Cenil

Makanan Khas Purwokerto

Memiliki rencana liburan ke Jawa Tengah? Jangan sampai lewatkan kesempatan anda untuk mencicipi makanan khas Purwokerto. Kota ini memang sangat terkenal dengan berbagai makanan dan jajanan yang lezat dan tradisional. Harga tiap porsinya juga cukup terjangkau! Yuk, kita intip makanan apa saja yang ada di Purwokerto!

Purwokerto merupakan sebuah kota besar di Jawa Tengah, ini biasanya menjadi tempat peristirahatan bagi yang sedang perjalanan melalui jalur tersebut. Selain sebagai tempat wisata, makanan khasnya juga populer dan enak. Berikut makanan khas tersebut.

Makanan Khas Purwokerto

Klanting

Klanting

Camilan ringan yang satu ini pasti sangat menggiurkan bukan? Rasanya yang asin cocok dijadikan camilan saat santai. Berbentuk seperti anting, tak heran makanan ini disebut klanting.

Kluban

Kluban

Kluban memang sudah menjadi makanan khas purwokerto yang terkenal. Kluban dibuat dari campuran berbagai sayuran seperti, daun bayam, kangkung, kacang panjang, kubis, dan kecambah.

Soto Sokaraja

Soto merupakan kuliner yang lazim ditemukan dimana saja. Meskipun begitu,  setiap daerah memiliki cara sekaligus kekhasan masing-masing. Seperti halnya soto sokaraja yang ada di Purwokerto.

Soto sokaraja disajikan menggunakan ketupat, lengkap dengan bumbu kacang dan kerupuk di atasnya. Aroma rempah-rempah begitu dalam dan terasa sedap.

Perbedaan yang mencolok dengan soto lainnya ialah terletak pada kuahnya. Kuah soto Sokaraja mengandung kaldu yang kental dan dicampur dengan kuah kacang. Pastinya terasa gurih dan membuat anda semakin ketagihan.

Kraca

Kraca

Kraca adalah menu olahan keong kecil yang didapat dari sawah. Makanan ini memang sangat nikmat sjika disajikan dalam manis, asin, pedas. Cocok bagi yang sedang ingin menikmati seafood yang murah meriah.

Cimplung

Cimplung

Cimplung menjadi salah satu makanan khas purwokerto yang cukup banyak digemari karena memiliki rasa manis dan juga cukup tahan lama. Makanan ini terbuat dari singkong dan campuran kelapa dan juga gula aren sebagai pemanisnya. Cemilan ini sangat cocok di makan saat bersantai bersama keluarga tercinta.

Cenil

Cenil

Salah satu menu cemilan yang setiap pagi dijual di pasar. Cenil menjadi salah satu makanan favorite orang-orang jawa tengah, khususnya kota banyumas. Makanan ini terbuat dari olahan singkong, tepung kanji, dan rempah-rempah lainnya untuk menambah selera rasa yang nikmat.

Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang berbahan dasar dari tempe yang dilapisi dengan adonan tepung kemudian digoreng.  Menyantap mendoan sembari bercengkerama sekaligus bersantai, tentu akan terasa mengasyikkan.

Mendoan berbentuk sangat lebar dan tipis. Irisan tersebut lantas dicelupkan ke dalam adonan tepung, kemudian digoreng sebentar alias setengah matang.

Lihat juga makanan khas papua barat

Yang menjadi ciri khas dari mendoan Purwokerto adalah dalam hal penyajiannya. Mendoan disajikan bersama potongan cabai atau saus sambal. Renyah dan gurih membuat siapapun ketagihan.

Lumpia

Tahukah anda jika lumpia tidak hanya menjadi oleh-oleh khas Semarang saja? Di Purwokerto, lumpia memiliki rasa khas tersendiri.

Berbeda dengan lumpia yang ada di Semarang, lumpia di Purwokerto kerap kali dijadikan sebagai lauk. Bukan tanpa alasan, hal ini karena ukuran lumpia Purwokerto jauh lebih besar.

Soal rasa, tidak diragukan lagi kelezatannya. Benar-benar nikmat di setiap gigitan. Isian lumpia terdiri dari sayuran dan campuran daging atau telur bahkan seafood.

Getuk Goreng

Makanan khas yang ada di Purwokerto yang cocok anda jadikan buah tangan adalah getuk goreng.  Gethuk ini terbuat dari campuran singkong dengan gula jawa yang kemudian digoreng hingga kecoklatan.

Banyak orang yang menyebutnya gethuk Sokaraja. Gethuk ini telah melegenda di kalangan para pecinta kuliner.

Warna coklat dan sedikit kering di bagian luar dengan rasa manis dan tekstur empuk menjadi ciri khas yang dimilikinya. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang menjadikanya sebagai salah satu oleh-oleh favorit.

Nopia

Nopia, makanan apakah itu? Sebagai wisatawan dari luar kota, tentu akan merasa asing dengan makanan satu ini.

Nopia merupakan salah satu makanan khas dari Purwokerto yang ikonik. Nopia terbuat dari adonan gula jawa yang dibalut dengan tepung terigu.

Berbentuk lonjong berwarna putih, seperti telur. Pada bagian luar, tekstur nopia keras, namun saat digigit akan terasa keropos.

Rasanya yang manis dan enak, cocok disantap bersama keluarga saat bersantai. Apalagi untuk menemani kopi atau teh, jelas terasa enaknya.

Lihat juga makanan khas pekalongan

Dibalik rasanya yang lezat, proses pembuatan nopia ini lebih unik. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dimasak, kemudian ditempelkan pada tungku khusus dalam suhu tertentu.

Jika ingin menjadikannya buah tangan, jangan khawatir soal rasanya. Karena nopia kini telah tersedia dalam berbagai varian rasa. Seperti halnya rasa coklat, keju, durian, gula jawa, pandan, dan masih banyak aneka pilihan rasa yang dapat dicoba.

Jadi nikmati perjalanan anda dan jadikan makanan di atas sebagai oleh-oleh!



Tags: makanan khas purwokerto, NOPIA MAKANAN KHAS PURWOKERTO
Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment