Pusat Oleh Oleh Purwokerto

Anda sedang berlibur di Jawa Tengah bersama keluarga tersayang? Jika iya, jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi Kota Purwokerto untuk berwisata di destinasi terkenal di sana. Selain itu, jangan lupa mampir ke pusat oleh oleh Purwokerto untuk mencicipi kuliner khas sana. Tentu saja tidak  lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh yang menjadi ciri khas pusat kota tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa selain kota Semarang, kota Purwokerto juga dijuluki sebagai kota pelajar di Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali sekolah dan institusi di sana. Selain untuk tujuan studi, ternyata ada banyak orang yang ingin ke kota ini untuk sekedar mencicipi kuliner khasnya.

Lihat juga oleh2 khas purwokerto

Nah, jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa mengunjungi pusat oleh oleh khas Purwokerto yang murah untuk membeli buah tangan.  Simak rekomendasi toko oleh-oleh di bawah ini!

Pusat Oleh Oleh Purwokerto

Toko Oleh-oleh Mirasa

Toko Oleh-oleh Mirasa

Salah satu pusat oleh-oleh Purwokerto yang cocok untuk Anda kunjungi adalah Toko oleh-oleh Mirasa. Pusat perbelanjaan ini beralamat di Jalan Soepardjo Rustam, Sokaraja Kulon, Purwokerto, Jawa Tengah. Untuk jam buka tempat ini dimulai pada pukul 07.15 – 20.00 WIB.

Tempat ini sudah buka sejak tahun 1985 dan sudah menjadi tempat tujuan para wisatawan. Toko ini menawarkan aneka camilan seperti kacang goreng asin, getuk goreng, kue toso, kue manco, enting-enting, dan lain sebagainya. Mirasa terkenal sebagai pusat perbelanjaan oleh oleh masyarakat lokal daerah setempat serta pelancong dari berbagai daerah untuk mencicipi kekhasan Purwokerto.

Untuk harga aneka jajanan yang disajikan antara Rp10.000-Rp24.000. Harga yang tidak akan menguras dompet Anda, bukan? Nah, dengan gelar pusat oleh oleh terbaik se Purwokerto, saat ini outlet Mirasa sudah memiliki banyak cabang yaitu Toko Mirasa Asli dan Toko Mirasa Putra dengan harga yang sangat terjangkau kalangan umur manapun.

Purwokerto Gift Center

Destinasi oleh oleh yang kedua adalah Pusat Batik Mruyung. Tempat ini terletak di Jalan Mruyung, Sudagaran, Purwokerto, Jawa Tengah. Apakah Anda tahu apa itu Batik Mruyung? Bila Anda belum mengetahuinya simak penjelasan berikut ini! Batik Mruyung ialah batik yang memiliki motif khas Banyumasan.

Meskipun batik ini tidak seterkenal motif batik lainnya, namun tetap patut diperhitungkan. Bila dilihat dari luar Pullwokelt Gift Center hanya berupa bangunan kecil seperti rumah kecil. Akan  tetapi ketika Anda telah memasuki lokasi.

Anda akan disuguhkan berbagai keindahan motif batik di setiap sudut ruangan. Untuk harganya sendiri Batik Mruyung mempunyai nilai jual yang bervariasi dan cukup terjangkau bergantung pada tingkat kesulitan pembuatannya. Untuk jam bukanya mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Rata-rata batik yang dijual mulai Rp50.000.

Hal yang menjadi keunikan tempat ini adalah Pusat Souvenir Batik Pullwokelt Gift Center juga menjadi lokasi Pabrik Garunden. Setelah Anda lelah berkeliling membeli Batik Mruyung, Anda dapat langsung menikmati Galanden yang hangat siap memanjakan lidah.

Pusat Oleh-oleh “Tetap Asli Ny. Sutrisno”

Pusat Oleh-oleh “Tetap Asli Ny. Sutrisno”

Apakah Anda sedang mencari pusat oleh oleh yang menjual jajanan tradisional? Jika iya maka Pusat Oleh Oleh “Tetap Asli Nyonya Sutrisno” jawabannya. Pusat oleh-oleh ini menyediakan berbagai makanan ringan yang cocok sebagai cemilan hingga makanan berat untuk mengenyangkan perut.

Makanan ringan yang tersedia seperti: keripik singkong, klanting, mino, bakpia, getuk goreng, dan lain sebagainya. Kemudian untuk makanan beratnya antara lain: bandeng presto, rujak sayur, gado gado, rujak buah, dan lain sebagainya.

Pusat oleh-oleh ini letaknya sangat strategis dan gampang dicari. Anda dapat langsung datang ke daerah Purwokerto Selatan (Banyumas) untuk lebih terperincinya di depan pintu keluar parkir mobil moro menuju arah timur.

Cartenz Purwokerto

Bagi Anda yang ingin membawakan oleh oleh ke keluarga berupa perlengkapan daypack dari Purwokerto, wajib hukumnya mengunjungi Cartenz Purwokerto yang beralamat di Jl Overste Isdiman. Tempat ini menjual berbagai Produk dari Cozmeed yang berkualitas. Untuk jam bukanya mulai jam 09.00 – 21.00 WIB. Harga barang yang ditawarkan mulai RP.75.000.

Cartenz Indonesia menyediakan pakaian, jaket, daypack dan tas jinjing yang mudah dibawa kemanapun dan kapanpun  untuk bertualang. Tokonya tidak besar, namun  stoknya selalu penuh dan up to date. Semuanya, mulai dari paket petualangan hingga perlengkapan sekolah tersedia.

Pelayanan di toko ini sangatlah ramah sehingga banyak pengunjung yang datang ke Cartents untuk kedua kalinya. Jadi bila Anda sedang berada di Purwokerto dan butuh petualangan, datanglah ke Cartents Purwokerto untuk mendapatkan oleh oleh dengan kualitas terbaik.

Toko Kripik Sawangan No 1

 

Anda ingin makan keripik di Purwokerto? Bila iya Toko Kripik Sawangan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sutoyo Nomor 23 cocok untuk selera Anda. Di toko ini disediakan berbagai keripik, antara lain: keripik tempe, kripik dage, da keripik lainnya. Terdapat juga mendoan dari Banyumas, getuk goreng dengan berbagai rasa, dan lain sebagainya. Letaknya tidak jauh dari Stasiun Kereta Api membuatnya cocok sebagai tempat membeli oleh oleh sebelum meninggalkan kota Purwokerto.

Apa yang Anda bayangkan dan pikirkan jika jalan jalan di Purwokerto? Mungkin yang terbayang Lokawisata  Baturaden, atau camilan yang sangat unik khas kota ini, yaitu Mendoan. Tidak sulit menemukan camilan  dengan bahan baku kedelai ini, datang saja ke pusat oleh oleh ini.

Toko Sawangan No.1

Toko Kripik Sawangan No 1

Mendoan merupakan tempe yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng setengah matang. Ketika disajikan, mendoan biasanya ditemani dengan cabai rawit atau sambal kecap. Toko oleh oleh ini juga menjual mendoan dengan berbagai macam rasa. Selain rasa original, terdapat  mendoan isi sosis, mendoan mozzarella, dan mendoan kobis.

Sawangan No.1 juga menjual Mendoan mentah yang bisa digoreng di rumah atau dijadikan oleh-oleh. Mendoan mentah ini disajikan dengan  bumbu bubuk dan kecap, sehingga pembeli tidak perlu khawatir dengan bumbu. Ini sangat nyaman.

Untuk menu yang lainnya adalah keripik tempe yang renyah dan enak. Keripik tempe bentuknya tipis digoreng sampai garing. Selanjutnya ada getuk goreng dengan rasa yang manis dan gurih. Camilan manis ini populer sebagai oleh oleh karena sama seperti Getuk Goreng Sokaraja.

Toko Sawangan No.1 juga menjajakan jajanan asli Banyumas yang lainnya, yaitu Nopia. Nopia memiliki bentuk bulat telur dan di dalamnya ada adonan gula jawa yang dibalut tepung terigu. Produk Nopia sendiri tersedia dalam ukuran besar dan kecil. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Toko Kedungjati Purwokerto

Toko Kedungjati Purwokerto

Tempat terakhir yang cocok menjadi pusat oleh oleh adalah Toko Kedungjati yang beralamat di Jalan Kongsen, Purwokerto. Jam bukanya dimulai pukul 05.30 – 21.30 WIB setiap hari. Sesuai namanya toko ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Purwokerto yang enak dan dengan harga terbilang murah.

Banyak orang yang merekomendasikan toko ini juga bila ingin membeli oleh-oleh. Tempatnya yang nyaman, bersih, dan rapi membuat Anda betah berlama – lama memilih oleh oleh yang cocok untuk dibawa ke kampung halaman.

Lihat juga makanan khas purwokerto

Jika Anda sedang pergi ke Purwokerto jangan lupa mampir ke pusat oleh oleh Purwokerto  tersebut. Jangan sampai ketinggalan dan tidak membawa oleh oleh apapun. Tetap jaga kesehatan apalagi di tengah pandemi yang mulai banyak terkena covid-19. Jaga jarak, selalu cuci tangan, serta hindari kerumunan.

Tinggalkan komentar