dipasang di pakaian manapaun, termasuk jilbab. Tujuan dari pemasangan bros adalah sebagai perhiasan pada dada, karena biasanya dipakai pada kancing-kancing kebaya. Namun jika dipasang pada hijab, biasanya untuk menyatukan ujung yang satu dengan yang lain agar tak mudah lepas. Dengan motif yang beragam, rasanya kerongsang akan sangat menarik jika dipasang, khusunya pada wanita.

17. Labu Sayong

Labu sayong merupakan jenis tembikar yang dibuat dengan bentuk labu di bawahnya dan memanjang di bagian atasnya. Warna khas dari tembikar ini adalah hitam dan dibuat menggunakan tanah liat. Sebenarnya, labu sayong dibuat untuk menjadi tempat penyimpan air untuk menjadi air mancur atau sejenisnya. Di bagian pucuknya tadi-lah yang digunakan untuk memancarkan air yang ada di dalam labu sayong.

Selain dibentuk mirip labu, tembikar ini juga dibuat dengan motif ukiran agar terlihat lebih memukau. Walaupun masih dipenuhi dengan motif-motif dan hiasan tradisional seperti bunga, padi, pucuk rebung, bunga tanjung, dan cengkih, namun akan tetap cantik bila dilihat. Untuk bisa melihat bagaiamana cara pembuatan tembikar ini atau mau membelinya, kunjungi saja Kampung Kuala Dal, Mukim Buaia, Padang Rengas atau Kampung Kepala, Mukim Sayong yang berjarak hanya 1 km dari Kuala Kangsar.

18. Congkak

Congkak atau dalam bahasa Jawa bahkan Indonesia lebih dikenal dengan nama dakon. Untuk bisa memainkan congkak, maka diperlukan media berupa papan kayu dengan jumlah 12 sampai 16 lubang untuk memasukkan kelereng atau biji sawo. Walaupun kini telah banyak papan congkak yang dibuat dari plastik, namun yang dari kayu punya unsur keindahan yang berlebih.

Kayu yang sering digunakan adalah kayu keruing, merbau, dan balau yang dipotong setengahnya dan bagian yang dipotong akan dibuat papan. Biasanya akan diberi dengan motif tertentu dengan bentuk ukiran berupa tanaman atau geometri. Cara memainkannya minimal harus punya dua orang pemain, papan congkak, dan kelereng yang lebih mudah didapatkan dibanding biji sawo.

Setelah itu kelereng-kelereng tadi dimasukkan pada lubang dengan jumlah 7 biji pada 7 lubang kecil di samping kanan dan samping kiri. Para pemain kemudian mengambil satu kelereng pada lubang yang dipilih dan menaruhnya di lubang sebelah kanan. Kegiatan itu berlangsung sampai tidak ada lagi kelereng yang bisa diambil dan setelah itu dinyatakan selesai. Dengan membeli papan congkak, kamu bisa bermain permainan ini dengan menyenangkan.

Saat berlibur ke Malaysia, jangan kamu habiskan seluruh uangmu hanya untuk menjamah berbagai tempat-tempat wisata ataupun sajian-sajian kulinernya. Alokasikan sedikit uangmu untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia agar bisa menjadi kenang-kenangan saat kembali ke negeri tercinta, Indonesia.

Leave a Reply