Written by 00:16 Makanan Khas

Oleh-oleh Khas Pacitan

Jangan pernah lupa dengan kuliner khas nusantara ketika berpelesir ke goa maupun ke pantai di Pacitan. 10 oleh-oleh khas Pacitan tersedia dengan rasa yang tidak perlu diragukan lagi.

Setelah puas menjelajahi Kota Pacitan, akan lebih baik jika berburu oleh-oleh tradisional yang khas. Daftar liburan akan lebih sempurna dengan membeli kenang-kenangan yang dapat dinikmati setelah pulang.

Inilah 10 Oleh-oleh Khas Pacitan dengan Sejuta Rasa

Liburan di wisata Pacitan akan lebih seru dengan mencoba kuliner khas daerah Pacitan, terutama jika dijadikan buah tangan.

Oleh-oleh Khas Pacitan

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Sale Anggur Pacitan

oleh-oleh khas pacitan

Bahan dasar dari sale anggur Pacitan adalah pisang yang dibentuk menyerupai anggur sehingga lebih unik dan menarik. Warna sale anggur Pacitan juga sangat cerah dan selalu menjadi pusat perhatian para wisatawan.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Maka tidak aneh jika sering diborong sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Selain itu, meski sale anggur tidak menggunakan bahan pengawet, namun bisa awet selama 5 sampai 6 bulan.

Caranya, setelah diolah, pisang akan di oven untuk selanjutnya dibentuk dan dikemas seperti buah anggur. Menarik bukan?

Rengginang Manis

Rengginang biasanya cenderung asin atau sedap, namun cemilan jenis keripik atau kerupuk renyah ini bercita rasa manis. Bahan utama pembuatan rengginang manis yakni, nasi atau beras ketan yang ditambahkan gula merah.

Selanjutnya nasi atau beras ketan dibentuk lalu dikeringkan untuk kemudian digoreng dengan minyak panas. Proses pengolahan ini yang membuat rengginang tidak hanya manis, namun juga gurih.

Jika disimpan dengan baik, meski tanpa bahan pengawet, kerenyahan rengginang manis Pacitan masih dapat bertahan lama. Di toko oleh-oleh, rengginang ini dapat dibeli dalam keadaan matang atau yang masih mentah.

Jenang Dodol

Tidak seperti dodol kebanyakan, jenang dodol khas Pacitan memiliki rasa yang tidak terlalu manis tetapi gurih. Pacitan juga lebih terkenal dengan jenang dodol yang bercita rasa pandan.

Jenang dodol yang populer ini terbuat dari tepung beras, tepung ketan, santan, gula merah serta wijen. Bahan-bahan tersebut yang membuat rasa jenang dodol sangat nikmat.

Kuliner nusantara satu ini memiliki tekstur yang kenyal dengan sensasi rasa legit disetiap gigitan. Aromanya juga wangi dan selalu menarik untuk segera dinikmati.

Tempe Benguk

Oleh-oleh khas Pacitan Jatim selanjutnya adalah tempe benguk yang terbuat dari sejenis kacang koro atau polong. Kini tempe tradisional satu ini tergolong langka, karena hanya dapat ditemukan di beberapa pasar tradisional.

Sebelumnya, tempe benguk sempat menjadi alternatif ketika harga kedelai melonjak mahal. Tampilan tempe benguk yang dikemas dengan daun pohon jati ini termasuk tempe yang belum jadi atau masih mentah.

Ada pula yang menjajakan tempe benguk matang atau dalam bentuk gorengan. Cita rasa dan kandungan gizinya juga tidak kalah dengan tempe biasa, hanya kelembutannya saja yang sedikit berbeda.

Kolong Klitik

Cemilan favorit khas Pacitan, kolong klitik, sangat renyah dan dijamin mampu membuat penikmatnya ketagihan. Terbuat dari singkong atau ketela pohon sejenis pandesi atau jinten.

Jajanan tradisional ini meski tanpa pengawet, tetap memiliki rasa yang asin, gurih dan renyah saat dimakan. Proses pembuatan kolong klitik yang begitu panjang, sebanding dengan rasa enak yang dihasilkan.

Lihat juga oleh oleh khas bandung

Camilan ringan murah meriah ini cocok dimakan saat panas maupun hujan. Bisa juga disantap bersama makan-makanan berkuah seperti soto, bakso dan makanan berkuah lainnya.

Olahan Tuna Sebagai Oleh-oleh Khas Pacitan

Makanan olahan dari ikan tuna atau yang disebut seafood pacitan juga sangat populer. Bahkan tidak jarang wisatawan sampai memborong untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga maupun teman.

Berikut beberapa buah tangan andalan khas Pacitan yang terbuat dari bahan dasar tuna:

Sosis Tuna

Sosis yang dibuat dari bahan baku ikan tuna pastinya tidak terlalu biasa, rasanya juga tentu enak dan lezat. Dalam pengolahannya, daging ikan tuna digiling halus yang kemudian dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu rempah.

Rasa gurih dari tekstur sosis tuna yang empuk dan berbentuk memanjang ini nikmat dimakan selagi hangat. Saat di Pacitan, sosis tuna matang bisa dipesan untuk dimakan langsung dengan cara digoreng.

Bisa juga dibeli untuk dibawa pulang, karena tersedia juga sosis tuna yang sudah dibekukan. Dapatkan sosis tuna tersebut di pusat oleh-oleh khas Pacitan Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Martabak Tuna

Martabak khas Pacitan dibuat dari daging ayam, sapi serta ikan tuna yang tentunya dengan cita rasa berbeda. Terlebih lagi, cita rasa gurihnya martabak tuna khas Pacitan selalu bikin nagih untuk terus dimakan.

Meski manisnya martabak tuna dapat dirasakan langsung, namun tetap cocok untuk oleh-oleh karena mampu bertahan lama. Makanan ini terbuat dari daging ikan tuna segar yang dicincang lalu dibungkus dengan adonan.

Sementara adonan yang berbentuk lembaran, terbuat dari campuran tepung dan telur. Lembaran tersebut akan diisi dengan daging ikan tuna serta campuran daun bawang dan bumbu racikan yang khas.

Nugget Tuna

Nugget tuna dalam keadaan beku juga selalu menjadi oleh-oleh khas Pacitan Jawa Timur yang paling favorit. Para pecinta nugget dapat menyantap nugget tuna di tempat penjual atau sebagai oleh-oleh.

Jika hendak membeli untuk buah tangan, tersedia nugget tuna mentah yang sudah dibekukan. Nantinya nugget dapat digoreng terlebih dahulu ketika sampai di rumah.

Terbuat dari ikan tuna fresh yang terjamin hygenitasnya, sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak-anak. Saat dijual di toko oleh-oleh, nugget tuna tersedia dalam bentuk pack dengan isi yang beragam.

Tahu Tuna

Tahu Tuna merupakan makanan wajib yang harus ada di keranjang belanjaan oleh-oleh dari Pacitan. Makanan khas Pacitan yang menggunakan tuna dan tahu sebagai bahan utama, terkenal sangat enak dan nikmat.

Tahu yang terbuat dari kedelai akan dicampur dengan daging tuna segar untuk kemudian diolah lalu dibekukan. Cita rasa ikan tuna yang khas akan berbaur dengan kedelai, sehingga selalu menjadi favorit wisatawan.

Oleh-oleh tahu tuna biasa disantap dengan cabai atau cocolan saus pedas agar lebih nikmat. Maka tidak heran jika tahu tuna selalu diminati oleh berbagai kalangan.

Otak-otak Tuna

Tidak hanya tahu tuna pacitan, olahan tuna yang enak lainnya yakni, otak-otak tuna. Memasukkan otak-otak tuna dalam daftar oleh-oleh dari Pacitan adalah pilihan yang sangat tepat.

Aromanya yang khas selalu menggiurkan untuk segera dilahap dan dihabiskan tanpa sisa. Bagaimana tidak, ikan tuna yang digiling akan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu rempah yang khas.

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Selama di Pacitan, jajanan otak-otak tuna sangat cocok untuk dinikmati sebagai pelengkap liburan. Di sekitar wisata Pacitan juga tersedia otak-otak tuna mentah yang dapat dijadikan buah tangan.

Daftar 10 oleh-oleh khas Pacitan yang enak di atas sangat recomended untuk dibawa pulang. Supaya keluarga dan teman juga bisa ikut mencicipi hasil liburan di wisata Pacitan Jawa Timur.

Last modified: 29 October 2020