Makanan Khas Pekalongan

Sutoro Naruto

Makanan Khas Pekalongan adalah harta kuliner yang tidak boleh dilewatkan bagi pecinta makanan tradisional. Daerah ini terkenal dengan hidangan-hidangan yang memukau dengan kelezatan dan keunikan rasanya.

Salah satu hidangan yang menjadi ikon Makanan Khas Pekalongan adalah soto Pekalongan, hidangan berkuah yang menggugah selera dengan rempah-rempah pilihan dan bahan-bahan segar. Tidak kalah menarik, nasi megono juga menjadi favorit dengan olahan nasi yang disajikan bersama sayur-sayuran dan daging.

Lihat juga makanan khas ciamis

Jelajahi kelezatan kuliner Makanan Khas Pekalongan dan rasakan kekayaan rasa yang autentik. Setiap hidangan membawa Anda merasakan cita rasa khas Pekalongan yang unik dan memikat. Nikmati warisan kuliner yang berlimpah dan jadikan perjalanan kuliner Anda di Pekalongan tak terlupakan.

Tidak heran jika makanan khas ini sangat digemari dan menjadi menu andalan masyarakat lokal maupun luar daerah. Nah, berikut ini beberapa menu makanan khas Pekalongan yang bisa Anda cicipi.

Makanan Khas Pekalongan Adalah

Tauto Pekalongan

Makanan Khas Pekalongan

Tauto Pekalongan menjadi Makanan Khas Pekalongan dengan rasa unik yang tidak akan anda temukan di daerah lain. Tauto mirip dengan jenis sop daging kuah kental dimana bumbu racikannya asli khas tauco. Tauto pekalongan biasanya disajikan bersamaan dengan daging, mie soun, jeroan dan nasi.

Lihat juga makanan khas maluku utara

Makanan ini menjadi penyedap makanan yaitu saus yang terbuat dari kedelai-kedelai yang dibusukkan. Pembusukan dari tauto hingga mengental dan beraroma yang khas.

Tauto biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya, tetapi jika tidak menyukai sapi Anda bisa menggantinya dengan yang lain seperti daging ayam atau daging kerbau.

Pindang Tetel

Pindang tetel adalah makanan khas pekalongan yang paling favorite

Ongol-ongol

Makanan ini merupakan cemilan khas pekalongan yag cukup banyak diminati para wisatawan.

Lontong Lemprak

Hidangan lontong ini paling nikmat digunakan untuk sarapan bareng keluarga maupun teman sekantor.

Garang Asem

Salah satu menu makanan yang memiliki rasa paling khas dan nikmat.

Apem Kesesi

Apem ini bentuknya memang tidak begitu menarik namun rasanya cukup enak kok.

Kue Lumpang

 

Glundung

Cemilan yang terbuat dari ketela dengan isi yang agak manis.

Nasi Megono

Untuk nasi Megono sendiri tentu tidak asing lagi bagi Anda. Nasi megono yang satu ini berbeda dengan nasi megono di daerah lain yaitu rasa gurih dan pedas khas Pekalongan.

Makanan ini diracik dengan menu irisan nangka muda dengan paduan bumbu sambal kelapa diatasnya.

Nasi Megono akan terasa lebih nikmat ketika anda menyantapnya dalam keadaan panas dan ditemani lalapan pete serta ikan goreng.

Makanan yang satu ini tidak hanya enak sebagai sarapan pagi saja, tetapi juga enak sebagai santapan makan siang maupun makan malam.

Garang Asem

Garang Asem merupakan makanan khas Pekalongan yang berwujud sup dengan bumbu rempah dengan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Jika Anda memperhatikan sekilas, makanan khas ini mirip dengan rawon solo karena didalam garang asem juga terdapat kluwek yang khas.

Perbedaan garang asem pekalongan yaitu terletak pada makanan berbentuk kuah gurih yang nikmat. Karena garang asem di daerah lain biasanya berbentuk pepes dengan bumbu santan yang menemaninya.

Agar kuliner anda semakin nikmat, Anda bisa menyantap garang asem bersama dengan nasi megono khas pekalongan juga.

Kopi Tahlil

Mendengar namanya saja tentu kopi tahlil terlihat begitu unik bukan? Kopi Tahlil pekalongan ini merupakan kopi yang terbuat dari beberapa seduhan rempah.

Seperti jahe, cengkeh, kapulaga, kayu manis, pandan, serai, dan pala yang kemudian disatukan menjadi kopi tahlil.

Rasa kopi tahlil tidak hanya enak di lidah saja, tetapi juga mampu menghangatkan tubuh Anda.

Agar kopi semakin nikmat, Anda bisa meminumnya dengan ditemani ketan. Kopi tahlil biasanya tidak Anda temukan di kafe-kafe elit, melainkan di warung lesehan di tepi-tepi jalan.

Kluban Bothok

Kluban Bothok mempunyai rasa yang enak dimana disajikan dengan menggunakan Bothok bongkrek.

Kluban Bothok memang hampir mirip dengan kluban khas Purwokerto yang sama-sama menggunakan bumbu berupa urap kelapa parut.

Kluban berisi aneka sayuran seperti kol, kacang panjang, bayam, kangkung dan tauge.

Lihat juga Makanan khas papua barat

Makanan Khas Pekalongan tentunya wajib Anda coba ketika berkunjung kesana. Ataupun Anda yang bertempat tinggal di Pekalongan dan sekitarnya tentu wajib mencicipi masakan tersebut.

Masakan unik dengan rasa khas akan menjadikan Anda ingin kembali lagi ke Kota Batik ini.

Makanan Khas Lainnya:

Bagikan:

Sutoro Naruto

Penulis ini menyukai makanan seperti bakso, ayam geprek, rendang dan masih banyak yang lainnya.

Tags

Leave a Comment