10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli

Punya rencana untuk datang dan mengunjungi kota Tegal? Jika demikian, maka segerakan karena semakin lama Anda menunda perjalanan Anda, maka akan selama juga keinginan untuk bisa sampai ke sana. Setiap orang boleh saja punya rencana, tapi seperti apa perencanaannya. Cara yang baik untuk mengisi waktu liburan dengan bepergian ke suatu tempat bisa disiapkan dari jauh-jauh hari, dengan cara menabung lebih awal.

Lihat juga oleh oleh khas jakarta

Merencanakan persiapan tabungan untuk pergi berlebih tentu tak akan menganggu biaya untuk keperluan dan kepentingan lainnya, karena segala sesuatunya sudah Anda anggarkan dana sekian hanya untuk biaya liburan. Supaya biaya anggaran liburan tersebut tidak membengkak, maka lakukan sesuai dengan rencana awal dan jangan beli barang atau kebutuhan lain yang sifatnya kurang penting. Apabila, sekedar untuk beli oleh-oleh khas Tegal boleh saja lah, asalkan Anda bisa melakukan manage uang saku liburan Anda dengan baik.

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah

Apa benar yang akan menjadi tujuan Anda adalah kota Tegal? Tegal juga punya potensi wisata yang baik, apalagi berburu kuliner di kota ini kerap dilakukan oleh para wisatawan yang singgah. Namun, yang dilakukan bukan hanya berburu kuliner saja, karena setiap wisatawan juga pasti mampir untuk membeli beberapa makanan ataupun jajanan yang hendak dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kabar baiknya, jajanan atau camilan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Tegal ini dijual dengan harga terjangkau, sehingga Anda tak perlu khawatir jika pengeluaran nanti lebih dari biaya anggaran liburan yang telah dipersiapkan.

Ada apa saja?

Loading...

1. Kacang Bogares Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Jajanan pertama yang terkenal dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Tegal, adalah kacang bogares. Kacang ini punya perpaduan rasa yang renyah, gurih, asin dan juga manis. Biasanya, masyarakat Tegal sering menjadikan kacang bogares sebagai hidangan camilan untuk para tamu. Di kota asalnya tidak sulit untuk mendapatkan kacang bogares ini karena sudah tersedia dimana saja, baik di toko maupun di pusat oleh-oleh. Harganya pun terjangkau, hanya 35 ribu saja per bungkus.

2. Olos Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Bagi para pencinta kuliner makanan pedas, khususnya para anak muda rasanya sangat wajib untuk mencoba camilan khas Tegal yang dikenal dengan nama olos ini. Jajanan khas Tegal ini biasa dijual di gerobak-gerobak yang biasa mangkal di depan sekolah ataupun di tempat yang sedang ada acara pertunjukan. Selain itu, penjual jajanan olos juga sering berkeliling untuk menawarkan dagangannya. Olos adalah camilan berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat isian sayuran serta cabai. Harganya sangat murah meriah, yakni hanya Rp. 500,- per bijinya.

3. Latopia Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Latopia adalah jajanan yang sangat legendaris karena sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu, jajanan yang satu dibuat dari olahan tepung terigu dengan tambahan isian toping yang bervariasi, mulai dari strawberry, coklat hingga kacang hijau. Tekstur latopia padat dan rasanya pun gurih. Sementara harganya juga bisa dikatakan relatif murah karena dengan nominal Rp. 2.500 s/d Rp. 4.000 Anda sudah bisa mendapatkannya.

4. Gemblong Ocar Acir Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Ada jenis jajanan khas Tegal yang dapat mengenyangkan perut, jajanan tersebut adalah gemblong ocar acir. Jajanan ini dibuat dari olahan ketan yang diberikan toping kelapa parut dan gula aren yang sudah dicairkan. Agar bisa mencicipinya, gemblong ocar acir ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di kota Tegal seharga Rp. 5.000 saja per porsinya.

5. Kue Tempel Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Nama dari kue ini persis sekali dengan proses pembuatannya, karena kue tempel merupakan jenis kue yang terbuat dari olahan tepung beras yang dipipihkan di dalam wajan pengorengan, kemudian diberikan toping berupa irisan buah pisang, gula jawa dan juga kelapa muda sebagai isiannya. Untuk bisa mendapatkan kue tempel yang enak sebagai oleh-oleh khas Tegal, Anda bisa pergi ke Jalan HOS Cokroaminoto seharga Rp. 5000 untuk setiap porsinya.

6. Glotak Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Proses pemasakan jajanan glotak ini menyebabkan tulang ayam bergesekan dengan panci, sehingga menimbulkan suara glotak-glotak, sehingga jajanan ini pun dikenal dengan nama glotak. Jajanan yang satu ini akan terasa makin sedap dengan tambahan beberapa cabe rawit di dalamnya, harganya pun terjangkau, yakni hanya Rp. 5000,- saja per porsi.

7. Pilus Kletuk Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Sama seperti dengan jajanan pilus kebanyakan, pilus kletuk ini begitu renyah dan juga gurih. Selain enak dijadikan sebagai camilan di saat bersantai, pilus kletuk ini juga sangat cocok dimakan bersama bakso ataupun mie. Pilus kletuk khas Tegal ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, termasuk untuk dibagikan kepada orang-orang terdekat, harganya pun murah, hanya sekitar Rp. 10.000 per bungkus yang berisi sekitar 250 gram.

8. Tahu Aci Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Apabila Anda seseorang yang baru saja berada di kota Tegal, maka Anda bisa mencicipi jajanan tahu aci yang khas dengan cita rasanya yang gurih dan juga kenyal. Tahu aci bisa Anda temukan dimana saja, karena di sepanjang jalan Anda akan melihat banyak sekali orang yang menjual tahu aci.

9. Tahu Pletok Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Bukan hanya tahu aci jajanan olahan tahu yang terdapat di kota Tegal, karena juga sudah ada tahu pletok. Bentuknya memang hampir sama dengan tahu aci, karena tahu aci dibuat dengan dibagi menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga. Sementara tahu pletok terbuat dari potongan tahu aci yang sudah dibelah-belah, tapi potongannya tidak dibiarkan lepas. Mengenai rasa, rasa dari tahu pletok tidak kalah gurih dengan tahu aci, karena secara bersamaan pedagang yang menjual tahu aci juga akan menjual tahu pletok.

10. Kerupuk Antor Khas Tegal

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Kerupuk antor merupakan camilan khas tegal yang juga sering disebut dengan kerupuk pasir. Ya, memang proses memasaknya tidak menggunakan minyak, melainkan dengan menggunakan pasir khusus yang sudah dicuci bersih. Kerupuk antor ini diolah dengan rasa bawang, sehingga rasanya pun sangat gurih. Selain itu, harganya pun terjangkau, hanya Rp. 30.000 per kilo.

Biasanya seseorang akan berada di kota lain, selain di kota asalnya karena beberapa alasan, bisa saja kerena mengunjungi sanak saudara, karena urusan bisnis / pekerjaan dan bisa juga dikarenakan karena hanya ingin berjalan-jalan saja. Apapun yang menjadi alasan dan tujuan Anda saat berada di kota Tegal, maka perjalanan dan kunjungan Anda akan semakin lengkap apabila di saat kepulangan Anda, Anda juga turut membawa beberapa oleh-oleh khas Tegal untuk dibawa pulang.

Lihat juga oleh oleh khas magelang

Pasalnya, beberapa oleh-oleh yang ada di Tegal merupakan makanan dan juga jajanan yang unik, dimana Anda akan sangat jarang sekali menemukan kuliner serta jajanan yang sama di tempat lain. Walaupun ada, rasanya pun akan jelas berbeda dari kota asalnya, karena itu yang menjadi salah satu keistimewaanya.

10 Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah Yang Wajib di Beli Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5