5 Oleh Oleh Khas Pekalongan Yang Wajib dibawa Wisatawan

Posted on

Ada berbagai macam oleh oleh khas pekalongan yang enak dan menjadi buronan para wisatawan. Oleh-oleh tersebut dapat dijadikan sebagai buah tangan yang menjadi ciri khas daerah Pekalongan.

Pekalongan selain terkenal dengan kota batik yang memiliki keindahan coraknya, dalam kulinernya pun tak kalah menarik untuk dinikmati. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi ketika berwisata ke pekalongan.

Oleh Oleh Khas Pekalongan

1. Limun Oriental

5 Oleh Oleh Khas Pekalongan Yang Wajib dibawa Wisatawan Oleh-oleh

Minuman ini sangat khas akan kehidupan pekalongan pada awal abad 19. Limun Oriental mulai dikenal dan tersebar serta menjadi minuman khas pekalongan dari mulai tahun 1920. Pada masa tersebut minuman ini disebut dengan Banyu Londho.

Pada masa kuno, tepatnya pada saat kapten Batik berkuasa Banyu Londho atau Limun Oriental merupakan minuman para bangsawan. Sehingga hanya golongan bangsawan (dalam budaya Jawa disebut dengan priyayi) yang diperbolehkan minum. Setelah kekuasaan kapten Batik tergeser, semua orang dapat mengkonsumsi Limun Oriental.

Lihat juga oleh oleh khas solo

Limun Oriental terbuat dari air buah lemon dan gula aseliest. Selain tergolong minuman tanpa pengawet yang dapat bertahan lama, ada hal yang menarik dalam minuman khas pekalongan tersebut. Kemasan dari awal mula Limun Oriental hingga kini masih mempertahankan kesan jadul.

2. Kerupuk Gendar / Gending Cracker

5 Oleh Oleh Khas Pekalongan Yang Wajib dibawa Wisatawan Oleh-oleh

Gendar merupakan olahan dari nasi yang dihaluskan dan disebut juga dengan gending. Ada 2 macam olahan gendar yang populer, yaitu kerupuk gendar dan nasi gendar. Untuk kerupuk gendar menjadi makanan khas di daerah Pekalongan serta menjadi buah tangan favorit para wisatawan.

Pengolahan dari oleh oleh khas pekalongan ini juga sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet apapun dan dapat bertahan lama. Proses pengolahannya pun juga sama dengan proses pembuatan kerupuk pada umumnya.

Walaupun makanan ini terbuat dari nasi, namun cita rasa dari nasi tidak begitu terasa. Dengan tekstur yang renyah dan gurih gending cracker terasa seperti kerupuk.

3. Capret

5 Oleh Oleh Khas Pekalongan Yang Wajib dibawa Wisatawan Oleh-oleh

Capret adalah camilan khas daerah Pekalongan yang juga tergolong ke dalam jenis kerupuk. Ukuran dari capret sangat kecil dan mempunyai cita rasa yang sangat khas. Walaupun camilan ini termasuk camilan tradisional, namun merupakan makanan favorit semua orang.

Tekstur dari capret ini sangat renyah dan gurih. Umumnya varian dari capret terdapat 2, yaitu Original dan pedas. Untuk original berwarna kuning.

Sedangkan capret pedas mempunyai tekstur agak lengket dan berwarna kemerahan. Pada capret pedas mempunyai cita rasa pedas namun manis.

4. Keripik Tahu Dan Tempe

5 Oleh Oleh Khas Pekalongan Yang Wajib dibawa Wisatawan Oleh-oleh

Tahu dan tempe merupakan makanan yang khas nusantara dan menjadi favorit semua orang. Berbagai macam olahan tempe dan tahu sangat beragam. Seperti di pekalongan yang terdapat olahan keripik tempe dan tahu.

Kedua camilan tersebut merupakan olahan yang berbahan dasar kedelai dan mengandung gizi yang tinggi. Walaupun camilan terkesan sangat tradisional, namun kepopuleran keripik tempe dan tahu dapat bertahan hingga kini.

Hal yang istimewa dari camilan ini, tidak terpengaruh kreasi modernisasi sama sekali seperti yang terjadi pada sebagian besar makanan tradisional. Baik dari bentuk rasa dan cara pengolahannya.

Tekstur dari kedua keripik tersebut sangat renyah dan gurih. Cita rasa khas tempe dan tahu juga masih terasa melekat dalam camilan tersebut.

5. Kue Lumpang / Penumpang

5 Oleh Oleh Khas Pekalongan Yang Wajib dibawa Wisatawan Oleh-oleh

Kue tradisional ini hanya berbahan dasar santan kelapa dan gula aren. Cara pengolahan kue lumpang membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab santan kelapa dimasak hingga mengental dan berubah bentuk seperti adonan atau areh.

Lihat juga oleh oleh khas semarang

Cara pengemasan kue ini sangat tradisional dan hanya dibentuk seperti mangkuk dengan daun pisang. Warna dari kue penumpang identik warna coklat dan mempunyai rasa manis.

Bagimana tertarik untuk membeli oleh oleh dari pekalongan untuk keluarga di rumah…

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *